Sabtu, 19 Februari 2011

Sticker Joe Corner

Share & Comment
Iket rambut saiia mana nii?!?! Selamat pagi, siang, sore, malam dan pagi lagi buat Agan/Sis semua. Dahulu kala, entah beberapa abad yang lalu, saya pernah bekerja di sebuah kafe yang bernama Joe Corner.. konsep yang diinginkan si empunya kafe tersebut sih sepertinya.. dan ini mungkin-mungkin saja, mau menyamai kafe-kafe yang bertebaran di eropah sana. Makanya sesuai dengan namanya, maka kafe tersebutpun bercokol di sebuah sudut.. entah kota, entah apalah namanya.

Joe Corner StickerNamun kali ini tentu bukan permasalahan bagaimana saya membuat kafe tersebut, namun logo yang dimiliki oleh kafe tersebut. Jujur saya akui, logonya keren. Sayapun pernah mempost ini dalam versi Inggrisnya, silahkan di cek di sini. Kali ini saya akan membagikannya dalam versi bahasa Indonesia.

Langkah Pertama

Hal pertama yang perlu Agan/Sis ingat, jika Agan/Sis memang bertujuan untuk membuat sebuah vektor, mendisain gambar dan lalu berniat untuk diprint, silahkan Agan/Sis membuatnya dengan menggunakan format file A4 - 300dpi, gunakan tipe CMYK ketika sampai di tukang printnya :p.

Namun karena di sini saya tidak bermaksud untuk melihat hasil kerja saya ini dalam bentuk banner, billboard atau papan iklan besar di atas jalan tol misalnya... maka saya rasa ukuran 650x650px dengan resolusi 72% sudah cukup.

Lanjut... Setelah Agan/Sis membuka Photoshop Agan/Sis, silahkan buat sebuah Layer Baru.. (tak ada bosan-bosannya saya mengatakan ini bukan tuk tiap langkah yang diperlukan :p ?!?!). Beri nama Layer tersebut Circle1 lalu siram dengan warna Coklat mati kemaren alias tiren..pucat, yakni #c7b299. Ubah tools Agan/Sis dari Paint Bucket (G) Tool menjadi Elliptical Marquee tool (M).

Buat sebuah lingkaran yang simple (memangnya ada lingkaran yang rumit bin ngejlimed?!?!? :p) dengan menekan Shift pada keyboard agar besarnya lingkaran kita tidak kacau.. (apa lagi nii istilah yang dipakai?!?! :p). Isikan lingkaran tersebut dengan warna Hitam pekat.

Perhatikan pada lembar kerja Agan/Sis.. Seleksi pada lingkaran (semut beriringan, red.) masih terlihat bukan?! Itu tandanya seleksi tersebut masih aktif.. biarkan seperti itu.. dilanjut dengan Agan/Sis masuk ke menu Select > Transform Selection untuk memanggil transform controls di sekitar daerah seleksi berwarna Hitam tadi (lagi-lagi : ditandai dengan semut beriringan).

Steady! Tekan tombol Alt + Shift lalu drag agak ke tengah. Mengapa kita harus menekan Alt + Shift? Hal ini dimaksudkan agar kita bisa memperoleh hasil yang gag berantakan pada transform lingkaran yang kita tadi buat. Tekan Enter untuk mengeksekusi langkah tadi.


Sticker Joe Corner



Langkah Kedua

Lagi dan lagi... Seleksi pada lingkaran (semut beriringan, red.) masih terlihat bukan?! Buat sebuah Layer Baru dan beri nama Circle2. Masih dengan seleksi aktif, siram dengan warna #f7941d yakni warna Pure Yellow Orange.


Sticker Joe Corner


Tekan tombol Ctrl dan pada saat bersamaan, lakukan klik pada leyer Circle2 untuk menyeleksi layer tersebut. Buat sebuah Circle lagi dengan cara yang sama dengan sebelumnya. Kali ini, isikan dengan warna merah menyala (#ff0000) dan tempatkan atau posisikan layer Circle Merah tadi seperti gambar di bawah;


Sticker Joe Corner



Langkah Ketiga

Sekarang saatnya kita menuliskan kata-kata di sana. Dengan bantuan trik satu ini, sebaiknya Agan/Sis diharap agar berhati-hati membaca kata-perkata seperti yang akan saya tuliskan.

Tekan tombol U untuk memanggil Custom Shape tool lalu pilihlah tool Ellipse dari menu melayang pada bagian atas (di bawah menu navigasi yang dimiliki Photoshop). Lalu pastikan Agan/Sis memilih Paths dengan mencentrang kotak kecil di sebelahnya.

Buat sebuah path pada lembar kerja Agan/Sis dengan ukuran yang sama dengan yang saya buat di bawah ini..


Sticker Joe Corner


Ganti senjata Agan/Sis dengan tool Text dengan menekan tombol T agar lebih cepatnya.. Silahkan untuk menggunakan font Arial, tapi jika Agan/Sis menemukan font yang lebih pas dan cocok untuk logo Agan/Sis, gunakan font tersebut.

Atur Character dari font tadi dengan memasuki menu Window > Character. Hal terpenting di sini sebenarnya adalah pada bagian tab Paragraph dan pilihan Centered Text.. OK pilih keduanya Gan/Sis :p!

