Friday, August 10, 2012

Cara membuat teks pelangi

Share & Comment
Holla epribadiy!! Selamat menjalankan ibadah puasa bagi Agan/Sis yang tengah menjalankannya :) Kini kita bersua kembali di tengah-tengah pembahasan Photoshop Menengah. Kali ini -sekali lagi- kami akan re-write, re-post atau apalah nama dan istilah yang Agan/Sis pergunakan. Rainbow Text kami gubah menjadi Cara membuat teks pelangi.

Tentunya sajian kali ini akan kami buat sedikit berbeda, yakni pembahasan yang lebih mendetil dari tutorial sebelumnya di Rainbow Text yang merupakan content dari blog tetangga (baca; Photolicious a.k.a. FCDB).. doakan saja memang akan demikian (lebih detail or whatsoever :p), tapi jika ternyata tetap tidak memperjelas, ea mo gmn lagi.. kami mohon maaf.

Selamat menikmati hidangannya.

Rainbow TextLangkah Pertama

First thing first.. Apalagi kalau bukan Buka Dokumen Baru, kebetulan sekali jika milik kami di sini berukuran default size (1024x768px), jika sudah terbuka, isikan dengan warna Hitam. Lalu silahkan aktifkan Text Tool dengan menekan T pada keyboard Agan/Sis. Kami menggunakan jenis AvantGarde Md BT.. atau jika Agan/Sis tidak terlalu menyukai jenis tersebut, silahkan gunakan Arial atau Arial Bold atau yang sejenisnya *halahh ntuh mah banyak banged dund :p.

Usahakan agar teks yang kita ketikkan tadi (di sini kami menuliskan kata PELANGI) berada tepat di tengah, posisi center. Caranya? Tekan tombol Ctrl + A pada layer teks tadi, lalu tekan tombol V. Lalu silahkan lihat (objek berlingkaran Merah) apa yang diperlukan untuk membuat objek tersebut berada tepat di tengah lewat gambar di bawah..


Rainbow Text


Langkah Kedua

Jika kita perhatikan pada palette layer, layer teks ini tidak dapat di edit (filter dsb), tapi kebutuhan kita kali ini adalah justru kebalikannya. Mengedit teks tersebut. Menambahkan warna-warni yang berbeda di tiap hurufnya. Oleh karena itu, untuk membuat teks layer ini bisa kita edit dengan mudah sesuai dengan yang kita inginkan, kita harus me-resterize terlebih dulu layer tersebut. Klik kanan pada layer PELANGI.

Aktifkan Rectangular Marquee Tool (M) untuk membuat seleksi pada tiap huruf, huruf pertama dalam kasus ini tentu saja huruf P, tekan Ctrl + Shift + J untuk meng-cut huruf terpilih yang lalu secara otomatis akan memindahkan huruf tersebut menjadi layer baru yang nantinya akan siap kita edit (beri warna dalam hal ini). Beri nama tiap huruf/layer yang ter-cut dengan tiap-tiap huruf seperti yang kami lakukan pada gambar di bawah ini..

Rainbow Text

Mengapa langkah di atas (cut layer) diperlukan? Mengapa jika hanya untuk memberi warna, tidak langsung saja sewaktu mengetikkan huruf tersebut, kita langsung ganti satu-persatu warna yang kita inginkan? Bisa saja langkah seperti itu Agan/Sis terapkan, itu sebuah cara, jalan, jalan yang menurut Agan/Sis tepat.. tapi mengapa kami tetap memilihkan jalan atau cara Cutting pada layer tersebut dan malah berpanjang-panjang dengan langkah yang intinya hanya memberi warna yang berbeda-beda pada tiap hurufnya?

Hmm.. OK baiklah.. mengapa langkah tersebut kami pilihkan, adalah.. karena kami ingin memberikan efek blur di tiap hurufnya, yang menurut Muhammad Athir Ardan bin Jamalullail, keponakan saiia.. bayangan.. What a great boy! Silahkan Agan/Sis pergunakan langkah Agan/Sis dan lalu bandingkan jika dengan menggunakan cara ini. Lanjut!


Langkah Ketiga

Masing-masing huruf sudah terpisah dari layer utama (layer pelangi). Berarti di lembar kerja Agan/Sis kini terdapat 7 buah layer dengan masing-masing nama P-E-L-A-N-G-I.

Pusatkan perhatian *duh ileeehhh.. males banged gag sii bahasanya? :p.. pada layer P terlebih dulu. Terapkan Color Overlay pada layer tersebut. Di sini kami memilih warna Red. Tekan OK!


Rainbow Text


Stop stop stop . . . terasa gag klu penjabaran di atas sepertinya melewatkan sesuatu yang penting? Hmm.. apa ya..?!?! Yahuu.. Color Overlay itu dari mana wahai Agan/Sis yang dimuliakan oleh Allah swt? Jika Agan/Sis termasuk para master, mungkin mendengar istilah Color Overlay dan lalu tanpa perlu mengulik lebih dalam lagi, pastinya akan mudah didapat, dimana si Color Overlay tersebut berada pada lembar kerja Photoshop kita.. kepanjangan mas... gaplok***.

