Friday, March 1, 2013

Mengenal Seleksi - Magic Wand

Share & Comment
Good Day! Pembahasan kita selanjutnya adalah teman lama kita, drum roll please... Magic Wand Tool. Yang mulai dari sekarang.. akan tertulis Magic Wand Tool (W). Sejujurnya.. tool satu inilah yang paling sering di pergunakan siapapun pengguna Photoshop. Saiia pribadi juga sering menggunakan ini. Dengan kecepatan seleksinya kita bisa dengan mudah tanpa menghiraukan) seberapa akurat sisi-sisi warna yang akan terpilih nantinya.

Dengan hadirnya Refine Edge, belakangan ini, kita bisa memiliki cukup banyak kesempatan untuk memperbaiki dan bahkan menyelamatkan keakuratan yang tadi kami singgung dari penggunaan tool satu ini. Refine Edge terbukti sangat baik dalam memperbaiki seleksi yang -menurut kita- buruk, selain Pen Tool (P), Magic Wand Tool (W) adalah alternatif cepat lainnya dalam melakukan seleksi.


Magic Wand Tool (W)

Kami rasa, karena begitu familiarnya Photoshop dengan yang namanya sulap.. mengubah ini menjadi itu, mengubah itu menjadi ini dan seterusnya sampe kita sendiri njomplang.. semua orang (yang berkecimpung di bidang ini) dapat dipastikan, tahu bagaimana menggunakan tool ini: klik di suatu area/daerah dan Photoshop akan memilihkan tuk kita berdasarkan warna dan kontras.

Walau hasil dari 'pemilihan' yang dilakukannya jarang sebaik yang kita inginkan.. minimal kita memiliki bagian atau bidang dengan benar-benar warna yang solid apalagi jika memperlakukan tool satu ini dengan gentle.. dan sopan.. :p


Pengaturan


Kunci efektif dalam menggunakan Magic Wand Tool (W) (selain menggunakan Refine Edge) adalah kita harus terbiasa dengan tiga buah peraturan/rule standar yang menurut kami memang perlu di perhatikan secara seksama.. di antaranya: Toleransi, Bersebelahan, dan Sampel Semua Lapisan. (bingung saiia menuliskannya dalam bahasa Indonesia hiks...).




Toleransi




Toleransi (tertulis; Tolerance pada Photoshop) ini memungkinkan Anda untuk mengontrol sensitivitas pemilihan warna. Toleransi yang lebih tinggi akan memilih lebih dari gambar, toleransi yang lebih rendah akan memilih kurang. Pikirkan ini terlebih dulu sebelum kita beraksi sebagai acuan tingkat akurasi piksel yang kita klik nantinya. Atau untuk mudahnya, biarkan saja angka 32 (default) yang menjadi bahan latihan kita.


gambar 1


Secara default, tongkat sihir (baca; Magic Wand Tool (W)) akan memilih piksel serupa yang sebenarnya terhubung satu sama lain. Dengan kata lain, hanya satu daerah akan dipilih. 

Tanda pada pilihan "Bersebelahan" kotak centang akan menyebabkan Magic Wand Tool (W) untuk mengabaikan hubungan dan bukannya memilih piksel pada kanvas yang dekat dalam warna dengan salah satu yang Anda klik sambil menjaga pengaturan toleransi Anda dalam pikiran. Fitur non-contiguous dari Magic Wand Tool (W) sangat mirip dengan menu Color Range.





Sample All Layers

Kotak centrangan terakhir yakni Sample All Layers membuat kita dapat memilih apakah nantinya seleksi (daerah yang kita klik) akan meng-cover semua warna serupa pada semua layer yang ada atau hanya pada layer yang kita pilih sahaja.


gambar 2


Pada gambar aslinya.. langit biru (gambar 1) tidak memiliki awan dan memang benar-benar berwarna biru.. setelah kita edit menggunakan , maka kita bisa menempatkan apapun yang kita inginkan, yang lalu, tentunya.. kita sesuaikan baik warna dan cahaya yang ada di gambar tersebut..

Yupp.. langit tambahan dan pengubahan warna menjadi kehijauan serta tambahan beberapa cahaya kemerahan di dalam bangunan merupakan hasil editan dari foto gambar 1.



Quick Selection Tool (W) 




Quick Selection Tool (W) merupakan pendatang baru di keluarga Photoshop yang bisa kita pergunakan sebagai alternatif seleksi. Namun meskipun ia masii rooky, namun sepertinya memang sangat handal dan bisa dibuktikan mampu meng-cover keinginan kita bahkan jangkauannya bisa dikatakan lebih jauh dibanding sii orang lama yakni Magic Wand Tool (W) itu sendiri.

Tool satu ini bekerja laksana Brush Tool (B), mudah saja.. pilih ukuran brush kita, hardnessnya, spacing lalu kita bisa langsung mulai seolah melukis untuk membuat seleksi. Keren bukan.




