AD (728x60)

Senin, 15 April 2013

Kupu-kupu Cantik

Share & Comment
Setelah beberapa abad yang lalu kita menyelesaikan beberapa garis yang nantinya akan membentuk kerangka dari kupu-kupu cantik ala bidadari turun dari mikrolet nyusrug ke sawah *halahhh.. kini setelah rehat panjang gag berkesudahan, akhirnya kita bisa kembali melanjutkan marathon kita.

Kupu-kupu cantik. Entah dari sudut pandang siapa. Hmm.. tapi rupanya Agan Muro'i El Barezy kemarin seolah mengingatkan bahwa kupu-kupu ini merupakan request dari Sis Diniehz, terimakasih untuk Agan/Sis berdua yang sudah mengingatkan.

Langkah Kedua yang beberapa waktu lalu masih terhambat pembangunan sekitar * :p, yakni mewarnai bagan-bagan detil dari line kita akan kita selesaikan sekarang juga.. dan tanpa menunggu perintah dari Agan/Sis, langsung saja di sini kami tampilkan kelanjutan dari perjalanan panjang kita setelah terus-menerus dalam kontemplasi demi inkubasi Ar Rahim yang kini benar-benar memenuhi kepala.

Jangan terlalu diperhatikan jika kami kembali ngelantur seperti biasa Gan/Sis, sepertinya memang sudah adatnya seperti itu, kita fokus ajja di tutorial Cara membuat Kupu-kupu Cantik ala Digital Painting kita.

Singkat cerita.. jika langkah tempo hari kita selesaikan, maka hasilnya akan menyerupai sesuatu yang seperti ini.. Perhatikan transformasinya.. gambar di bawah terdiri dari dua buah gambar, sebelum dan sesudah Line Out terselesaikan..


Gaya bebas ajja Gan/Sis.. gag perlu terpaku sama apa yang kami katakan sebelumnya, gag perlu text book, gag asik :p Kalau perlu, keluar sekalian dari mainstream :p


Kebetulan dari dua pilihan yang kami sediakan tempo hari di Cara membuat Kupu-kupu Cantik tersebut, kami memilih pencahayaan yang datang dari arah sebelah atas kanan dibanding pencahayaan tengah.

OK sekarang kita berlanjut ke langkah berikutnya.


Langkah Ketiga - Aksesoris

Sekarang kita akan menambahkan beberapa aksesoris untuk kupu-kupu kita, Bunga yang akan terlihat lebih kecil dari yang sudah ada.

Persiapan yang perlu dilakukan adalah; gunakan Brush Tool (B) dengan ukuran kuas yang kecil (yang nantinya akan kita pergunakan sebagai Line Out) dengan menggunakan warna yang lebih gelap dari background yang telah kita buat. Seperti ini..


Langsung saja beri warna Bunga-bunga kecil tersebut dengan warna yang agak buram tapi lebih terang dari yang lainnya.. Masuk ke menu Filter > Blur > Gaussian Blur, isikan 1.9px untuk radiusnya (atau disesuaikan dengan ukuran file Agan/Sis semua).


Setelah semua bunga kecil terbentuk, sekalian beri bentukan menyeluruh pada bunga-bunga besar sisanya yang ada.



Langkah Keempat - Details

Setelah semua mendapat porsinya masing-masing sesuai dengan yang diinginkan, kita akan kembali ke tubuh si Kupu-kupu kita lagi. Kali ini kita akan fokus pada bagian sayapnya. Beri tambahan detail warna orange pada bagian sayap yang belum kita sentuh sejak awal tadi.. Untuk bisa memberikan warna tersebut, perhatikan susunan layer pada gambar berikut..


Warna orange pada gambar di atas di produced dari #faa62f.  Setelah detail pada sayapnya telah berwarna seperti itu, kita akan menambahkan shading pada bentukan kita tadi, caranya dengan menambahkan warna gelap pada bagian yang kira-kira tidak terkena langsung cahaya (perhatikan arah cahayanya).


Buat sebuah layer lagi. Kita akan membuat sayap kupu-kupu kita lebih memiliki details. Kali ini kita akan menambahkan pattern manual pada bagian yang berwarna orange tersebut.. Buat (pada layer baru tadi) guratan-guratan dengan menggunakan Brush Tool (B) berukuran ujung kuas kecil (let's say, 1-3px tergantung dari file Agan/Sis).

Perhatikan baik-baik gambar di bawah ini..



Langkah Kelima - Finishing Touch

Setelah semua telah sesuai dengan apa yang tertulis di atas, kini kita akan mengakhiri Kupu-kupu Cantik kita.

Gambar di bawah menjelaskan bahwa terdapat tambahan layer baru lagi yang berisikan pernak-pernik seperti kunang-kunang tapi bukan :p, serta nuansa yang akan memberikan kita sense baru dari apa yang kita buat kali ini.


Ubah Blending Mode layer Nuansa menjadi Linear Burn dan turunkan Opacitynya menjadi sekitar 41%. Voila.. Hasil akhir dari utak-atik kita di Kupu-kupu Cantik akan membuahkan hasil seperti ini.



