Thursday, March 7, 2013

Cover Yasin

Share & Comment
Assalaamu'alaikum warohmatulloohi wabarokaatuh.

Selamat sore semua, salam sejahtera. Semoga kita semua selalu berada dalam keridhoan-Nya. Amien.

Entah mengapa postingan kali ini terkesan.. gmn gtu.. atau mungkin Agan/Sis semua lebih baik gag perlu menghiraukan nuansa yang berkembang setelah membaca pembukaan tadi.

Mungkin karena memang passion saiia dalam berbagi lah makanya postingan model ini -Cara membuat Cover Yasin- muncul keluar. Bukannya berkeinginan untuk membuka ladang orang, dapur orang lain atau apapun itu istilahnya, tapi memang kami sangat senang bisa berbagi, terutama dalam hal satu ini.


Sedikit berbagi resep.. ala kadarnya...


Dalam dunia percetakan.. kita sering menjumpai hal-hal seperti ini. Jadi kami rasa bukan hal yang aneh jika memang ini mengemuka di sini. Namun memang jujur, terasa agak sedikit berbeda dari biasanya, kali ini kami tidak menjelaskan langkah demi langkah bagaimana sebuah cover -terutama cover surat Yasin- dalam hal ini bisa terbuat.

Terdapat banyak sekali layer dalam satu file ini, mengapa demikian? Karena kami sengaja membuatnya dalam ukuran kecil dan suatu saat nanti bisa dipergunakan dalam ukuran sebesar-besarnya. Maksimal.

Jadi kami membutuhkan bantuan Path dalam pembuatannya, baik itu Pen Tool (P) dan kawan-kawan serta tool-tool bawaan yang terdapat pada gambar di samping.

Coba saja dilihat gambar di bawah.. itu baru pada beberapa shape bagian atas (belum yang samping kanan dan kiri serta bagian bawah).

Sebenarnya bisa dengan mudah saja tanpa perlu membuat secara keseluruhan sendiri-sendiri, maksud kami, satu bentuk tercipta, copy-paste sudah cukup, tapi sayangnya jika kami buat seperti itu, maka maksud yang kami katakan sebelumnya (ukuran besar maksimal) tidak bisa tercapai.

Copy dan paste yang tentunya dilakukan merge terlebih dulu terhadap beberapa layer yang kita inginkan untuk diperbanyak akan menghilangkan path yang benar-benar kami butuhkan. Makanya kami buat manual satu persatu seperti itu. Cukup menyenangkan bukan :p.


Lalu untuk bisa mendapatkan keseluruhan shape tersebut seperti pada gambar di bawah.. Agan/Sis bisa lihat berapa group layer yang kami buat, yang pastinya.. jika kita klik tanda panah pada masing-masing group tersebut dan membuka file dalam group tersebut akan membuat kita pusing semaput.. :p


Hahahaha.. jangan Gan/Sis. Santai ajja :p... Belanda masii jauh :) Pasti memang akan menyenangkan jika ini memang apa yang kita inginkan.

Lanjut.. di sini kami menambahkan apa yang kami sebut Kuping. Loh... mengapa demikian? Ya terserah guweh dund :p, apa ajja bole kami pake buat menamakan file yang kami buat bukan :p


Perhatikan susunan layernya Gan/Sis. Bayangkan jika itu terbuka :)



Hmmm.. Sore yang menyenangkan. Kami rasa, kini saatnya lelah menghampiri :p. Saiia juga manusia-kan, yang butuh istirahat dan sebagainya. Jadi ada baiknya kami putus terlebih dulu tulisan ini di sini. Nanti jika sudah jadi.. pastilah kami kabarkan hasilnya akan seperti apa.

Dari kami cukup sekian dan terimakasih.
Tags: , , ,

Written by

Hanya menjalani lakon yang diberikan Sang Penguasa Semesta. Semoga apa yang ditulis di sini bisa sedikitnya memberikan manfaat tuk kita semua.

A single dot with a single line that inspires feelings, love and cares, emotions, and statements. Kudos!

