AD (728x60)

Minggu, 14 April 2013

Cara membuat Kupu-kupu Cantik

Share & Comment

Bismillaahirrohmaanirrohiim...
Assalaamu'alaikum warohmatulloohii wabarokaatuh...

Selamat pagi siang sore malam dan pagi lagi buat Agan/Sis semua.

Entah mengapa kami selalu bingung di pembukaan, entah mengapa.. akan selalu terdengar aneh.. tapi biarlah :p tak mengapa.. yang terpenting.. kita semua dalam lindungan serta ke-ridhoan-Nya. Amien.

Entah apa yang mengilhami postingan ini, namun sepertinya kami teringat akan komentar seorang sahabat, kami lupa ada di postingan kami yang mana, nanti akan kami ubek-ubek lagi kalau begitu.. yang menginginkan agar kami menuliskan tutorial membuat kupu-kupu karena beliau sangatlah menyukai binatang satu ini.

Sebenarnya mudah saja jika kita ingin membuat Kupu-kupu menggunakan Photoshop, terlebih jika hasilnya merupakan Vektor, di sini sudah terlalu banyak tulisan yang menyinggung hal tersebut, namun kami memberi sedikit tantangan kecil untuk diri kami sendiri, apa itu? Kali ini kupu-kupu tersebut akan dibuat dengan metode Digital Painting.

Cukup menantang bukan :p OK langsung saja dinikmati hidangan ringannya..


Langkah Pertama - Pembuatan Line Art

Kami membutuhkan sebuah file yang lumayan agak besar, oleh karena itu, buka Photoshop Agan/Sis, lalu buat sebuah lembar kerja dengan ukuran 2000x1500px dengan resolusi 100px/inch dengan warna background Putih (#FFFFFF).

Buat sembarang bentuk yang kira-kira hasil akhirnya menyerupai seperti kupu-kupu (lihat gambar di bawah). Perlahan tapi pasti, dengan Brush Tool (B) berukuran 5-7 pada Master Diameter, Hardness ; 0%, Agan/Sis akan mulai menggambar Line Art sebagai sketsa awal kupu-kupu kita, yang kebetulan di sini kami menggunakan warna Biru (#0202ff).


Sebenarnya, warna apapun boleh :p, ngarang ajja gpp.. Silahkan torehkan kuas Brush Agan/Sis dengan keyakinan tingkat dewa bahwa nantinya ini akan menjadi sebuah mahakarya masterpiece nan indah dan mengalahkan  p i c a s s o . . *halahh.. makin ngelantur :( lupain ajja Gan/Sis kalau orang yang nulis ini mulai sableng :(

Sekarang kita akan mempersiapkan ulang Brush Tool (B) kita, terutama bagian kuasnya.. Turunkan Opacity kuas kita menjadi kira-kira 80% serta Flownya menjadi 90%, mulai saat ini, kita akan selalu menggunakan Brush tersebut dengan pengaturan yang baru saja kita lakukan (disertai pengubahan-pengubahan Opacitynya pada tiap layer yang berbeda tentunya).

Buat sebuah layer lagi, buat beberapa aksesoris yang kiranya pas untuk kupu-kupu kita. Ada bunga yang kami simpan di layer Bunga, ranting-ranitng yang kami simpan di layer Ranting dan seterusnya.. perhatikan gambar di bawah..


Dengan tingkat Opacity yang berbeda, warna yang juga berbeda.. masing-masing bentuk di masing-masing layer, jika kesemua aksesori tadi telah selesai, ada baiknya sketsa Line Art tersebut kita satukan dalam satu group agar kita dapat dengan mudah me-manage-nya.

Tips : Bekerja dengan mode zoom in, mempermudah kita dalam mengontrol Brush Tool (B).

Menjadi seperti ini...


Semua Line di atas kami buat tanpa perlu banyak berpikir apakah sketsa tersebut bagus atau tidak, yang penting.. asal gores ajja kang.. santai :) yang kesemuanya (terdiri dari 7 buah layer sketsa), tergabung dalam satu group yang kami beri nama Line Art.

Hmmm.. langkah pertama yang lumayan menyenangkan.. betapa tidak.. kita memang harus feel free dalam mengerjakan sesuatu bukan.. terlebih lagi.. sesuatu yang teramat kita cintai :p

Tambahkan detail dari bagan sayap kupu-kupu kita.. semua masih dalam satu bundel group yang sama..



Langkah Kedua - Mari Mewarnai

Setelah semua lineout (baca; Line Art) telah selesai kita buat, kini saatnyalah kita akan memberikan warna pada kumpulan garis-garis tersebut.

