Kamis, 03 Februari 2011

James Pond's 2

Share & Comment
Creating a Customized ProductPostingan kali ini saya terjemahkan dari tulisan saya di blog tetangga yang berjudul Still on Creating a Customized Product dan saya sempurnakan dengan menggunakan hanya kata-kata James Pond's 2 saja agar lebih memudahkan pencariannya :p.

Langsung saja Agan/Sis bisa duduk dengan tenang sambil pegang-pegang istri buat yang punya, yang masih sendiri.. silahkan gigit jari sahaja.. wkwkwkwk.. Karena postingan ini saya buat mundur.. tidak berurutan (dengan asumsi bahwa Agan/Sis pernah membacanya di postingan aslinya di blog tetangga :p), maka singkatnya, kita akan menuju ke langkah 4 dari total.. hmmm... saya sendiri lupa ada berapa langkah.. Apa artinya kuantitas Gan/Sis.. :p Langsung nih.. panjang bener ngalor-ngidulnya.


Langkah 4 - Refleksi (Pencahayaan)

Langkah ini demikian pentingnya dalam hal design-mendesign sesuatu, karena tanpa ini, maka image kita, produk kita, barang boongan kita akan terlihat benar-benar boongan. Flat. Tak berdimensi. Walhasil, tidak terlihat menyerupai aslinya :p. OK OK OK.. Setelah sebelumnya kita menambahkan basic shading color pada botol kita, sekarang saya akang menambah Dua Layer Shading lagi. (kenapa mesti ribed-ribed numpuk-numpuk gag jelas gtu sii?!??!) Sekali lagi, ini penting, karena kedalaman sebuah tutorial dinilai dari sini.. (sapa pula yang mau-maunya nilai tutorial segala macem :p) oalaaahhh :p.

Langsung saja, di sini saya menggunakan tambahan Shading agak gelap dengan source : #a2a2a2.

Creating a Customized Product


Pelan-pelan membaca langkah berikut Gan/Sis... semoga tidak saling bertubrukan informasinya.. :(

Jika kita perhatikan posisi botol tersebut.. (ini bersifat relatif... artinya, akan menghasilkan pilihan warna gelap atau terang tergantung sudut pandang dari Agan/Sis sewaktu memposisikan mata Agan/Sis terhadap objek yang bersangkutan, red.). Karena saya posisikan diri saya seolah botol tersebut berada tepat di hadapan saya, maka.. saya pikir (belum lagi perhitungan cahaya yang jatuh), pada bagian atas botol akan lebih terang jika di banding bagian bawahnya.. Oleh karena itulah, maka saya mengurangi Fill Opacity dari upper shade atau bagian atas lebih banyak jika dibanding dengan bagian bawah sekitar 51%.

Creating a Customized Product


Lalu saya akan menambahkan sebuah Layer yang berisi warna Putih sebagai Calon Refleksi lainnya. Pertama-tama.. tambahkan sebuah Layer Baru dan beri nama Whitestrip. Pilih Pen tool (P) untuk membuat sebuah bentuk seperti yang saya lakukan.. (sekali lagi.. refleksi seperti ini akan berbeda tergantung sudut pandang dan jatuhnya cahaya terhadap objek tersebut).

Creating a Customized Product


Jika curves nya selesai Agan/Sis buat... Klik Kanan lalu pilih Make Selection. Tekan Ctrl + Backspace untuk mengisinya dengan warna yang telah siap pada Foreground Agan/Sis.. Cek terlebih dulu warna apa yang tersedia di sana.. jika bukan Hitam atau Putih... cukup tekan D atau X untuk mengembalikan ke default yakni Hitam dan Putih. Jika sudah terisi dengan warna Putih.. Silahkan Agan/Sis bisa tekan Ctrl + D untuk Deselect (menghilangkan seleksi).

