Wednesday, February 13, 2013

Cara membuat Tekstur Magma

Share & Comment
Pagi ini kami dikejutkan oleh cerita mimpi salah seorang sahabat yang -tentunya demi kode etik pertemanan :p- gag akan kami sebutkan namanya di sini. Cerita beliau lumayan spooky creepy what so ever.. berkenaan dengan kejadian mencekam seputar gonjang-ganjing huru-hara goro-goro yang terjadi menjelang tutup bukunya dunia.

Banjir. Lava. Magma. Semua ada kaitannya. Lalu apa kaitannya dengan postingan kali ini (yang jelas-jelas melangkahi waktu terlahirnya postingan Cara membuat Vektor -masih- Penelope Cruz beberapa waktu lalu)? Sepertinya gag ada. Kami hanya senang ajja bahwa cerita tersebut menginspirasi kami untuk menyegerakan terbuatnya Cara membuat Tekstur Magma ini.

Agan/Sis tentunya masih ingat dengan postingan kami seputar Tekstur dan cara pembuatannya yang banyak tersebar di blog ini, beberapa kami dapati dengan judul Cara membuat Tekstur, atau Cara membuat Tekstur Batu atau bahkan yang akan sangat berkaitan dengan postingan ini yakni Cara membuat Tekstur Lumpur?

OK tanpa banyak cing-cong wa alaihim gambreng, kita mulai saja hidangan ala kadarnya ini dengan pembacaan bismillahirrohmaanirrohiim.. visualisasikan anak panah yang melaju cepat menembak setan-setan mrakayangan yang sekiranya akan mengganggu fokus kita menelaah tutorial satu ini dan mendapatkan hasil yang maksimal :)

Enjoy!


Langkah Pertama

Kali ini kita hanya akan bekerja pada satu layer saja. Layer Background, atau layer yang pertama kali muncul setelah kita membuat lembar kerja baru. Karena sudah disinggung sedemikian rupa, OK.. Buatlah  sebuah lembar kerja baru dengan ukuran yang assoy, yakni 570x570px. Atur Foreground menjadi Hitam (#000000) dan Background agak Orange gelap (#E35412). Masuk ke menu Filter > Render > Clouds. Tekan Ctrl + F sebanyak 5 kali.

Catatan : Ctrl + F dilakukan guna mengulang (repeat) kerja dari efek terakhir yang kita gunakan di Photoshop. Dalam hal ini efek terakhir yang digunakan adalah Render Clouds, menekan kombinasi tombol tadi sebanyak 5 kali artinya kita mencoba mencari simulasi yang paling pas dalam membentuk nuansa awan pada dua warna Hitam serta Orange tadi.

Kira-kira seperti ini..




Langkah Kedua

Masuk ke menu Filter > Artistic > WaterColor dan gunakan settingan seperti keterangan pada gambar di bawah ini..




Menjadi seperti ini..






Selain kita hanya bekerja pada satu layer saja, kita juga hanya akan memodifikasi layer tersebut melalui satu cara saja, yakni, mondar-mandir keluar-masuk menu Filter. So.. jangan bosen-bosen tuk mengeksplor menu satu itu.
 


Langkah Ketiga

Masuk lagi ke menu Filter > Sketch > Chrome lalu terapkan pengaturannya seperti ini..





Menjadi seperti ini..




Langkah Keempat

Tekan Ctrl + U untuk mengaktifkan Hue/Saturation, gunakan settingan berikut..


Catatan : Jangan lupa untuk mencentang kotak Colorize.



Langkah Kelima

Terakhir.. kita akan masuk ke menu Filter > Artistic > Plastic Wrap dengan pengaturan sebagai berikut..



Dan.. hasil akhirnya akan seperti ini..




It is a wrap!

Mendekati mirip? Entahlah.. Tergantung sudut pandang Agan/Sis bagaimana waktu melihat magma aslinya :p terhadap tutorial Cara membuat Magma ini. Terimakasih sudah bertandang dan memberikan kritiknya. Sekali lagi, terimakasih.


Tags: , , , ,

Written by

Hanya menjalani lakon yang diberikan Sang Penguasa Semesta. Semoga apa yang ditulis di sini bisa sedikitnya memberikan manfaat tuk kita semua.

A single dot with a single line that inspires feelings, love and cares, emotions, and statements. Kudos!

11 comments:

  1. wah terima kasih gan. jadi menambah pengetahuan tentang photoshop

    ReplyDelete
  2. Sip tipsnya kawan, kunjungan balik yah di tunggu

    ReplyDelete
  3. makasii nii buat akang b2 :) meluncur :)

    ReplyDelete
  4. bisa jadi wawasan lagi nih buat saya, tapi kebanyakan sayakalo pake PS itu lebih ke editing gambar misalkan saja ingin buat banner, maka saya cuman menggabungkan dari beberapa gambar dan dijadikan 1, tidak pernah saya bikin sendiri itu tidak pernah

    ReplyDelete
  5. itu juga 'cara' kang.. hehehe.. gpp :) santai ajja.. toh banyak jalan menuju toilet kan.. aiihhhh :) makasii kang ampirannya ;)

    ReplyDelete
  6. Kalau ini gak mantap juga teksturnya bentuknya juga bagus sob :)

    ReplyDelete
  7. ribet juga kalo memang kurang paham tentang adobe ini. btw, thank buat ilmunya kawan!

    ReplyDelete
  8. Keren ya mas. Sangat berguna buat bikin background nih... Kali aja bisa mengelabui pemirsa biar dikira sudah pernah nyemplung ke magma haha..

    ReplyDelete
  9. render cloud sifatnya random ya gan ?

    ReplyDelete
  10. Terimakasih atas ilmunya, saya memang lagi memperdalam ilmu photoshop. Rencana ingin membuka usaha percetakan photo.

    ReplyDelete
  11. @ Djangkaru Bumi : wahhh sapa tau ajja tuu ngbutuhin freelancer kek saiia kang iia :p
    @ all : makasii iia all :)

    ReplyDelete

Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?

 

Photoshop Icon

Holic Posts

Follow by Email

Why to Choose PSHolic?

PSholic terbagi menjadi 3 bagian penting yang harus bisa dieksplor secara keseluruhan dan bukan bagian perbagian. Photoshop Pemula... Photoshop Menengah... Photoshop Mahir... Enjoy!
Copyright © Belajar Photoshop | Designed by Templateism.com