Ok, Color Overlay pada langkah yang kami maksudkan di atas adalah dengan cara mengklik-kanan layer yang ingin kita edit.. dalam hal ini, Layer P sebagai layer pertama. Setelah Agan/Sis mengklik-kanan, tentu akan keluar banyak pilihan yang Agan/Sis bisa pergunakan untuk memberikan Gaya pada tiap layer. Di sini, coba klik Blending Options... Nah setelah itu baru Agan/Sis akan menemukan Color Overlay yang kami maksudkan tadi.

Silahkan Agan/Sis terapkan Langkah Ketiga tadi untuk sisa huruf yang masih belum tersentuh keperawanannya dengan menerapkan Blending Options pada tiap-tiap huruf dan tentunya dengan pilihan warna sesuai dengan yang Agan/Sis inginkan.. perhatikan layer di samping agar Agan/Sis bisa punya bayangan yang lebih jelas mengenai penjelasan kami tadi...

Sekedar bayangan:

Red = #FF0000
Yellow = #FFF200
Green = #00FF00
Blue = #0000FF
Pink = #EC008C
Orange = #F7941D
Magenta = #FF00FF

Jika semua layer, semua huruf telah terisi dengan warna yang kita inginkan, Agan/Sis masih akan melihat layer Pelangi sebagai background pada palette layer.. layer tersebut sudah tidak kita perlukan lagi.. silahkan jika Agan/Sis ingin membuangnya, ya buang ajja :p, kalau ingin layer tersebut tetap ada di situ, silahkan simpan, matikan Mata layer tersebut.


Langkah Keempat
Merge atau gabung semua layer huruf-huruf tadi menjadi satu kesatuan layer kembali, lalu beri nama layer tersebut PELANGI. Tekan Ctrl + J untuk menduplikasi layer ini. Aktifkan kembali layer Pelangi asli dengan cara mengklik layer tersebut. Selagi layer tersebut aktif (dengan tanda, masih tersorot/blok berwarna biru pada palette layer).. silahkan Agan/Sis masuk ke menu Filter > Blur > Motion Blur dengan menerapkan settingan Angle = 90 dan Distance = 200 px.


Rainbow Text


Catatan: Ukuran 90 dan 200 di atas adalah ukuran yang kami pergunakan dan telah kami sesuaikan dengan ukuran gambar (lembar kerja default seperti penjelasan pada langkah pertama tadi di atas) dan tentunya, sesuai keinginan kami. Artinya, silahkan Agan/Sis pergunakan atau isikan angka-angka sesuai dengan yang Agan/Sis inginkan untuk gambar yang Agan/Sis pergunakan. 
Lemah? Letih? Lunglai? Lelah? Lapar? Wahh... kalau itu semua, kami gag menyediakan tutorial tuk pengendalian dan bahkan solusinya Gan/Sis.. Yahuu..


Langkah Kelima

Looking good, isn’t it?!?! C'mon c'mon c'mon.. Sekarang kita tengok (baca; aktifkan) layer teratas dari susunan layer yang ada pada palette layer, yakni layer pelangi copy, buat sebuah layer baru di atasnya yang jika Agan/Sis sedang bermalas-malas dari menggunakan kadal tikus atawa mouse, shortcutnya yakni Shift + Ctrl + N beri nama bright section or whatever you like! Isikan pada daerah terseleksi di layer ini (of course in the bright section layer :p) dengan warna gradasi white to transparent.


Rainbow Text


Turunkan Opacity pada layer bright section menjadi sekitar 50%.

Viola.. Agan/Sis.. it's done! Well, I don't think I’ve not pretty much explained for this time, have I..?!?! You've obviously finished this tutorial folks.. Good luck and thank you for reading this tutorial. Hope you enjoyed it much, even just a lil' bit.


Mo liad versi Inggris kacrutnya?
Tags: , , ,

Written by

Hanya menjalani lakon yang diberikan Sang Penguasa Semesta. Semoga apa yang ditulis di sini bisa sedikitnya memberikan manfaat tuk kita semua.

A single dot with a single line that inspires feelings, love and cares, emotions, and statements. Kudos!

4 comments:

  1. kapan2 belajar pt shop ah thank sob texny bgs

    ReplyDelete
  2. wow, jadi keren ya! mantap banget bro.
    thank tambahan ilmu lagi nih!

    ReplyDelete
  3. jadinya textnya bagus ya,... bersinar begitu ya....

    ReplyDelete

Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?

 

Photoshop Icon

Holic Posts

Follow by Email

Why to Choose PSHolic?

PSholic terbagi menjadi 3 bagian penting yang harus bisa dieksplor secara keseluruhan dan bukan bagian perbagian. Photoshop Pemula... Photoshop Menengah... Photoshop Mahir... Enjoy!
Copyright © Belajar Photoshop | Designed by Templateism.com