Minggu, 09 September 2012

Cara mudah membuat Teks Meteor

Share & Comment
Apa yang seharusnya kami perbuat? Mendonasikan ginjal kami tuk sampeyan? Halah.. pembukaan macam mana pula tuh.. :p OK kali ini masih seputar penulisan-penulisan ulang dari file-file kami yang tercecer di blog tetangga..*halahhh..

Mengapa tulis ulang? Ini yang sekiranya harus (hmm.. penggunaan kata 'harus' sebaiknya bisa kita kurangi.. OK lah kalau begitu :p) kita pahami.. Ya karena tulisan aslinya -di blog tetangga tersebut- berbahasa Inggris dengan judul Meteor Text. Ditulis ulang dalam Bahasa Indonesia. Mudah bukan. Gag neko-neko kan :p ? Begitulah!

Tutorial Meteor TextCara mudah membuat Teks Meteor kami terjemahkan dan pilihkan pengalih-bahasaannya sedemikian rupa dan kami masukkan ke Photoshop Mahir dengan alasan banyaknya langkah-langkah yang kami anggap sudah Agan/Sis kuasai dari pembelajaran-pembelajaran kita sebelumnya, oleh karena itu, dengan sengaja, maka kami hilangkan beberapa step yang kami anggap sudah pasti dipahami Agan/Sis sekalian.

Cara mudah membuat Teks Meteor kami angkat kembali dari tulisan di blog tetangga dengan title Meteor Text Effect yang kami rasa kami tuliskan dengan sangat simple. Tanpa melewati jalur yang berbelit. Hmm.. tapi itu tentunya menurut perspektif kami :p a simple way..

Di sini Agan/Sis akan melihat teks perwujudan dari Adobe Illustrator berbentuk 3D Text, jika Agan/Sis belum memiliki software bantuan tersebut.. silahkan Agan/Sis bisa download di Adobe Illustrator CS3 Portable atau Agan/Sis tidak perlu lagi tuk repot download software tersebut karena Photoshop CS4 dan seterusnya sudah terbekali dengan senjata tersebut (pembuat Teks 3D).

OK langsung saja kita nikmati penganannya... :)


Langkah Pertama

Buat sebuah Dokumen Baru dengan background kira-kira berwarna #191e1f (seperti biasa.. kalau Agan/Sis memang menghendaki langitnya lebih gelap.. apa salahnya menggunakan settingan Agan/Sis sendiri untuk BG'nya.. calm down.. gag usa kalap :p).

Well.. Jika lembar kerja dengan pewarnaan tadi telah siap, sekarang kita akan mempergunakan tool yang lumayan jarang kami pergunakan, pula jarang kami tuliskan tutorial tentangnya.. yakni Lasso Tool (L). Buat seleksi seperti yang kami lakukan pada gambar di bawah ini.. Pengaturan feathernya kira-kira 50px atau kurang dari pada itu.. Angka tersebut masih sangat tentative.. tak pelak lagi.. lakukan terlebih dulu trial and error disesuaikan dengan kebutuhan Agan/Sis sendiri..


Tutorial Meteor Text


Apa sebenarnya yang akan kita buat dengan Lasso Tool (L) barusan? Hmm.. Kita akan membuat Awan Buatan. Silahkan beri nama Cloud 1, dengan settingan level 'tidak terlalu gelap', juga 'tidak terlalu terang'. Maksudnya? Ya imajinasiin ajja ndiri.. wekssss :p Lari dari tanggung jawab.. yahuuu..

Coba Agan/Sis perhatikan gambar berikut untuk settingan baik Foreground maupun Background awan/cloud yang akan kita buat.. Inilah mengapa postingan kali ini kami masukkan ke dalam kategori Photoshop Mahir.


Tutorial Meteor Text


Langkah Kedua

Buat sebuah awan baru lagi.. beri nama Cloud 2. Ubah Blending Mode layer Awan Baru (Cloud 2) tadi dari Normal menjadi Difference lalu turunkan Fillnya menjadi sekitar 85% sahaja.

Tutorial Meteor Text


Langkah Ketiga

Saatnya kita menuliskan kata-kata yang kita inginkan.. di sini kami menggunakan font Regular Papyrus dengan bantuan Adobe Illustrator (jika Agan/Sis menggunakan Photoshop CS4 dan seterusnya, fasilitas 3D teks sudah dapat Agan/Sis manfaatkan.. karena sewaktu kami membuat tutorial ini, kami masih menggunakan CS3, maka kami meminta bantuan dukun beranak kampung seberang Adobe Illustrator.

Letakkan teks hasil import tadi tepat berada di tengah-tengah lembar kerja agar lebih mempermudah. Terapkan Layer Style untuk layer teks ini (Meteor teks) dengan spesifikasi seperti yang tertera dalam gambar berikut..

Tutorial Meteor Text


Hire Me?!


Tambahkan Noise pada teks Meteor melalui menu Filter > Noise > Add Noise.. dengan Amount kira-kira sebanyak 5% (tergantung gambar yang Agan/Sis pergunakan), pada bagian Distribution pilih Uniform lalu beri centrang pada bagian Monochromatic.

Duplikasi, gandakan layer teks tadi, lalu pada leyer teks yang baru (Meteor Copied) tambahkan efek Motion Blur lewat menu Filter > Blur > Motion Blur. Atur bagian Anglenya menjadi 16 dengan jarak atawa Distance 19 px. Ubah Layer Mode menjadi Linear Dodge (Add).


Langkah Keempat

Kita akan membuat ekor dari Meteor yang kita inginkan. Kira-kira dalam bayangan saiia pribadi.. seperti inilah bayangan yang kami maksudkan.. Jika Agan/Sis lebih kreatif, tentunya akan tercipta ekor meteor yang lebih keren.. silahkan lepaskan imaji liar Agan/Sis..


