Tuesday, March 5, 2013

Cara menghaluskan Wajah

Share & Comment
Beberapa hari belakangan ini kami selalu menyajikan hal-hal yang berkaitan langsung dengan cara membuat seleksi or something.. kali ini kita akan melebar pada hal mendasar lainnya pada Photoshop.

Agan/Sis pasti pernah membaca Bengkel Muka di blog ini. Di postingan tersebut, sekilas kami sampaikan bahwa Photoshop adalah pilihan handal bagi kita yang ingin memperbaiki kualitas gambar pada foto hingga memperbaiki kualitas wajah kita pada gambar atau foto tersebut.

Bukan hendak melangkahi Tuhan.. kami rasa fitur ini selain buat have fun, memang memiliki kelebihannya sendiri. Pada postingan Bengkel Muka tersebut memang belumlah terperinci bagaimana hal tersebut bisa terlaksana, dan di sana kami hanya mengembalikan rasa ingin tahu Agan/Sis untuk menengoknya di Photolicious yang berjudul The Easiest Way in Retouching Skin.

Kini, Cara menghaluskan Wajah kami besut kembali dari blog tetangga tersebut kedalam versi Bahasa Indonesianya tentunya.


Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk bisa mengejawantahkan apa yang kami maksud di sini dengan menggunakan Photoshop, juga banyak terdapat tutorial yang versinya lumayan bermacam-macam. Kehadiran postingan ini bukan ingin memperumit keadaan, tapi memang ingin memberikan pilihan termudah yang bisa kami berikan (menurut kami :p).

Cara termudah untuk itu bisa kita lakukan dengan pemanfaatan Clone Stamp Tool (S) dan Healing Brush Tool (J)...

Lihat terlebih dulu resepnya...:p


..serta bantuan dari Smudge Tool (R).



OK baiklah langsung saja kita lihat.. apa yang bisa kami sajikan untuk Agan/Sis semua.. Selamat menikmati.

The Easiest Way in Retouching Skin
Source ; sxc.hu/photo/1141475
Langkah Pertama

Buka foto Agan/Sis. Perbaiki terlebih dulu Level dari foto tersebut. Bisa kita persingkat dengan menggunakan Auto Level Adjustment yakni dengan menekan tombol Shift + Ctrl + L dari kibor Agan/Sis.

Setelah kontras dari foto tersebut kita dapatkan.. gambar kita akan sedikit lebih cerah dari sebelumnya.



Langkah Kedua

Buang bagian-bagian yang tidak kita inginkan dari area wajah tersebut. Untuk langkah ini, silahkan pergunakan tool Clone Stamp (S) dan Healing Brush (J) seperti yang sudah kami singgung di atas.



Tip : Untuk bisa menggunakan Clone Stamp Tool (S), seperti yang tertera di belakang kata-kata tool tersebut, kami sematkan huruf S, maka huruf tersebut berlaku sebagai shortcut yang bisa kita pergunakan. Setelah menekan tombol S pada kibor, arahkan jerapah serta singa atau lumba-lumba tikus kita pada lembar kerja (area yang ingin kita edit). Tekan Alt pada kibor, maka tanda seperti gambar di bawah akan muncul.




Healing Brush maupun Clone Stamp, memiliki tanda yang sama di atas lembar kerja. Spot yang akan kita perbaiki akan di mulai dari tanda/mark tersebut.

Tip : Setelah klik Alt terjadi.. maka kita telah siap mengkloning daerah yang tidak kita inginkan dan di perbaiki dengan clone (daerah yang nantinya akan muncul sebagai tampilan kulit baru). Sapukan kuas Agan/Sis pada daerah tersebut.

Lihat apa yang terjadi. Latih kembali langkah ini jika memang kita masih belum terbiasa menggunakan sesajen pada setan-setan merakayangan tool ini. Practice make permanent.

Catatan : Jika merasa tertinggal pelajaran mengenai Healing Brush (J) silahkan buka kembali Mengedit foto itu mudah.


Langkah Ketiga

Jika memang kita telah menguasai dan menyelesaikan apa yang ingin kita perbaiki pada wajah tersebut dengan cara mengklon teksturnya, sekarang Agan/Sis bisa lakukan finishing touch.. sebentar.. finishing touch? Sudah semuakah? That's it? Sudah selesaikah Penghalusan Wajah kita? Heall Yeah!! Bisa dikatakan demikian. Namun jika memang masih perlu pembenahan terhadap beberapa detil, silahkan saja.

