Minggu, 03 Maret 2013

Mengenal Seleksi - Mask

Share & Comment

Good day. Kali ini kita akan membahas mengenai Penggunaan Topeng sebagai Seleksi. Topeng? Zorro? Nope.. Topeng yang kami maksud di sini adalah Fitur Mask yang terdapat pada Photoshop. Yupp.. untuk para pemula (saiia pribadi pada awalnya) juga ikut bingung sama yang satu ini. Apa gitu maksudnya Mask sebagai alat yang banyak memiliki kegunaan seperti untuk membuat seleksi seperti yang kini Agan/Sis tengah baca.

Pada dasarnya mudah saja. Mungkin karena bahasa yang kami pergunakan disinilah yang mempersulit pemahaman Agan/Sis dan penalaran kita semua.. hmmm.. kita akan membuat sebuah seleksi yang lalu kita convert menjadi Mask.. yang nantinya Mask tersebutlah yang menjadi sorotan kita dan bukan lagi Seleksinya.

Hmm.. sepertinya makin mengaburkan maksud dan tujuan nih.. :( OK baiklah.. Memang terkadang kata-kata hanya memperumit maksud. Tanpa berbasa-basi lagi.. kami persembahkan tulisan satu ini, Mengenal Seleksi - Mask untuk Agan/Sis semua.

Selamat menikmati.


Mask

Terkadang, cara terbaik untuk membuat sebuah seleksi yang lumayan rumit, complex, tricky..kita diharuskan untuk membuat, memperbaiki lalu menutup/cover nya dengan sebuah Mask.

Terdapat beberapa keuntungan dalam menggunakan masker untuk seleksi yang kita buat. Mask atau Masker memberikan keseimbangan yang lebih baik dan memberikan kebebasan dalam hal pengontrolan atas seleksi yang kita buat jika dibandingkan dengan metode lainnya (Agan/Sis bahkan dapat menggabungkan Mask dengan metode lain).

Dimanakah tepatnya fitur yang sedang kita bicarakan dengan menggebu-gebu ini..?!?! OK perhatikan gambar di bawah..




Untuk bisa mengakses fitur tersebut.. silahkan masuk ke menu Layer > Layer Mask. Di sana kita bisa melihat beberapa pilihan yang bisa kita pergunakan dalam banyak hal.

Keuntungan

Keuntungan dalam menggunakan Mask untuk mengatur Seleksi yang kita buat menjadi lebih terstruktur seperti diantaranya, sebagai permulaan, beberapa jenis seleksi akan mudah hilang manakala kita menekan Ctrl + D atau mendeselect segala sesuatunya dari lembar kerja kita. Namun dengan menggunakan Mask, seleksi kita (maskernya sii lebih tepatnya :p) akan tetap ada di sana (layer yang bersangkutan), bahkan bisa kita simpan/save bersama dengan file layer tersebut.

Itu yang pertama. Keuntungan lainnya dari menggunakan fitur satu ini, seperti yang jelas tertera pada judul tulisan ini.. adalah.. kita bisa membuat Seleksi -terutama- soft selections.

Hmm.. apalagi nii..?!?! Ea coba dipikir-pikir ajja Gan/Sis sambil menikmati kupi dan rutinya di pinggir kulem :p.

Hampir semua pelajaran terdahulu kita (yang berkenaan langsung dengan Pengenalan Seleksi) baik itu Magic Wand (W), Lasso Tool (L), Marquee Tool (M), Pen Tool (P), ataupun Filter Extract, merupakan fitur-fitur yang pas untuk mengedit bagian-bagian yang memiliki hard edges.

Namun jika bersinggungan dengan Blurry Selection, atau Seleksi yang agak ngBlur.. Maka Mask adalah jawabannya. Umpama jika kita ingin membuat seleksi (pengeditan) pada gambar di bawah dengan menggunakan Fitur Mask ini.. maka..


Catatan : Shortcut untuk Fitur ini adalah dengan menekan tombol C pada kibor.

