AD (728x60)

Sabtu, 20 Agustus 2011

Cara membuat Tanda Tangan Sendiri

Share & Comment
create your own SignatureHello there! I'm back once again.. Kali ini kita akan membahas cara mudah membuat tanda tangan sendiri dengan Photoshop, baik tulisan tersebut kita buat manual menggunakan kertas berikut pensil maupun tulisan-tulisan yang bisa kita buat gratis di internet yang lalu kita jadikan watermark untuk gambar atau foto kita.

Postingan ini pernah muncul di blog tetangga berkat request dari salah seorang sahabat blogger, dengan judul asli How to create your own Signature. It's a cool trick, yang membutuhkan waktu untuk mentranslatenya dan menuliskannya kembali dalam bahasa Indonesia. Semoga tulisan ini akan banyak membantu Agan/Sis semua yang kebetulan ingin menambahkan signaturenya di foto atau jenis tulisan watermark lainnya.

Baca tulisan ini secara terpisah jika memberatkan koneksi Agan/Sis dengan mengklik salah satu postingan atau link berikut.. Cara membuat tanda tangan sendiri 1 | Cara membuat tanda tangan sendiri 2 | Cara membuat tanda tangan sendiri 3 (final)


OK langsung saja kita masuk pada pembahasan. Pada dasarnya, kita akan menggubah sebuah teks atau tulisan (apapun itu nantinya, bisa gambar, shape, dll) menjadi vektor Photoshop Custom Shape. Agan/Sis pernah membaca tulisan kami yang berjudul How to install and manage brushes and other presets bukan?! Trik ini juga cocok dan berfungsi dengan baik untuk converting line drawings atau bahkan comic illustration.

Yang perlu diketahui dari tutotial ini adalah, Agan/Sis akan semakin dekat dengan salah satu tool kesayangan saiia pribadi yakni Pen tool (P) untuk memanipulasi Path. Maka sebaiknya Agan/Sis mengambil gambar terbagus dari scanner atau kamera digital atau tempat-tempat yang banyak Agan/Sis bisa temui di Internet sebagai jasa pembuatan tanda tangan kita tersebut.

Well, NO MORE WORDS... LET'S DO IT!


Langkah Pertama

Tentunya yang pertama kali harus kita persiapkan adalah tanda tangan kita yang akan kita edit. Siapkan hasil scanner Agan/Sis atau kamera digital atau apapun itu (demi menghindari pengulangan kata bahkan kalimat ;p). Di sini kami menggunakan tanda tangan akang Genial.


create your own Signature


Langkah Kedua

Duplikasikan gambar pertama yang Agan/Sis buka dengan Photoshop, yakni gambar tanda tangan tadi dengan menggunakan langkah simple yakni menekan Ctrl + J.

Selanjutnya adalah kita akan memanggil (baca mengaktifkan*) Levels dialog dan lalu meningkatkan kontras pada gambar antara Hitam dan Putih. Kita akan membaut warna Hitam semakin Hitam dan warna Putih semakin Putih. Tekan tombol Ctrl + L untuk mengaktifkan Levels dialog lalu geser black point slider yang terletak pada bagian bawah kiri diagram hingga benar-benar tercapai apa yang kita inginkan.. semakin Hitam dan semakin Putih (baca kontras*).

Perhatikan gambar berikut.. Di sana, setelah kita mendapatkan Hitam dan Putih, ubah blend mode dari layer signature copy menjadi Multiply, untuk apa langkah ini kita terapkan? Ini berfungsi membuat gambar kita semakin tinggi tingkat kekontrasannya.


create your own Signature



Langkah Ketiga

create your own SignatureSetelah kita mendapatkan tanda tangan kita jadi semakin kontras (hitam putih), sekarang saatnya kita menyeleksi tanda tangan tersebut.. Pilih dan aktifkan layer copy (yang tadi terduplikasi) lalu aktifkan Magic Wand Tool (W), atau dengan memilih color range, tapi... sejujurnya, saiia lebih menyukai menggunakan Chanel Palette untuk memilah dan memisahkan antara yang Hitam dengan yang Putih.

Setelah warna Hitam dan warna Putih terseleksi dengan menggunakan cara pemilihan melalui chanel palette tadi.. gabungkan atau Merge kedua layer tadi yakni Layer1 and Layer2.

Agan/Sis bisa perhatikan gambar di samping. Gambar tersebut menjelaskan proses pemilihan warna melalui chanel palette seperti yang saiia jelaskan tadi. Untuk bisa menerapkan hal tersebut, silahkan pada awal langkah ketiga tadi, Agan/Sis ganti dari mode Layer menjadi Chanels palette.

