Jumat, 03 Juni 2011

Cara membuat Kepingan CD

Share & Comment
Hello guys.. Pada kesempatan kali ini, blog Belajar Photoshop kembali akan mencoba membagikan kembali tutorial yang pernah saya tulis di blog tetangga dengan judul Making a simple CD dalam versi bahasa Indonesia dengan judul Cara membuat Kepingan CD. Agan/Sis gag perlu stok photo dan sebagainya karena ini memang sangat simple, hanya mengandalkan tools yang disediakan oleh Photoshop.

OK langsung saja.. Agan/Sis bisa memulainya dengan;

Langkah Pertama - Membuat Lingkaran

Buat sebuah New Blank Document dengan menekan Ctrl + N isikan 500x500px, untuk ukuran. Silahkan Agan/Sis pergunakan ukuran sendiri disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Beri juga warna latar sesuai keinginan Agan/Sis.

Buat sebuah New Layer dengan menekan Ctrl + Shift + N jangan lupa untuk memberi nama layer ini dengan nama CD (atau nama apapun yang paling pas menurut Agan/Sis).

Kita akan membuat sebuah lingkaran yang sangat simple. Silahkan Agan/Sis lewati bagian ini jika memang sudah menguasai. Untuk yang baru mengenal cara kerja Photoshop, silahkan Agan/Sis gunakan tool Elliptical Marquee Tool (M), tekan tombol Shift supaya ketika kita menarik objek tersebut, akan seimbang besarnya. Cara ini bisa dipersingkat dengan mengisikan angka-angka tertentu pada bagian fixed Size Style yang terletak di bagian atas menu. Kebetulan saya menerapkan cara tersebut dengan mengisikan 450x450px. Lalu saya siram lingkaran tersebut dengan warna #b9b9b9.


Cara membuat Kepingan CD


Langkah Kedua - Duplikasi

Cara membuat Kepingan CDSelanjutnya adalah.. Duplikasi layer tersebut (biasanya untuk langkah seperti ini, saya akan menganjurkan Agan/Sis untuk menekan Ctrl + J, namun kali ini...) dengan meng-klik-kiri pada Layer yang dimaksud, lalu Drag ke icon Create a New Layer yang terletak pada palette layer (sebelah pojok bawah). Perhatikan baik-baik animasi di sebelah kiri...

Jika CD copy telah tercipta, lanjutkan dengan membuat sebuah lingkaran baru dengan ukuran lebih kecil dari yang pertama. Lakukan ini pada layer CD Copy. Caranya?

Klik-kanan pada Layer Thumbnail dari CD copy untuk memunculkan seleksi.. untuk membuatnya lebih kecil dari ukuran Lingkaran Pertama, tekan Ctrl + T, tahan tombol Shift dan Alt secara bersamaan..

Seperti yang Agan/Sis bisa lihat pada gambar di bawah, saya memasukkan angka 40% untuk widht dan juga 40% untuk height. Lalu saya siram dengan warna #e8e8e8

Cara membuat Kepingan CD

Cara membuat Kepingan CDSelanjutnya adalah, kita akan kembali menduplikasi lingkaran dengan ukuran yang lebih kecil tersebut dan memberinya nama CD Copy 2. Dengan cara yang sama dengan sebelumnya (mengkopi layer dan membuatnya lebih kecil [semakin kecil] dari CD Copy).

Load the selection dengan cara mengklik-kanan Layer Thumbnailnya, lalu pilih Layer CD Copy bersamaan dengan Layer CD (original), ingat baik-baik layer yang terpilih, lalu tekan tombol Delete.

Perhatikan gambar di samping untuk susunan Layer yang saya gunakan.

Sampai di sini, semua aman terkendali? :)

Merge down.. atau enaknya... gabungkan layer-layer tersebut, yakni layer CD copy beserta Layer CD.. finish??? Agan/Sis bisa gunakan shortcut untuk langkah tadi dengan menekan tombol Ctrl + E.

Jika langkah-langkahnya sudah sesuai, kira-kira gambar untuk perintah-perintah di atas bisa di lihat dari skrinsut di bawah. Jangan bingung, gambar di bawah ini tidak ada layer CD Copy 2 karena memang telah dengan sengaja saya buang (Delete) karena kita memang sudah tidak memerlukannya lagi.

