Tuesday, October 16, 2012

Menggunakan Color Halftone

Share & Comment
Selamat pagi, selamat siang, selamat sore,selamat malam.. Langsung tancep gas nii kang.. cara mudah menggunakan Color Halftone seperti beberapa sample yang pernah kami terbitkan di galeri kami (ingat Roy Lichtein style?), nah kebetulan kini kami berbaik hati tuk membagikan bagaimana cara menerapkan gaya tersebut pada foto atau gambar Agan/Sis semua. Sudah tugas kami Gan/Sis... halah*******

Agan/Sis semua tentu dalam keadaan terbaiknya bukan?! Kalau memang sedang tidak.. ya gpp juga sii :p. OK baiklah.. tutorial kali ini terbagi dua part.. Mengapa demikian? Ya karena kami gag ingin menjejali Agan/Sis sekalian secara langsung semuanya.. nanti malah bisa hamil muntah :p.

Bagian Pertama - Membuat Half Tone Shading warna
Bagian Kedua - Menambahkan warna

Bagian Pertama - Membuat Half Tone Shading warna

Disini kami menggunakan sample yang sudah sangat familiar. Tentunya Agan/Sis pernah menyaksikan The Avenger bukan?!?! Nah.. gambar berikut merupakan sebuah sekuel dari film tersebut.. Si Hijau yang temperamen.. huehehehe.. andai saiia seperti itu :p



Kebetulan sekali saiia kurang menyukai resolusi warna yang dihasilkan dari film tersebut.. maka saiia akan mempertegas terlebih dulu agar gambar tersebut makin cihuy.. Silahkan saja Agan/Sis gunakan cara yang menurut Agan/Sis terampuh guna mempertegas gambar (itulah mengapa postingan ini muncul di bagian Photoshop Mahir dari blog ini :p)

Voila.. begini maksud saiia Gan/Sis :p



Langkah Pertama

OK.. langkah pertama dari bagian awal ini adalah, kita akan menyiapkan canvasnya terlebih dulu.. jika kebetulan Agan/Sis mengikuti tulisan ini, maka sudah sejak tadi kami menyiapkannya, oleh karena itulah maka gambar Hulknya sudah muncul dan terang di Photoshop.

Duplikasi foto atau gambar Agan/Sis. Beri nama Dots pada layer terduplikasi seperti skrinsut berikut.. Buat sebuah layer baru, lalu fill with Blue.. isi layer tersebut dengan warna Biru.. perhatikan susunan layer setelah Agan/Sis menduplikasi dan menambah layer baru berwarna biru tadi..


Langkah Kedua

Sekarang kita akan membuang bagian yang gag kita inginkan.. sudah barang tentu, bagian tersebut adalah bagian dimana Akang Ironman menjadi background. Goodbye Mr. Tony! We don't need you anymore! Buang bagian tersebut dengan menggunakan tool yang sudah sangat familiar, yakni Pen Tool (P), yang terntunya sudah gag perlu kami tulis ulang di sini bukan.




Jika memang Agan/Sis ingin tahu lebih dulu mengenai bagaimana dengan mudah kita bisa menggunakan Pen tool (P) tersebut, silahkan Agan/Sis melipir dulu ke postingan kami yang berjudul Cara mudah menggunakan Pen Tool (P). Enjoy!

Nii dia nii Gan/Sis hasilnya..



Langkah Ketiga

Kita akan membuat dots (titik-titik yang menjadi bagian dari Color Halftone itu sendiri).

Buat terlebih dulu gambar atau Hulk (dalam hal ini dots layer) menjadi hitam putih. Desaturate layer Dots tersebut, caranya? Penced ajja tombol Ctrl + Shft + U, beres kan!?!? :p

Nah.. persis seperti gambar di samping Gan/Sis.. :p Jika sudah, kita lanjut membuat gambar hitam putih tadi menjadi lebih terkesan dramatis. Welehhh.. kenapa mesti begitu?! Entahlah.. hanya kata tersebut yang terngiang dan langsung tertulis begitu sahaja.

