Senin, 25 Maret 2013

Memperbaiki Warna pada Image

Share & Comment
Lama tak bersua, lama tak bertitah.. *halahh.. seperti biasa.. pembukaan yang buruk.

Banyak permintaan mengenai Photoshop Manipulasi diperbanyak di blog ini, namun seperti yang kali ini juga bakal Agan/Sis baca, bukanlah yang Agan/Sis inginkan.

Walau bagaimanapun juga, tulisan kali ini kami masukkan ke dalam kategori Photoshop Manipulasi, yakni Manipulasi Warna, yang tentunya bukanlah manipulasi seperti yang Agan/Sis inginkan seperti merubah ini menjadi itu, sulap itu menjadi ini dan sebagainya.

Warna pada image sering kali kita temui agak menjengkelkan. Maksud kami, tidak semua foto yang dihasilkan kamera memiliki kualitas seperti yang kita inginkan.. terutama jika kekuatan kamera tersebut memang belum pada maqomnya. Tentu kita akan banyak menemui protes (walau biasanya tanpa perlu melayangkan surat kaleng dsb.) seperti kualitas blur tidaknya gambar, scretch atau terutama warna.

Source; wallbeam.com
Menggunakan gambar di samping, kita akan sedikit mengupas permasalahan seputaran warna seperti yang kami singgung sebelumnya.


Langkah Pertama - Menyingkirkan Hijau

Kali ini kita akan berkenalan dengan tool Eyedropper, buka foto Agan/Sis, aktifkan Eyedropper Tool (I) dari menu melayang yang terletak di sebelah kiri lembar kerja. Setelah aktif, langsung saja klik area Putih atau Hijau pada gambar Agan/Sis.. pada foto anak kecil di taman tersebut, kami mengklik daerah mata yang putih (terang).


Untuk lebih menurunkan (baca; mengurangi) warna Hijau, klik Ctrl + U untuk mengatur Hue Saturation gambar tersebut.


Penjelasan : Turunkan Hue pada bagian Kuning menjadi -10, demikian juga untuk warna (bagian) Hijau dengan mengklik tab Master dari Hue/Saturation untuk bisa menemukan Yellows serta Greens yang kami maksud.

Langkah ini menambahkan nuansa yang lebih oldy pada bagian warna Hijau tadi tanpa membuat seluruh gambar berubah menjadi Pink.


Jika white balance (itulah kenapa tadi kami memilih Eyedropper Tool (I) dan mengklik daerah mata yang terang/putih) sudah di dapat dan terlihat.. hmmm.. katakanlah.. good :p, sekarang kita akan masuk ke bagian standar dari penyesuaian exposurenya. Masuk ke menu Image > Adjustment > Exposure


Lakukan pengaturannya sebagai berikut..



Langkah Kedua - Buang warna yang tidak semestinya

Bahkan setelah warna pada gambar kita secara keseluruhan sudah terlihat bagus, mungkin masih ada beberapa bercak hijau pada kulit, cek dengan memperbesar gambar. Untuk mengatasi hal tersebut, kami pilihkan tempat yang paling pas warnanya, yakni di bagian kening atas, warna kemerahan dari kulit.


Setelah warna terpilih untuk disiapkan di Foreground Color, yakni warna #F8D4CD, sekarang beralih ke Panel Layer (terletak sebelah kanan lembar kerja), aktifkan layer foto Agan/Sis, lalu tambahkan sebuah layer Solid Color di atasnya. Warna secara otomatis akan muncul setelah Solid Color tadi kita pilih. Warna pink (jika menggunakan gambar seperti yang kami pergunakan) akan mengisi secara keseluruhan lembar kerja. Jangan panik!

Apa sebenarnya yang tengah terjadi? Dan apa pula sebenarnya yang sedang kita kerjakan? Hmmm..Coba perhatikan terlebih dulu gambar berikut, apakah Agan/Sis sudah benar-benar melaksanakan apa yang tertera pada tulisan ini.


Ubah Blending Mode dari layer Solid Color tadi menjadi Soft Light dengan tingkat Opacity kurang lebih 15% (ini tergantung foto atau gambar yang kita perbaiki). Gambar di atas sekiranya mudah dimengerti :)
Kita kini akan bekerja pada layer tersebut. Ide dari apa yang sebenarnya kita lakukan adalah menambahkan mask yang manfaatnya jelas, yakni menghilangkan sisa bercak-bercak Hijau seperti yang kami singgung di atas tadi.

Tambahan ; Agan/Sis tentunya faham betul dengan apa yang dimaksud dengan Mask? Jika memang merasa tersesat sampai di sini, silahkan kunjungi terlebih dulu tulisan kami beberapa hari yang lalu mengenai Mengenal Seleksi - Mask a.k.a. Topeng tersebut.

