Minggu, 30 Januari 2011

Cara membuat Kertas Notes PartI

Share & Comment
Mempelajari photoshop itu sulit dan membosankan?!?! Gimme a BREAK!!! Di sini, kami mencoba untuk membuka hati Agan/Sis semua dengan pemikiran sebaliknya tentang aplikasi disain satu itu. (hahaha.. bahasanya masih sopan banged Gan/Sis iia?!?! Maklum postingan ini dulu pernah di taksir mau di muat di majalah, tapi gag jadi.. iia makanya bahasanya masih belum di ganti, gpp kan :p

Berikut termasuk cuplikan yang belum sempat kena editing staff kami ;p coba bandingkan dengan postingan-postingan saya belakangan ini.

Adobe Photoshop adalah program pengolah grafis terkemuka di dunia yang telah digunakan secara luas oleh para profesional di bidang desain grafis, fotografi maupun pemula yang memiliki minat di bidang tersebut.

Membuat Kertas NotesSelain mempunyai kemampuan untuk menangani perbaikan foto (photo retouching), Adobe Photoshop juga mampu membuat efek-efek mutakhir. Efek-efek semacam ini tentunya sangat dibutuhkan oleh para penggunanya. Dengan menambahkan suatu efek, sebuah foto yang semula biasa saja, bisa menjadi luar biasa.

Sekedar penyemangat, sekiranya kalimat berapi-api tadi siap membakar semangat berphotoshop ria kita pada episode Photoshop tutorial Marvelklik magazine kita kali ini.

Batang Tubuh

OK, gag perlu berpanjang-lebar petatah-petitih tentang program yang akan kita uji-coba ketangguhannya, langsung saja saya ambilkan contoh mudah dalam mewujudkan 'sulap' yang sejak tadi saya gembar-gemborkan di awal. Kita akan mempelajari bagaimana dengan mudahnya kita membuat secarik kertas/note yang banyak kita temui dalam kehidupan kita.

Agan/Sis tentunya kenal sama yang namanya kertas, paper apalah namanya, hahahaha... kita akan mencoba membuat 'selembar kertas' yang lalu kita tempelkan di mading sekolah, tembok atau dimana saja Agan/Sis suka.

Anjriiiiiiiittt.. gue suka gaiia looeee!!! Wkwkwkwkwk... Lanjut Gan/Sis.. Jangan dengerin orang tolol ngacak-acak nyelip gini :p


Langkah Pertama

Buka New blank document, caranya? Masuk ke menu File > New, atur ukurannya sebesar 5750x575px, mengapa saya memulai sesuatu dengan ukuran file yang lumayan besar? Yupp, karena dengan hasil gambar yang besar pula-lah kita bisa lebih puas melihat hasil yang akan kita capai nantinya.

Kalau sudah, klik foreground color pada menu melayang yang berada di sebelah bawah bagian kiri, kita pilih warna kontras dari 'kertas' yang akan kita buat nanti, yakni warna krem #e9dfb8, langsung saja kamu bisa tekan Alt + Backspace supaya warna yang kita pilih barusan bisa langsung mengisi Backround layer Agan/Sis.



Langkah Kedua

Buat sebuah Layer Baru dengan mengklik icon Create New Layer yang terletak pada bagian bawah palette layer. (jika Layers palette tidak dapat ditemukan atau belum dimunculkan.. coba Agan/Sis buka Menu > Window > Layers). Double-click pada layer baru tadi agar bisa kita beri nama, silahkan Agan/Sis namakan layer tersebut, layer 'Kertas'.

Tekan D pada keyboard untuk mengembalikan settingan warna pada 'menu melayang' menjadi 'default', yakni Hitam, lalu tekan X untuk mengganti warna default tersebut menjadi Putih, OK.

Tekan M pada keyboard untuk memilih Rectangular Marquee Tool (M), buat seleksi kira- kira mendekati besar lembar kerja (stage, workflow, whatever!). Disamping membuat seleksi, sewaktu tombol M aktif, Agan/Sis bisa memasukkan angka yang diinginkan (sesuai bentuk aslinya) pada Style=Fixed Size yang terletak pada menu di atas. Masukkan sekitar 370 widht dan 370 height. Lalu klik pada lembar kerja 'krem' (seleksi pada Layer 'Kertas').