Terapkan Adjust Threshold masih pada layer Dots atawa si temperamen Hulk... masuk ke menu Image > Adjustments > Threshold. Pada bagian ini, silahkan eksplor sendiri seberapa ukuran yang menurut Agan/Sis pas untuk gambar yang Agan/Sis pergunakan.. di sini pun kami mengalami beberapa kali perubahan ukuran :p santai Gan/Sis :p



Penerapan Threshold pada gambar atau foto dapat mengakibatkan gambar kita meenjadi kasar.. terlihat seperti gambar di atas.. oleh karenanya lah sekarang kita akan mmperhalus gambar tersebut dengan bantuan Gaussian Blur (untuk ukurannya, kira-kira mendekati 2-3 pixels sudah lumayan).

Silahkan masuk ke menu Filter >> Blur >> Gaussian Blur




Langkah Keempat

Pada Layers Palette, klik-kanan layer Dots, lalu pilih Duplicate Layer, nii.. see image below..



Pilih New (lihat gambar di bawah) sebagai destinasi nantinya gambar tersebut.. Destination Document.. Ingat Replacement atau Diplacement Effect? Nah.. ini seperti itu cara kerjanya. Sekarang Agan/Sis punya 2 buah dokumen aktif (terbuka) pada lembar kerja photoshop Agan/Sis. Tenang.. Hirup granita serta samsu Agan/Sis :p




Langkah Kelima

Sekarang kami butuh perhatian Agan/Sis untuk lebih seksama. Kenapa? Karena berikut ini akan terasa lebih tricky.. konsentrasi penuh pada apa yang akan saiia katakan.. mata Agan/Sis akan terasa berat.. nafas ikut melambat dan memberat.. pandangan redup.. tidur.. tidur.. halah..*

Fokus pada Dokumen Baru (New Document) yang tadi terbagi (tercipta) jadi dua. Pada dokumen  baru tersebut, ganti Mode nya menjadi Greyscale. Masuk ke menu Image > Mode > Greyscale.



Sebuah kotak dialogue (popup) akan muncul, Discard color information? Begitu tulisannya kalau gag salah.. Ea kalau gag salah ea bener lah... gmn sii :( :p Klik OK.

Sesudah itu ganti lagi Mode nya menjadi Bitmap, silahkan utak-atik menu Image > Mode > Bitmap. Lagi-lagi.. gangguan popup akan muncul. Permintaan Flatten layers? Yang harus dijawab dengan OK.

Tahan nafas. Pilih Halftone Screen pada bagian Bitmap options window yang muncul, lalu jangan lupa klik OK untuk mengeksekusinya.



Rangkaian yang menegangkan dan melelahkan!

Catatan : Seperti biasa, note kita kali ini adalah.. pada bagian Output yang tertera pada gambar di atas adalah 72 pixels/inch, jika Agan/Sis berkehendak untuk print-out gambar Agan/Sis, tentunya silahkan isi dengan angka 300. Kenapa bukan di akhir, tapi sejak dini, yakni di langkah ini, angka tersebut diperlukan? Karena pada langkah inilah output akan berbeda jika Agan/Sis mengaturnya pada saat print-out (dan bukannya sekarang), karena input dan outputnya berbeda ukurannya.


Selanjutnya.. pada saat screen box dari Halftone muncul, isikan pengaturannya sebagai berikut (tertera pada gambar di bawah), pengaturan ini, sekali lagi tentunya akan sangat bergantung pada gambar atawa foto Agan/Sis. Sekedar pemberitahuan, di sinipun kami beberapa kali mengalami perubahan. Angka 12 dan sekitarnya lumayan cocok.



Angka tersebut mewakili seberapa besar ukuran dot atau titik yang akan kita terapkan pada foto atau gambar kita. Jangan lupa tuk klik OK.

Taraaa..



Jika karena satu dan lain hal gambar atau foto Agan/Sis masih terasa kasar, tentu masalahnya terletak pada waktu Agan/Sis membuat foto tersebut Blur.. coba lihat-lihat lagi pada Langkah Ketiga di atas.. siapa tahu ada yang terlewat :p

Langkah Keenam

Organising. Sekarang kita akan menyatukan kembali dua dokumen kita yang sempat terpisah tadi.. Balikkan kembali Mode gambar kita menjadi Greyscale, sebuah kotak dialog akan muncul, pastikan rasionya terisi 1 dan lalu klik OK.

Jika sudah, ubah kembali Mode gambar kita menjadi RGB seperti sedia kala. Pada bagian Layers Palette, klik-kanan untuk kembali menduplikasi layer terpilih...

