Thursday, August 11, 2011

Cara membuat Logo Photoshop CS

Share & Comment
Agan/Sis.. Setelah berjibaku dengan komik dan semacamnya, mari kita sama-sama merefresh kemampuan kita lainnya di bidang Photoshop ini. Kali ini kita akan menyentuh sisi lain dari fungsi memanipulasi foto, kita akan membuat sesuatu dengan Photoshop, atau lebih sering dikenal dengan fungsi Photoshop Iconic.

Photoshop Iconic adalah dimana kita membuat suatu bangun ruang tiga dimensi dari lembar kosong yang di sediakan Photoshop, lalu dengan bantuan tools yang tersedia, hingga terciptalah sebuah bentuk (shape) tertentu. Asli Gan/Sis.. definisi tadi itu secara pribadi saiia dapet setelah mendapat wangsit dari lembah Gunung Lawu... a.k.a. ngarang abis! :p

Tutorial Cara membuat Logo Photoshop CS3 ini -yang berjudul asli Photoshop CS3 style Icon yang bisa Agan/Sis lihat pada blog tetangga- akan sedikitnya menggunakan beberapa basic gradients serta layer styles. Alih-alih kami membuat penjelasan secara global, hingga lalu malah membuat Agan/Sis bingung dan bahkan tersesat dalam langkahnya, maka kami akan berusaha sedetil mungkin langkah demi langkahnya serta mengapa kami menggunakan ini dan itu dsb.

Kami rasa, cukup sekian pembukaannya, langsung saja Agan/Sis nikmati hidangannya.. Enjoy!


Langkah Pertama

Buat sebuah Layer Baru dengan ukuran 500x500px atau sesuai dengan kemauan Agan/Sis.. Tentu masih ingat dengan jalur pintas yang biasa kami gembar-gemborkan bukan?!?! Tekan tombol Ctrl + N Gan/Sis, atau kalau tidak mau direpotkan oleh tetek-bengek seperti itu, silahkan Agan/Sis klik tombol New Layer icon pada bagian bawah palette layer lalu jangan sungkan-sungkan untuk memberi nama layer tersebut dengan Background Square.

Setelah itu, silahkan Agan/Sis pilih Rectangular Marquee tool (M) lalu lakukan drag out untuk membuat sebuah kotak cantik yang nantinya akan kita pergunakan sebagai latar dari Icon Photoshop CS3 kita.

Dengan menahan (menekan sambil menahan) tombol Shift key ketika kita melakukan Drag akan membuat seleksi seimbang secara proporsional (otomatis). Silahkan terapkan cara ini agar lebih memudahkan.

Itu cara pertama.. Ada lagi cara lainnya yang lebih cepat. Ini kita lakukan dengan catatan kita sudah punya gambaran sebesar apa seleksi kotak yang akan kita buat. Karena di sini kami membuatnya tidak terlalu besar (ada dalam otak saiia ukuran pastinya :p) maka Agan/Sis juga bisa terapkan cara ini. Yakni dengan mengisikan secara manual angka untuk Depth dan Width nya. Di sini kami menggunakan ukuran 300×300 pixels. Tinggal klik OK dan.. voila..!
Cara membuat Logo Photoshop CS3


Langkah Kedua

Tekan tombol D pada keyboard untuk mengembalikan warna menjadi default yakni Hitam dan Putih. Tekan tombol Alt + Backspace. Lihat apa yang akan terjadi.. :p

Jika langkah tersebut selesai.. Tekan tombol Ctrl + D untuk menghilangkan seleksi, lalu kunci atau lock transparansi layer dengan mengklik tombol Lock Layer Transparency yang terletak pada bagian atas layers palette.


Cara membuat Logo Photoshop CS3


Dengan mengklik tombol Lock Layer Transparency secara bersamaan dengan dterpilihnya layer Background Square, maka kita akan dengan mudah mengunci hanya pada bagian pixel
yang memuat informasi tersebut. Oleh karenanya lah kita akan lebih mudah mengubah warna atau menambah efek gradasi tanpa harus merusak sisi gambar kita yang lain.


