Rabu, 20 Februari 2013

Mengenal Seleksi - Lasso Tool

Share & Comment
Mengenal Selection (baca; Seleksi) pada Photoshop merupakan salah satu aspek fundamental manakala kita benar-benar ingin menjadi -mendekati- profesional dalam bidang Photoshop. Sekali lagi.. mungkin akhir-akhir ini, postingan demi postingan yang terbit di sini terkesan mengalami lompatan quantum yang pada akhirnya hanya menjadikan kebingungan bagi para pengunjung yang -katakanlah- pemula.

Oleh karena itulah, untuk mengejawantahkan bahwa blog ini benar-benar terbagi tiga kategori level, Photoshop Pemula, Photoshop Menengah dan Photosho Mahir, postingan seperti ini masih harus terus kami keluarkan.  

So.. buat para master, kami mohon kesediaannya bersabar, karena postingan ini memang ditujukan bagi para pembelajar tahap awal.. saiia hanya membayangkan diri saiia sendiri sewaktu pertama kali belajar Photoshop.. kurangnya pengetahuan awal yang padahal.. pengetahuan tersebutlah yang terpenting.

Setelah kemarin kita membahas mengenai Marquee Tool (M), kini kita akan bersentuhan langsung dengan satu lagi alat untuk menyeleksi yang banyak digunakan yakni Lasso Tool (L).


Lasso Tool (M) sendiri terdiri dari beberapa macam.. diantaranya yakni..

. Lasso Tool (M)
. Polygonal Lasso Tool (M)
. Magnetic Lasso Tool




Mari kita tinjau satu persatu dari fitur Lasso Tool (M) ini.


Lasso Tool (M)

Dibutuhkan keteguhan telapak tangan guna bisa memanfaatkan tool satu ini dengan baik. Steady hand. Mengapa? Karena tool satu ini berjalan sekali langkah.

100% alat bentuk bebas. Hasilnya tentu akan berbeda dengan jika kita menggunakan Pen Tool (P) misalnya. Membuat seleksi.. mengisinya dengan warna, dan memberinya sentuhan demi sentuhan yang dibutuhkan.


Penggunaan

Cara menggunakannya terbilang simple. Hanya dengan sekali klik, lalu tahan sampai kita menemukan/kembali ke titik awal.




..atau jika pada gambar atau foto yang ingin kita edit.. alat ini juga sangat fungsional untuk kita pergunakan dalam proses tracing.. mengambil bagian dari sebuah gambar yang lalu kita edit secara terpisah. Lasso merupakan alternatif manakala kita ingin mendapatkan yang kita inginkan tanpa menyeleksinya melalui pemilihan warna dan seterusnya.


Source : 123rf.com


Polygonal Lasso Tool (L)

Polygonal Lasso Tool (L) memungkinkan kita untuk mengklik dari titik ke titik secara bertahap ketika kita membangun sebuah seleksi. Seleksi yang dibuat dengan alat ini adalah murni terdiri dari tepian-tepian lurus yang nantinya juga akan mirip dengan Pen Tool (P).

Penggunaan

Cara menggunakannya alat ini juga terbilang simple karena kita hanya melakukan klik dan klik lagi hingga kita mendapatkan seleksi tertutup terhadap gambar yang kita inginkan. Jika Agan/Sis gag keberatan untuk melatih tool ini, menggunakan banyak klik seperti ini akan cepat membosankan, tapi tidak mengapa.

Namanya juga belajar :p.




Magnetic Lasso Tool (L)

Adalah perpaduan hebat *lebaii.. antara Polygonal Lasso Tool dan Magic Wand Tool. Hal ini memungkinkan Agan/Sis untuk membangun pilihan Agan/Sis secara bertahap, namun dengan cara yang cukup otomatis.

Penggunaan

Cara menggunakannya alat ini juga terbilang simple karena cukup dengan menggerakkan kadal sama jerapah tikus Agan/Sis di sepanjang tepian gambar yang diinginkan. Kita dapat membiarkan alat satu ini membangun paduan/banyaknya titik/anchor yang nantinya secara otomatis atau secara manual akan membentuk seleksi itu sendiri.