Dengan sedikit utak-atik Transform Perspective, gambar di atas diberi sedikit sentuhan Mask menjadi seperti ini...




 Quick Mask Mode


Gambar di samping menjelaskan dimana letak tombol cepatnya jika Agan/Sis sedang malas masuk ke menu seperti yang kami singgung di atas tadi.. bukan shortcut menggunakan tombol kibor, melainkan tetap dengan melakukan pilihan dari menu melayang yang terletak di pinggir kiri lembar kerja kita.

Sebagai salah satu alat untuk menyeleksi, Quick Mask Mode gag seperti tool-tool lainnya. Alat ini bisa dikatakan lebih smart dari pada mereka-mereka yang telah kami sebut sebelumnya.

Silahkan ikuti beberapa tips di bawah mengenai Quick Mask Mode ini.


Langkah Pertama

Aktifkan Quick Mask Mode dengan menekan tombol seperti pada gambar di samping kiri atas paragraf sebelum ini. Tombol tersebut adalah tombol Quick Mask Mode atau seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya juga bahwa shortcut untuk langkah ini cukup dengan menekan tombol Q.

Kami mempergunakan banyak source image untuk keperluan kali ini.. silahkan Agan/Sis gugling dan temukan apa yang menurut Agan/Sis pas untuk latihan kita kali ini.

Misalnya saja gambar di bawah ini. Kami hendak memisahkan Bunga yang paling tengah menggunakan trik Quick Mask Mode, langkah pertama pengaktifan tadi sudah dilakukan.



Langkah Kedua

Pilih Brush Tool (B) lalu mulailah melukis pada lembar kerja Agan/Sis di area yang ingin kita select/pilih. Area terpilih setelah kita menorehkan kuas kita barusan.. akan meninggalkan tanda Merah semi-transparan seperti pada gambar di bawah..


Karena kebetulan sekali warna bunga yang kita perkosa edit ini sama-sama Merah, dan menyebabkan warna semi-transparan yang kami maksud tadi menjadi tidak terlihat, maka kita bisa mengikuti langkah berikut..


Langkah Optional

Ubah warna terpilih pada Quick Mask Options. Double click tombol Edit in Quick Mask Mode yang terletak di bawah dari menu melayang tadi untuk membuka dialog box Quick Mask Options..


Pada gambar di atas, menjelaskan bahwa kita bisa memilih warna yang kontras agar kita bisa membedakan (mengetahui bahwa) daerah terseleksi tadi. Klik warna merah yang memiliki Opacity 50% pada gambar di atas.. pilih warnanya. Kitapun bisa merubah Opacity tersebut disesuaikan dengan kebutuhan kita tentunya.

Sekarang kita bisa membedakan mana yang dimaksud dengan Mask pada gambar kita ini.


Sekarang Klik tombol Edit in Standard Mode untuk mengembalikan ke posisi awal. Seleksi awal. Sekali lagi, untuk shortcut langkah ini, kita bisa menekan tombol Q agar lebih cepat. Hasilnya.. seleksi akan jelas terlihat sekarang..



 Ribed iia kang..?!? Sabar iia :p


Langkah Ketiga

Eksekusi

Setelah kita mendapatkan seleksi seperti pada gambar di atas.. maka kita bisa mengutak-atik gambar bunga tadi menjadi seperti apa yang kita inginkan. Yang terpenting adalah.. kita telah -sekali lagi- memanfaatkan salah satu alternatif Seleksi, yakni Quick Mask.

Hasil kreasi dari Quick Mask pada gambar bunga di atas bisa saja seperti ini..


..atau Agan/Sis punya kreasi sendiri? :)

Tags: , , , , , , , ,

Written by

Hanya menjalani lakon yang diberikan Sang Penguasa Semesta. Semoga apa yang ditulis di sini bisa sedikitnya memberikan manfaat tuk kita semua.

A single dot with a single line that inspires feelings, love and cares, emotions, and statements. Kudos!