Lelah, letih, lemah, lesu, lunglai.. tapi semua itu.. bohong :p. OK gini ajja.. Silahkan baca kelanjutannya di Koreksi Warna. (<<< link telah terisi :p), dari kami sekian dan terimakasih. Sampai jumpa di sana.

Tags: , , , ,

Written by

We are here with you to proudly present business to the globe the way you see it. Build with no just big or just small images. But definitely we create the image you want and make it alive and totally fresh.

That's it folks... Designing. It is about creating a single dot with a single line that inspires feelings, love and cares, emotions, and statements.

25 comments:

  1. wah mantap sobat, saya sangat suka edit foto sob, namun kini saya berhenti karena kompi saya rusak, sekarang sudah g bisa lagi editing foto. hikz hikz hikz..

    BalasHapus
  2. Masih pusing ngapalin toolnya sob ampek muter muter..nich kepala salut buat sobat yang begitu mudah nya menguprek* gambar menjadi lebih keren

    BalasHapus
  3. hahaha... berkembang banget ilmunya disini. Mas PS memang keren abis. juara deh pokoknya.

    BalasHapus
  4. before n afternya apanya ya yg berubah? *masih ngantuk*

    BalasHapus
  5. udah 2 tahun saya nikah sama tukang design, sampe skarang gak bisa2 design jugak *puter2 ujung jilbab*

    BalasHapus
  6. Jadi kalau foto jadul agak terbantu dengan cara ini yah Mas,istilahnya jadi lebih cerah :)

    BalasHapus
  7. wow, ini keren sob! jadi fungsinya fokus buat mengubah warna. mantap kawan langsung praktek nih biar mudah dapat pemahamannya!

    BalasHapus
  8. bahahaha.. before dan afternya bikin mata tambah sepet kalo di teliti..

    BalasHapus
  9. nach ini dia yang saya cari, beberapa hasil editan saya dengan photoshop memang warna perlu saya perbaiki, tapi bingung nggak tahu caranya..eh ternyata ada di sini...terimakasih kawan sudah berbagi info :-)

    BalasHapus
  10. Terimakasih atas ilmunya, saya bisa belajar dan bisa agak lincah dengan potoshop karena sering berkunjung ke blog ini. Tapi dengan judul blog ku gimana gan , masih tampak kaku ya ?

    BalasHapus
  11. @ Uswah : warna hijaunya uda berubah neng :(
    @ Isnan Nugrah Lastiko : pan ntu baru langkah pertama kang :(
    @ all : makasii iia :)

    BalasHapus
  12. @ Djangkaru Bumi : itu keren kang :)
    klu emang itu uda di rasa pas sama sense akangnya.. iia uda.. beres :)
    apapun kata orang.. yg penting kata akangnya 'keren' :) saiia juga gtu :p

    BalasHapus
  13. lumayan jelas siihhh tutor nya...
    sbnarnya sy berminat dan suka dengan yang namanya edit mengedit seperti pada corel atau photosop...tp sampe sekarang sy gk bisa2

    BalasHapus
  14. kesulitan yg biasa ku alami kalo main photoshop sih karena susah bedain beragam warna yg ada bro

    BalasHapus
  15. bermanfaat nih sob,, cuma mungkin saran aja perbedaan antara yg after sama before dikasih tanda gitu biar jelas

    BalasHapus
  16. maaf ya baru bisa kesini, situs ku mengalami kerusakan database.. jadi mesti repair dulu.. :D

    BalasHapus
  17. untuk masalah perbedaan before dan after pada langkah di atas memang belum terlalu jelas terlihat... baru pada perubahan warna hijau menjadi agak sedikit kekuningan (bahkan ngPink), tapi langkah tersebut di atas itu kan baru langkah pertama.. masih jauh dari Hasil Akhir atau Final ;(

    BalasHapus
  18. Tengkyu pisan Gan, saya suka editing dan saya suka dengan website ini. Hatur nuhun ah.
    Di visit juga Gan website ane hehe :) >>> Pusat Obat Tradisional

    BalasHapus
  19. informasinya bermanfaat sekali gan, wah jangan lupa kunjungi balik lapak ane nih
    useful information gan, oh do not forget to visit the stall behind ane nih
    Obat maag kronis

    BalasHapus
  20. informasinya bermanfaat sekali gan, wah jangan lupa kunjungi balik lapak ane nih
    useful information gan, oh do not forget to visit the stall behind ane nih
    Obat Penyakit Keloid
    http://produkobatjellygamatgoldg.com/obat-penyakit-keloid/

    BalasHapus
  21. Makasih tutorialnya, sangat bermanfaat :)

    BalasHapus

Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?

 

Photoshop Icon

Holic Posts

Follow by Email

Why to Choose PSHolic?

PSholic terbagi menjadi 3 bagian penting yang harus bisa dieksplor secara keseluruhan dan bukan bagian perbagian. Photoshop Pemula... Photoshop Menengah... Photoshop Mahir... Enjoy!
Copyright © Belajar Photoshop | Designed by Templateism.com