Langkah Ketiga

Sekarang kita akan membuat tampilan latar biru yang biasa kita lihat pada Logo Photoshop CS3. Silahkan pilih warna #0b88cb untuk bagian Foreground dan warna #004068 untuk Backgroundnya. Mengapa dua warna? Karena kita akan memberi sentuhan Filter nantinya pada dua warna ini.

Tekan tombol G untuk memilih Gradient tool, lalu pada bagian atas yakni pada bagian options bar, pilih Foreground to Background dari color picker lalu pilih Radial Gradient untuk tipenya. Lalu klik satu spot (pada gambar berikut, kami menentukan titik awalnya agak bawah pojok kanan) tarik silang ke atas 45 degree ke arah atas persis seperti gambar di bawah ini...


Cara membuat Logo Photoshop CS3


Hasilnya akan seperti gambar berikut..

Cara membuat Logo Photoshop CS3

Sekaranglah saatnya Agan/Sis menikmati gorengan yang sejak tadi sudah disiapkan. Hirup dalam-dalam rokoknya, kalau ada sisanya.. bisa dikirim satu batang ke rumah saiia Gan/Sis, silahkan saja, pintu akan selalu terbuka untuk itu.. Hueeekkssss.. pret dut cuihhhh :((


Langkah Keempat

Sekarang kita akan menambahkan pada Layer kita sebuah drop shadow dengan cara klik kanan atau yang biasa kami sebut Right-Clicking lalu pilih Blending Options. Pada popup window yang muncul nantinya.. silahkan Agan/Sis klik bagian link Drop Shadow yang terletak pada kolom kiri lalu tambahkan pengaturan sebagai berikut (kalau bisa sesuaikan dengan gambar agar kita bisa lebih seragam :p). Lalu jangan lupa untuk mengklik OK sebagai eksekusi terakhirnya :)

Cara membuat Logo Photoshop CS3

Hasilnya akan seperti gambar berikut...

Cara membuat Logo Photoshop CS3


Langkah Kelima

Tekan tombol T key pada keyboard Agan/Sis untuk mengaktifkan Text tool lalu ikuti pengaturannya dengan memperhatikan gambar di bawah ini..


Cara membuat Logo Photoshop CS3


Langkah Keenam

Jika Agan/Sis perhatikan.. teks yang tertera pada gambar di atas, sedikit memiliki gradasi dari Biru terang ke Putih. Hal tersebut bisa Agan/Sis terapkan dengan menggunakan bantuan gradient tool yang secara langsung digunakan pada layer style yang disebut Gradient Overlay seperti yang terlihat pada gambar berikut..

Cara membuat Logo Photoshop CS3


Perlu diingat bahwa kami di sini terlebih dulu mengatur warna Foreground menjadi #d6dfe5 sebelum menerapkan Layer Styles tadi. Dengan demikian, kita telah berhasil sekali lagi untuk membuat Logo Photoshop CS3 vektor buatan kita sendiri dan bisa digunakan untuk print out dengan catatan image source dalam ukuran yang cukup besar dan memiliki resolusi 300px.

Hasil akhir...

Cara membuat Logo Photoshop CS3



Related Topics in English Version :

Air Brush Style | Vektor with Photoshop | Menu Navigation | Abstract Background | Rain Effect | Matrix Effect | Retouching Image | Transparent Image
Tags: , ,

Written by

Hanya menjalani lakon yang diberikan Sang Penguasa Semesta. Semoga apa yang ditulis di sini bisa sedikitnya memberikan manfaat tuk kita semua.

A single dot with a single line that inspires feelings, love and cares, emotions, and statements. Kudos!

102 comments:

  1. huhmmmm.. mirip2 sama CS4 yahhh?
    tpi ttp ja nih aku blm lihai...................

