Rabu, 08 Agustus 2012

Cara mudah mengganti warna

Share & Comment
Ikhsan Rifananda atawa Rifananda Akbar atawa Rifan Nanda Akbar atawa Ikhsan de Rothschild pernah menanyakan hal ini pada suatu kesempatan. Bagaimana cara mengubah warna, mengganti komposisi warna dengan mudah menggunakan Photoshop? Mungkin yang ia maksudkan adalah 'sebagian' dan bukan keseluruhan warna pada image tersebut (image hijau menjadi merah stabilo, what?!)

Ikhsan de Rothschild
Jika memang demikian, sebenarnya tutorial tuk hal seperti itu pernah kami kemukakan.. kami tuliskan.. kami torehkan.. pada tulisan kami di blog tetangga (hmm.. itu mulu..:p) yang berjudul Air Brush Style, tapi mungkin sewaktu tulisan tersebut published, beliau belumlah lahir.. so.. ndak mengapalah jika pada akhirnya kami memutuskan tuk menuliskannya kembali, namun kini dengan gaya dan pemanfaatan feature yang berbeda dengan Air Brush Style tersebut :)

Alhamdulillah ea... sesuatu.. makasii Gan, niatan Agan de Rothschild malah menginspirasi terlahirnya tulisan ini.. buat Agan de Rothschild, sekali lagi.. Agan de Rothschild.. selamat menikmati..

Mengapa Cara mudah mengganti warna? Mengapa sangat sangat sangat njlimed 'mudah'? Karena memang pada kenyataannya, cara ini sangatlah simple.. bahkan mungkin jarang terpikirkan sebelumnya.. Langsung saja, di sini kami menggunakan source image seperti di bawah ini..



Langkah Pertama

Replace Color

Setelah Agan/Sis siap dengan gambar yang akan kita manipulasi, silahkan masuk ke menu Image > Adjustments > Replace Color.


Gambar di atas cukup jelas bukan? Kalau memang masih kurang terang juga, atau hilang entah kemana, tolong laporkan pada pak er te setempat. Lanjut.


Langkah Kedua

Eyedropper Tool

Setelah Agan/Sis masuk ke menu tersebut, pada bagian Replace Color Tool, silahkan Agan/Sis pilih Eyedropper Tool. Perhatikan gambar di bawah.. lihat masing-masing angka yang kami masukkan di tiap kotak yang disediakan..


Mengapa kita menggunakan Eye Dropper Tool? Hmm.. atau.. untuk lebih nikmatnya.. apa sebenarnya fungsi dari Eye Dropper tool pada Photoshop? Eye Dropper Tool digunakan untuk mengambil sampel warna dari sebuah gambar (gambar yang sama) dan lalu menggunakan warna tersebut (pilihan kita tadi) untuk diterapkan pada tempat-tempat yang kita inginkan secara lebih lanjut.

Eye Dropper tool pada Photoshop sangatlah praktis karena memfasilitasi pemilihan warna, misalnya, warna yang sesuai untuk kulit, tembok, lantai atau langit bahkan pada editan-editan yang lebih detail seperti beberapa spot pada wajah ayu.

Untuk bagian-bagian seperti Hue (dan lain-lainnya) yang tertera pada bagian bawah Replace Color Tool bisa Agan/Sis eksplor sendiri sesuai dengan keinginan hasrat gejolak membara Agan/Sis sendiri. Tekan OK jika hasil yang diinginkan telah didapat.

Hasilnya...


Anda puas kami lemas.

Lihat versi lain dari Cara mudah mengganti warna di How to Replace a Color!
Tags: , ,

Written by

We are here with you to proudly present business to the globe the way you see it. Build with no just big or just small images. But definitely we create the image you want and make it alive and totally fresh.

That's it folks... Designing. It is about creating a single dot with a single line that inspires feelings, love and cares, emotions, and statements.

10 comments:

  1. tulisan ini bukan cuma khusus untuk si Agan aj kahn..?? jd boleh ikutan komentar dunk... hehehehe....

    BalasHapus
  2. nahhh lu tau da tuh yg namanya ikhsan akhirnya neng :p

    BalasHapus
  3. gue belum bisa potosop ...
    mau nyoba2 aaah ..
    udah ada tutorialnya disini
    siiip bro

    BalasHapus
  4. . . bagus banget. tapi sayang,, aq gak paham sama skali. huhh. oia ada software photoshop yg gratisan pluz kecil gak ukurannya. tapi kualitasnya tetap. ntar aq skalian minta di ajarin. boleh gak?!? he..86x . .

    BalasHapus
  5. Wah jarang jarang ada Tutorial Photoshop edisi bahasa Indonesia ini. Ini sangat membantu bagi mereka yang kurang paham bahasa Inggris, bisa merujuk ke tutorial ini. TErima Kasih. Akan saya buukmark

    BalasHapus
  6. makasii iia all :)

    buat yg kepingin dunlot Photoshop gratis.. bisa di liad di Photoshop Portable CS 3 atau Photoshop Portable CS 5

    BalasHapus
  7. simple nih buatnya ya.... mau coba ah... terima kasih sob... tipsnyap...

    BalasHapus
  8. tulisannya bagus nih mas,,
    apa lagi yang ini
    "Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?"

    makasih bgt buat tulisannya mas "belajar photoshop" bermanfaat skali..

    BalasHapus
  9. jiahhh.. pasti lagi hunting namanya ndiri nii orang di gugel ckckckck

    BalasHapus

Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?

 

Photoshop Icon

Holic Posts

Follow by Email

Why to Choose PSHolic?

PSholic terbagi menjadi 3 bagian penting yang harus bisa dieksplor secara keseluruhan dan bukan bagian perbagian. Photoshop Pemula... Photoshop Menengah... Photoshop Mahir... Enjoy!
Copyright © Belajar Photoshop | Designed by Templateism.com