Beres? Klik Alt + Backspace untuk mengisi seleksi menjadi warna Putih.



Tekan Ctrl + D untuk menghilangkan seleksi.


Langkah Ketiga

Lakukan seperti langkah sebelumnya, yakni menekan M pada keyboard untuk membuat seleksi pada lembar kerja. Pilih Elliptical Marquee Tool (M) kali ini, agar lebih mudahnya, bisa secara cepat berganti tanpa menggunakan mouse (tetap pada keyboard M), caranya dengan menekan Shift + M.

Photoshop secara otomatis akan mengganti tool yang dipergunakan sebelumnya dari 'seleksi kotak' menjadi 'seleksi lingkaran', latih shortcut ini dengan terus menekan kedua key tersebut berulang-ulang.

Atur Fixed Size Style dengan mencantumkan 19px widht dan 19px height. Lingkaran siap. Klik (kiri tentunya) pada lembar kerja (agak ke pojok kiri atas) dengan tetap mengaktifkan layer Kertas. Lingkaran tercipta.




Ganti/switch lagi Elliptical Marquee Tool (M) menjadi Rectangular Marquee Tool (M) dengan cara menekan Shift + M (benerkan :p... trik ini kita pakai lagi).

Buat seleksi tambahan seperti gambar di bawah. (Jangan lupa 'tanpa' menekan Shift sewaktu kita membuat seleksi tersebut). Seleksi tercapai? Gambar Agan/Sis serupa dengan milik saya? Jika iya, jangan ragu-ragu untuk menghantam 'Delete'!







Langkah kelima

Step berikut cukup unik. Tujuan kita adalah menggandakan apa yang sudah kita buat pada pinggiran kertas tersebut menjadi sepanjang kertas bagian atas. Sewaktu seleksi tersebut masih aktif, tekan Shift pada kibor sambil menggeser kursor dengan menekan tanda panah ke arah kiri yg juga terletak pada kibor. Ulangi dan ulangi lagi! Beres?!?!?! Hasilnya secarik kertas tersebut (belum kelar tentunya :p) akan seperti ini.




Tentunya setelah berhari-hari, berbulan-bulan, berdekade, millenium melakukan step tersebut, gambar Agan/Sis akan menjadi seperti di atas bukan?

Bersambung...

Langsung klik link ini untuk membaca kelanjutannya :)

..atau Agan/Sis mau membaca versi aslinya? Silahkan klik link Cara membuat Secarik Kertas berikut. :) Monggo!
Tags: , , , ,

Written by

We are here with you to proudly present business to the globe the way you see it. Build with no just big or just small images. But definitely we create the image you want and make it alive and totally fresh.

That's it folks... Designing. It is about creating a single dot with a single line that inspires feelings, love and cares, emotions, and statements.

64 comments:

  1. Ini info yang aku mau.
    manffat banget brada.

    thanks.

    BalasHapus
  2. Triks photoshop yang mantab...sayang, saya coba bebrapa kali refresh di mozilla saya, screenshoot gak nongol juga..ehhm..thank and happy blogging

    BalasHapus
  3. duuhhh gmn iia.. jadi gag enak nii :(

    BalasHapus
  4. sepertinya asik nih belajar photoshop disini sobat....

    BalasHapus
  5. Dear.

    gw datang lagi..... dulku gw udah poernah coba mau upload atu down lod ato apa seh namanya kalo mau copy software dari internet ke lappie.... ampe sekarang lappiee gw belum ada adobefotosopnya.... jadi gak bisa belajar mau utak atik foto terutamanyaaa.... ada link yang bisa diakses gak yaaa... thank youuu yaaaa atas perhatiannyaaa...


    regards
    ... Ayah Double Zee ...

    BalasHapus
  6. bagus nech ada tutor phoshop jadi ntar gambar sebelum ditampilkan di blog alangkah baiknya bila di edit dulu, jadi kalau bisa gan sekalian minta tutor edit photo

    BalasHapus
  7. Bagus saya mau mencoba photoshop dulu ...