    ReplyDelete
  2. saiia malah belum punya tuh mbak CS4 nya :(

    ReplyDelete
  3. SEKARANG SUDAH cs 5...
    SAYANG,,,

    ReplyDelete
  4. iia kang.. sungguh teramat di sayangkan keterlambatan saiia nii ;( my mistake :(

    ReplyDelete
  5. Selangkah lagi kang,,.
    laman 2 urutan 1,,..
    gilaaa ya,,..
    blok M kemang safari nieh,,.

    ReplyDelete
  6. Bagus nih hasilnya. Tapi..... ada tapinya nih :), efek bayangannya kelihatan aneh

    ReplyDelete
  7. ass
    keren banget hasil akhirnya
    walaupun sampai ke 6 langkah

    ReplyDelete
  8. wuuuiiih mantap,jadi pengen nyoba nih.
    thanks ya infonya.

    ReplyDelete
  9. wuih keren hasilnya mnacap \^^/

    ReplyDelete
  10. wah, saya pingin belajar photoshop sejak dulu, mas. tapi dasar gaptek, sekarang malah ndak pernah menyentuh sama sekali, hiks.

    ReplyDelete
  11. kreatifitas membuat logo photoshop, jadi lebih pingin belajar lagi.. mksih mas untuk sharenya.

    ReplyDelete
  12. @ Leo Ari Wibowo : terimakasii kang.. akangnya emang jeli.. dari sekian banyak yg masuk.. cuma akangnya yg liat itu.. huehehehe... saiia akui.. itu ngaco kang... pasti ada layer yang bermasalah :p huehehe.. pada kesempatan lain kami akan mencoba lebih baik lagi kang.. bayangan itu gag bener secara logika kang.. :)
    sekali lagi terimakasii kritiknya kang :)

    @ all : makasii iia semua :)

    ReplyDelete
  13. boleh dong saia dibuatin logo yang mencerminkan gajahpesing :p
    *ngarep*

    ReplyDelete
  14. bole ajja kang jika waktunya memang tersedia :)

    ReplyDelete
  15. kok gambar nya kagak keluar di gw yah. hmmm

    ReplyDelete
  16. maaf dee kang klu gag muncul.. di sini gag ada masalah kok.. mungkin karena gambarnya kgdean kali iia.. :( sekali lagi saiia minta maaf tuk ktidak nyamanan ini kang iia :(

    ReplyDelete
  17. hasil akhirnya kog beda ????????????..

    ReplyDelete
  18. itu gag beda kang.. tapi emang sengaja LAIN.. lain source image.. yang di atas cuma excerp ajja :)

    ReplyDelete
  19. wahahaha.. thanks ya brad
    helicakopter tu maksud luw? :D

    nyimak ah ada kursus gratis

    ReplyDelete
  20. Setidaknya, saya harus belajar banyak soal membuat logo. Apalagi tuntutan dunia nyata sekarang ngga terlepas dari media yang butuh kreatifitas. Thanks :)

    ReplyDelete
  21. setuju kang... begitulah dunia nyata :p

    ReplyDelete
  22. keren banget jadi nya.. makasih om.. mau belajar juga niy..

    ReplyDelete
  23. Makasih sob,, atas infonya
    ini sangat membantu sekali bagi pemula seperti saya...

    ReplyDelete
  24. Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

    ReplyDelete
  25. Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

    ReplyDelete
  26. aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

    ReplyDelete
  27. Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

    ReplyDelete
  28. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    ReplyDelete
  29. cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    ReplyDelete
  30. cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    ReplyDelete
  31. cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    ReplyDelete
  32. cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    ReplyDelete
  33. cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    ReplyDelete
  34. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    ReplyDelete
  35. Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

    ReplyDelete
  36. Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

    ReplyDelete
  37. Tips dan Info menarik, boleh dicoba, Semoga berhasil

    ReplyDelete
  38. Setelah membuka Wibesite ini, saya menemukan Artikel yang Amazing dan infonya boleh dicoba. Sukses selalu

