Friday, July 15, 2011

Cara membuat Teks pada Tekstur Pohon

Share & Comment
Seperti yang pernah kami singgung sebelumnya dalam postingan kami yang berjudul Cara membuat Tekstur Pohon, ada baiknya kami refresh terlebih dullu ingatan Agan/Sis jika memang terlupa oleh kata-kata berhubungan dengan post selanjutnya yakni Cara membuat Teks pada Tekstur Pohon. Yupp... kita sampai pada kelanjutan dari post Tekstur pohon tersebut dimana kita akan menerapkan inti dari apa yang kami bahas waktu itu.

Hmm.. Sebenarnya (dengan malu-malu karena akan kembali mengatakan bahwa..) postingan ini pernah kami muat di blog tetangga dengan judul Create a creepy bloddy text, silahkan jika memang Agan/Sis berminat melongok terlebih dulu di sana, namun ada satu hal yang perlu kami ingatkan bahwa post tersebut berbahasa Inggris, dan kini, dengan membanggakannya, kami kembali merilis dalam versi bahasa ibu kami tentunya.

Ok tanpa banyak cakap lagi, langsung saja kita menuju apa yang telah dinanti-nanti (kata siapa?!?!).

Langkah Pertama


Silahkan Agan/Sis buka file .Psd dari Tekstur Pohon yang kemarin Agan/Sis buat. Setelah file tersebut terbuka, masuk ke menu Channels pada palette layers. Tahan tombol Ctrl sambil lakukan click pada RGB channel, kita akan memilih light parts of texture (bagian yang paling terang dari seluruh bagian yang ada pada gambar).

Perhatikan gambar berikut jika Agan/Sis agak sedikit lost pada kata-kata saya Ctrl sambil lakukan click pada RGB channel tadi..

Creepy Bloddy Text

Buka menu Image > Adjustments > Hue/Saturation. Pilih Hue to 100, Saturation = -56.

Creepy Bloddy Text

Lalu silahkan masuk ke menu Edit > Fade. Turunkan Opacitynya menjadi kira-kira mendekati 50%. Tekan Ok dan lalu Ctrl + D, hilang sudah seleksi pada image kita.

Creepy Bloddy TextCreepy Bloddy Text


Langkah Kedua


Sekarang saatnya kita menambahkan Teks atau beberapa kata pada dokumen kita.. (kita?!?!? Lo ajja kali guee nggaakk.. jayusss!!!). Kami pilihkan Warna Merah di sini agar tulisan kita bisa terbaca dengan jelas nantinya.

Pada kolom warna, yakni bagian warna foreground, silahkan pilih warna Merah atau warna kesukaan Agan/Sis semua. Kemudian tekan tombol T untuk mengaktifkan tool Type. Klik lembar kerja Agan/Sis untuk menempatkan teks tersebut, perhatikan kursornya Gan/Sis :p.

Mengapa Lontong Berdarah? Entahlah! Hanya ingin menulis kata-kata itu aja, yang teringat sewaktu membuat tutorial ini memang kata-kata itu.. :( >>> (menunjukkan tingkat IQ dan EQ seseorangkah?!?!)

Gunakan tool Free transform untuk mendapatkan ukuran sesuai yang kita inginkan. Agan/Sis mungkin ingat sama postingan kami yang berjudul Carbon Fiber Look..?!?! Yupp, trik yang sama yang kita gunakan di sini.

Creepy Bloddy Text

Langkah Ketiga


Untuk melanjutkan trik ini.. Silahkan masuk menu Filter > Distort > Displace. Manakala pop-up windows muncul, hantam Yes, untuk to resterize text, mengubah format teks menjadi image. Lalu atur Horizontal dan Vertical Scale 8 lalu cari psd file yang Agan/Sis sudah simpan pada Langkah Pertama tadi. Kira-kira hasilnya akan seperti ini;

Creepy Bloddy Text

Untuk membuat the wood texture terlihat lebih realistis, kita akan sedikit membengkok-bengkokkannya menggunakan bantuan Curve pada menu yang disediakan Photoshop.

