Rabu, 20 Maret 2013

Mengenal Clone Stamp Tool

Share & Comment
Selamat dan salam sejahtera buat Agan/Sis semua. Entah apa lagi yang kini ada dalam benak Agan/Sis semua, bukan hak kami untuk menyentuh area itu hingga berani-beraninya memutuskan bahwa Agan/Sis sedang dalam keadaan apa dan bagaimana manakala membaca postingan ini. Yang jelas.. doa selalu menyertai. Semoga. Amien.

Clone Stamp Tool atau yang sejak saat ini akan tertulis Clone Stamp Tool (S) dengan penambahan S di belakangnya sebagai penanda dan pengingat buat kita semua Photoshoppers bahwa tool satu ini memiliki shortcut sesuai dengan yang tertera di dalam kurung tersebut.. S.

Padahal uda sering banged tuu saiianya bilang kek gitu :p

Fitur Clone Stamp Tool (S) pada Photoshop sangatlah powerful untuk menggandakan sebuah area pada foto atau gambar kita yang secara otomatis tercopy pada area lainnya. Hmm.. mulai dee saiia mual-mual klu uda berkaitan dengan penjelasan yang sebenarnya mudah menjadi -sepertinya- sangat menakutkan rumitnya. Brrghhh...

Baiknya.. untuk mengenal tool satu ini lebih dalam lagi.. silahkan saja Agan/Sis buka Photoshopnya, lalu praktekkan. Habis perkara :p

OK dari pada makin membuat rancuh dengan saling tindihnya kalimat ambigu yang kami pergunakan, terutama setelah membaca pembukaan yang seperti biasanya (tanpa perlu diingatkan lagi) sangat menjemukan dan gag lucuuu.. lah emangnya sapa yg berniat jadi stand up comedian a.k.a. komik? Walahhh.. makin parah!!!

Asli dahhh.. nii langsung nii.. :(


Langkah Pertama

Untuk mengetahui lebih lanjut dimana sebenarnya letak tool satu ini pada menu melayang seperti yang kami singgung di blog ini, perhatikan gambar di bawah dengan seksama sambil menghirup angin segar pegunungan.. atau minimal asap knalpot kendaraan roda tiga berwarna merah yang tingkat kebisingannya kini mulai direduksi oleh pemerintah setempat yang.. entah berhasil atau tidak, kami tidak terlalu mengikuti perkembangannya :p




Yupp.. bentuknya seperti stempel yang sering kita temui manakala kita harus mengantri sambil makan cemilan di loby-loby gedung pemerintahan seperti tempat sakral pembuatan kartu identitas kita yang memakan waktu beberapa dekade yang gag tau kapan kelarnya kecuali sang supir dan Tuhan sendiri. Lahhh.. :( gitu daa.. parah..

Sekali lagi yupp.. saiia bocorkan, atas pertanyaan Agan/Sis mengenai tangan siapa gerangan di atas sana, hell yeahhh itu tangan cantik saiia yang bernilai milyaran jika masuk iklan obat rembes alus. Buakakak.. hmm.. entah kenapa hari ini saiia seperti ini.. hiks ;( Semoga saja hati saiia tidak menjadi hitam karenanya, amien.

Menggunakan gambar tersebut, kita akan berusaha menghilangkan tangan cantik saiia dari foto tersebut yang otomatis kita akan membutuhkan beberapa copy-an dari tembok di belakangnya untuk menggantikan rupa tangan cantik saiia yang hilang nantinya. Dengan atau tanpa menghapus tangan tersebut dari foto, kita tetap dapat memperoleh keseluruhan tekstur tembok pada foto kita.

Dengan menghilangkan atau menghapus terlebih dulu tangan dari foto..



Dengan tanpa menghilangkan atau menghapus terlebih dulu tangan dari foto..berarti kita langsung bekerja menggunakan Clone Stamp Tool (S).