Dari..


Menjadi..



Lasso Tool (L) pada Photoshop merupakan pilihan manakala kita mulai merasakan bosan dengan tools biasa yang kita gunakan. Mereka sebenarnya mampu membuat pilihan yang sangat kompleks dan tidak teratur, tetapi dalam hal tingkat akurasinya sangat bergantung pada kestabilan tangan Agan/Sis sendiri.

Gunakan alat-alat ini ketika Agan/Sis harus membuat pilihan umum yang tidak memerlukan banyak akurasi. Sejujurnya, kami lebih sering dan lebih mencintai Polygonal Lasso (L) jika disuruh untuk memilih dari ketiganya dengan alasan agar lebih cepat.

Lasso freeform jauh lebih menyenangkan dan akurat jika Agan/Sis memiliki pen tablet yang hingga kini masih merupakan daftar terselubung saiia dari wishlist yang sering terngiang-ngiang.. :p.
Tags: , , , ,

Written by

Hanya menjalani lakon yang diberikan Sang Penguasa Semesta. Semoga apa yang ditulis di sini bisa sedikitnya memberikan manfaat tuk kita semua.

A single dot with a single line that inspires feelings, love and cares, emotions, and statements. Kudos!

16 comments:

  1. lasso tol itu paling menggemaskan.., susah... *smile
    thx ya sdh berbagi ilmux sob..

    BalasHapus
  2. Tempat ini memang asik buat belajar sob :)

    BalasHapus
  3. Baca sambil nyoba buka photoshope.... hahaha aku malah ketawa, Memang aku nol paling besar masalah ginian Mas... Namun aku tetap baca, malah aku buka beberapa postingmu kalo-kalo ada yang bisa aku buat...
    Makasih banget

    BalasHapus
  4. keren habis bro. jadi ini fungsi lasso sebenarnya ya. banyaknya icon dalam photoshop memang bikin saya mumet memahaminya. oke sobat, thank buat tambahan pelajarannya! mantap

    BalasHapus
  5. saya masih menikmati kelihaian bikin PS di blog ini.
    saya sempat mencoba beberapa, dan memang harus diakui, ini memerlukan ketelatenan dan kepintaran. saya belum menjangkau level itu, hehe

    BalasHapus
  6. makasii buat semuanya iia ;)

    BalasHapus
  7. nggak telatenan kalo sayah.....huh

    BalasHapus
  8. berarti gampang kang.. yg telaten lah :p

    BalasHapus
  9. ane pakenya pentool, kerjaan sih rapi.. cuma lamaaa u,u butuh banyak ilmu lagi di photoshop. Em, bisa ga dibuat post cara buat animasi, cuma lebih hidup ga sekedar gambar gif doang :D

    BalasHapus
  10. aaaak keren! mana kupu2 pesenan saya mas sotosop?

    BalasHapus
  11. Mantap...! Salam Photoshop

    khaeseven.blogspot.com

    BalasHapus
  12. @ Ultraman Wibawaw : cuma lebih hidup ga sekedar gambar gif doang tu maksudnya gmn kang..?!?! klu idup pan iia gif.. terus?!?!
    @ diniehz : mang pernah pesen?!? :(
    @ khaeseven : Mantap...! Salam Photoshop!

    BalasHapus
  13. Menarik sekali sobat tutorialnya..
    Jadi bisa belajar ngikutinnya nih..
    Kebetulan disini ada pembelajaran Photoshop pemula yang cocok untuk saya yang baru belajar..

    BalasHapus
  14. makasii iia buat akang b2 :)

    BalasHapus

Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?

 

Photoshop Icon

Holic Posts

Follow by Email

Why to Choose PSHolic?

PSholic terbagi menjadi 3 bagian penting yang harus bisa dieksplor secara keseluruhan dan bukan bagian perbagian. Photoshop Pemula... Photoshop Menengah... Photoshop Mahir... Enjoy!
Copyright © Belajar Photoshop | Designed by Templateism.com