Sabtu, 16 Februari 2013

Cara membuat Clouds Text

Share & Comment
Beberapa waktu yang lalu, kita sudah belajar bagaimana cara membuat Kartun Awan, dan kebetulan sekali bahwa sobat Nazar Dark melontarkan komentarnya di sana mengenai bagaimana cara membuat tulisan di langit, dengan redaksi sebagai berikut..

"Kalau membuat tulisan di langit dengan efek awan seperti nyata bisa tidak?"

Setelah dipikir-pikir, ternyata mungkin yang dimaksud oleh beliau adalah Clouds Text, yang secara kebetulan juga merupakan cikal bakal tulisan Kartun Awan itu muncul di sini. Artinya, postingan Clouds Text ini memang disiapkan setelah kemunculan Kartun Awan, namun memang kami sengaja gag secara langsung (baca; berurutan) kami tampilkan di sini.

Berhubung ada permintaan yang sekiranya bisa kami jawab secara langsung, mengapa kami menahan tulisan tersebut lebih lama, langsung saja kami tampilkan hari ini. Kepada beliau, kami persembahkan Cara membuat Clouds Text.

Selamat menikmati.


Langkah Pertama

Buka sebuah lembar kerja baru dengan ukuran 900x765px. Gunakan Gradient Tool (G) dari menu melayang yang terletak di sebelah kiri lembar kerja kita, lalu pilih mode Linear Gradient untuk membuat warna gradasi pada lembar kerja.




Warna yang kami pergunakan di sini adalah kombinasi antara #3497b6 serta #97d5e6. Tekan tombol Shift pada kibor sambil mengklik kiri mouse Agan/Sis, lalu tarik ke bawah (sambil tetap menahan tombol Shift tadi).




Langkah Kedua

Tuliskan kata di atas gradasi warna yang telah kita buat tadi. Di sini kami menuliskan kata Love menggunakan Font Arial Black dengan ukuran 150. Letakkan kata-kata tadi di bagian tengah.



 
Langkah Ketiga

Buat sebuah layer baru di atas layer Teks (Love). Beri nama Awan. Kembali ke layer Teks (Love), matikan Eye Thumbnail (yang mengindikasikan Layer Visibility) dari layer teks tersebut. Lalu klik Thumbnail (yang mengindikasikan Text Layer) dari layer tersebut untuk membuat kata-kata Love menjadi terseleksi.




Langkah Keempat

Download Brush Clouds ini (atau Agan/Sis bisa cari dimanapun Agan/Sis suka, baik tipe model atau gaya yang banyak tersedia di beberapa situs penyedia Brush gratisan). Install brush pack tadi ke dalam Photoshop, jika Agan/Sis belum tahu cara instalasinya, silahkan terlebih dulu baca tulisan kami menyengkut hal tersebut di Cara menginstal dan menggunakan Brush.

Jika sudah terinstalasi dengan baik, langsung sapukan ke dalam seleksi dari layer Awan menggunakan Brush pilihan Agan/Sis dari banyaknya pilihan yang ada dalam brush pack tadi. Seperti ini..



Tekan Ctrl + D untuk menghilangkan seleksi.


Langkah Kelima

Aktifkan Eraser Tool (E) dengan menekan tombol E pada kibor, atau bisa dipilih dari menu melayang yang terdapat di sebelah kiri lembar kerja Photoshop kita. Dengan menggunakan settingan seperti gambar di bawah.. laksanakan tugas berikutnya (lihat gambar).. :p



Hasilnya akan seperti ini..




Langkah Keenam

Buat sebuah layer baru tepat di bawah layer Awan. Sekali lagi, dengan bantuan Brush yang kita telah download tadi.. buat awan tambahan pada gambar kita. Zoom out terlebih dulu lembar kerja kita untuk mempermudah visualisasi kita dalam melihat seberapa besar brush tersebut bisa maksimal pada gambar kita.




Voila.. hasil akhir dari tutorial Cara membuat Clouds Text dengan bantuan Brush Clouds tadi akan seperti ini..




Tambahan

Tutorail di atas merupakan hasil kerja membuat Clouds Text dengan bantuan brush yang dengan mudah kita dapatkan di situs-situs yang menyediakan brush seperti ini. Itu satu cara. Ada cara lain dalam membuat tulisan (text effect) seperti yang dimaksud sobat Nazar Dark yakni cara manual membuat Clouds Text, hanya saja mungkin bukan sekarang waktu yang tepat untuk menerbitkan postingan tersebut. Lain waktu insya Allah akan kami buat cara manual membuat Clouds Text tersebut.