Pertama-tama, aktifkan background layer, tekan Ctrl + A. Masuk ke menu Filter > Distort > Spherize, atur Mode nya menjadi Horizontal Only lalu isikan 60%. Aktifkan layer text Agan/Sis lalu tekan Ctrl + F untuk mengulang filter atau efek terakhir yang kita terapkan tadi.

Creepy Bloddy Text

Creepy Bloddy Text

Langkah Keempat


Kita perlu menambahkan sebuah Layer lagi, dan lalu kita isikan dengan warna Hitam yang nantinya layer ini akan kita geser tempat (susunan layernya) menjadi berada di bawah layer background. Aktifkan wood texture pada palette Layer, gunakan kembali tool Free Transform untuk menurunkan atau mengecilkan ukuran lebar dari Tekstur kita.

Creepy Bloddy Text

Langkah Kelima
Pilih Gradient tool (G), gunakan yang Linear Gradient. Lalu pilih gradient dengan model Foreground to Transparent.

Creepy Bloddy Text

Buat sebuah new layer lagi. Lalu gunakan kembali Gradient tool (G) tadi, klik pada tanda left side lalu pada tanda pull to center, hal ini akan membuat bayangan kita menjadi overlap. Hmm.. apa yang tepat yah kira-kira istilahnya?!?! Pokoknya, bagian kanan serta kiri dari bayangan kita akan membuat image kita seperti menjauh... hahaha.. coba itu dibantu enaknya gmn?!!

Creepy Bloddy Text

Langkah Keenam


Sekarang silahkan Agan/Sis aktifkan layer text lalu ubah Blending modenya menjadi Color Burn. Duplikasikan layer text tersebut dengan menekan Ctrl + J pada keyboard. Itu untuk teks yang pertama, sedang untuk teks yang lain, ubah Blending modenya menjadi Linear Light lalu pengaturan untuk Fillnya, isikan dengan 30%.

Creepy Bloddy Text

Langkah Ketujuh


Sebagai langkah terakhir, langkah ini adalah penambahan beberapa macam layer styles pada text layer yang kedua. Untuk itu, silahkan Agan/Sis tambahkan Bevel and Emboss, lalu atur untuk bagian Depth = 40%, ukuran atau size = 5 px, soften = 0 px. Atau untuk lebih mempermudahnya, silahkan dilihat skrinsyut berikut;

Creepy Bloddy Text

Viola! Berakhir sudah kesenangan saya kali ini. Kita telah mendapatkan apa yang kita inginkan. Kita telah menanamkan, menyematkan, menambahkan, membuat coretan Teks pada Tekstur Pohon atau apalah namanya silahkan pikirkan sendiri.. loh..?!?! seperti yang pernah kami janjikan. Kami sangat berharap postingan ini akan sangat berkenan di hati Agan/Sis dan bisa dinikmati sebagaimana mestinya.

Just go nuts doods!

Creepy Bloddy Text

Enjoy!
Tags: , ,

Written by

Hanya menjalani lakon yang diberikan Sang Penguasa Semesta. Semoga apa yang ditulis di sini bisa sedikitnya memberikan manfaat tuk kita semua.

A single dot with a single line that inspires feelings, love and cares, emotions, and statements. Kudos!

31 comments:

  1. wah bagiku sulit buat seperti itu tapi kukan belajar hehehe

    hasinya bagus2 ya jadi tertarik mencoba ,,, :)

    ReplyDelete
  2. Hasil gambar akhir yang 'menakjubkan' sama persis dengan aslinya di alam. Sebuah ketrampilan, seni, imajinasi, dan teknologi. Dipandu langkah demi langkah untuk membuatnya. Urut, detail, dan akhirnya finish. Trims tutorialnya. Salam sukses.

    ReplyDelete
  3. saya pengin belajar buat tulisan kaya 'genial' itu gimana caranya ya...

