Jumat, 26 April 2013

Cara mudah membuat Sketsa dari Foto III

Share & Comment

mirror.co.uk
Lagi-lagi kita berjumpa. Mungkin Agan/Sis sudah merasa bosan karena berturut-turutnya (meski kemarin sempat di pisah dengan kemunculan postingan Ilustrasi, Disain dan Lukisan Digital) postingan mengenai Sketsa Comedy.. *halah... uda gag lucu lagi nii sii.. :( asli dahhh.. 'sketsa dari foto' ini terus saja keluar di blog ini. Tapi entah mengapa, kami merasa punya kewajiban tuk menuntaskannya seperti yang kami janjikan pada tulisan sebelumnya.

Begini ajja.. gmn kalu kita langsung ajja? OK..? Tapi kek nya gag enak tau klu nulis tanpa pembukaan. Hmm.. lalu.. pembukaan yang seperti apakah yang sebenarnya Agan/Sis inginkan, karena pada hakikatnya, kami tidaklah pandai dalam hal satu ini. Hiks..

Huahahahah.. tentunya Agan/Sis semua makin terbiasa dan mengetahui bahwa kami memang benar-benar gag ahli dalam hal pembukaan.. parah!

Find Edges. Mungkin jika diartikan secara harfiah.. tidak akan banyak ditemukan kesulitan dalam memahami apa dan bagaimana sebenarnya fitur ini bekerja. Edges.. sisi. Find.. menemukan. Kurang lebih, filter ini akan mencari dan menemukan sisi dari foto kita (Batman dalam hal ini) dan mempertegasnya menjadi Line Art tersendiri.

Sudah lumayan mendekatikah apa yang kami definisikan pada kalimat yang tadi Agan/Sis baca? :p whatever.

OK cukup sampai situ kami rasa pembukaannya, sekarang tentu Agan/Sis akan dengan mudah mengetahui kegundahan kami jika postingan-postingan di blog ini ditulis tanpa adanya preambule macam barusan? Yupp.. screenshot Batman di atas tentunya akan mengalami gangguan, masa tau-tau di sebelah screenshot langsung tertulis langkah demi langkah.. pan gag asssoyyy.. huehehehe..

Sekarang.. selamat menikmati Cara mudah membuat Sketsa dari Foto (dengan sentuhan Find Edges) yang merupakan hidangan ala kadarnya ala psholic ini. Enjoy!


Membuat Sketsa dari Foto menggunakan Find Edges


Langkah Pertama

Karena foto di atas bukan hanya Agan Batman yang ada, maka kami memutuskan untuk memisahkan akang manusia kelelawar tersebut dari backgroundnya. Mengapa? iia karena saiia maunya gtu Gan/Sis, gmn dund?! :p

Kilat saja, hasil tracenya seperti ini...


Tip : Minta bantuan Selection Tool atau yang tertulis di sini Mengenal Seleksi untuk memisahkan Batman dengan backgroundnya. Di sini kami menggunakan tool favorit kami yakni Pen Tool (P).

Setelah kita trace batman dari backgroundnya seperti pada gambar di atas, sekarang kita akan membuat layer tersebut menjadi Hitam Putih.

Catatan : Jika Agan/Sis mencermati tulisan mengenai membuat sketsa ini baik yang ... kesemuanya memerlukan langkah penghitam-putihan foto. Bukan begitu bukan?!?! :p

Untuk langkah tersebut, di sini kami hanya menerapkan seperti apa yang tertera pada gambar di bawah..


Remember, for sketching or something, more contrast is better. Oleh karena itu, pada window Black and White yang muncul setelah kita menekan tombol Shift + Ctrl + Alt + B (tertera pada gambar di atas) untuk membuat foto kita menjadi desaturate (Hitam Putih), silahkan atur penyesuaiannya dengan selera Agan/Sis.. cukup diingat bahwa more contrast is better :p.


Tip : Alternatif untuk melakukan (menampilkan window) di atas adalah dengan mengklik icon Create new fill or adjustment layer yang terletak pada bagian bawah panel layer di antara icon Create a new group dan icon Add vector mask.

Langkah Kedua

Gabungkan 2 layer di atas layer background. Maksud kami, aktifkan Layer 1 serta Layer Black & White 1, lalu tekan tombol Shift + Ctrl + Alt + E untuk Merge layers (menjadi layer baru yang jika nantinya kita edit, tidak akan memberikan pengaruh pada layer yang berada di bawahnya), layer tersebut akan bernama Layer 2.