Umpamanya kita ingin memilih warna putih yang menjadi lingkaran yang berada di tengah-tengah bunga -katakanlah bunga- pada gambar di atas.. lalu kita pilih Magic Wand Tool (W), setelah kita klik daerah tersebut.. maka akan terlihat seleksi seperti ini..




Daerah di laur lingkaran which is yang gag kita inginkan.. ikut terbawa terseleksi.. mengapa? Karena kerekatan, kedekatan warna antara yang berada di dalam lingkaran dengan sekitarnya (garis lingkaran tersebut) memiliki kemiripan (dalam hal warna). Apalagi jika memang warna putih di tengah itu tidak memilik garis lingkar sebagai pemisah.. maka pasti semua warna putih akan terpilih.

Namun.. jika kita menggunakan Quick Selection Tool (W), lalu seolah-olah kita lukiskan daerah yang kita inginkan.. maka hasilnya akan jauh berbeda.. seperti ini..




See.. It is remarkably accurate!

Sebagai tambahan.. Hasilnya bahkan akan lebih bagus lagi jika kita pilih Auto-Enhance dari pengaturan tool yang terletak pada bagian atas lembar kerja (workflow/canvas) kita. Sekali lagi.. ada baiknya jika hasil keseluruhan merupakan kombinasi antara hal-hal yang kami sebut di atas dengan Refine Edge agar kita mendapatkan seleksi yang lebih akurat.


Tags: , , , , , ,

Written by

Hanya menjalani lakon yang diberikan Sang Penguasa Semesta. Semoga apa yang ditulis di sini bisa sedikitnya memberikan manfaat tuk kita semua.

A single dot with a single line that inspires feelings, love and cares, emotions, and statements. Kudos!

26 comments:

  1. sip sob,..
    Tadi ane ngedit photo bkgraund utk ktp juga pake ini.
    Cara pakenya super cepat, tingal ngrapihinnya pake tools tmen2ya.

    ReplyDelete
  2. Sungguh benar^ mantap sekali sobat, disinilah terus terang saya banyak belajar, walaupun belum bisa, tapi saya senang belajar Photoshop di Blog ini, banyak pengetahuan yg saya dapat
    terima kasih banyak kawan

    ReplyDelete
  3. kayaknya asik juga ya kang,saya pingin bisa tapi males editannya.tapi terima kasih suidah berbagi ilmu.

    ReplyDelete
  4. pagi-pagi saya dapet ilmu lagi, makasih sob

    ReplyDelete
  5. banyak tutorial disini
    cocok buat pembelajaran
    terima kasih sob

    ReplyDelete
  6. berguna nie.. tapi masih lemah guna photoshop lagi2 nka buat header my blog :'(

    ReplyDelete
  7. pokoknya mah, satu paket di bungkusss ...

    ReplyDelete
  8. pacfa pengunaan pentool dmn ya mas supaya mudah

    ReplyDelete
  9. coba silahkan akangnya klik link ini >> Pen Tool (P)

    ReplyDelete
  10. Saya belum bisa sama sekali tentang photoshop :(

    ReplyDelete
  11. makasih sob dah share, lumayan buat pemula seperti saya hehe :D

    ReplyDelete
  12. nah klo yg ini adalah cara yg paling sering sy lakukan di photoshop.. biasa nya sy gunakan dgn penambahan Ctrl+J .. untung menghasilkan gambar tanpa background

    ReplyDelete
  13. wah ...pingin bisa belajar sotoshop. pingin buat kartun muslimah utk sliderku...hwaaa... :(

    ReplyDelete
  14. Mantab.....!!! makin banyak ilmu nich datang kesini .kapan waktu bikin tutorial tentang beautiful text bos buat tampilan di blog ..thanks semua sharenya yang bikin saya makin demen ama PS (wassalam)

    ReplyDelete
  15. saya selalu melongo menyaksikan kehebatan blog ini. ampun deh. gila!

    ReplyDelete
  16. nah, kalo menggunakan seleksi magic ini gue sering buat menghilangkan sisi/warna untuk diganti atau ganti'in background kayak diatas.
    ditunggu tips lain tentang seleksi magic nih sob! nice posts

    ReplyDelete
  17. ah keren banget asli! jadi makin seneng sama photoshop walaupun ga pinter2

    ReplyDelete
  18. .. wachhhhhhh,, bagus banget,,bener^ keren nich ..

    ReplyDelete
  19. corping dengan cepat dan lembut, i like magic wand :)
    _________________
    Blog dengan segala isi yang akan membuat hari-hari mu tidak bosan, stay enjoy, keep smile. Go to http://sdftyujklvbn.blogspot.com

    ReplyDelete
  20. makasii kedatangan beserta link nya kang ;)
    tapi laen kali sii... :p

    ReplyDelete

Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?

 

Photoshop Icon

Holic Posts

Follow by Email

Why to Choose PSHolic?

PSholic terbagi menjadi 3 bagian penting yang harus bisa dieksplor secara keseluruhan dan bukan bagian perbagian. Photoshop Pemula... Photoshop Menengah... Photoshop Mahir... Enjoy!
Copyright © Belajar Photoshop | Designed by Templateism.com