Friday, March 29, 2013

Koreksi Warna

Share & Comment
Pagi.. Siang.. Sore.. Malam Agan/Sis semua.. Shalom. Setelah beberapa waktu lalu kita mengotak-atik warna pada foto kita, dan kebetulan pada kesempatan tersebut kita baru menyelesaikan sampai di langkah kedua.. kini saatnya kita beringsut dari tempat santai kita dan melanjutkan apa yang telah kita mulai dengan penuh semangat.

Sekedar reminder, pada Memperbaiki Warna pada Image tempo hari itu, kita sampai di langkah awalnya... yakni...

Pengubahan Blending Mode dari layer Solid Color tadi menjadi Soft Light dengan tingkat Opacity kurang lebih 15% (ini tergantung foto atau gambar yang kita perbaiki). Gambar di atas sekiranya mudah dimengerti :)

Kita kini akan bekerja pada layer tersebut. Ide dari apa yang sebenarnya kita lakukan adalah menambahkan mask yang manfaatnya jelas, yakni menghilangkan sisa bercak-bercak Hijau seperti yang kami singgung di atas tadi.

Tambahan ; Agan/Sis tentunya faham betul dengan apa yang dimaksud dengan Mask? Jika memang merasa tersesat sampai di sini, silahkan kunjungi terlebih dulu tulisan kami beberapa hari yang lalu mengenai Mengenal Seleksi - Mask a.k.a. Topeng tersebut.

Sekarang ada baiknya Agan/Sis berhenti sejenak dan berpikir.. hingga akhirnya memutuskan.. apakah harus kembali ke Memperbaiki Warna pada Image yang berisikan langkah pertama dan kedua (pendahuluan dari postingan ini) agar tidak semakin jauh tersesatnya.. atau ingin lanjut saja dari sini? Semua kami serahkan pada kebesaran hati Agan/Sis semua.. *halahhh :(

Lanjut.. Dengan Foreground siap berisikan Hitam (tekan D pada kibor untuk mempersingkat penggantian warna pada color picker Foreground maupun Background warna). Aktifkan Brush Tool (B) dengan kuas yang disesuaikan ukurannya. Perhatikan gambar di bawah..


Kami usapkan kuas Brush tadi pada bagian alis dan beberapa tempat yang memang membutuhkan (lihat gambar di atas), namun karena beberapa hal yang menurut kami ternyata masuk di akal adalah, tingkat Opacity layer tersebut kami naikkan kembali dari 15% menjadi 35%.

Serasa masih kurang dengan hasil yang ada.. Duplikasi Layer 1 lalu ubah Blending Modenya menjadi Soft Light dengan tingkat Opacity kurang lebih 35% (sekali lagi, ini tergantung foto atau gambar yang kita perbaiki). Lihat gambar di bawah ini dengan seksama..


Sampai di sini ternyata tidak terasa bahwa perjalanan sepeminuman teh telah terlaksana, keringat membasahi dahi serta leher karena langkah kaki yang sepenanakan nasi. Oalaahhh.. kebanyakan baca Wiro Sableng, iia jadi kek gini dee :(

OK mari kita lihat terlebih dulu perbandingan antara sebelum dan sesudah penambahan ini dan itu di sana dan di situ...



Langkah Ketiga - Finishing

Pertama-tama (setelah ngesod sana-sini gag kunjung tiba di tempat tujuan), kami tambahkan Levels Adjustment terakhir dan ini terjadi pada layer Background kita.. maksud saiia, aktifkan layer background (dalam hal ini, Layer 1) untuk dijadikan tempat eksekusi Levels Adjustment tersebut. Tekan Ctrl + L untuk mengaktifkan Levels Tool. Pengaturan kami serahkan sepenuhnya pada kebebasan Agan/Sis untuk memilih.


Itu yang pertama, selanjutnya kami tambahkan Layer Curves di atas Layer 1 yang tadi kita sesuaikan Level Adjustmentnya. Untuk mengetahui dimana letak layer yang kami maksudkan, silahkan perhatikan gambar di bawah..


 Atur dengan lekukan seperti ini...


Penampakan susunan layer kita sejauh ini seperti tertera pada gambar di bawah yang keren ini :p


Terakhir Gan/Sis... kami tambahkan sedikit nuansa cinta di dalam foto tersebut, maksud kami, nuansa yang lebih ngPink gitu.. :p Salah iia..?! Gag gitu iia..?!? :p

Masih pada Layer 1, Color Balance tool atau lebih mudahnya dengan menekan tombol Ctrl + B sepertinya yang paling pas untuk mewakili apa yang kami inginkan di sini.



