Thursday, May 30, 2013

Digital Painting - Ducati

Share & Comment
PSHolic belakangan ini seperti menghilang, raib ditelan rimba entah kemana, seperti hendak mengabarkan pada dunia bahwa semua telah berakhir, masanya talah tiba.. aksi rekreasinya telah terhenti.. hingga akhirnya..

Kami kembali ke kancah semrawut ini kembali. Dengan tema yang masih membayangi belakangan ini, sepertinya hendak membombardir pikiran kita dengan postingan-postingan macam ini? Hmm.. mungkin.. mungkin juga tidak, tinggal dari sudut pandang apa kita menilainya :p. Ducati kali ini hanya merupakan tameng.. Yupp.. karena keinginan kami menyisipkan -sesekali- mengenai apa itu Digital Painting. Jadi, gambar Ducatinya sendiri hanya pelengkap dari contoh yang sebenarnya Agan/Sis sudah banyak temukan di blog ini, misalnya saja.. Illustrasi, Disain dan Lukisan Digital yang masih hangat-hangat tai ayam kuku.


Lukisan Digital/Digital Painting

Akhirnya kita sampai pada pembahasan apa dan bagaimana sebenarnya sebuah karya itu disebut Digital Painting (baca; Lukisan Digital). Belakangan ini kami memang tengah fokus pada pembahasan mengenai hal ini, namun hanya seputar bagaimana kita membuatnya dengan menggunakan Photoshop. Kali ini sebagai penyempurna, ada baiknya kami sepatah dua patah memberikan sedikit tambahan pengetahuan untuk kita bersama.

Karena keterbatasan source (baca; otodidak), kami kira, ada baiknya Agan/Sis tidak perlu menyalahkan kami (maunya ngeleeessss :p) jika content kali ini banyak ketidak sesuaian dengan yang ada di bangku sekolah.. maklum, saiia hanya sekolah di bawah pohon bambu pinggir kali :p. Setelah beberapa kontemplasi berikut perenungan closet dengan damai, maka kami (dengan tidak gegabah) ingin mengemukakan bahwa yang disebut dengan Lukisan Digital kira-kira seperti ini..

Ducati sample 1

Sebuah bentuk seni yang muncul di mana teknik melukis tradisional seperti cat air, minyak, dll yang diterapkan dengan menggunakan perangkat lunak atawa digital, dengan menggunakan komputer atawa perangkat lunak, program grafis yang kesemuanya tertera dalam sebuah kanvas virtual dengan sejumlah besar kuas, warna dan perlengkapan lainnya.

Teknik Digital

Agan/Sis yang kini tengah mencoba menjadi seorang Seniman Digital Painting, diharapkan mampu menggunakan teknik-teknik melukis yang dilakukan secara langsung pada komputer. Dengan meniru objek sebagai media fisik yang terdapat dalam kepala kita (baca; imajinasi) yang lalu dituangkan dengan menggunakan berbagai kuas dan efek cat yang disediakan dalam program disain tersebut.

Ducati sample 2

Meluasnya penggunaan efek-efek tertentu pada kebanyakan program Lukisan Digital, Agan/Sis dapat menciptakan gaya Agan/Sis sendiri menggunakan berbagai macam kombinasi tekstur dan bentuk. Sebagai tambahan, Lukisan Digital seperti yang banyak kita temui di internet, kini tumbuh subur terutama pada seni produksi. Hal ini paling banyak digunakan dalam disain konseptual untuk game, film, televisi dan video.


Manfaat dan Kelemahan

Sudah barang tentu.. yang namanya Digital, dengan menggunakan perangkat Digital untuk keperluan ini (baca; melukis dan yang senada dengan hal tersebut), memberikan kemudahan bagi Agan/Sis untuk dapat bekerja secara terorganisir, lingkungan atau ruang kerja terbebas dari berantakan, kopi tumpah, cat yang pontang-panting berhamburan kesana-kemari gag jelas, dan yang terpenting adalah kontrol yang lebih mudah dihandle jika dibanding dengan menggunakan kuas fisik di tangan.

Namun, tiap sesuatu itu -laksana koin- selalu memiliki dua sisi. Ada manfaat, tentu saja ada juga kekurangannya. Beberapa seniman yang secara langsung kami ajak share, percaya bahwa ada sesuatu yang hilang jika berkenaan dengan yang namanya Lukisan Digital, seperti karakter yang unik untuk setiap fisik yang bahkan berkaitan langsung dengan karakter si senimannya secara langsung.

Cukup bermanfaat?

Tags: , , , , , , ,

Written by

Hanya menjalani lakon yang diberikan Sang Penguasa Semesta. Semoga apa yang ditulis di sini bisa sedikitnya memberikan manfaat tuk kita semua.

A single dot with a single line that inspires feelings, love and cares, emotions, and statements. Kudos!

24 comments:

  1. Huhu ini untuk tingkat Atas yah sobat ??

    ReplyDelete
  2. yayaa.. lumayan bermanfaat, tak kirain td ngedit poto org naik ducati yg aslinya motor biasa.. hahaa.. kan lumayan tuh dikira punya ducati.. ;D

    ReplyDelete
  3. setuju. tetapi hal ini mungkin hanya dilihat dari kacamata seni. kalo orang awam mungkin tidak tau atau bahkan perduli dengan hal ini. yg penting enak dilihat, ya cukuplah.

    ReplyDelete
  4. wuih :D nilai seni yang sangat menakjubkan



    admin "Variasi Blogger"

    ReplyDelete
  5. wih keren gan, kapan ane bisa bikin begituan ya

    ReplyDelete
  6. info yang inpiratif sekali. thnks

    ReplyDelete
  7. weh keren nih.... nyerah sob sama edit edit foto gitu

    ReplyDelete
  8. edunn.. harus pelan nih. biar ngerti haha

    ReplyDelete
  9. Gigital ataupun manual, namanya nglukis aku angkat tangan. Menyerah... :D

    ReplyDelete
  10. meskipun adminnya sempat menghilang, namun blognya tetap memberikan ilmu buat para pengunjungnya...salam :-)

    ReplyDelete
  11. wah ane pelajarannya belum sampe sanah nih. masih didasar.
    makasih mas infonya

    ReplyDelete
  12. setuju. tetapi hal ini mungkin hanya dilihat dari kacamata seni. kalo orang awam mungkin tidak tau atau bahkan perduli dengan hal ini. yg penting enak dilihat, ya cukuplah.

    ReplyDelete
  13. ini sih bermanfaat sekali mas, makasih

    ReplyDelete

Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?

 

Photoshop Icon

Holic Posts

Follow by Email

Why to Choose PSHolic?

PSholic terbagi menjadi 3 bagian penting yang harus bisa dieksplor secara keseluruhan dan bukan bagian perbagian. Photoshop Pemula... Photoshop Menengah... Photoshop Mahir... Enjoy!
Copyright © Belajar Photoshop | Designed by Templateism.com