Apa yang pertama kali mesti kita persiapkan untuk tahap pewarnaan kali ini? Chococcino panas Gan/Sis.. itu uda mantap banged :p

Ok.. kembali pada Photoshop kita. Persiapkan satu bundel layer lagi dalam sebuah file Group tersendiri. Seperti biasa, ini kita lakukan agar warna-warna yang nantinya akan muncul tidak bersinggungan langsung dengan Line yang kita buat di awal tadi. Sejauh ini berarti sudah terdapat 2 buah group layer. Yang pertama kumpulan layer dari Kupu-kupu, lalu yang kedua yakni kumpulan dari layer Ranting serta dedaunan. Dengan masuknya kita ke tahap pewarnaan, maka akan hadir sebuah group layer lagi (group layer warna). Beri nama group tersebut seperti yang kami singgung baru saja. Layer Warna.

Pada group layer warna, buat sebuah layer baru berwarna Putih yang lalu kita turunkan Opacitynya hingga 50%. Perhatikan screenshot berikut (perhatikan susunan layernya)..


Di atas layer putih dengan Opacity 50% tersebut, kita buat sebuah layer baru, beri nama Kupu-kupu. Dengan menggunakan Brush Tool (B) ukuran 3-10 atau yang sesuai dengan ukuran file yang Agan/Sis buat, kita akan memulai menggambar body Kupu-kupu tersebut, yang pertama-tama kita fokuskan pada area-area yang kira-kira berwarna Hitam.

Kerja dengan mode zoom in akan sangat membantu proses ini.


Just.. wait a minute.. Lengkapi bagian detailnya menjadi seperti ini...


Warnai kupu-kupu yang kita buat dengan warna Hitam seperti pada gambar di bawah..


Matikan Eye Thumbnail pada masing-masing yang tidak kita butuhkan (tuk sementara) pada beberapa layer Line, baik layer line untuk kupu-kupu itu sendiri maupun layer line dedaunan serta layer line ranting.. atau untuk lebih mudahnya, matikan Eye Thumbnail dari group yang bersangkutan :p

Setelah itu.. saatnya kita menambahkan warna pada background dengan kombinasi warna #520091 dengan # eeeeee seperti pada screenshot di bawah berikut ini..

Pilihan Pertama; cahaya center

Pilihan Kedua; cahaya top - right

Jika Agan/Sis memperhatikan, maka kita tentunya dapat menyimpulkan bahwa menurut dua gambar di atas, kita bisa memilih yang mana yang kita suka, apakah pencahayaannya akan berasal dari tengah (seperti pada gambar pertama) atau dari sebelah kanan-atas (seperti pada gambar kedua), atau mungkin Agan/Sis punya posisi yang lebih pas..? Silahkan saja :) Feel Free!

Namun... hmmm.. sayangnya.. kita harus berpisah sampai di sini dulu Agan/Sis.. semua ada waktunya, tenang saja, kami pasti akan kembali turun gunung suatu saat nanti dengan membawa sekeranjang kelanjutan dari tutorial kita yang satu ini, Cara membuat Kupu-kupu Cantik..

Mengapa mesti dipisah dalam beberapa pertemuan? Karena.. iia Agan/Sis pastilah lebih mengetahui apa jawaban yang biasa kami sebutkan, oleh karenanya, tidaklah perlu lagi kami menjelaskan di sini.. :p. Tapi yang ingin melanjutkan tutorial ini, silahkan buka Kupu-kupu Cantik ini.

Dari kami cukup sekian dan terimakasih. Sampai jumpa kembali.

Tags: , , , ,

Written by

We are here with you to proudly present business to the globe the way you see it. Build with no just big or just small images. But definitely we create the image you want and make it alive and totally fresh.

That's it folks... Designing. It is about creating a single dot with a single line that inspires feelings, love and cares, emotions, and statements.

35 comments:

  1. wah cantik banget kupu-kupunya,trims tutorialnya. kalo tidak salah sih yang seneng sama binatang ini mba Dini yah hehe....

    BalasHapus
  2. kupu-kupu yang lucu, kemana engkau terbang,
    tidakkah sayapmu, merasa lelah :-)

    BalasHapus
  3. mantap kang, jgn lelah menulis tutorial photoshop dan terus berbagi (y)..

    BalasHapus
  4. met siang kang wah kretif juga kang bisa bikin aneh2 heheh. trmksih kang dah berbagi

    BalasHapus
  5. Angat tangan deh, pasrah saya kalau yang rumit begini.

    BalasHapus
  6. hadir lagi nih. sorry beberapa minggu gak nongol. wah, ada pelajaran baru lagi. mesti nyimak dulu sob!

    BalasHapus
  7. Cantik bangeeetttt.....
    Tapi nggak ngerttii cara buatnya..
    Bikin line di awal nya aja gak bisa :(

    BalasHapus
  8. wah pinter juga yah,saya juga pingin banget bisa belajar menggunakan photo shop.tapi sudah juga.