And that is it --- Hasil akhir foto yang kami inginkan sudah diperoleh. Mungkin untuk sebagian Agan/Sis , postingan Koreksi Warna yang didahului dengan Memperbaiki warna pada Image ini terasa sedikit membosankan, namun menurut kami -kami sadar bahwa ini akan terdengar subjektif- this is worth it!

Silahkan klik untuk lebih jelas

Dengan sedikit tambal sulam di sana dan di sini, kami buat foto tadi lebih menyenangkan dipandang..

Silahkan klik untuk lebih jelas

Tags: , , , ,

Written by

Hanya menjalani lakon yang diberikan Sang Penguasa Semesta. Semoga apa yang ditulis di sini bisa sedikitnya memberikan manfaat tuk kita semua.

A single dot with a single line that inspires feelings, love and cares, emotions, and statements. Kudos!

21 comments:

  1. keren kang,, hasilnya menjadi lebih cerah dari sebelumnya.. :D

    ReplyDelete
  2. tujuannya sii gitu kang :) makasii uda mampir kang iia ;)

    ReplyDelete
  3. jadi lebih cerah dan menarik ya mass

    ReplyDelete
  4. mlm mas bro. wah kretif mas trmksih dah berbagi

    ReplyDelete
  5. bisa ya begitu. analog buat diterapkan di foto-foto yang kita punya ya Mas.. biar makin keren

    ReplyDelete
  6. Ini bisa juga kan Mas dicampurkan dalam edit sebuah warna pada wajah gitu :)

    ReplyDelete
  7. wah, patut di coba Tutorial yang kayak gini..
    hehe, maklum.. gak tau Photoshop..

    ReplyDelete
  8. ini sangat membantu saya buat belajar desain grafis mas.
    terimakasih sudah berbagi

    ReplyDelete
  9. sy masih belajar potosop & jarang menggunakan curves, tapi setelah liat tutorial diatas, hasilnya jadi bagus y, keren tutorialnya sob, terima kasih.

    ReplyDelete
  10. jadi sulit di copas neh hehehe.. mantap sob!

    ReplyDelete
  11. Software Spektakuler
    Penambah Saldo Rekening Bank Anda.

    Cukup Anda Install di Komputer Anda
    dan Jalankan TRIK RAHASIA nya, dalam waktu
    24 jam, Saldo Rekening Bank Anda Akan Bertambah

    Anda Penasaran dan Ingin Tahu Rahasianya??
    Buruan DOWNLOAD Softwarenya di :

    http://softwarepsr.com/nendra

    Terimakasih


    nice post sobat..

    ReplyDelete
  12. Thanks dah berkunjung jg...
    Saya pernah pake photoshop CS6, bagus sih komplit, cuma harus spec tinggi juga. hehhehe
    Saya biasa pake online editor meski tidak lengkap tapi paling tidak sih lebih praktis klo ga ada photoshop, yg jelas ada koneksi, hehehe,
    mirip2 photoshop...
    http://pixlr.com/editor/

    keep_creative

    ReplyDelete
  13. Mantap banget, pokonya chanel photosop ane ya disini, thank gan

    ReplyDelete
  14. Mantep mas dulu sempet penasaran ma tutorial gini. Liat waktu nyuci foto yang ternyata di edit dulu ma tukang cuci. Persis kaya gini. Makasih mas.

    ReplyDelete
  15. Penggunaan warna yg baik memang harus di Photoshop utk mendptkan hasil gambar yg memuaskan....tq sobat..!

    ReplyDelete
  16. waw ...
    mau izin nyoba deh gan ...
    thanks infonya ...

    ReplyDelete
  17. monggo di coba gan :) sami-sami :)

    ReplyDelete
  18. Thanks for the article. It's very interesting for me. I will try it at home. Dear!

    ReplyDelete

Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?

 

Photoshop Icon

Holic Posts

Follow by Email

Why to Choose PSHolic?

PSholic terbagi menjadi 3 bagian penting yang harus bisa dieksplor secara keseluruhan dan bukan bagian perbagian. Photoshop Pemula... Photoshop Menengah... Photoshop Mahir... Enjoy!
Copyright © Belajar Photoshop | Designed by Templateism.com