Cara membuat Kepingan CD

Langkah Ketiga - Reflection

OK Gan/Sis, kita baru setengah jalan. Buat nyaman suasana dengan menyeduh susu hangat serta cemilan alakadarnya. Lanjut. Kali ini kita akan mencoba membuat seolah-olah lingkaran-lingkaran tadi memiliki refleksi atau efek bayangan.. biar lebih terlihat manusiawi atau apalah istilahnya githu loh :p.

Buat sebuah layer baru dengan menekan tombol Ctrl + Shit + N, beri nama layer tersebut Reflection. Tekan tombol D untuk mengembalikan susunan warna (hitam dan putih) pada Color Tool, silahkan Agan/Sis lirik pada menu melayang paling bawah setelah Agan/Sis menekan tombol D tadi untuk mengetahui apa yang saya maksudkan.

Lalu tekan tombol Alt + Backspace untuk menyiram canvas Agan/Sis dengan warna Hitam. Duplikasi layer Hitam tadi. Lalu pada layer hasil duplikasi, pilih Gradient Tool (G) dari tool-tool yang ada pada menu melayang, letakkan kursor pada bagian bawah canvas, lalu klik dan drag secara bersamaan ke atas. Langkah ini mengakibatkan canvas Agan/Sis akan terisi dengan warna gradasi antara Hitam dan Putih (karena langkah penatralisir [menekan D] di awal-awal tadi).

Jika sudah, lanjutkan dengan memanipulasinya dengan masuk kemenu Filter > Distort > Wave . Agan/Sis akan melihat Wave window yang muncul, isikan dengan data-data seperti yang saya lakukan pada gambar berikut..

Cara membuat Kepingan CD

Alhasil, gambar Agan/Sis akan menyerupai seperti gambar saya di bawah ini..

Cara membuat Kepingan CD

Jangan berhenti di situ. Lanjutkan dengan manipulasi berikutnya dengan kembali masuk ke menu Filter > Distort > Polar Coordinates. Polar coordinates window akan terbuka, kembali isikan dengan settingan 100% dan lalu beri centrang pada opsi Rectangular to Polar.

Cara membuat Kepingan CD

Tekan Ctrl + U untuk mengatur Adjustmentsnya, silahkan Agan/Sis masuk ke menu Image > Adjustments > Hue/Saturation isikan dengan : Hue - 200, Saturation - 25, Lightness - 0. Beri centrang pada opsi Check the Colorize.

Cara membuat Kepingan CD

Bantai!!!! Pilih Magic Wand Tool (W), pilih bagian yang berwarna Hitam, seleksi (semut beriringan yang terlihat sebagai tanda bahwa Hitam telah terseleksi dengan baik) muncul.. lalu hantam tombol Delete!

Cara membuat Kepingan CD

Tekan Ctrl + D untuk menghilangkan seleksi. Pada Palette Layer, pilih Layer Reflection, tekan Ctrl + click pada CD Layer Thumbnail, tekan tombol Ctrl + Shift + I untuk membalik semua daerah terseleksi.

Perlu diingat bahwa pada langkah ini, layer Reflectionlah yang active, Tekan Delete!

Cara membuat Kepingan CD

Turunkan Layer Opacity sehingga mendekati 70% atau sesuai dengan keinginan Agan/Sis, lalu jangan lupa untuk menghilangkan seleski agar kita bisa melihat hasilnya.


Langkah Keempat - Penyempurnaan (Optional)

Tentu tidak semua yang kita buat akan menghasilkan sesuatu yang sempurna hanya dengan sekali jalan, silahkan Agan/Sis koreksi lagi bagian-bagian mana saja yang sekiranya membutuhkan tambahan, tambalan, pembuangan dan sebagainya. Jika Agan/Sis berkehendak untuk membuat refleksi CD menjadi agak buram, ikuti langkah berikut...

Pilih layer CD, aktifkan Magic Wand Tool (W), pilih 10% Grey circle, (lingkaran yang lebih kecil dari layer CD originalnya) slow down beib, slow down...!!! Duplikasi objek terseleksi dengan menekan tombol Ctrl + J... lalu Right-Clicking atau klik-kanan pada Layer CD copy, pilih (aktifkan kembali) layer CD, tekan Delete!