    BalasHapus
  9. tutorial nya mantaaaap banget nih kang :)

    BalasHapus
  10. keren banget ya photo shop, makasih ya ilmunya, jd pingin belajar

    BalasHapus
  11. wadow udah main digital painting ane susah ikutinnya gan :D

    BalasHapus
  12. keren gan butterfly nya :)

    BalasHapus
  13. dijadiin brush pasti keren tuh gan

    BalasHapus
  14. wahh, ini ada temen saya yang tinggal di Sekadau - Kalbar bakalan seneng banget kalo baca artikel ini.

    BalasHapus
  15. Makin menarik Mas buat kupu-kupu cantiknya,kapan-kapan mau dibuat ini sesuai tutorial diatas :)

    BalasHapus
  16. Keren Kang,,hebat euy kapan saya bisa seperti Kang ini yah hehe :)

    BalasHapus
  17. ini memang sudah pakar di photoshop nih, keren tapi bagi pemula seperti saya agak susah perlu latihan banyak, terima kasih susah berbagi tutor sob...

    BalasHapus
  18. @ all : makasii iia buat semuanya :)

    BalasHapus
  19. Ooh begitu caranya ya sobat.
    Terima kasih tutorialnya sangat berguna sekali

    BalasHapus
  20. Wah mantap Gan tutorialnya... bisa buat bahan tuk ngajarin putriku nih... thanks yaa...

    BalasHapus
  21. mancap.. ane mintak dong mas koleksi desainnya :D hehe

    BalasHapus
  22. monggooo :) makasii iia buat akan b3 :)

    BalasHapus
  23. kupu-kupu yang sangat bagus....

    BalasHapus
  24. ok, akan saya akan coba untuk membuatnya...

    BalasHapus
  25. bagaikan lirik lagu peterpan yang judulnya kupu-kupu malam, kaya seperti ini :

    Ada yg benci dirinya
    Ada yg butuh dirinya
    Ada yg berlutut mencintanya
    Ada pula yg kejam menyiksa dirinya

    ini hidup wanita si kupu-kupu malam
    bekerja bertaruh seluruh jiwa raga
    bibir senyum kata halus merayu memanja
    kepada setiap mereka yg datang

    Dosakah yg dia kerjakan
    Sucikah mereka yg datang
    Kadang dia tersenyum dalam tangis
    Kadang dia menangis di dalam senyuman

    * oh apa yg terjadi, terjadilah
    yg dia tahu Tuhan penyayang umatnya
    oh apa yg terjadi, terjadilah
    yg dia tahu hanyalah menyambung nyawa

    BalasHapus
  26. Kayaknya admin lagi 'berkupu-kupu' secara postingan lagi tentang kupu-kupu terus ^^ ., besok-besok request ah tentang dolphin, yang biru loh :p

    BalasHapus
  27. gag juga ko'.. hehehehe...

    BalasHapus
  28. Baru nemu om blog nya.. salam sahabat photoshp.. hehe

    BalasHapus
  29. Tengkyu pisan Gan, saya suka editing dan saya suka dengan website ini. Hatur nuhun ah.
    Di visit juga Gan website ane hehe :) >>> Pusat Obat Tradisional

    BalasHapus
  30. informasinya bermanfaat sekali gan, wah jangan lupa kunjungi balik lapak ane nih
    useful information gan, oh do not forget to visit the stall behind ane nih
    Obat Penurun Asam Lambung

    BalasHapus
  31. informasinya bermanfaat sekali gan, wah jangan lupa kunjungi balik lapak ane nih
    useful information gan, oh do not forget to visit the stall behind ane nih
    Obat maag kronis

    BalasHapus
  32. informasinya bermanfaat sekali gan, wah jangan lupa kunjungi balik lapak ane nih
    useful information gan, oh do not forget to visit the stall behind ane nih
    Obat Penyakit Keloid
    http://produkobatjellygamatgoldg.com/obat-penyakit-keloid/

    BalasHapus
  33. informasinya bermanfaat sekali gan, wah jangan lupa kunjungi balik lapak ane nih
    useful information gan, oh do not forget to visit the stall behind ane nih
    Obat Penyakit Keloid
    http://produkobatjellygamatgoldg.com/obat-penyakit-keloid/

    BalasHapus

Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?

 

Photoshop Icon

Holic Posts

Follow by Email

Why to Choose PSHolic?

PSholic terbagi menjadi 3 bagian penting yang harus bisa dieksplor secara keseluruhan dan bukan bagian perbagian. Photoshop Pemula... Photoshop Menengah... Photoshop Mahir... Enjoy!
Copyright © Belajar Photoshop | Designed by Templateism.com