Pada bagian destinasi dokumen, tentunya terdapat 3 pilihan. Pilih yang merupakan gambar atau foto original Agan/Sis, biasanya yang tertera paling atas..

Sekarang susunan Layer pada Palette Layer Agan/Sis akan seperti pada gambar di samping bukan?!?!

Langkah terakhir dari tahap ini adalah membuat sebuah Clipping Path diantara dua buah layer yang nantinya akan berfungsi mengaitkan layer yang dimaksud.. silahkan perhatikan baik-baik gambar di bawah pada langkah ketujuh di bawah ini..

Langkah Ketujuh

Clipping Path. Antara dua layer (sorot dengan bantuan kursor) yakni layer Dots dengan Background copy.. perhatikan gambar.. Jika kursor Agan/Sis berada di antara ke dua layer tersebut, tekan tombol Alt, sebuah double bubble (seperti bentuk kepala menggunakan Headset) akan muncul. Jika sudah demikian (muncul), klik ajja Gan/Sis. Lihat perubahan setelah diklik.



Jika sudah... Agan/Sis telah sukses membuat sebuah Clipping Path. Agan/Sis sukses menerapkan Color Halftone pada gambar? Eiiiiiitsss nanti dulu... Karena Rifky Nur Arqom telah sampai, maka postingan ini selesai dan dihentikan tuk sementara hingga langkah ini Gan/Sis. Lagi pula, postingan ini akan terbagi dua bagian seperti yang saiia janjikan bukan. Huehehehe...

Hasil sementara dari utak-atik kita kali ini..



It is a good great time to Save (Ctrl + S) your work :p
Tags: , , , ,

Written by

Hanya menjalani lakon yang diberikan Sang Penguasa Semesta. Semoga apa yang ditulis di sini bisa sedikitnya memberikan manfaat tuk kita semua.

A single dot with a single line that inspires feelings, love and cares, emotions, and statements. Kudos!

20 comments:

  1. Belum paham soal photoshop gan. Hehehe...

    ReplyDelete
  2. keren sobat, bisa jadi separasi gitu, mantepppp :)

    ReplyDelete
  3. tiba-tiba jadi lemot kalau baca yang beginian saya mah kang...lieur!!
    maklum yah.

    salam sehat selalu

    ReplyDelete
  4. kalo blog ini semakin lama semakin berkembang, toko buku yang menjual buka mengenai potoshop jadi gak laku bang hehehehe
    saya sudah sering berkunjung kesini, namun baru menyempatkan komenar pada postingan kali ini. hehehe

    ReplyDelete
  5. saya suka sekali nih, secara saya belum lama ini beli buku photoshop. tapi saya lama nyerapnya nih, perlu membaca pelan2

    ReplyDelete
  6. saya belum pernah menggunakan photoshop dan belum punya keahlian editing gambar.
    darisini saya mendapat ilmu baru dan belajar tentang cara mudah menggunakan Color Halftone,terimakasih ilmunya...sob

    ReplyDelete
  7. semoga blog ini semakin lama semakin berkembang Gan/Sis semua iia :) amen

    ReplyDelete
  8. makasii kang.. sering2 mampir kang iia ;)

    ReplyDelete
  9. sangat membantu gan,,terima kasih gan infonya

    ReplyDelete
  10. sukak yh ini/; Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?........#salah fokuuusss

    ReplyDelete
  11. warnanya jadi lebih "berani" dan menggigit...he.he.he..
    kunjungan balik ana sob....

    ReplyDelete
  12. keren.... aku pingin bs editing foto. kebiasaaan pake sotoshop wat gambar doank T_T

    ReplyDelete
  13. Wah keren sob, ini yang ane cari.

    Salam sukses selalu sob.

    ReplyDelete
  14. super!!! buat Agan/Sis semuanya ;)

    ReplyDelete

Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?

 

Photoshop Icon

Holic Posts

Follow by Email

Why to Choose PSHolic?

PSholic terbagi menjadi 3 bagian penting yang harus bisa dieksplor secara keseluruhan dan bukan bagian perbagian. Photoshop Pemula... Photoshop Menengah... Photoshop Mahir... Enjoy!
Copyright © Belajar Photoshop | Designed by Templateism.com