Klik tombol S pada kibor. Clone Stamp Tool (S) aktif. Duplikasi terlebih dulu foto Agan/Sis jika memang terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan nantinya. Pada layer copy (dari foto tangan), dan S telah di tekan (atau bisa pilih secara manual melalui menu melayang), klik area yang ingin kita copy. Caranya? Arahkan dan klik Alt pada kibor lalu tahan..


Silahkan Klik.


Langkah Kedua

Sekarang kita akan meng-copy area terpilih tadi dan secara langsung menutupi area tangan. Sesuaikan ukuran ujung brushnya dengan yang kita inginkan.

Catatan : Pergunakan bracket ] serta [ untuk memperbesar dan memperkecil mata kuas.


Catatan : Tool satu ini juga sangat berguna untuk memperbaiki gambar atau foto. Hal ini bisa saja terjadi jika Agan/Sis menginginkan perubahan pada bagian-bagian tertentu seperti background foto atau bahkan grafis untuk sebuah website.

Setelah menambah beberapa garis yang dibutuhkan agar tampilan teksturnya lebih tampak realistis, maka dapat disimpulkan.. bahwa hasil kerja kita -setelah perjuangan melelahkan bermandikan keringat plus beberapa minggu kemudian-, maka hasil akhirnya akan seperti ini..




Mudah bukan?! Ternyata secara gag langsung, kita telah membuat tekstur tembok yang tentunya nanti akan banyak kegunaannya jika kita memang suka edit ini edit itu. Tekstur ini bisa kita pergunakan untuk banyak hal.. semua tergantung dari imajinasi kita semua.

Beuuuhhh.. rupanya.. pembelajaran kita kali ini mengenai Mengenal Clone Stamp Tool telah usai. Dari kami, sekian dan terimakasih.

Tags: , ,

Written by

Hanya menjalani lakon yang diberikan Sang Penguasa Semesta. Semoga apa yang ditulis di sini bisa sedikitnya memberikan manfaat tuk kita semua.

A single dot with a single line that inspires feelings, love and cares, emotions, and statements. Kudos!

13 comments:

  1. Memang kalau diikuti mudahan bisa mengerti Mas :)

    BalasHapus
  2. Silaturrahim disini. Sambil nyimak tutorialnya, happy blogging sob

    BalasHapus
  3. kalo clone stamp sering saya gunakan untuk mengedit foto sobat, coba2 belajar mempraktekkan photoshop..biar bisa mahir seperti admin blog super ini :-)

    BalasHapus
  4. cakep banget memang ya...
    jago banget nih Mas PS.
    kagum dan salut, dua jempol.
    saya masih kepuntal-puntal mengikutinya, hehe

    BalasHapus
  5. blogwalking...

    blog dan tutorialnya sangat menarik gan..

    eh ditunggu ya folbacknya :)

    SitusTopInfo

    BalasHapus
  6. Mantap juga nih gan klw di ikuti....keren dah.
    ditunggu tutorial photoshop selaanjutnya

    BalasHapus
  7. Tengkyu pisan Gan, saya suka editing dan saya suka dengan website ini. Hatur nuhun ah.
    Di visit juga Gan website ane hehe :) >>> Pusat Obat Tradisional

    BalasHapus
  8. informasinya bermanfaat sekali gan, wah jangan lupa kunjungi balik lapak ane nih
    useful information gan, oh do not forget to visit the stall behind ane nih
    Obat maag kronis
    http://obatpenyakitmaag.net/2014/11/27/obat-penurun-asam-lambung/

    BalasHapus
  9. ini dia info yang saya cari makasih gan...

    BalasHapus

Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?

 

Photoshop Icon

Holic Posts

Follow by Email

Why to Choose PSHolic?

PSholic terbagi menjadi 3 bagian penting yang harus bisa dieksplor secara keseluruhan dan bukan bagian perbagian. Photoshop Pemula... Photoshop Menengah... Photoshop Mahir... Enjoy!
Copyright © Belajar Photoshop | Designed by Templateism.com