Klik sambil menahan (hold Ctrl + Click) dimanapun di blue area, aksi ini akan membuat daerah yang lebih gelap dari tanda tangan kita dapat kita pilih. Selesai?!?! Setelah ter-klik (area yang lebih gelap terpilih) pada lembar kerja, silahkan Agan/Sis kembali ke mode Layer seperti semula.

Baca tulisan ini secara terpisah jika memberatkan koneksi Agan/Sis dengan mengklik salah satu postingan atau link berikut.. Cara membuat tanda tangan sendiri 1 | Cara membuat tanda tangan sendiri 2 | Cara membuat tanda tangan sendiri 3 (final)

Pada gambar di bawah, setelah Agan/Sis mengganti kembali ke mode Layer, maka pada lembar kerja yang berisi tanda tangan Agan/Sis, kita akan menemui semut beriring seperti pada gambar di sebelah kiri bukan? Itu menandakan bahwa daerah gelap telah terpilih. Jangan dulu di hilangkan semut beriring tersebut, tapi Balik seleksi dengan menekan tombol Shift + Ctrl + I. Lihat perbedaan setelah Agan/Sis inverse tadi pada gambar sebelah kanan.

create your own Signature

Masih pada langkah ketiga... hisap dalam-dalam rokok samsu di tangan. Hirup perlahan capuccino Agan/Sis. Sekarang, kita akan membuat seleksi tanda tangan kita menjadi lebih halus dengan bantuan Path Selection. Dengan semut beriring masih nampak di sekujur tanda tangan Agan/Sis, tekan tombol M pada keyboard untuk mengaktifkan Marquee tool, lalu klik kanan pada lembar kerja (di daerah tanda tangan kita), ubah seleksi menggunakan Work Path dari menu yang disediakan (menu that comes up).


create your own Signature


Isikan 2-3 pixels untuk Tolerance box yang muncul kemudian. Angka 2 atau 3 menurut saiia paling sesuai untuk penerapan pada langkah ini, silahkan saja Agan/Sis mencoba tuk memasukkan angka disesuaikan dengan tanda tangan Agan/Sis, tapi sepertinya 2 itu paling pas, tidak akan melar atau menciptakan edge yang berlebihan nantinya pada tanda tangan kita...

create your own Signature


Langkah ini kita terapkan untuk mengkonvert tanda tangan kita menjadi Custom Shape yang terseleksi dengan path yang kita datangkan sebelumnya.

bersambung...

Lihat postingan sebelumnya; Cara membuat tanda tangan sendiri 1

Langkah Keempat

Bekerja dengan path.

...namun sebelum kita melangkah pada langkah tersebut, ada baiknya Agan/Sis membaca langkah optional berikut terlebih dulu...



Mengapa optional? Karena Agan/Sis diperbolehkan untuk melewati step tersebut dan langsung pada langkah berikutnya yakni Bekerja dengan Path.

OK, back to our job here... lmao! Setelah Agan/Sis mengisikan angka 2 pada tolerance box tadi, maka pada lembar kerja, kita akan lihat semut beriring yang sebelumnya menyeleksi tanda tangan kita telah berubah menjadi sebuah garis solid yang mengelilingi obyek (tanda tangan, yang dalam hal ini diwakili oleh warna Hitam.. sekarang tentunya kita pahami bersama maksud dari pemilihan warna Hitam di awal tadi.)

Klik kanan pada daerah sekitar path lalu pilih Define Custom Shape dari menu yang muncul.

Cara membuat Tanda Tangan Sendiri 3 (Final)


Custom shape Agan/Sis sekarang telah tersimpan dengan baik pada Photoshop Agan/Sis dan secara otomatis akan muncul jika kita ingin menggunakannya dan bisa kita lihat pada bagian bawah dari Custom Shape picker, namun perlu diperhatikan lebih jauh lagi.. apabila kita tidak menyimpan (save) custom shape ini, lalu secara tidak sengaja Agan/Sis menekan tombol Reset Shapes yang ada pada menu Custom Shapes maka tak pelak lagi (jiaaahhhh*) pekerjaan kita dari langkah awal 13 dekade yang lalu akan lenyap tertelan bumi.

Tentu kita tidak ingin hal yang merangsang libido menyakitkan tersebut terjadi begitu saja pada dirimu yang lemah dan tanpa kuasa sedikitpun melainkan karena kuasa-Nya? Oleh karena itu.. pesan saiia sebelum dipanggil oleh-Nya, save pekerjaan kita demi kebaikan kita sendiri.

Ok untuk melakukan hal tersebut, mari kita sama-sama simak langkah kelima.