Jika sudah terpilih, sekarang saatnya kita mengaplikasikan font tadi mengikuti path yang sebelumnya telah kita buat.

Catatan : Ketika Agan/Sis menjalankan kursor Agan/Sis di atas lingkaran path tadi, maka Agan/Sis akan melihat dan menemukan sebuah starting point (ditandai dengan pergantian bentuk kursor > the standard Text cursor berubah menjadi Type On Path cursor) dimana di sanalah Agan/Sis bisa mulai menuliskan kata-kata yang cocok untuk logo Agan/Sis.

Jika semuanya sudah tepat.. maka teks tersebut akan melingkar mengikuti path yang telah kita buat sebelumnya. Di sinilah Photoshop secara otomatis mengenali hal tersebut dan membantu kita mengeksekusi pembuatan teks pada path tersebut.


Sticker Joe Corner


Better things come to those who don't wait, klik saja langsung untuk melihat bagaimana sebenarnya yang saya maksud dari langkah tadi itu.. :p.


Joe Corner Sticker


Di sini saya menambahkan sedikit Logo Teks... dengan menggunakan font jenis Poster Bodoni BT, bertuliskan JC dan Joe Corner satu font pada tiap buah, lalu juga saya tambahkan Drop Shadow berwarna Putih di tiap Blending Option layer teks tadi.


Sticker Joe Corner



Hasil Akhir


Sticker Joe Corner


Baca tutorial ini dalam bahasa Inggris di sini!

Tags: , , ,

Written by

We are here with you to proudly present business to the globe the way you see it. Build with no just big or just small images. But definitely we create the image you want and make it alive and totally fresh.

That's it folks... Designing. It is about creating a single dot with a single line that inspires feelings, love and cares, emotions, and statements.

36 comments:

  1. Wah bagus ya hasilnya, belajar ah biar pandai sepertimu...

    BalasHapus
  2. mantaps mantaps, tapi ane butuh software nya doeloe baru bisa belajar, hihihiihihihihi yang ada di laptop cuman mozilla firefox, n kawan-kawan

    BalasHapus
  3. wahh, gan.. nanti bisa dund bikinin logo buat cafe saiia.. hihihi tapi baru rencana sii.. bagus tu hasil nya

    BalasHapus
  4. woi, keren banget desainnya, mas. pingin juga bikin desain beginian, dasar sayanya yang gaptek, coba bikin ndak jadi2, hiks.

    BalasHapus
  5. great tutorial
    :)


    ♥ sugarpuff ♥
    Pinkie Anggia ☺
    http://pinkieanggia.tumblr.com

    BalasHapus
  6. makasih tutorialnya, kapan waktu saya praktikan. ijin save ya gan.

    BalasHapus
  7. eeeeeeeeeeeh...
    liat JC lg dsni..hehehehe...

    BalasHapus
  8. awesome... gratefully thnx for all of you guys :)

    BalasHapus
  9. wahhh..bagus jadinya.. mau jadi murid mu

    BalasHapus
  10. duh ilmu photoshopnya buat aku tergoda untuk buat logo secantik dan semenari mungkin....

    mantap sekali info nya

    BalasHapus
  11. waduh ribet juga yak. saya belum terbiasa pakai photoshop. coz dikampuz mainannya Autocad

    BalasHapus
  12. wah bisa nambah ilmu nih.
    maksih bwat triknya.
    salam

    BalasHapus
  13. Mantap gaan...ane juga lagi ublek2 sotosop nih..pusiing...

    BalasHapus
  14. turut menyimak meski belum paham juga

    BalasHapus
  15. Mirip kayak buat badge ya mas :D
    Seperti biasa, hasil buatan mas keren2 ;)

    BalasHapus
  16. Kalau kafe ama logonya kerenan mana gan... hehehehe....

    BalasHapus
  17. ini penting buat adikku yang tukang cetak sablon

    BalasHapus
  18. mumpung ingat langsung subscribe saja biar kalau perlu tinggal sesuatu gitu
    salam dari kalimantan tengah

    BalasHapus
  19. mau mngucapin SELAMAT TAHUN BARU semoga tahun 2012 ini kita selalu mendapatkan nikmat sehat, sehingga kita bisa nyambut tahun 2013 nanti.

    BalasHapus
  20. SELAMAT TAHUN BARU 2012 semua!!! :)

    BalasHapus
  21. Siip bos tutornya...
    Met Tahun baru ya..!

    BalasHapus
  22. gambarnya gak muncul :| selamat tahun baru ommmm

    BalasHapus
  23. muncul ky... iia met taon baru :p

    BalasHapus
  24. Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

    BalasHapus
  25. Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

    BalasHapus
  26. Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

    BalasHapus
  27. Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

    BalasHapus
  28. aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

    BalasHapus
  29. Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

    BalasHapus
  30. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  31. cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  32. nice post sob...ada tutorilnya lengkap..sehinnga mempermudah untuk dipelajari photoshop..

    BalasHapus

Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?

 

Photoshop Icon

Holic Posts

Follow by Email

Why to Choose PSHolic?

PSholic terbagi menjadi 3 bagian penting yang harus bisa dieksplor secara keseluruhan dan bukan bagian perbagian. Photoshop Pemula... Photoshop Menengah... Photoshop Mahir... Enjoy!
Copyright © Belajar Photoshop | Designed by Templateism.com