Tuesday, January 25, 2011

Membuat Komik

Share & Comment
Ikhtisar

Buku-buku bergambar atau yang sering kita kenal dengan sebutan buku komik merupakan buku-buku dengan gambar dan kombinasi karakter yang berwarna-warni disertai alur cerita yang menarik yang biasanya kita temui dengan bantuan kotak atau lingkaran-lingkaran yang di isi kata demi kata oleh sang komikusnya.

Membuat Komik
Membuat buku komik yang benar-benar buatan Anda sendiri merupakan adalah mimpi banyak penulis dan ilustrator muda seperti Agan/Sis tentunya.. :p. Menciptakan buku komik bisa kita lakukan tanpa memandang usia atau tingkat keterampilan. Yang Anda butuhkan adalah tingkat kecintaan anda dalam bercerita, baik itu berkisar tentang pahlawan dan petualangan fantastis atau cerita rakyat biasa. Yang kemudian (loh.. awal kalimat dengan kata 'yang'?!?!? wkwkwkwk..) setelah Agan/Sis bisa mengumpulkan buku komik sendiri, diberikanlah salinannya ke teman terdekat hingga pada tahap mampu memberikan penghidupan sendiri.

Di sini saya (menghilangkan kebiasaan lama menggunakan kata 'saiia' sebagai ganti orang pertama tunggal dan kata 'gag' sebagai ganti kata 'tidak', doain iia kawand biar bisa konsisten ;p wkwkwk..) akan sedikit sharing tentang bagaimana saya (dan bukan orang lain) membuat komik-komik milik saya sendiri. Ada banyak aspek yang mesti jadi bahan pertimbangan untuk bisa membuat hal itu terwujud. Kebanyakan cingcong juga gag enak sepertinya... (oalaaahhh.. masih pake kata 'gag'..), langsung saja saya coba share langkah demi langkah yang biasa saya pakai sebelum membuat komik atau tokoh kartun.

Pendalaman Materi

Ketahui terlebih dulu, jenis komik atau kartun seperti apa yang Anda suka. Perhatikan gaya ilustrasi dan jenis pahlawan dalam buku-buku komik yang bisa jadi rujukan (tentunya komik yang Agan/Sis gemari, bukan). Buku-buku komik maupun komikusnya itu sendiri di Jakarta sebenarnya sangat banyak, sangat bervariasi, dari cerita rakyat, legenda dsb hingga drama detektif (walau mengada-ada), bahkan cerita petualangan Sherina di desa Tumaritis.. Gan.. negara kita luas banged kan Gan.. :p.

Perhatikan gaya penggambaran komikus handal. Mana yang tampaknya paling bisa diingat dan lekat di otak kita. Upayakan untuk meniru bagian terbaik dari buku-buku komik yang Anda cintai sekaligus menciptakan dunia asli Anda. Plagiat?! NON SENSE!!

Baca terbitan bahasa Inggris mengenai Membuat Komik ini.. di sini.
Tags: , ,

Written by

Hanya menjalani lakon yang diberikan Sang Penguasa Semesta. Semoga apa yang ditulis di sini bisa sedikitnya memberikan manfaat tuk kita semua.

A single dot with a single line that inspires feelings, love and cares, emotions, and statements. Kudos!

25 comments:

  1. bikin dah biar banyak...tar saya tinggal cetak..

    ReplyDelete
  2. buatin gambar komik yg cantik dunk buat background puisi hehehe

    info yg bagus sekali....

    ReplyDelete
  3. wah saya pikir membuat komik tentunya membuthkan ketrampilan dan kreatifitas biar hasilnya jg menarik :) ane gak punya bakat sperti itu :(

    ReplyDelete
  4. info yang bagus dah sob, saya suka bnget dah sma komik ....
    tpi membuatnya ... hehehhee ...

