AD (728x60)

Senin, 13 Agustus 2012

Cara mudah Cropping

Share & Comment
Holla kawand.. menjelang Iedul Fitr, kami hadir kembali *halah dengan mengusung postingan-postingan ringan seputar hal-hal yang berkenaan dengan tingkat Pemula untuk psholic.com. Maklumlah.. karena sebenernya.. penulis sedang kehabisan waktu berjibaku dengan file-file yang berupa gambar yang terdapat di blogi ni maupun blog tetangga, kebanyakan dari mereka sedang henki tornado.. walhasil.. kami sedang mengintensifkan waktu kami tuk memperbaiki mereka secara keseluruhan.. jadilah postingan-postingan di sini agak terbengkalai.. mohon dimaafkan Agan/Sis.

Seperti kita ketahui, Photoshop memiliki banyak fitur yang mumpuni untuk kegunaan design sesuai dengan yang kita inginkan, salah satunya adalah.. ya Cropping ini. Cara mudah untuk meng-crop sebuah objek dalam gambar memanglah fitur pemula. Oleh karena itu, untuk para master, jangan pada sewot yee.. :p hehehe..


Crop Tool (C)

Apa sebenarnya maksud dari Tool satu ini? Setelah berjibaku dengan software yang merupakan -sesuatu- yang ke 8 dari 7 keajaiban dunia, Photoshop dengan Croppingnya bisa kita simpulkan bahwa.. kita ingin mengubah ukuran/jumlah pixel yangterdapat pada sebuah gambar dengan mengurangi jumlah pixel tersebut dengan membuang (crop) daerah yang tidak terseleksi.

Haduhh.. ribed Gan/Sis ea..?!?! Hmm.. gini ajja kalee iia.. jika Agan/Sis tidak menginginkan sebuah area pada gambar dan lalu menghilangkannya.. nahh.. berarti secara gag langsung, Agan/Sis tengah menghadapi alat pembuangan yang dinamai Crop tool (C) ini. Fiuhhh.. makin keder kek'a nii :(

Yang mana sih yang namanya alat untuk mengeksekusi tujuan ini? Itu loh Gan/Sis.. yang terletak pada menu melayang sebelah kiri dengan nomor urut ke 5 di bawah Magic Wand (W). Yupp.. tool tersebut bernama Crop Tool dengan shortcut keyboard C.

Untuk bisa membuang (baca ; crop) sebuah gambar (atau gambar yang gag kita inginkan) dengan menggunakan Crop tool (C), silahkan ikuti instruksi-instruksi berikut:

Langkah 1. Pilih Crop Tool dari Tool Panel (menu melayang sebelah kiri) atau lebih mudahnya, silahkan klik tombol C.
Langkah 2. tempatkan kursor Agan/Sis pada sebuah titik (point) dalam gambar atawa photo yang ingin kita acak-acak utak-atik, dimana bagian sudut dari daerah yang kita klik tadi merupakan titik awal, lalu klik-kiri tikus mouse Agan/Sis.
Langkah 3. Gerakkan kursor secara diagonal, tahan sambil klik pada mouse tadi.








Perlakukan dengan gentle kursor Agan/Sis agar mendapatkan sesuai dengan yang diinginkan.. tiga gambar di atas berbicara tentang bagaimana menggerak-gerakkan daerah terseleksi menjadi seperti yang kami inginkan.. hasilnya seperti gambar di bawah..


Mudah bukan?! Namanya ajja buat pemula :p
Tags: ,

Written by

We are here with you to proudly present business to the globe the way you see it. Build with no just big or just small images. But definitely we create the image you want and make it alive and totally fresh.

That's it folks... Designing. It is about creating a single dot with a single line that inspires feelings, love and cares, emotions, and statements.

13 comments:

  1. ini ga salah crop ya... hehehehehe... tips dasar yang bermanfaat nih....

    BalasHapus
  2. wah foto cewenya keren gan. tapi yang jendal jendol di bawah itu bikin menggoda gan, mana lagi puasa. wah wah wah...

    tapi tenkyu nie tipsnya, bisa di praktekin ini tips paling dassar ya. ane juga bisa nya nge crap crop doang :D

    BalasHapus
  3. ini pengetahuan dasar Gan, makasih makasih... saran aja, fotonya di'sopan'kan sedikit, ini kan lagi puasa yaaak :D... ane juga ada tutorial dasaran juga

    mari sharing

    BalasHapus
  4. Settingan Crop juga kok gak ada?
    kan ada tuh yg delete dan hidden...
    Jadi setelah di crop untuk pilihan delete.. gambar yg di luar seleksi memang di delete,,, kalau hidden berarti hanya tertutup aja..

    BalasHapus

  5. @ Sam Rinaldy : terimakasii kang.. bener tuh akang Sam nya..

    untuk bagian settingan pilihan untuk menghilangkan atau menyembunyikan bagian yang kita crop bisa kita atur pada bagian menu atas setelah kita memilih untuk mengCrop (menekan tombol C pada keyboard)

    Jadi setelah di crop untuk pilihan delete.. gambar yg di luar seleksi memang di delete,,, kalau hidden berarti hanya tertutup aja..

    BalasHapus
  6. jujur aku masih blum menguasai photoshop sahabatku.
    jadi merasa terbantu dengan postingan ini..
    terima kasih ilmunya yah sob..
    aku jadi tahu cara crop itu gimana..

    BalasHapus
  7. masih belajar PS, butuh saran dari sang master :)

    BalasHapus
  8. Asyikkk disini aku dapatkannn...hahahyyy..trims ya bang.

    BalasHapus
  9. cropping yang sangat mudah ternyata :)

    BalasHapus
  10. makasii iia buat semuanya ;)

    BalasHapus
  11. buakakakak ... jadi buyar gan. ma objek crop nya

    BalasHapus
  12. kalo mengisi cropingan dari 2 r sampai 10 r ,,pa harus diinstal

    BalasHapus

Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?

 

Photoshop Icon

Holic Posts

Follow by Email

Why to Choose PSHolic?

PSholic terbagi menjadi 3 bagian penting yang harus bisa dieksplor secara keseluruhan dan bukan bagian perbagian. Photoshop Pemula... Photoshop Menengah... Photoshop Mahir... Enjoy!
Copyright © Belajar Photoshop | Designed by Templateism.com