Minggu, 17 Februari 2013

Cara membuat Awan

Share & Comment
Sore. Jika kemarin kita membuat Kartun Awan -yang tentu hasilnya akan berupa Vektor- berikut juga Clouds Text, tulisan di langit yang berupa awan, yang nota benenya mendapat bantuan dari Brush pack yang ada (melalui proses pengunduhan yang lalu terjadi proses instalasi), maka kini kita akan membuat -sekali lagi- awan... namun...  tanpa bantuan brush pack. Kita hanya akan mengandalkan Brush Tool (B) yang ada pada Photoshop, lalu membuatnya seperti awan di langit.

Sangat menyenangkan bisa terus mengeksplor Photoshop karena ternyata software satu ini benar-benar bisa menjawab apa yang kita butuhkan, seperti yang kali ini akan kita pelajari. Cara membuat Awan beberapa waktu lalu adalah satu hal, dan kini.. adalah hal lainnya.. maksud kami, tentu kita menginginkan bermacam model untuk bisa membuat ini dan itu bukan. Awan yang berupa Vektor, dan kini Awan yang bukan kartun, sedikit lebih realistis.

OK langsung saja tanpa banyak koin yang dilempar.. *halahhh.. kita akan masuk pada Cara membuat Awan dengan memanfaatkan fitur Brush Tool (B). 


Langkah Pertama

Gambar di samping merupakan preview yang jadi acuan. Bukan preview dari apa yang kebetulan kita akan buat. Hanya saja memang diharapkan akan menyerupai yang satu itu :p.
Buat background terlebih dulu, kalau bisa yang sedikit agak gelap, untuk memudahkan kita nantinya, karena awan berwarna putih biasanya, maka background gelap akan sangat membantu.

Di sini kami menggunakan file kemarin, terutama pada ukurannya.. hanya backgroundnya saja yang diganti.. biar gag bosen :p

Aktifkan/pilih Gradient Fill yang terletak pada bagian bawah palette layer, isikan dengan Style Radial, Angle 90, Scale 150% dan centrang kotak Align with layer.. atau silahkan langsung lihat pada keterangan gambar di bawah..


Untuk bagian warnanya.. silahkan lihat gambar berikut..


Kira-kira seperti ini hasilnya..



Langkah Kedua

Di sinilah triknya.. kalau bisa, trik bagian ini bisa kita hapal.. karena lumayan akan banyak menghabiskan waktu di pengaturan.. Aktifkan Brush Tool (B), lalu tekan F5 pada kibor.. Santai.. gag perlu terburu-buru.. karena ini memang membutuhkan kejelian tersendiri.. biasakan.. ala bisa karena biasa.. Practice make permanent :p.

Brush Preset..
Brush Tip Shape



Shape Dynamics




Scattering



Texture



Other Dynamics plus Smoothing



Langkah Ketiga

Sekarang buat sebuah layer baru, beri nama Awan. Persiapkan warnanya, Putih tentunya. Dengan Brush tool (B) berikut settingan tadi aktif, klik pada lembar kerja dan lihat hasilnya.. Jangan terlalu terburu-buru dengan menyapukan brush di seluruh kanvas, satu-satu juga boleh, pertitik. Buat gumpalan-gumpalan awannya menjadi se-realistis yang Agan/Sis inginkan.

Hasil akhirnya akan seperti ini..




Tags: , , , ,

Written by

We are here with you to proudly present business to the globe the way you see it. Build with no just big or just small images. But definitely we create the image you want and make it alive and totally fresh.

That's it folks... Designing. It is about creating a single dot with a single line that inspires feelings, love and cares, emotions, and statements.

12 comments:

  1. terimakasih sobat ... dari sini saya bisa banyak belajar ... dan kalau boleh saya ingin tukar link dengan sobat :D...

    Hehe kalau karya saya mau di pamerin boleh koh sob ... dengan senang hati dan bangga pastinya sobat ... :D...

    Selalu saya tunggu turtorial selanjutnya :D ...

    Terimakasih sobat ...

    BalasHapus
  2. ok kita tukar link :) makasii invite nya kang :)

    BalasHapus
  3. Wahh..seneng banget yah bisa photoshop, saya masih bodoh ttg photoshop. :)

    BalasHapus
  4. gag ada lah itu 'bodoh dalam sesuatu' :(

    BalasHapus
  5. wah saya banyak belajar disini sobat, trims tutorialnya yah

    BalasHapus
  6. mantep sob tutorialnya. saya masih kesulitan menggunakan sotoshop..hehehe

    BalasHapus
  7. hehe linknya sudah saya pasang sobat .. :D

    BalasHapus
  8. Saya paling suka edit" foto gant...
    kurang lengkap nih kao gak follow

    BalasHapus
  9. indah banget hasil karyanya yang nampak benar-benar seperti awan beneran...luarbiasa :)

    BalasHapus
  10. makasii buat akang semua iia ;)

    BalasHapus

Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?

 

Photoshop Icon

Holic Posts

Follow by Email

Why to Choose PSHolic?

PSholic terbagi menjadi 3 bagian penting yang harus bisa dieksplor secara keseluruhan dan bukan bagian perbagian. Photoshop Pemula... Photoshop Menengah... Photoshop Mahir... Enjoy!
Copyright © Belajar Photoshop | Designed by Templateism.com