Tutorial Meteor Text

Untuk penjelasan gambar di atas.. silahkan pergunakan Tool Lasso (L) dengan pengaturan feather secukupnya disesuaikan dengan ukuran gambar yang Agan/Sis pergunakan. Jika Agan/Sis mempergunakan sumber gambar dengan resolusi besar, masukkan angka pada bagian Feathernya juga besar, demikian pula sebaliknya..

Atau jika Agan/Sis punya pendapat lain.. silahkan pergunakan ide cemerlang Agan/Sis tersebut. Jangan menunggu dari blog ini.. monggooo dengan teramat sangat legowo.. :)

Satukan kedua teks layer yang terdapat pada bagian Palette Layer menjadi satu kesatuan, caranya dengan menggeser/drag kedua text layer tersebut dalam sebuat folder sehingga dengan demikian akan tercipta sebuah group tersendiri (single group) dari layer-layer tersebut.

Tutorial Meteor Text


Langkah Kelima

Saatnya kita membuat Bulatan Api pada bagian huruf O pada kata Meteor. Buat sebuah Layer Baru, setelah kita persiapkan pula Lasso tool (L) (atau alat lain yang sekiranya lebih mumpuni untuk mengeksekusi langkah ini menurut Agan/Sis) dengan pengaturan feather secukupnya, jrenggg.. semua siap. Silahkan Agan/Sis masuk ke menu Image > Adjustment > Hue Saturation lalu atur settingannya seperti yang tertera pada gambar di bawah ini..

Tutorial Meteor Text


Lepaskan imajinasi terliar Agan/Sis hingga terciptalah Bola Api seperti yang Agan/Sis inginkan, umpamanya yang seperti ini...

Tutorial Meteor Text
Lalu menjadi seperti ini...

Tutorial Meteor Text

Voila... You're DONE!

Tutorial Meteor Text

Tutorial Meteor Text


Dengan sedikit colekan en grepe'an hingga motivasi sundutan sulam-an di sana sini.. maka mengejawantahlah Meteor Dajjal seperti hasil dari tutorial kali ini.

Tutorial Meteor Text

Silahkan lihat tutorial aslinya, Meteor Text.

Tags: , , ,

Written by

We are here with you to proudly present business to the globe the way you see it. Build with no just big or just small images. But definitely we create the image you want and make it alive and totally fresh.

That's it folks... Designing. It is about creating a single dot with a single line that inspires feelings, love and cares, emotions, and statements.

23 comments:

  1. WAH BAGUS BGD, AKU SEIRNG BELAJARAN KEK GINI TUTORIALNYA LEWAT KEKEK GINI kadnag berhasil kdang hehee GAK BGD GAGAL MANING HEHE..

    BalasHapus
  2. mungkin ada baiknya mencoba dari tingkat pemula terlebih dulu.. agar akan lebih mudah ngikutinnya.. yang satu ini soalnya masuk kategori mahir ;)
    cumunguuud . . .

    BalasHapus
  3. Rumit jg ya prosesnya, butuh ketelitian n kesabaran.

    Aku mau tnya nih, kalau mau buat logo untuk dipasang diblog, itu yg bagus pake aplikasi apa ya? Trus, diblog ini apa udah ada tutorialnya. Thanks.

    BalasHapus
  4. Kenapa di browser saya gambarnya gak keluar ya kang? Kalau diklik keluar 404.

    BalasHapus
  5. wah rumit juga ya buat seperti itu.... banyak banget layeringnya.. ya.... hiks... ga telaten

    BalasHapus
  6. manteb ni sob,,ane paling suka kalo edit2,
    request donk sob,,tempat download font buat PS CS5 yang keren n gratisan:)

    BalasHapus
  7. mantap gan, penjelasannya lengkap lagi. ehhehehhe, syangnya ane lagi ga buka ps, mungkin lain kali bisa di coba dan dipraktekan semuanya. tenkyu ya

    BalasHapus
  8. tar,,tar,,kira-kita bisa nggak ya..hehe

    BalasHapus
  9. Oalah kang, bingung aku jadinya, tapi kalau dicoba perlahan mungkin bisa :)

    BalasHapus
  10. Asss.....salam kenal gan...bahagia itu indah

    BalasHapus
  11. benar-benar luarbiasa efeknya yang...ada semburan api yang seakan-akan bergerak cepat seperti meteor :)

    BalasHapus
  12. buat yang ingin dunlot Photoshop Portable,
    silahkan ikuti link berikut..

    Photoshop Portable CS3
    Photoshop Portable CS5

    BalasHapus
  13. wow keren nih.. mesti banyak belajar nih dari masternya..:)

    BalasHapus
  14. monggooo.. makasii kang kehadirannya ;)

    BalasHapus
  15. menarik juga tuk d coba.,.

    BalasHapus
  16. wah.. boleh juga nih nambah2 ilmu photoshop disini.. :)

    BalasHapus
  17. iia kang.. akangnya juga keren :p bisaan ajja nii...

    BalasHapus
  18. oh iya bos.. kolom komentar knapa gak pakai threaded comment jadi enak balas2 komentar.. hehehe :D

    BalasHapus
  19. asli mau nya juga gtu kang.. tapi saiia gag ngerti CSS kang :(

    BalasHapus

Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?

 

Photoshop Icon

Holic Posts

Follow by Email

Why to Choose PSHolic?

PSholic terbagi menjadi 3 bagian penting yang harus bisa dieksplor secara keseluruhan dan bukan bagian perbagian. Photoshop Pemula... Photoshop Menengah... Photoshop Mahir... Enjoy!
Copyright © Belajar Photoshop | Designed by Templateism.com