Baca tulisan ini secara terpisah jika memberatkan koneksi Agan/Sis dengan mengklik salah satu postingan atau link berikut.. Cara membuat tanda tangan sendiri 1 | Cara membuat tanda tangan sendiri 2 | Cara membuat tanda tangan sendiri 3 (final)


Langkah Kelima

Sampai sini, apa hanya saiia seorang diri yang merasa bahwa urutan postingan ini agak aneh?!?! OK lanjut ajja Gan/Sis. Perhatikan gambar berikut;

Cara membuat Tanda Tangan Sendiri 3 (Final)


Masuk ke menu utama, pilih Edit > Preset Manager. Manakala Preset Manager muncul, pilih Custom Shapes dari menu drop-down menu di sebelah atas. Lalu cari pada bagian akhirdari sampel-sampel thumbnail sampai kita temukan kembali shape yang kita buat tadi (* shapes baru akan selalu mengambil posisi paling akhir dari list yang ada).

Klik/pilih shape yang baru kita buat, beri nama, kali ini karena masih saduran dari postingan aslinya, maka yang kami pakai di sini kami beri nama genial signature. Klik Save Set.

Cara membuat Tanda Tangan Sendiri 3 (Final)



Langkah Keenam

Saatnya kita mempergunakan Custom Shape Signature yang baru saja kita buat. Aktifkan Custom Shape tool dengan menekan tombol U lalu pilih tanda tangan Agan/Sis dengan melihat dan memilihnya pada Shape Picker.

Cara membuat Tanda Tangan Sendiri 3 (Final)


Buat sebuah layer baru di atas gambar atau photo Agan/Sis dengan menekan ikon Add New Layer yang terletak pada bagian bawah Layers palette, atur terlebih dulu Foreground color sesuai dengan yang Agan/Sis inginkan. Di sini kami menggunakan warna Putih.

Klik and drag tanda tangan Agan/Sis untuk peletakkannya disesuaikan dengan keperluan. Gunakan bantuan Shift key (tahan dan tekan) untuk mendapatkan ukuran yang sesuai pada tanda tangan kita jika ingin mengubah-ubah ukurannya.


Kesimpulan

And there you have it, your own damn signature as a sweet cute lil' vector Custom Shape perfect for signing photos, adding copyright watermarks, forging your wife’s name on your new motorcycle purchase, whatever your little heart desires!


Baca tulisan ini secara terpisah jika memberatkan koneksi Agan/Sis dengan mengklik salah satu postingan atau link berikut.. Cara membuat tanda tangan sendiri 1 | Cara membuat tanda tangan sendiri 2 | Cara membuat tanda tangan sendiri 3 (final)


Tags: , ,

Written by

We are here with you to proudly present business to the globe the way you see it. Build with no just big or just small images. But definitely we create the image you want and make it alive and totally fresh.

That's it folks... Designing. It is about creating a single dot with a single line that inspires feelings, love and cares, emotions, and statements.

24 comments:

  1. keren bangeeeeeeeeeeeeeet

    BalasHapus
  2. mas,, kalau boleh untuk yang pemulanya makin banyakin lagi donk, biar ukutan pintar juga hehhehe

    BalasHapus
  3. mas,, kalau boleh untuk yang pemulanya makin banyakin lagi donk, biar ukutan pintar juga hehhehe

    BalasHapus
  4. Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

    BalasHapus
  5. Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

    BalasHapus
  6. Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

    BalasHapus
  7. aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

    BalasHapus
  8. Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

    BalasHapus
  9. Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

    BalasHapus
  10. cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  11. Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

    BalasHapus
  12. Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  13. Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

    BalasHapus
  14. Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  15. cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  16. Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

    BalasHapus
  17. Artikel Menarik terutama Infonya, boleh dicoba. Salam sukses

    BalasHapus
  18. Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

    BalasHapus
  19. Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

    BalasHapus
  20. Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

    BalasHapus
  21. Terimakasih Banyak Tips dan Artikelnya, boleh dicoba. Salam sukses

    BalasHapus
  22. Terimakasih Artikelnya bermanfaat dan Infonya menambah Ilmu pengetahuan. Harus dicoba. Semoga berhasil

    BalasHapus
  23. ampun dijeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee

    BalasHapus
  24. keren euy tutorialnya...saya lg nyari neh agar ga ngulang2 lagi soalnya saya sering surat menyurat untuk keprluan sewa fotocoy saya..terima kasih bung

    BalasHapus

Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?

 

Photoshop Icon

Holic Posts

Follow by Email

Why to Choose PSHolic?

PSholic terbagi menjadi 3 bagian penting yang harus bisa dieksplor secara keseluruhan dan bukan bagian perbagian. Photoshop Pemula... Photoshop Menengah... Photoshop Mahir... Enjoy!
Copyright © Belajar Photoshop | Designed by Templateism.com