    ReplyDelete
  5. @ anisayu : bole bole :)
    @ NC : ddtenang ajja kang :)
    @ Mufied : saiia justru gag terlalu suka komik, jika itu di jadikan tontonan.. kalu ngbuatnya sii suka :) tontonan? gag bangedd.. abis sapa yg ngemengin masalah pelem sii?!?! wkwkwkwk.. pis kang :p

    ReplyDelete
  6. Kalau saya cuma suka baca komiknya...
    kalau buatnya ga' seberapa suka...
    hehehe

    ReplyDelete
  7. Saya gak begitu suka baca komik, tapi saya pengen bisa bikin komik. :D *orang yg aneh*

    ReplyDelete
  8. @ COMPLETE - ALL in One Blog : saiia kebalikannya kang :p
    @ Tongkonanku : gag aneh kuk kang :( santai ajja kang :)

    ReplyDelete
  9. saya dibuatin karikatur donk mas :D

    ReplyDelete
  10. aku gag seberapa ngerti soal photoshop sih jadinya aku niat BW aja yah sob, maaf sebelumnya ^^

    keep posting

    ReplyDelete
  11. Mantab Bro.. Teruskan..!
    Nanti sekali-kali aku jadi aktor komikmu ya...

    ReplyDelete
  12. Assalamu'alaikum..

    Inginnya punya ketrampilan dalam segala bidang.Sayangnya tak mampu,karena tak cukup waktu(males nyoba aja kali :-p ).Btw,Thanks for sharing,bro.

    Wassalamu'alaikum..

    ReplyDelete
  13. @ tomi : bole bole kang :p
    @ tonykoes : bole bole kang :p

    huweheheheh pengulangan :(

    @ all : thnx for all iia guys :)

    ReplyDelete
  14. wah keren tp sayang ane gk bakan walaupun uda belajar mateng2 :(( hehe
    visitback y

    ReplyDelete
  15. Satu yang saya kesulitan. Menggambar !
    Ajarin sob...hehe..

    ReplyDelete
  16. saya gak bisa gambar.
    kalo ada komik buat anak yg bisa dishare, mau dong saya gan,
    buat jenderal kecil dirumah nih

    ReplyDelete
  17. Dulu waktu kecil pengen banget tuh sob, sygnya emank ga pernah bakat buat ngegambar..sekarang msh bc komik tp cm komik one piece doank,btw nih sobat suka baca komik apa aja?

    ReplyDelete
  18. @ Kerajaanhosting masa depan hosting Indonesia : gag tergantung bakat kang :p
    @ Hybrid car : insya alloh kang.. tapi saiia rasa di blog ini pun uda cukup kang ;) terus mencoba ajja ;) halah*
    @ mulyonoaja : saiia banyak kang.. tapi gmn iia.. itupun uda jauh berkurang... dan tentunya beda generasi sama jagoannya si akangnya.. mana mungkin dia tau apalagi suka.. lagi pula juga :( huehehe... (makin banyak da ahh alesannya :p)
    @ Panduan-Info : selera saiia tuk era ini mulai berkurang akan komik kang.. soalnya makin ke sini makin aneh.. saiia nunggu panji koming go international kang :)

    ReplyDelete
  19. cita2 ku yg belum kesampaian, setiap ada anak it aku selalu tanya gimana caranya bikin kartun dg kompi tapi mpe sekarang aku belum ketemu jawaban yg pas, tapi aku gak putus asa heeee..

    salam sukses .. :)

    ReplyDelete
  20. 'setiap ada anak itu'.. siapa anak itu mbak?!?!?

    ReplyDelete
  21. kalau saya tertarik bikin komik jadi pasti posting-postingan agan bermanfaat buat saya :)

    ReplyDelete
  22. nice info Gan.. ajarin cara gambarnya dong.. hehehe... ^^

    ReplyDelete
  23. @ honeysweety : amien :)
    @ Novembergalau : cara gambarnya?!?! yg di kertas biasa maksudnya.. hmm.. di sini juga ada ko' kang infonya.. coba di liat di Membuat Komik atau yang setingkat dengan itu... di eksplor ajja kang blognya di monggo :) :p

    ReplyDelete

Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?

 

Photoshop Icon

Holic Posts

Follow by Email

Why to Choose PSHolic?

PSholic terbagi menjadi 3 bagian penting yang harus bisa dieksplor secara keseluruhan dan bukan bagian perbagian. Photoshop Pemula... Photoshop Menengah... Photoshop Mahir... Enjoy!
Copyright © Belajar Photoshop | Designed by Templateism.com