Masuh ke menu Filter > Blur > Gaussian Blur, untuk pengaturannya silahkan lihat gambar di bawah sebagai preferensi...

Cara membuat Kepingan CD

Pada layer CD copy, turunkan Opacity menjadi sekitar 30%. Dan dengan sedikit sentuhan di sana dan di sini... maka terciptalah sebuah kepingan CD yang kita perlukan. Hal ini juga bisa kita terapkan jika kita berkeinginan untuk membuat gambar-gambar pada keping CD tersebut. Kritik dan saran sangat ditunggu. Semoga bermanfaat.

Hasil akhir...

Cara membuat Kepingan CD

Cara membuat Kepingan CD


Dapatkan seri tutorial-tutorial lainnya dalam versi bahasa Inggris di blog tetangga..

Air Brush Style | Dancing Text Animation | Vektor with Photoshop | Menu Navigation | Abstract Background | Rain Effect | Matrix Effect | Firing Text | Retouching Image | Transparent Image
Tags: , ,

Written by

We are here with you to proudly present business to the globe the way you see it. Build with no just big or just small images. But definitely we create the image you want and make it alive and totally fresh.

That's it folks... Designing. It is about creating a single dot with a single line that inspires feelings, love and cares, emotions, and statements.

78 comments:

  1. bantuin dong membuatnya.... hehehe

    BalasHapus
  2. Wah... disini banyak banget tutorialnya... saya bookmark dulu ya gan...
    Gak sempet praktek satu-satu.. :)

    terima kasih sebelumnya...

    BalasHapus
  3. monggo silahkan... semoga bermanfaat :)

    BalasHapus
  4. wah, blog ini bisa saya jadikan referensi untuk belajar photoshop lebih banyak lagi nih. :D
    saya sudah follow blog ini om. ditunggu ya follow baliknya.

    BalasHapus
  5. Keren abis booo...
    thanx ya udah berkunjung.
    Postingan yg terakhir udah diedit tuch, jadi tambah keren.

    BalasHapus
  6. terimakasii kang iia.. ntar di intip dulu iia :)

    BalasHapus
  7. wahhhhhhhhh makasih makasih
    ini lagi dicari cari :)

    BalasHapus
  8. wah bagus bnget ilmunya bermanfaat sangat buat hatiku semangat buat gmbar lagi...

    BalasHapus
  9. manteb bener sob editanya ane coba yaa

    BalasHapus
  10. waaa... makasih infonya sob ...
    saya pernah gagal nih waktu nyoba gini ...

    BalasHapus
  11. Menarik sekali ini panduaanya, sangat ingin membuat label cd, gak pakai disain sik cuma tulisan judul saja, pake word susah ngepasinnya posisi label waktu ngeprint.

    BalasHapus
  12. keren belajar photoshop disini,, nunggu yg baru lg sob

    BalasHapus
  13. Semakin banyak info menarik di blog Photoshop :)

    BalasHapus
  14. sering Q pakek potosop..

    tpi buat nge-ri-size doank.. :D

    BalasHapus
  15. Q gak bakat kyknya klo sotosop..

    soalnya mmbutuhkn ketelitian tingkat tinggi..

    BalasHapus
  16. ilmunya sanagt menarik untuk disimak n dipahami sob, terimakasih sudah berbagi ilmu.

    BalasHapus
  17. Mantap, boleh dicoba.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawanath's Blog

    BalasHapus
  18. patut dicoba nih, makasih infonya, semoga sukses selalu buat sobat

    BalasHapus
  19. wah detail banget neh penjelasannya, terima kasih kang ilmu nya.

    BalasHapus
  20. mksh yaa udh berkunjung....

    wah... bisa tutor photoshop di sini......

    mksh bnyk yyaaa

    BalasHapus
  21. info bagus gan, kunjungan balik nih..
    http://berkecukupan.blogspot.com/2011/11/cara-memecah-sertifikat-tanah.html?showComment=1320837631590#c3099356847701968029

    BalasHapus
  22. @ all : thnx for all guys :)

    BalasHapus
  23. sekalian buatin satu mas tuk situs saya.. :p

    BalasHapus
  24. Mantep nih.. Band saya bisa make tutorial ini buat nyetak CD sendiri.. :D

    BalasHapus
  25. ternyata hasil akhirnya bagus ntar saya coba, terima kasih ya gan

    BalasHapus
  26. Ternyata panjang nian jalan untuk membuat sebuah CD :D

    Terima kasih ilmunya. Nanti dipraktekin kalo udah ada waktu.