Tip : Langkah ini bisa diakses melalui menu Layer > Merge Down atau Layer > Merge Visible atau Layer >  Flatten Layers

Langkah Ketiga

Inilah yang membedakan antara tiga postingan sebelumnya dalam membuat Sketsa dari Foto atau mengubah Foto menjadi Sketsa. Find Edges.

Silahkan Agan/Sis masuk ke menu Filter > Stylize > Find Edges.


Agan/Sis tidak lagi memerlukan penyesuaian dengan alat seleksi seperti Pen Tool (P) yang mungkin bagi sebagian kita agak menyulitkan sewaktu kita memerlukan hasil seperti gambar di bawah jika dengan membuatnya manual dengan menggambar Line Art dari Batman tersebut.

Hasil Akhir



Lalu dengan beberapa kali sentuhan.. kita bisa membuat gambar di atas menjadi..


Itu jika memang diinginkan.. jika tidak.. iia gpp.. sampai di Find Edges di atas sudah cukup :p

Postingan senada ;

Mengubah foto menjadi Sketsa, Cara mudah membuat Sketsa dari Foto I (dengan Filters), Cara mudah membuat Sketsa dari Foto II (dengan Color Dodge and Blur), Cara mudah membuat Sketsa dari Foto III (dengan Find Edges).

Mmmuachhh...
Tags: , , ,

Written by

We are here with you to proudly present business to the globe the way you see it. Build with no just big or just small images. But definitely we create the image you want and make it alive and totally fresh.

That's it folks... Designing. It is about creating a single dot with a single line that inspires feelings, love and cares, emotions, and statements.

20 comments:

  1. keren abis. gue bingung mesti gimana ngasih koment nih.

    BalasHapus
  2. makasii kang ampirannya ;)

    BalasHapus
  3. perjalanan rumit dari weda.. ternyata..

    BalasHapus
  4. keren gan.. hasil akhirnya. suka iseng buka photoshop tapi gak kepikiran sampe sana. :p

    BalasHapus
  5. saiia juga terkadang gag abis pikir.. nii bakalan sampenya dimana :(

    BalasHapus
  6. wooow ternyata agak rumit juga ya buatnya
    tapi berkat artikel ini dapat membantu, terimakasih mas

    BalasHapus
  7. jadi cuma sketsa aja ya, oh ya mas, mau tanya dong kalo membuat nama bentuk nya keren gmn ya?

    BalasHapus
  8. Saya sangat setuju sekali dengan adanya artikel yang menyajikan informasi yang merupakan artikel pengetahuan seperti artikel ini. terimasih telah berbagi info yah..

    BalasHapus
  9. gmn sii ngatasin SPAM ?!?! :( hiks

    BalasHapus
  10. Tengkyu pisan Gan, saya suka editing dan saya suka dengan website ini. Hatur nuhun ah.
    Di visit juga Gan website ane hehe :) >>> Pusat Obat Tradisional

    BalasHapus
  11. informasinya bermanfaat sekali gan, wah jangan lupa kunjungi balik lapak ane nih
    useful information gan, oh do not forget to visit the stall behind ane nih
    Obat Penurun Asam Lambung

    BalasHapus
  12. informasinya bermanfaat sekali gan, wah jangan lupa kunjungi balik lapak ane nih
    useful information gan, oh do not forget to visit the stall behind ane nih
    Obat maag kronis

    BalasHapus
  13. informasinya bermanfaat sekali gan, wah jangan lupa kunjungi balik lapak ane nih
    useful information gan, oh do not forget to visit the stall behind ane nih
    Obat Penyakit Keloid
    http://produkobatjellygamatgoldg.com/obat-penyakit-keloid/

    BalasHapus
  14. informasinya bermanfaat sekali gan, wah jangan lupa kunjungi balik lapak ane nih
    useful information gan, oh do not forget to visit the stall behind ane nih
    Obat Penyakit Keloid
    http://produkobatjellygamatgoldg.com/obat-penyakit-keloid/

    BalasHapus

Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?

 

Photoshop Icon

Holic Posts

Follow by Email

Why to Choose PSHolic?

PSholic terbagi menjadi 3 bagian penting yang harus bisa dieksplor secara keseluruhan dan bukan bagian perbagian. Photoshop Pemula... Photoshop Menengah... Photoshop Mahir... Enjoy!
Copyright © Belajar Photoshop | Designed by Templateism.com