Jumat, 23 Desember 2011

Cara membuat Negative Film I

Share & Comment
Holla brada.. awalnya.. dulu waktu postingan ini masih virgin berbahasa Inggris, kami bertujuan tuk membagikan trik membuat Negative Photo hanya dengan bermodalkan satu kekuatan fitur Photoshop yang bersinggungan dengan hal tersebut, yakni; Invert. Akhirnya sekalian saja tulisan itu penuh dengan bumbu di sana-sini bagaimana menyempurnakan gambar Invert tersebut menjadi sebuah Negative Photo atau Negative Film. Terlahirlah tulisan tersebut.

Negative Film
Kali ini tulisan tersebut kami angkat kembali, namun tentunya dengan wajah yang berbeda. Menggunakan bahasa Indonesia, jadilah Cara membuat Negative Film yang sengaja kami bagi dalam dua part. Kali ini, kami akan membagikan potongan pertamanya terlebih dulu.

Zaman dulu tentunya kita mengenal dengan sangat familiar istilah ini, PhotoNegative. Sebenarnya Photo Negative atau Negative Photo yang dalam hal ini kami istilahkan Negative Film merupakan photo dengan warna yang cenderung terbalik, monochrome, gelap atau suram. Gambar di atas tentunya bisa merefleksikan apa yang kami maksudkan.

Hanya dengan menggunakan tool seperti Polygonal Lasso (P), Rounded Rectangle (U) serta bantuan dari Rectangular Marquee (M) kita akan membuat strip of 35mm film. Silahkan Agan/Sis ambil contoh dari Negative Film yang sebenarnya, letakkan di sebelah kompi Agan/Sis, perhatikan baik-baik, karena tutorial ini hanyalah bersifat panduan semata, hasil tentu akan berbeda-beda, tergantung dari source yang Agan/Sis pergunakan sebagai referensinya. Di sini kami menggunakan source film Kodak Gold 200.




Ini dia yang kami maksudkan tadi..


Negative Film



Langkah Pertama

Kita awali langkah kita dengan membaca Bismillahirrohmanirrohim.. lalu setelah Photoshop siap, silahkan buat base film kameranya yang terdiri dari bentukan warna hitam seperti gambar di atas. Buka sebuah new document dengan spesifikasi 1700×900 at 70ppi dengan background Putih.

Buat sebuah Layer lalu jangan lupa tuk memberinya nama, di sini kami menamakan layer tersebut dengan nama Film. Pilih alat Rectangular Marquee (M). Tekan tombol D pada keyboard untuk me-reset foreground serta background colors menjadi standar black sama white, lalu tekan tombol Alt-Backspace untuk mer nyiram area yang terseleksi dengan Rectangular Marquee (M) dengan warna Hitam.


Negative Film


Perhatikan gambar di atas.. terdapat sisa area (berwarna putih) yang membedakan dimana nantinya kita akan meletakkan foto yang hendak kita pasang (pada area hitam tentunya).


Langkah Kedua

Kita akan membuat area hitam terpotong-potong untuk peletakkan foto Agan /Sis, kotak-kotak seperti pada gambar di bawah. Untuk ukuran, kira-kira 2×3 juga bagus... silahkan Agan /Sis tentukan sendiri besaran kotak tersebut, jika berpatokan pada kamera format standard frame untuk 35mm, tentunya 2x3 bukan.

Siapkan alat Rectangular Marquee (M) lalu beri centang pada bagian kotak Fixed Aspect Ratio yang terletak pada bagian atas menu setelah kita memilih tool tadi (perhatikan lingkarang merah pada gambar di bawah), lalu isikan rasio 3 untuk Wide dan 2 untuk High.



Negative Film


Agan /Sis tentunya ingat bagaimana mempermudah eksekusi tuk langkah ini jika Agan /Sis sudah membaca tulisan kami yang berjudul Cara Membuat Kertas Notes. Jika memang belum, silahkan ikuti langkah tersebut di langkah Ketiga di bawah ini.


Langkah Ketiga

Ketika daerah terseleksi masih ada (ditandai dengan garis putus-putus seperti pada gambar di atas), silahkan Agan/Sis pindahkan/geser selection (bukan Layernya) tersebut dengan cara menekan Tanda Panah arah Kanan pada keyboard. Jika Selection tersebut bergerak pindah ke tempat yang Agan/Sis inginkan, klik Delete, lakukan cara ini hingga tercipta beberapa Kotak (Frame) sesuai keinginan Agan/Sis. Jika semua Frame sudah tercipta, jangan lupa tuk menekan Ctrl+D untuk menghilangkan Seleksi (deselect).

Negative Film

Langkah Keempat

Pilih alat Rounded Rectangle (U). Untuk langkah kali ini, silahkan Agan/Sis zoom gambar Agan/Sis agar lebih memudahkan kerja kita. Caranya? What..?!?! Hmm.. OK, Untuk shortcut zoom, silahkan Agan/Sis klik tombol Z pada keyboard, lalu gunakan Click Mouse untuk mengesekusi shortcut tersebut, atau.. bisa dengan shortcut lainnya seperti Ctrl-+, silahkan pergunakan yang menurut Agan/Sis mudah dan tidak menyulitkan. Untuk menopang kegiatan berzoom ria, gunakan juga Spasi pada keyboard sebagai tangan yang akan menggeser-geser posisi layar lembar kerja (wekkkss... maklum ribed, gag ngerti istilahnya :p) sesuai dengan keinginan kita.