Terimakasih atas kehadiran dan perhatian Agan/Sis semua di sini. Salam Ikhlas.


Brush Clouds Download



Tags: , , , , , ,

Written by

We are here with you to proudly present business to the globe the way you see it. Build with no just big or just small images. But definitely we create the image you want and make it alive and totally fresh.

That's it folks... Designing. It is about creating a single dot with a single line that inspires feelings, love and cares, emotions, and statements.

30 comments:

  1. Weleh..weleh mantap Mas,,, gaya dan bentuk awan.Ntar pingin dicoba ini.Seep tutorialnya :)

    BalasHapus
  2. seeep kang.. makasii iia ;)

    BalasHapus
  3. mantap sob,, membuat teks efek awan.. kereeenn.. :D

    BalasHapus
  4. makasii kang iia buat mantapnya :p

    BalasHapus
  5. makasih gan tutorialnya bisa di cobain nih.... di tunggu kunjungan baliknya

    BalasHapus
  6. eh klo donlod brush nya.. bemana cara kasi masuk ke fotoshop ? cara tampilakn brush nya?

    BalasHapus
  7. Wah keren banget sob tutorial nya... ijin coba sob

    BalasHapus
  8. gamblang dan jelas. PS serasa jadi mudah di sini. hahaha... mantaaaap. makasih banget.

    BalasHapus
  9. menyimak dimari gans. sumpah ya ane samasekali gak bisa mainan sotosop gans. :D

    BalasHapus
  10. Langsung coba ah,..sungguh menarik bisa berkreasi dengan huruf.

    BalasHapus
  11. Hehehe makasih mas, sudah diposting, nih aku sudah coba pula ,, tolong dilihat dan dikoreksi :D siapa tau ada yang belum bagus ... :D ini linknya https://www.facebook.com/media/set/?set=a.119556464892748.20180.100005151842749&type=1 di komentari yah kalau ada yang kurang ... :D

    BalasHapus
  12. hehe perdana nih saya.. ^^

    bagus nih, blog full PS content

    BalasHapus
  13. Lengkap banget ulasan dan tutorial nya! Kebetulan saya masih newbie banget nih soal sotosop, eh maksudnya photoshop. :D Perlu banyak-banyak belajar dari tutorial blog ini.

    Saya pikir tadi clouds text itu text yang dikasi efek mendung, ternyata salah persepsi..hehe. Tapi btw, keren ya hasilnya! Text nya seperti bener-bener menyatu dengan background. What an amazing tutorial :)

    BalasHapus
  14. Postingannya sangat berguna sekali gan, terima kasih

    oh ya nih...
    Kunjungan malam minggu sahabatku, jangan lupa mampir ini ada oleh -oleh "COMPANY AWARD" untuk sahabat, silahkan di jemput, ditunggu dan terima kasih

    BalasHapus
  15. Hadir kembali, untuk lebih memahami.

    BalasHapus
  16. wah, ternyata makin mengasyikan kawan. mantap deh! baru tau kalau ada fungsi dan gunanya eye thrumbnail itu.

    BalasHapus
  17. @ ahmad rizal samsi : itu ada kang link yg bakal mengantar akang ke tutorial yg akangnya maksud :)
    @ Nazar Dark : keren hasilnya asli.. klu bisa, saiia pasang sekalian di tempat saiia, bole..?!?!?
    @ Penyuluh Perikanan : akan segera di jemput... terimakasii kang iia ;)

    @ all : makasii makasii makasii

    BalasHapus
  18. waw,
    menambah pengetahuan hehe

    selamat pagi sobat :)

    BalasHapus
  19. Mampir lagi nih buat belajar2 disini.. hehehe.. :D

    BalasHapus
  20. Makasih infonya sob, jadi nambah ilmu nih :D

    BalasHapus
  21. Maksudnya tekan shift+klik kiri mouse di mana nya udh klik tapi gak jadi biru backgroundnya

    BalasHapus

Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?

 

Photoshop Icon

Holic Posts

Follow by Email

Why to Choose PSHolic?

PSholic terbagi menjadi 3 bagian penting yang harus bisa dieksplor secara keseluruhan dan bukan bagian perbagian. Photoshop Pemula... Photoshop Menengah... Photoshop Mahir... Enjoy!
Copyright © Belajar Photoshop | Designed by Templateism.com