Friday, February 15, 2013

Cara membuat Vektor Rambut

Share & Comment
Erat kaitannya dengan beberapa postingan belakangan ini di sini mengenai Gambar Vektor yang masih terus harus kami gali, postingan ini pun terlahir muncul dari proses inkubasi yang lumayan lama. Mengendap kira-kira beberapa dekade lalu, akhirnya bruoool bisa nongol di sini.

Hmmm... Selamat pagi siang sore malam hingga pagi lagi tuk Agan/Sis semua yang masih setia mampir di Belajar Photoshop. Tak terhingga ucapan terimakasih yang kami haturkan tuk Agan/Sis semua karena semprotannya supportnya pada blog tengil bau kencur ini.

Tentu kita semua masih ingat pada postingan kami yang berjudul Cara membuat Bulu (Rambut) Binatang. yang mengupas tentang bagaimana kita dengan mudah menggunakan tool O yakni Dodge Tool maupun Burn Tool untuk membuat bulu setan mrekayangan binatang terkesan realistis. Terkesan?

Source : dari koleksi mi9.com
Juga dengan tulisan bersambung kami di Cara membuat Gambar Vektor dan Cara membuat Vektor (Lanjutan) yang merupakan kelanjutan dari make-overnya si non Penelope Cruz menjadi vektor, apalagi belakangan ini memang blog ini mengkhususkan pembahasan seputar Pen Tool (P) yang tentunya, kita akan mulai terbiasa dengan tool nyeleneh tersebut.

OK. Rambut binatang telah kita buat, Penelope uda kita make-over, walaupun belum kelar, ada baiknya kami selingi terlebih dulu dengan pelajaran cara membuat rambutnya, takutnya, nanti Agan/Sis akan merasa ada sesuatu yang mengganjal, terlewati or sum'thin' :p melainkan yang mengkhususkan bagian rambut untuk di vectorize, di sini tempatnya.

Seperti yang kami singgung sebelumnya, bahwa bagian rambut (juga bibir) merupakan bagian yang memerlukan kesabaran lebih jika dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya untuk bisa kita buat Vektornya. Maka oleh karena itulah, postingan Penelope tersalip dengan postingan ini yang kini hanya akan fokus pada rambut, dan bukan bagian tubuh lainnya.. maka usahakan tuk mendapat detail pada bagian tersebut saja dan bukan yang lain.. silahkan buat untuk bagian lainnya asal ajja.


Cover up the body

Ini yang termudah :p. Buat bagian tubuh serta rambut dengan bantuan Pen Tool (P). Untuk pewarnaan.. silahkan Agan/Sis sesuaikan dengan yang diinginkan.. Jika memang susunan layer yang kita buat gag acak-acakan, maksud saiia tersusun seperti urutan pewarnaan, maka kita akan dengan mudah menggantinya sesuai dengan yang kita butuhkan. So.. jangan terpana sama warna yang saiia pilih, itu hanya tipuan mata belaka contoh belaka.




Jika langkah pertama ini selesai.. cara membuat Vektor Rambut gag berhenti hanya di situ :p, maka langkah selanjutnya akan lebih mudah. Maksud saiia, Agan/Sis akan lebih bisa memfokuskan pada bagian rambutnya saja. Bekerja dengan mode zoom in maupun zoom out selalu disarankan untuk mendapat hasil maksimal, selain memudahkan mata dalam melihat detail.. 400% misalnya..

Jangan lupa untuk membuat vektor tersebut berada dalam group untuk memudahkan layer arrangement nya. Hal ini bisa kita lakukan dengan mem-block layer yang ingin kita masukkan dalam satu group, lalu tekan Ctrl + G, beri nama.

Karena kebetulan sample yang kami pergunakan di sinipun memiliki alur rambut yang relatif mudah, gag acak-acakan (banyangkan orang dengan rambut kepala yang baru selesai mandi dan belum disisir, nahhh.. seperti itu maksud saiia :p) maka kiranya kitapun menjadi tidak terlalu direpotkan dengan detail, cukup menarik Pen Tool (P) kita dari arah atas ke bawah atau sebaliknya.


