Tuesday, July 10, 2012

Rumah Hantu I

Share & Comment
Hola hola hola... berjumpa kembali dengan kami dari gelombang seratus tiga puluh ribu FM, dari ketinggian lantai 407 yang mencakar-cakar langit melalui acara yang disiarkan secara langsung di seluruh negara di alam semesta.. halaahhh.. lebay!

Agan/Sis pernah melihat Rumah Hantu atau Rumah Berhantu? Agan/Sis pernah masuk ke salah satu rumah yang ditengarai ternyata memiliki banyak arwah gentayangan...?!?! Maaf Gan/Sis.. di sini bukan blog misteri. Jadi hilangkan segera kengerian serta segala sesuatu yang berbau ketakutan aroma-aroma astral beterbangan di sekitar tengkuk Agan/Sis.

Kali ini kami kembali ingin membagikan beberapa trik dasar bagaimana bermain dengan warna menggunakan Photoshop CS3. Loh.. bukannya di sini pernah kami bagikan Photoshop CS5 portable? Lalu mengapa masih seputar Photoshop CS3 ajja?! Ea saiia maunya gitu ko' mang napah?!?! :p Huehehehe..

Langsung saja kita masuk pembahasan bagaimana cara memanipulasi image kita, dalam hal ini foto/gambar rumah yang akan bertransormasi menjadi pemandangan yang agak.. hmm.. biasa ajja sii :p.

Kesan porno horor atau menyeramkan tersebut dapat dibentuk dengan bantuan fasilitas Filters ataupun fasilitas Layer Adjustment dengan pengaturan tingkat Opacity tertentu. Kesan gelap dan hitam untuk menambah unsur seram dapat pula ditambahkan dengan memanfaatkan sapuan-sapuan lembut Brush Tool berwarna Hitam.

Langsung ajja cekidot (gitu sii kata Luna Maya dulu)

Langkah Pertama

Buka file gambar yang ingin kita edit. Di sini kami menggunakan gambar Puri, Castle atau apalah namanya. Lalu normalkan layer Background dengan cara klik ganda pada layer Background dan tekan OK pada kotak dialog New Layer.


Langkah Kedua

Aktifkan Layer Adjustment brightness/contrast. Silahkan Agan/Sis masuk ke menu Layer > New Adjustment Layer > Brightness/Contrast.


dan juga gambar berikut...


untuk bagian Brightness Contrast pop up nya..


lalu aturlah seperti gambar di bawah ini..


Ikuti gambar di atas agar Agan/Sis gag lost track. Jika sudah melalui tahapan-tahapan di atas, maka image Agan/Sis akan seperti gambar di bawah ini..



Langkah Ketiga

Aktifkan Layer Adjustment Black & White. Seperti tadi, masuk ke menu Layer > New Adjustment Layer > Black & White. Lihat gambar di bawah agar lebih jelas lagi..


pengaturannya sebagai berikut..



Jika langkah-langkah di atas berhasil Agan/Sis terapkan tanpa ada yang terlewat, maka hasilnya akan seperti gambar di bawah ini..


Jika Ya, pindahkan urutan layer (lihat palette layer pada Photoshop Agan/Sis) Black & White (jika tadi memang belum secara otomatis pindah) menjadi berada pada urutan teratas susunan layer, lalu turunkan Opacity -intensitas layer adjustment brightness/contrast- menjadi sekitar 40 (atau sesuai kehendak Agan/Sis ATAU BAHKAN TIDAK PERLU SAMA SEKALI :P).


bersambung..

Baca tutorial ini dalam bahasa Inggris Kacrut!

Image Source : designsdelight.com
Tags: , ,

Written by

Hanya menjalani lakon yang diberikan Sang Penguasa Semesta. Semoga apa yang ditulis di sini bisa sedikitnya memberikan manfaat tuk kita semua.

A single dot with a single line that inspires feelings, love and cares, emotions, and statements. Kudos!

43 comments:

  1. waaaahh..masih bersambung..

    ReplyDelete
  2. mantep bnget sob triknya, jadi sreeem

    ReplyDelete
  3. disini tempat yang bagus nih :D buat belajar photoshop :D kebetulan lagi mempelajari design grafis sob :D

    ReplyDelete
  4. hantunya lagi pindahan dulu kang ke tempat akangnya :p

    ReplyDelete
  5. ada trik potosop kesukaan saya bisa belajar disini nih

    ReplyDelete
  6. waduhhh kok pake bersambung browwww... ditunggu postingan selanjutnya ^^

    ReplyDelete
  7. wah,,master juga editannya nih :)

    ReplyDelete
  8. wadoh ... kok bersambung, iyeh deh ane nurut sob, ikutan nungguin sambungannya neh #kentang tau :P

    ReplyDelete
  9. Lagi enak baca tiba-tiba bersambung??-_-

    ReplyDelete
  10. wess, ini mah mantap kawan! oke banget. langsung ikutan nyari ilmu lewat following blog ini dah!