Kembali pada alat/tool Rounded Rectangle (U) kita. Perhatikan spesifikasi yang akan kita pergunakan pada tool ini seperti yang tertera pada gambar di bawah.


Negative Film


Jika Agan/Sis berhasil membuat path seperti pada gambar di atas, Klik pada Paths tab yang terletak pada layers palette lalu klik icon Convert Path to Selection yang terdapat pada bagian bottom of the palette.

Silahkan kembali pada tab Layers.. perhatikan instruksi yang tertera pada gambar berikut..!


Negative Film


Jika Path sudah berubah menjadi Seleksi, silahkan lakukan seperti pada langkah Kedua dan Ketiga, yakni kita akan membuat Frame, namun dengan ukuran yang lebih kecil yang lalu nantinya akan kita perbanyak persis seperti pada Frame besar. OK. Frame tersebut terdapat pada bagian atas bukan?! Sekali lagi, jika Agan/Sis pernah membaca postingan kami yang berjudul Cara membuat Kertas Notes, tentu langkah ini tidak akan menyulitkan Agan/Sis.

Copy lalu paste-kan (atau dengan cara apapun seperti yang tertulis pada tutorial Cara membuat Kertas Notes tersebut) frame-frame kecil yang terdapat pada bagian Atas Negative Film tadi dan letakkan di bagian Bawah Frame.

Tentunya setelah melihat gambar di bawah, semua menjadi jelas bukan?!? :p


Negative Film


Agan/Sis kami minta maaf karena postingan ini akan kami putus hingga Langkah Keempat dari tutorial Cara membuat Negative Film ini saja tuk saat ini, dan nanti akan kita lanjutkan pada postingan-postingan berikutnya karena kami harus be-er-be mau melangsungkan akad nikah ke wc tuk beberapa saat. xiakakakak. See you guys next time!

Asal tulisan : Negative Film
Tags: , ,

Written by

We are here with you to proudly present business to the globe the way you see it. Build with no just big or just small images. But definitely we create the image you want and make it alive and totally fresh.

That's it folks... Designing. It is about creating a single dot with a single line that inspires feelings, love and cares, emotions, and statements.

24 comments:

  1. pertamax.. amankan XD
    wahhh blognya benar2 menjadi tutor saya untuk belajar photoshop!
    mantaappp!!
    terimakasih agan yang baik hatiii!! ^^

    BalasHapus
  2. waw,, negativ filmnya keren abies sobat....

    BalasHapus
  3. hehehe, jadi ingat dulu waktu poto2 pake klise :)

    BalasHapus
  4. sob, kalo kebalikannya gimana ya, ada foto jadul trus mo dibikin kaya baru, tolong informasinya ya, thanks ;)

    BalasHapus
  5. @ Stupid monkey : wahh tuk yg satu itu.. saiai jujur belum juga bisa kang.. tapi ada Blue Ray mungkin bisa juga bisa buat gambar/foto.. tapi klu pake Photoshop buat ngakalin foto jadul, saiia masih manual satu persatu dan itu emang gag gampang.. mungkin Agan/Sis yg lain lebih punya jawabnya :(

    @ all : thnx for all guys ;)

    BalasHapus
  6. Mantap ilmunya gan. ijin praktek.
    Terimakasih telah berbagi.

    BalasHapus
  7. SELAMAT TAHUN BARU 2012 semua!!! :)

    BalasHapus
  8. Datang hanya ingin mengucapkan.
    Selamat Tahun Baru 2012.
    Semoga Tahun 2012 lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Amin.
    Salam persahabatan selalu.

    BalasHapus
  9. Selamat Tahun Baru 2012.
    Semoga Tahun 2012 lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Amin.
    Salam persahabatan selalu.

    BalasHapus
  10. keren sob tutornya, btw hasilnya ini bisa di cuci cetak ga sob ? :)

    BalasHapus
  11. wahh pinter dan ahli banget nih~
    kenapa aku ngerasa susah sekali ya :( huhuhu

    BalasHapus
  12. PERTAMINAAAA>...
    eehh, mksudku PERTAMAXXXXX.....
    sip bnget tutornya, slalu aja sy pgen kesini,,,

    BalasHapus
  13. buangin kumpulbloggernya

    BalasHapus
  14. wahh handal bnget dalam ilmu photoshop :D
    makasih ya gan :D


    Ditunggu ya kunjungan baliknya ke http://century21.co.id

    BalasHapus
  15. Oke mantab da membuat negative filmnya...komplit

    BalasHapus

Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?

 

Photoshop Icon

Holic Posts

Follow by Email

Why to Choose PSHolic?

PSholic terbagi menjadi 3 bagian penting yang harus bisa dieksplor secara keseluruhan dan bukan bagian perbagian. Photoshop Pemula... Photoshop Menengah... Photoshop Mahir... Enjoy!
Copyright © Belajar Photoshop | Designed by Templateism.com