Saatnya kita menghaluskannya menggunakan Smudge Tool (R). Namun sebelum itu, agar kita memperoleh hasil yang maksimal, pertajam terlebih dulu foto yang kita acak-acak bakar bumi hanguskan edit tadi. Masuk ke menu Filter > Sharpen > Sharpen, lakukan langkah ini (jika memang diperlukan) sebanyak dua kali. Untuk mempercepat langkah tersebut terealisasi, tekan langsung tombol Ctrl + F pada kibor.

Catatan : Dengan menekan tombol Ctrl + F pada kibor, Photoshop akan secara otomatis me-reload (baca; mengulang) efek terakhir yang kita pergunakan. Dalam hal ini Sharpen.

Sekarang.. aktifkan Smudge Tool (R) dengan pengaturan pada mode layer Normal, strength nya kira-kira  30-40%. Mulailah pembersihan wajah terjadi. Perlahan.


Be gentle and slowly.. you got it!

Lakukan hingga semua (daerah yang ingin kita perbaiki) benar-benar merasakan ujung kuas Smudge Tool (R) tersebut.. and.. voila, you're DONE!!!


Hasil Akhir

Click to enlarge!
View other samples here!
Tags: , , , , , ,

Written by

Hanya menjalani lakon yang diberikan Sang Penguasa Semesta. Semoga apa yang ditulis di sini bisa sedikitnya memberikan manfaat tuk kita semua.

A single dot with a single line that inspires feelings, love and cares, emotions, and statements. Kudos!

21 comments:

  1. berarti nggak perlu takut menjadi tua. Mas PS siap membantu menghaluskan kulitmu, demikian kata iklan.

    ReplyDelete
  2. hehehe.. bisa ajja sii akangnya :p

    ReplyDelete
  3. wow!! mantep neh tutorialnya, biar keliatan mulus sebelum di upload ke internet neh

    ReplyDelete
  4. Saya sering menggunakan tool tersebut, tapi kurang ahli jadi hasilnya kurang memuaskan. Maklum masih gaptek.

    ReplyDelete
  5. pantes di facebook mulus2 ya wajah cewek.
    eheheheh

    ReplyDelete
  6. gawat nih, makin meriah aja tipsnya. jadi itu fungsinya clone stamp.
    langsug praktek sob!

    ReplyDelete
  7. harus telaten nih ngerjain ini... suka kelewat blur jadi ga realistic lagi.. anyway buat beginian ada softwarenya juga loh...

    ReplyDelete
  8. Wah sekarang menghaluskan wajah tidak pake sabun, cream muka, dan masker. Sekarang bisa menghaluskan wajah menggunakan photoshop haha :lol:

    ReplyDelete
  9. @ applausr : klu bole tau.. apa software nya kang?!
    @ all : makasii iia buat semua ;)

    ReplyDelete
  10. mas, saya mau tanya nih. wajah saya kan udah halus berarti ndak udak pakai sotosop kan?
    **lebay dikit ah ..hohoho

    ReplyDelete
  11. iia benul.. gag usa mbak :p hehehe..

    ReplyDelete
  12. mantab nih, bisa aja sobat hehee

    ReplyDelete
  13. Wah bisa tambah ganteng nich wajah imut(amit)saya ...betul betu jos gandos nich trik..thans sob ....langsung praktek nich

    ReplyDelete
  14. Wah hasilnya sempurna, tapi saya kok gak bisa ya mas editnya.

    ReplyDelete
  15. KY juga mahu edit jugalah...heeee

    ReplyDelete
  16. Tutorialnya yang sungguh detail ini. Mudah dan asyik untuk dipraktikkan. Makasih banyak ya, Sob.

    ReplyDelete
  17. Sekarang gak perlu pakai make-up lagi,, pakai make-up'nya lewat photoshop aja.. hihihihi.. :D

    ReplyDelete

Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?

 

Photoshop Icon

Holic Posts

Follow by Email

Why to Choose PSHolic?

PSholic terbagi menjadi 3 bagian penting yang harus bisa dieksplor secara keseluruhan dan bukan bagian perbagian. Photoshop Pemula... Photoshop Menengah... Photoshop Mahir... Enjoy!
Copyright © Belajar Photoshop | Designed by Templateism.com