    ReplyDelete
  11. ajiib.. keren banget dah.. saya belom bisa sotosop walopun bersuamikan sotosopholic :p

    ReplyDelete
  12. Wah rupanya sobat jago photoshop ya?
    saya susah bener ngertinya sob ,,,

    wilujeng ngeblog

    ReplyDelete
  13. Keren-keren kang design nya, kalo sempet saya juga mau belajar, sekarang lagi belajar nge-blog dulu, kunjungan perdana nih... :)

    ReplyDelete
  14. ditunggu kelanjutannya pals, biar lebih serem fotonya

    ReplyDelete
  15. Hi keluarga blogger ku...

    sungguh aku merindu kamu....

    Seorang indigo lagi buntu karena otak terlalu kacau...
    Nggak bisa berkisah di rumah moody dulu...
    Sedang mencoba berkisah dengan cara yang lebih ringan..

    kunjungi rumahku yang lain yaaaa...

    yang berminat sama urusan kecantikan:
    plumblush

    yang berminat sama urusan fotografi:
    mofoto


    -N-

    ReplyDelete
  16. huaduh.... pengen bisa photoshop deh... tapi kok kayaknya susahhhh banget.... huhuhuhuhu... cuma mentok di lightroom sama preset aja

    ReplyDelete
  17. . . cuma gitu aja ya?!? wachhhhhhhhhhhhhh,, bisa nambah ilmu tentang photoshop nich. he..86x. tenkz kawan . .

    ReplyDelete
  18. wahhh manteb juga nih tutorialnya, bisa di pelejarin mumpung photoshop cs4 masih terinstall nih...
    saya tunggu kelanjutannya sobat

    ReplyDelete
  19. woww..hahaah apa apan nih "seratus tiga puluh ribu FM"
    wkwkwk

    btw mantap banget tuh ilmu photoshopnya, hahaha ane mau coba hororin muka aja. heheh. mantap makasih banyak ilmunya. sharenya jyga bagus dilengkapi gambar. jadi kami lebih mudah mempelajarinya :)

    ReplyDelete
  20. gila hasilnya bagus banget... biasanya lihat bule yang bikin seperti ini nih.... mantap....

    ReplyDelete
  21. kereeen bookmark ah mau belajar lebih lanjut lagi ehhehe :D

    ReplyDelete
  22. kykx uda master dalam photoshop nih kang???
    nanti kapan2 diajarin yee... :D

    ReplyDelete
  23. gue ketagihan sob..yang lain lagi yak...

    ReplyDelete
  24. wwwwuuuuiiiihhhh.... akhirnya ketemu juga blog yang membahas ttg trik2 atau tips2 photoshop secara detail :D
    senang berkunjung kemari gan dan mungkin saya akan sering berkunjung untuk lirik2 tips2 desain berikutnya :)

    ReplyDelete
  25. wew kerreen :D lanjutnya mana ? apakah sama yang kayak versi inggris itu ?
    kasih hantunya juga dong biar lebih 'haunted' hiiii

    ReplyDelete
  26. lanjutannya menyusul segera iia Agan/Sis.. maaf buat ke gag nyamanannya :(

    ReplyDelete
  27. Triknya yang sangat bermanfaat Mas Bro... :)
    Ditunggu triknya selanjutnya,,, :)
    Hadir selalu di sini dengan bawa oleh2 MP3 Inspiratif Bag. XVI, ditunggu lawatan baliknya, Thanks, Salam bLogger :)

    ReplyDelete
  28. wow sangat bagus tuh triknya, ijin belajar yaa sob ;)

    ReplyDelete
  29. menu adjustment emang paling seru ya di PS.
    lengkap dan artistik.
    kayaknya gak ada editor gambar/foto lain yg bisa ngalahin fitur itu :)

    ReplyDelete
  30. setuju kang.. tapi tergantung orangnya juga sii :)
    makasii anyway buat semua yg uda mampir iia ;)

    ReplyDelete
  31. widih, kok jd makin angker gitu kliatannya..?
    aku sih blm mahir PS sob

    ReplyDelete
  32. hehehe.. maunya sii pake hantu2an segala kang.. tapi berhubung
    saiia nya gag gtu suka sama yg namanya hantu2an.. iia gag
    saiia pasang dee di sini tokohnya :p

    ReplyDelete
  33. Bisa dicoba neh. Ini tuto nekjika dimasukkan ke PCMEDIA bagus n dapet dolar lho bang.

    ReplyDelete
  34. kebetulan saya punya aplikasi CS3, jadi bisa langsung dicoba. Terimakasih atas ilmunya.

    ReplyDelete
  35. Thanks Infonya Gan.. Luar biasa postnya...

    ReplyDelete
  36. wah makasih ilmunya...
    di tunggu selanjutnya.. hehe

    ReplyDelete
  37. kelanjutannya uda publish kang.. monggo di liad di Rumah Hantu II

    ReplyDelete

Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?

 

Photoshop Icon

Holic Posts

Follow by Email

Why to Choose PSHolic?

PSholic terbagi menjadi 3 bagian penting yang harus bisa dieksplor secara keseluruhan dan bukan bagian perbagian. Photoshop Pemula... Photoshop Menengah... Photoshop Mahir... Enjoy!
Copyright © Belajar Photoshop | Designed by Templateism.com