Sunday, June 26, 2011

Efek Pelangi

Share & Comment
Yang namanya pelangi itu adalah sesuatu yang terdiri dari berbagai macam warna yang sangat indah... Lohh.. loh.. mengapa tiba-tiba ngamuk seperti itu?!?! :p Banyak yang bilang jika pelangi muncul, maka katanya banyak bidadari yang turun ke bumi ini untuk mandi. Well.. :( Dunno!

Tutorial kali ini sama sekali tidak bersinggungan dengan bagaimana cara membuat atau bahkan memproduksi bidadari nan cantik dalam jumlah massive apalagi borongan, pada tutorial kali ini, kami akan mengangkat cerita lama dari blog tetangga yang bertitle Create Rainbow, yang dimana di sana dijelaskan bagaimana cara membuat efek pelangi pada gambar menggunakan Adobe Photoshop CS3.

Di sini saya menggunakan source image yang kira-kira pas jika di dalamnya kita tambahkan objek -dalam hal ini - Pelangi. Silahkan Agan/Sis gunakan source masing-masing. Selamat menikmati hidangannya.



Langkah 1

Buka gambar yang Agan/Sis ingin edit, dalam hal ini, kami menggunakan gambar di atas, silahkan Agan/Sis gambar tersebut jika malas atau sekedar enggan searching dll. Tekan D pada PC Agan/Sis untuk mereset foreground dan background color pada settingan Photoshop. Buat sebuah layer baru dengan meng-klik ikon Create a new layer pada bagian bawah layer panel.



Langkah 2

Masih dengan aktif dan terpilihnya Layer Baru tadi, klik Gradient tool pada menu melayang (yang terletak pada bagian kiri lembar kerja) pada tool bar. Sekarang Agan/Sis bisa melihat gradient properties yang muncul tepat di sebelah menu utama. Klik pada gradient image. (Lihat panduan gambar pada keterangan gambar di langkah 4).

Langkah 3



Dari macam-macam model yang disediakan, silahkan Agan/Sis pilih yang paling banyak, yakni yang memiliki enam macam warna... Drag atau geser tiap anak panah yang ada pada settingan yang muncul yang menandakan untuk menambah atau mengurangi ketebalan atau opacity warna. Gunakan imajinasi masing-masing untuk mendapatkan hasil yang paling sesuai dengan yang kita cari dan inginkan.

Langkah 4

Tambahkan sebuah tab stop baru dengan memasukkan warna orange. Untuk membuat tab baru tersebut, klik pada bagian bawah kotak kecil dengan anak panah di atasnya. Geser warna yang dimaksud ke arah kanan.



Setelah Agan/Sis membuat sebuah gradient baru, klik OK.

Langkah 5

Dari gradient properties, pilih radial gradient, tempatkan kursor Agan/Sis di kiri bawah (pojok) gambar, lalu tarik atau geser ke arah atas bagian tengah gambar. Silahkan Agan/Sis mengeksplor langkah ini disesuaikan dengan apa yang Agan/Sis inginkan.



Langkah 6

Ubah opacity menjadi 21% pada panel layer. Gunakan Eraser tool dengan ukuran Brush antara 24 to 36 lalu hapus bagian-bagian dari Pelangi yang Agan/Sis tidak inginkan muncul pada gambar atau photo kita tersebut.



Here we go!







Related Topics in English :

Create Rainbow | Air Brush Style | Dancing Text Animation | Vektor with Photoshop | Menu Navigation | Abstract Background | Rain Effect | Matrix Effect | Firing Text | Retouching Image | Transparent Image
Tags: , ,

Written by

Hanya menjalani lakon yang diberikan Sang Penguasa Semesta. Semoga apa yang ditulis di sini bisa sedikitnya memberikan manfaat tuk kita semua.

A single dot with a single line that inspires feelings, love and cares, emotions, and statements. Kudos!

24 comments:

  1. Nie aku dah di jakarta.. baru td aku datang.. Bali emang rame.. tapi kerjanya sepi.. ngabisin duit doang.. sampe pulsa juga keteteran.. hahahhaha..

    ReplyDelete
  2. kalu gtu gmn saiia mas... masnya keteteran.. saya nya terakreditasi... loh.. !?!??!

    ReplyDelete
  3. hmmm... ada gerangan apakah tu org gag nongol2 ?!??!?

    ReplyDelete
  4. Salam kenal.
    &
    happy blogging brother

    ReplyDelete
  5. WoW keren Aku Coba kang, soalnya aku lagi memperdalam nih tentang photoshop

    ReplyDelete
  6. pelangi yang cantik menghiasi
    senyum indah terukir lagi... :)

    ReplyDelete
  7. ilmu ane belum nyampai situ gan, but nice trik
    sekalian blogwalking dan salam kenal

    ReplyDelete
  8. pelanginya indah banget sob...
    trims sdh berbagi ilmunya !

    ReplyDelete
  9. kerenn deh, kapan-kapan nyobain ahh..*kapan ya?) *LHOH*..

    ReplyDelete
  10. waouun man! ntar aku cobain,kebetulan ni hobby utak atik poto :)
    makasi sharring!

    ReplyDelete
  11. mesra nian, ane ungguin disini sapatau ada bidadari mampir :D
    makasih tipsnya

    ReplyDelete
  12. mesra pelanginya, keyeen
    ane nunggu disini bentar, kali saja ada bidadari mendarat :D
    makasih tipsnya :)

    ReplyDelete
  13. keren lagi nie kayaknya.. bisa belajar nie

    ReplyDelete
  14. cantik ya mas hasil akhirnya
    selalu membuat saya meleleh leleh heheh
    mas gen emang keren :)

    apa khabar mas .. baik aja khah?

    ReplyDelete
  15. alhamdulillah baik selalu bunda :) terimakasih sudah menanyakan :) ibu sendiri gmn? baik bukan :)

    ReplyDelete
  16. dan boleh ga mnta ajarin cara membuat fitur blog?

    ReplyDelete
  17. wahh.. bukan pada orang yang tepat tuh kang.. yang lain labih mumpuni tuk pertanyaan dan permasalahan akangnya ;( mohon di maafkan kang iia ;(

    ReplyDelete

Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?

 

Photoshop Icon

Holic Posts

Follow by Email

Why to Choose PSHolic?

PSholic terbagi menjadi 3 bagian penting yang harus bisa dieksplor secara keseluruhan dan bukan bagian perbagian. Photoshop Pemula... Photoshop Menengah... Photoshop Mahir... Enjoy!
Copyright © Belajar Photoshop | Designed by Templateism.com