    BalasHapus
  27. sekedar mampir juga
    note: gambarnya gak keluar sob
    hehe

    BalasHapus
  28. ...tapi di sini keluar kang.. :(

    BalasHapus
  29. *seketika mata buram*
    sotosop membuat saya tersiksa...

    BalasHapus
  30. Wah mantabs ni gan... pengen juga belajar photoshop... Udah bisa belajar di sini.. anyway ada ngak photoshop yang bisa di gunakan gratis sob :D hihi... mekasih ya

    BalasHapus
  31. Makasih.. makasih... ak jd tau cara bikin keping CD sekarang...

    BalasHapus
  32. ko hasil akhirnya rada beda ya?
    hmmmm

    BalasHapus
  33. @ shah Blogger : ada kang.. monggo di liad di Photoshop CS3.. gratis kang :)
    @ Yoyo : kembali kasii kang :(
    @ @helgaindra : itu pan setelah di imbuh sana/sini kang :(

    BalasHapus
  34. tip agan sangat berguna tuk yg baru mengenal photoshop seperti saya ..terus terang aja ane kalau pake photoshop selalu bingung hehe

    BalasHapus
  35. moga setelah membaca beberapa tutorial photoshop di sini, agannya gag bingung lagi :)

    BalasHapus
  36. Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

    BalasHapus
  37. Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

    BalasHapus
  38. Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

    BalasHapus
  39. aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

    BalasHapus
  40. Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

    BalasHapus
  41. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  42. cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  43. Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

    BalasHapus
  44. Setelah membuka Wibesite ini, saya menemukan Artikel yang Amazing dan infonya boleh dicoba. Sukses selalu

    BalasHapus
  45. Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

    BalasHapus
  46. Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

    BalasHapus
  47. Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

    BalasHapus
  48. Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

    BalasHapus
  49. Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

    BalasHapus
  50. Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

    BalasHapus
  51. setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

    BalasHapus
  52. cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  53. Saya senang membaca Info dan Artikel yang di buat di Wibesite ini. Patut dicoba. Salam Sukses selalu.

    BalasHapus
  54. Wibesite yang sangat Amazing, Artikel dan Tipsnya boleh dicoba. Semangat !!

    BalasHapus
  55. Artikel yang bermanfaat dan berguna, wajib di coba. sukses selalu

    BalasHapus
  56. Ilmu yang sangat Hebat, boleh dicoba Artikel dan Tipsnya. Semoga berhasil

    BalasHapus
  57. Baru kali ini saya membaca Artikel yang sangat membangun. Boleh dicoba

    BalasHapus
  58. Tipsnya boleh dicoba, Artikelnya sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  59. Terimaksih untuk Info yang sangat Amazing, boleh dicoba.

    BalasHapus
  60. gan/sis.. bisakah jelasinnya lebih detail lagi.. saya bingung gan.. maklom lah saya lagi newbie.. :D

    saya mau edit tpi pake foto saya sendiri.. tolong tutor pake foto orang saja
    terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  61. kalau seri photoshopnya bebas ya..?

    BalasHapus
  62. please allow me the message bless you, wish you have been lucky!!!!!

    BalasHapus
  63. mantraf .... thanks for the tips

    BalasHapus
  64. nice share .... di tunggu next posting bro

    BalasHapus
  65. buat label cd dengan photoshop.
    ok jg...

    BalasHapus
  66. wow ,,,kece banget tutornya

    BalasHapus
  67. Thank you very useful , Success always make

    BalasHapus

Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?

 

Photoshop Icon

Holic Posts

Follow by Email

Why to Choose PSHolic?

PSholic terbagi menjadi 3 bagian penting yang harus bisa dieksplor secara keseluruhan dan bukan bagian perbagian. Photoshop Pemula... Photoshop Menengah... Photoshop Mahir... Enjoy!
Copyright © Belajar Photoshop | Designed by Templateism.com