    BalasHapus
  8. mantap bro..pasti aku akan sering berkunjung..

    BalasHapus
  9. wah mantab banget ya bisa buat catatan yg unik nih
    tertarik aku untuk belajar....

    BalasHapus
  10. Mantap infonya..akan ane jadikan blog belajar ane..sippp

    BalasHapus
  11. Sangat bermanfaat artikel-artikelnya, trims dah berkunjung di blogku, salam kenal :)

    BalasHapus
  12. Haturnuhun sudah mampir gan Semoga sukses...

    BalasHapus
  13. saya mulai tertarik nih ama PS.
    salam

    BalasHapus
  14. Thanks! Saya banyak belajar dari blog ini.

    BalasHapus
  15. makasih infonya, sanagt membantu untuk yang baru belajar photoshop, ditunggu tutorial yang lainnya, salam

    BalasHapus
  16. lanjutkan sob sy buta sm sxhehe...

    BalasHapus
  17. @ Keluarga Zulfadhli : uda ada tuu.. monggo di klik Photoshop Portable CS3 nya.. :)

    @ all : makasii iia Agan/Sis semua :)

    BalasHapus
  18. great post and nice post...i'll wait for continuation

    BalasHapus
  19. Saya sangat menyukai PS tapi masih sangat awam cara menggunakannya, maksud hati hendak belajar kesini, terima kasih atas ilmunya..

    BalasHapus
  20. makasii Agan/Sis bertiga iia ;)

    BalasHapus
  21. langsung ane coba praktek nih masbro , thanks buat sharenya

    BalasHapus
  22. Info menarik dan boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses

    BalasHapus
  23. Terima kasih untuk tipsnya, saya mau coba semoga juga.

    BalasHapus
  24. Terima kasih untuk tipsnya, saya mau coba semoga juga.

    BalasHapus
  25. Saya cari dibeberapa website dan dapat tipsnya di website ini, terima kasih, mau dicoba oleh saya.

    BalasHapus
  26. Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

    BalasHapus
  27. Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

    BalasHapus
  28. Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

    BalasHapus
  29. aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

    BalasHapus
  30. Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

    BalasHapus
  31. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  32. Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  33. Artikel yang sangat Innovatif dan banyak Tipsnya. jadi ingin coba. semoga berhasil

    BalasHapus
  34. Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

    BalasHapus
  35. Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  36. Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

    BalasHapus
  37. Amazing Artikel yang sangat berguna,terutama Tipsnya sangat membangun. boleh dicoba.

    BalasHapus
  38. Terimakasih Tulisan dan Info yang bermanfaat. wajib dicoba. salam sukses selalu.

    BalasHapus
  39. Tips dan Info menarik, boleh dicoba, Semoga berhasil

    BalasHapus
  40. Setelah membuka Wibesite ini, saya menemukan Artikel yang Amazing dan infonya boleh dicoba. Sukses selalu

    BalasHapus
  41. Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

    BalasHapus
  42. Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

    BalasHapus
  43. Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

    BalasHapus
  44. Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

    BalasHapus
  45. Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

    BalasHapus
  46. Informasinya keren sekali, sangat bermanfaat.sukses selalu

    BalasHapus
  47. Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

    BalasHapus
  48. Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

    BalasHapus
  49. Ilmu yang bermanfaat dan berguna Cuma ada di Wibesite ini, terutama Tips dan Artikelnya. Jadi ingin coba. Salam sukses

    BalasHapus
  50. Keren juga...!
    salam kenal dan semoga sukses selalu...
    informasi yang sangat bermanfaat.

    BalasHapus

Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?

 

Photoshop Icon

Holic Posts

Follow by Email

Why to Choose PSHolic?

PSholic terbagi menjadi 3 bagian penting yang harus bisa dieksplor secara keseluruhan dan bukan bagian perbagian. Photoshop Pemula... Photoshop Menengah... Photoshop Mahir... Enjoy!
Copyright © Belajar Photoshop | Designed by Templateism.com