Hasil akhirnya kira-kira seperti ini..


Tags: , , , , ,

Written by

Hanya menjalani lakon yang diberikan Sang Penguasa Semesta. Semoga apa yang ditulis di sini bisa sedikitnya memberikan manfaat tuk kita semua.

A single dot with a single line that inspires feelings, love and cares, emotions, and statements. Kudos!

34 comments:

  1. Mantap TP BINGUNG. hehe kreasi yang unik.

    ReplyDelete
  2. apanya yg bikin bingung kang..?!?!

    ReplyDelete
  3. Jadi bentuk kartun hasilnya yah Mas,saya kira tetap sama dengan objek aslinya.

    ReplyDelete
  4. sungguh cantik sekali hasilnya, nyaris tanpa cacat.
    Agan memang cocok menjadi seorang disainer.
    terimakasih atas pencerahan pencerahan diatas, sukses selalu untuk Agan.

    ReplyDelete
  5. wah kalo kartun nya di 3D in dan di dalamin lg jadi nya ntar kaya 3dsmax ya kang :) saya bookmark dlu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woww.. saiia gag mamfu klu 3Dmax om..
      suwun udah mamfir om (Y)

      Delete
  6. kayak 3D gitu ya.. kereeen.. tapi berhubung saya pake jilbab, bikin vektor jilbab aja deh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak ko di mari.. hehe.. suwun yoo (Y)

      Delete
  7. Saya piingiiinnnnnn banget bisa photoshop, tp masih belum ada kesempatan. Sy hanya bisa baca2 disini ...ndak apa2 kan?

    ReplyDelete
  8. Mantep!. Terima kasih banyak, ini benar-benar menambah perbendaharaan teknik. :)

    ReplyDelete
  9. pinter bangeeet. saya serap ilmunya pasti. saya kemaren beli buku tentang PS, tapi di sini saya dapet lebih gamblang. keren.

    ReplyDelete
  10. wahh ternyata disini saya menemukan master design grafis,,,photoshop...kebetulan saya pnya aplikasi photoshop portable, di coba dulu ahh buat2 logo blog...tq sobat..!

    ReplyDelete
  11. sip sobat, mantap tipsnya, saya juga suka editing foto sobat, namun sekarang sudah nggak bisa lagi, karena komputernya sudah rusak. hehehehe sekarang cuma ngandalin hp buat ngeblog...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seeep om.. yang penting.. mantep terus jaya (Y)

      Delete
  12. saya tunggu request dari saya diposting sobat .. :D

    ReplyDelete
  13. Terimakasih atas ilmunya, langsung saya terapkan nih biar lebih paham.

    ReplyDelete
  14. Butuh kesabaran dan ketlatenan ya dalam berkreasi sperti di atas.. hehe..

    ReplyDelete
  15. wah..banyak tutornya nich. mau baca-baca dulu mas..

    ReplyDelete
  16. yeahhhh, tentang vector bisa belajar dengan mudah di sini.. :0
    ijin nyimak, bro

    ReplyDelete
  17. wah jadi kaya gitu keren bang , tar di cobain ah , bookmark dulu

    ReplyDelete
  18. Amaziiing, Kang...
    Tapi butuh ketelatenan, yak. :)

    ReplyDelete
  19. mungkin judulnya kurang pas mas. harusnya cara menggambar rambut pakai photoshop..

    ReplyDelete
  20. waaahh makasii kang iia.. ntar di pikirin lagi dee :) makasii

    ReplyDelete
  21. waahhh keren konsefnya ijin praktek gan

    ReplyDelete
  22. buka jasa photoshop gak gan ? aku ada proyek kecilni

    ReplyDelete

Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?

 

Photoshop Icon

Holic Posts

Follow by Email

Why to Choose PSHolic?

PSholic terbagi menjadi 3 bagian penting yang harus bisa dieksplor secara keseluruhan dan bukan bagian perbagian. Photoshop Pemula... Photoshop Menengah... Photoshop Mahir... Enjoy!
Copyright © Belajar Photoshop | Designed by Templateism.com