Mungkin buat Sis Diniehz, hasil ini masih kurang memuaskan.. bisa jadi.. manusia hanya bisa berusaha, kepuasan serta kebahagiaan orang lain bukan berada di tangan saiia :p, seperti yang banyak bilang, manusia berencana dan berusaha.. dan kami selalu melakukannya secara maksimal.. Selamat menikmati. Enjoy the day!

Sekian dan terimakasih.
Tags: , , , ,

Written by

We are here with you to proudly present business to the globe the way you see it. Build with no just big or just small images. But definitely we create the image you want and make it alive and totally fresh.

That's it folks... Designing. It is about creating a single dot with a single line that inspires feelings, love and cares, emotions, and statements.

33 comments:

  1. Whuaa,, whuaa keren banget kang! saya mau belajar desain gitu., yang kudu di download softwarenya apa? kompi saya 'bersih' bener gak ada software buat belajar corat-coret.

    #makasih ya kang es kopyornya, seger blass :D

    BalasHapus
  2. @ iconia pc tablet dengan windows 8 : makasii kang :)
    @ Gen - Q : wahhh saiia dari dulu cuma pake Photoshop CS3 yang portable kang.. padahal sekarang ajja uda CS6 :(
    sami-sami kang :p

    BalasHapus
  3. membaca tutorial ini jadi pingin belajar photoshop.. dari dulu pakainya corel terus, udah gitu juga ga pinter pinter, hehehe. klo ada link downloadnya nanti mau ikutan belajar ah, thank ya

    keep share

    BalasHapus
  4. Hanya yang jago photoshop yg bisa buat seperti ini....ane ikut2an nyimak dulu gan, soalnya kurang paham ttg grafis,,

    BalasHapus
  5. Kupu2 nya cantik...karya yG sgt luar biasa sob...

    BalasHapus
  6. huwaaaaaaaah bagus bangeeeet xD

    makasiiih agan ganteng, designnya saya save to folder!

    BalasHapus
  7. Ternyata memang sangat mantep sekali hasilnya gan, Memang Kupu kupu ini cantik juga yah. Tutorialnya benar-benar berguna sekali sobat
    terima kasih sudah berbagi

    BalasHapus
  8. heheu..
    saya tertarik sama PS kang..
    cuman sekarang lagi fokus kuliah..
    jadi gak sempet otak atik.. -_-

    BalasHapus
  9. kereen..
    harus detail juga ya kang.. :D

    BalasHapus
  10. LAma kang gak jumpaa kang ... :D .. selamat malam ...

    BalasHapus
  11. LAma kang gak jumpaa kang ... :D .. selamat malam ...

    BalasHapus
  12. Keren banget editnya, andai ada yang bisa ngajarin ane langsung. mau coba yang ini dulu deh hehe

    BalasHapus
  13. Hanya bisa kasih ancung jempol saja deh. Ternyata pakai CS3 ya ? hasilnya sungguh mantap dan warnanya ok punya. Saya belum ahli jika memasuki babak ini.

    BalasHapus
  14. wah, lanjutan yang kemarin neh. makin sulit!

    BalasHapus
  15. saya suka warnanya kalem.
    cuma koq kupu-kupu ya, kenapa nggak buaya gitu Mas..

    BalasHapus
  16. KY memang suka buat mcm tu tapi itulah laptop KY tak blh downlond photoshop tak tau kenapa

    BalasHapus
  17. wah ini cantik betul kang, lebih keren dari yang kemarin...

    BalasHapus
  18. cantik nan elegan itu kupu2nyaa , nice tutorial nya mas

    BalasHapus
  19. .. bagus banget. oia yg dolphin donk. he..86x ..

    BalasHapus
  20. langsung ke inget mbak dhz ^^ .

    BalasHapus
  21. Kereennya bikinan Kakak. ,
    sekarang jadi tau cara bikin hiasan seperti itu, nggak hanya download2 aja.
    coba bikin deh.

    Makasii ya Kakak, .

    BalasHapus
  22. Keren keren..jago soto shop eh photo shop heheheee

    BalasHapus
  23. makasii buat Agan/Sis semua.. :) knp bukan lumba-lumba atau buaya? karena request dari mbak Diniehz nya kupu-kupu :p

    BalasHapus
  24. wew izin praktek PS nya...


    Brushnya muantab..

    BalasHapus
  25. waw,., sangat elegan!!!!!!

    BalasHapus
  26. kreatifitas tanpa batas gan....

    BalasHapus
  27. ini yang sangat bagus ...

    BalasHapus
  28. sayang kompi ane gak da photoshopnya :(

    BalasHapus

Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?

 

Photoshop Icon

Holic Posts

Follow by Email

Why to Choose PSHolic?

PSholic terbagi menjadi 3 bagian penting yang harus bisa dieksplor secara keseluruhan dan bukan bagian perbagian. Photoshop Pemula... Photoshop Menengah... Photoshop Mahir... Enjoy!
Copyright © Belajar Photoshop | Designed by Templateism.com