    ReplyDelete
  39. Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

    ReplyDelete
  40. Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

    ReplyDelete
  41. cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    ReplyDelete
  42. Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

    ReplyDelete
  43. Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

    ReplyDelete
  44. Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

    ReplyDelete
  45. Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

    ReplyDelete
  46. Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

    ReplyDelete
  47. Tips dan Info menarik, boleh dicoba, Semoga berhasil

    ReplyDelete
  48. Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

    ReplyDelete
  49. Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

    ReplyDelete
  50. Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

    ReplyDelete
  51. Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

    ReplyDelete
  52. Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

    ReplyDelete
  53. Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

    ReplyDelete
  54. setelah saya mencari cari di beberapa Wibesite , saya menemukan Artikel yang Bagus dan bermanfaat. Patut di coba, sukses selalu

    ReplyDelete
  55. Saat membaca Artikel dan Tipsnya yang benar benar menarik. Jadi ingin mencoba. Salam sukses selalu

    ReplyDelete
  56. Postingan yang sangat Hebat, Tips boleh dicoba.salam sukses

    ReplyDelete
  57. Artikel yang bermanfaat dan berguna, wajib di coba. sukses selalu

    ReplyDelete
  58. Ilmu yang sangat Hebat, boleh dicoba Artikel dan Tipsnya. Semoga berhasil

    ReplyDelete
  59. gambarnya gan ko' gak ada yang muncul... mohon sekiranya diperbaiki

    ReplyDelete
  60. terimakasih mas... tipsnya keren!

    ReplyDelete
  61. itu ada kayak garis lengkung warna rada muda caranya gmana ya bikinnya?

    ReplyDelete
  62. garis lengkung warna rada muda itu didapet dari penambahan layer dengan fill white as foreground yang lalu di atur tingkat opacity levelnya ;) gutlak :)

    ReplyDelete
  63. buat yang ingin dunlot Photoshop Portable,
    silahkan ikuti link berikut..

    Photoshop Portable CS3
    Photoshop Portable CS5

    ReplyDelete
  64. tengkyu buat ampirannya kang :)

    ReplyDelete
  65. ane coba yah sob tutornya, keren nih. ^_^

    ReplyDelete
  66. nice trik mas,,,

    boleh nih, kapan-kapan dicoba

    ReplyDelete
  67. Blognya bagus, artikelnya juga sangat menarik. Top!

    ReplyDelete
  68. Sip kang blognya.. mantap tutorialnya!

    ReplyDelete
  69. beuhh boleh kang di coba .. terimakasih banyak kang :)

    ReplyDelete
  70. beuhh boleh kang di coba .. terimakasih banyak kang :)

    ReplyDelete
  71. nggak yangka semudah itu ya.. terima kasih banyak

    ReplyDelete
  72. saya nggak ngerti sama yang begitu-begituan, he..he.. kalau office lumayan tahu saya.. thanks banget ya..

    ReplyDelete
  73. informasinya bermanfaat sekali gan, wah jangan lupa kunjungi balik lapak ane nih
    useful information gan, oh do not forget to visit the stall behind ane nih
    Obat Penyakit Keloid
    http://produkobatjellygamatgoldg.com/obat-penyakit-keloid/

    ReplyDelete
  74. mantappp....ternyata penggunaannya simple mbanget. thx sharingnya

    ReplyDelete
  75. info yang disajikan sangatlah relevan, thnks

    ReplyDelete
  76. bermanfaat banget nih informasinya :D

    ReplyDelete
  77. Really full inspiring. Thank you.

    ReplyDelete

Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?

 

Photoshop Icon

Holic Posts

Follow by Email

Why to Choose PSHolic?

PSholic terbagi menjadi 3 bagian penting yang harus bisa dieksplor secara keseluruhan dan bukan bagian perbagian. Photoshop Pemula... Photoshop Menengah... Photoshop Mahir... Enjoy!
Copyright © Belajar Photoshop | Designed by Templateism.com