Creating a Customized Product



Catatan : Agar tidak lupa dan terjadi kesalah-pahaman.. pengisian warna Putih tadi dengan menekan Ctrl + Backspace hanya akan terjadi jika warna yang tersedia pada Foreground and Background yang ada pada menu melayang Agan/Sis memang sudah default. Jika belum.. silahkan tekan D atau X pada keyboard Agan/Sis. Ini sekedar mengingatkan kembali :p.
Sekarang kita akan sedikit lebih memperhatikan susunan Layer selama pembuatan kita dari Tutorial Pertama hingga langkah ini.. Karena mungkin saja susunan yang saya miliki dengan yang Agan/Sis punya berbeda. Asal hal ini tidak mempengaruhi dan merusak gambar Agan/Sis.. silahkan lewati langkah ini, namun jika memang membutuhkan perhatian lebih... sedikit banyaknya agar kita menyamakan persepsi, baik pada warna, nama leyer atau apapun itu, seperti susunan Layer. :)

Pindahkan layerWhitestrip ke atas Layer Main (milik saya terletak di atas Gradient Fill.. lalu isi dengan  Fill color adjustment #a2a2a2 pada bagian bawah dan juga atas).. semoga saja skrinsut yang kacau berantakan ini tidak terlalu membingungkan mata Agan/Sis.. :p

Creating a Customized Product


Kira-kira.. demikianlah rangkaian serta susunan layer kita setelah Agan/Sis memindahkan layer Whitestrip tadi. Tutup botol akan nongol sedemikian rupa di depan Layer Refleksi. Jangan panik, karena memang ini yang kita inginkan. OK lanjut!

Creating a Customized Product


Berulang kali pada postingan yang senada dan sehubungan dengan James Pond's ini saya menggunakan dan mengangkat istilah Clipping Mask langkah atau trik ini sedemikian powerfulnya sehingga saya benar-benar memanfaatkan hal tersebut. Tentunya dari kata-kata saya, Agan/Sis bisa mengerti arahnya bukan?!?! Kita akan menggunakan Clipping Mask lagi... :p Apa lagi coba?!?!

Terapkan Clipping Mask agar daerah dari Layer Putih yang tidak kita inginkan tidak terlihat lagi oleh perempuan mata telanjang kita.

Hire Me?!

Creating a Customized Product


Turunkan Fill Opacity sampai Agan/Sis rasa cukup... Di sini saya menurunkan kira-kira sampai mendekati 30-50%.

Langkah Alternatif : Alih-alih Agan/Sis ribed menurunkan opacity.. Agan/Sis bisa mengganti Blending Mode nya (tanpa menurunkan Fill Opacity tentunya..) menjadiSoft Light. Silahkan pergunakan mana yang lebih Agan/Sis suka.. Tiada paksaan dalam beragama Photoshop.

Image Hosted by UploadHouse.com


Jika Agan/Sis mengalamai kendala karena terlambatnya mengantisipasi, mana postingan pertama, mana kedua dan seterusnya... silahkan Agan/Sis bisa klik langsung dari link-link yang saya sediakan di bawah ini agar supaya lebih terasa lengkap. Untuk saat ini, saya rasa cukup sekian dulu... Yang jaga warnet udah gerah, yang maen saya sendirian tapi gag kelar-kelar :p

To to to be or not to to to be contifuckin'nued..?

Complete tutorial : James Pond's 1, James Pond's 2, James Pond's 3, James Pond's 4.
Tags: , ,

Written by

We are here with you to proudly present business to the globe the way you see it. Build with no just big or just small images. But definitely we create the image you want and make it alive and totally fresh.

That's it folks... Designing. It is about creating a single dot with a single line that inspires feelings, love and cares, emotions, and statements.

1 comments:

Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?

 

Photoshop Icon

Holic Posts

Follow by Email

Why to Choose PSHolic?

PSholic terbagi menjadi 3 bagian penting yang harus bisa dieksplor secara keseluruhan dan bukan bagian perbagian. Photoshop Pemula... Photoshop Menengah... Photoshop Mahir... Enjoy!
Copyright © Belajar Photoshop | Designed by Templateism.com