29 comments:

  1. baru mau baca, gerimis di depan. masukin jemuran dulu deh

    BalasHapus
  2. Makin hari makin tambah aja ini pembelajaran photoshop disni.Ajib sob :)

    BalasHapus
  3. urusan gambar aku nyerah kang,nyimak saja ya.
    salam sukses terus kang.

    BalasHapus
  4. saya pemula ni gan,,,
    nyimak dulu aja deh,...
    :)

    BalasHapus
  5. wah mantap gan, saya salut dengan keahlian agan dalam soal ini, disinilah saya mulai mengenal yg namanya Photoshop,
    terima kasih sudah berbagi ilmu photoshop gan
    salam sukses selalu

    BalasHapus
  6. kereeenn banget kang.. dengan mask penyeleksian jadi semakin cepat.. lanjut kang..

    Sukses terus ya kang.. :D

    BalasHapus
  7. Aku paling tak bisa edit-edit gambar gitu.. Nyimak gan... Ditunggu kunjungan baliknya...!!!

    BalasHapus
  8. nyimak dulu deh, udah larut malam sob,nanti sambung lagi tentang mask, keren tuh

    BalasHapus
  9. jadi keren kayak gitu ya? wah mantap nih! pengen nyoba dulu pake seleksi masknya.

    BalasHapus
  10. makasii buat semuanya iia ;)

    BalasHapus
  11. mantap sob tutornya..mudh2an lewat blog ini sy bisa belajar banyak tentang photoshop...trims

    BalasHapus
  12. dengan perkembangan jaman yg semakin cepat, semua bisa teratasi dengan cepat

    BalasHapus
  13. wah, ini akan sangat berguna saat aku mulai memutuskan belajra ps :)

    BalasHapus
  14. bener mas saya sdang belajar, langsung coba praktekin, thanks

    BalasHapus
  15. Layer mask emang sering digunakan untuk seleksi objek dengan lebih mudah. terutama pada object yang blur.

    BalasHapus
  16. .. wachhhhh,, kayak nya aq pengen belajar nich. cz ini cucok untuk pemula. he..86x ..

    BalasHapus
  17. makasii iia agan/sis semua :)

    BalasHapus
  18. paham mask itu caranya gmn sih bang
    tp kok blakang2 bisa jd bagus gitu diapain aja tuh? :O

    BalasHapus
  19. langkah yang tertera di atas saiia rasa cukup ko.. klu masalah hasil akhirnya bisa seperti itu, itu masalah kombinasi ajja.. sepeerti yang saiia bilang.. klu kita nguasain macem2 Mengenal Seleksi, lumayan bisa mengcover itu semua ;)

    BalasHapus
  20. wah bener-bener ahli nya photoshop nih..??
    banyak belajar dari sini saya

    BalasHapus
  21. setiap kali saya berkunjung ke blogsuper ini. maka setiap kali pula saya menemukan ilmu yang baru tentang photoshop...luarbiasa :-)

    BalasHapus
  22. makasii iia akang berdua :)

    BalasHapus
  23. tapi biasa ajja ko kang.. makasii ampirannya iia :)

    BalasHapus
  24. informasinya bermanfaat sekali gan, wah jangan lupa kunjungi balik lapak ane nih
    useful information gan, oh do not forget to visit the stall behind ane nih
    Obat maag kronis
    http://obatpenyakitmaag.net/2014/11/27/obat-penurun-asam-lambung/

    BalasHapus
  25. ternyata tidak begitu sulit.. terimakasih gan

    BalasHapus

Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?

 

Photoshop Icon

Holic Posts

Follow by Email

Why to Choose PSHolic?

PSholic terbagi menjadi 3 bagian penting yang harus bisa dieksplor secara keseluruhan dan bukan bagian perbagian. Photoshop Pemula... Photoshop Menengah... Photoshop Mahir... Enjoy!
Copyright © Belajar Photoshop | Designed by Templateism.com