22 comments:

  1. setiap manusia memang butuh istirahat ya...saya juga...hehe

    ReplyDelete
  2. Itu pakai photoshop biasa ya berarti?

    Sob saya baru instal ulang kompi dan semua program hilang, kalau download photoshop yang aman sobat tau kah link yang aman? (kompi saya sering error gara2 sering download program gak jelas). Saya niat banget mau belajar photoshop, untuk desain2 gitu.. suka bingung kalau disuruh buat brosur :(

    ReplyDelete
  3. Seep Mas tutorial dari cover yasin.Semakin hari semakin memberikan makna baik artikelnya Mas :)

    ReplyDelete
  4. Disini rupanya tutorial photoshopnya.Thks Kang.

    ReplyDelete
  5. @ Herman Bagus : like you kang :p
    @ Gen Q : saiia cuma pake CS3 kang.. itu juga portable.. karena di warnet.. klu akangnya mau donlot.. di Photoshop CS3 Portable ini juga bisa kang ;)
    @ Abed Saragih : makasii kang :)
    @ Riyono : iia kang di sini.. monggo :)

    ReplyDelete
  6. tekhniknya bermanfaat dunia akhirat, insya Allah

    ReplyDelete
  7. Ribet juga ya sob..maklum memang nggak begitu ngerti photoshop, tapi karena tutorialnya jelas & detil jadi lebih gampang belajarnya..
    Thanks nih atas pembelajarannya..

    ReplyDelete
  8. makin bikin gue ngeri nih tipsnya. btw, langsung coba dulu praktek'in cara2nya hehe

    ReplyDelete
  9. ntar dulu... saya bacanya lanjut besok pagi Insya Allah deh. udah ngantuk. tumben nih ngantuk. biasanya jam 1/2 2 baru tidur padahal

    ReplyDelete
  10. salam kenal sebelumnya mas ,, ,
    karena aku juga lagi belajar2 PS,, kebetulan banget nih buat bahan belajar, , thank for share .. .

    ReplyDelete
  11. bagus banget ini sobat, pengetahuan yg berguna sekali nih, saya tunggu kelanjutannya, terima kasih sudah berbagi

    ReplyDelete
  12. Wah mesti banyak belajar di sini nih photoshop-nya...
    Selama ini photoshop saya pakai untuk image aja, untuk lainnya saya pakai corel gan...jagi digabung...image pakai photoshop dan vektor pakai corel...

    ReplyDelete
  13. simple dan elegant..., thx sdh berbagi sob! *smile

    ReplyDelete
  14. Maaf sobat, saya baru bisa mampir . Jaringan di desa saya sedang tidak bersahabat :( 1 minggu hujan terus, maklum lah saya kan tinggal di gunung. Tapi saya tetap hadir kok :D

    ReplyDelete
  15. @ Rohis Facebook : makasii uda mampir kang :) *smile
    @ Nazar Dark : gpp kang.. santai ajja.. moga gag ada apa2 akangnya iia ;)

    ReplyDelete
  16. Ini tampak sederhana, tapi sungguh banyak yang butuh, Sob. Beberapa kali saya ditanya teman soal ini. Makasih banyak ya tutorialnya.

    ReplyDelete
  17. sami-sami kang :) semoga banyak membantu.. walau sebenernya masii blm kelar :(

    ReplyDelete
  18. informasinya bermanfaat sekali gan, wah jangan lupa kunjungi balik lapak ane nih
    useful information gan, oh do not forget to visit the stall behind ane nih
    Obat maag kronis
    http://obatpenyakitmaag.net/2014/11/27/obat-penurun-asam-lambung/

    ReplyDelete

Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?

 

Photoshop Icon

Holic Posts

Follow by Email

Why to Choose PSHolic?

PSholic terbagi menjadi 3 bagian penting yang harus bisa dieksplor secara keseluruhan dan bukan bagian perbagian. Photoshop Pemula... Photoshop Menengah... Photoshop Mahir... Enjoy!
Copyright © Belajar Photoshop | Designed by Templateism.com