    ReplyDelete
  4. aduh, saya sudah sering coba coba tapi kok gagal mulu ya.

    ReplyDelete
  5. mantaappp!!! o ia mas broth, bisa bantu bikinin logo buatku dlm bentuk .gif pake photoshop ga? pengen belajar neh...

    ReplyDelete
  6. Wuih.. keren! Ijin save ya gan. :)

    ReplyDelete
  7. @ anisayu : sama-sama belajar kita mbak :)
    @ Herdoni Wahyono : amazing comment, saiia smpe tergagap2.. ntah harus bilang gmn lagi.. terimakasii kang iia uda berkenan mampir :)
    @ Baha Andes : itu saiia pake dari... lupa saiia kang namanya... :( tapi kalau gag salah.. pakde Cholik sedang membahas yg satu itu ko.. monggo di intip di rumahnya langsung :)
    @ Sang Cerpenis bercerita : gpp mbak.. terus dan terus mencoba :)
    @ SetandanPisang : bole bole ajja kang.. tapi gag susa susa kan?!?! :p
    @ Tongkonanku : monggo kang :)

    ReplyDelete
  8. Keren Sob.. waduh, pengen bisa nih :D

    ReplyDelete
  9. makasii kang.. hayu atuh kalu pingin bisa :p

    ReplyDelete
  10. wow keren, kayak asli beneran. :)

    ReplyDelete
  11. Ajiib... keren, harus dipelajari dengan baik nih... btw, thanks atas kunjungannya ke blog saya kemarin

    ReplyDelete
  12. ayo ayo pada belajar biar bersaing ama gurunya h3

    ReplyDelete
  13. Lontong Berdarah... toloooooong...

    ReplyDelete
  14. wah komen saya sebelumnya ga disetujui ya? :D

    ReplyDelete
  15. wah kalo saya sih masih newbie banget... kudu belajar banyak nih.

    ReplyDelete
  16. LOL. Lontong berdarah. Saya membayangkan kalau ini jadi judul film horor, mungkin keren bang.

    ReplyDelete
  17. wuidih keren blognya..
    bakal sering mampir nih kayanya..

    ada tutor desain baju ga?
    klo belum ada, request bloeh nih..
    btw gua follow ah~

    ReplyDelete
  18. Wah, blog yang bagus nih, berhubung saya juga doya mengutak-ngatik PS :D

    ReplyDelete
  19. walahhh lontong berdarahhh...wkwkwkkwkwkw.... :))

    ReplyDelete
  20. nice blog, saya mmg msh hrs byk belajar ttg photoshop... sgt senang dpt berkunjung di blog ini :) slm kenal y...

    ReplyDelete
  21. naaaah ini bagian cukup sulit
    aku ga berhasil
    hehehe

    ReplyDelete
  22. keren tutor na sob...aku bookmark ya :)

    salam kenal dari blogger banyuwangi

    ReplyDelete
  23. @ TUKANG CoLoNG : dsemua komeng di sini langsung masuk kang.. gag ada yg saiia sortir terlebih dulu... gag tau kalu ternyata gag muncul kang.. :( semua saiia izinin tuk komentar sampe spam sekalipun :)

    @ all : makasii agan/sis semua yg masih mau mampir di tempat ini gan/sis iia :) sekali lagi makasii ;)

    ReplyDelete
  24. Lontong Berdarah .... gimana rupa dan bentuknya .... .

    ReplyDelete
  25. wuuuuahhh, pengetahuan menarik ni.
    Tp saya ketinggalan info ni.
    Tolong kasih tau dong gimana langkah awal untuk belajar proyek pohon ini!!!!

    ReplyDelete

Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?

 

Photoshop Icon

Holic Posts

Follow by Email

Why to Choose PSHolic?

PSholic terbagi menjadi 3 bagian penting yang harus bisa dieksplor secara keseluruhan dan bukan bagian perbagian. Photoshop Pemula... Photoshop Menengah... Photoshop Mahir... Enjoy!
Copyright © Belajar Photoshop | Designed by Templateism.com