Tuesday, June 10, 2014

Tutorial cara membuat Garis Bercahaya

Share & Comment
Selamat pagi menjelang siang, bagi yang kebetulan membaca tulisan ini siang, maka selamat siang menjelang sore, untuk yang sore, selamat sore menjelang malam, dan yang malam, selamat malam menjelang pagi. Hmm.. Setelah kita membuat Ardan Wallpaper dalam pembahasan tutorial Photoshop yang sempat terhadang dengan beberapa postingan mengenai game, yakni Armed with Wings, PSHolic kembali lagi..

Tutorial kali ini berkisar tentang cara membuat cahaya, yang akan kita spesifikasikan dalam single line yang nantinya bakal kita kombinasikan dengan beberapa buah line (baca; garis) lainnya.

Tumben kali ini tanpa basa-basi.. :p Entahlah.. yang ada hanya bagaimana secepatnya mengakhiri tulisan ini tanpa mengganggu banyak pihak, terutama ka be u - ka be u yang memainkan game di sekitar.

Mungkin screenshotnya akan sedikit berbeda dengan hasil akhir atau pembahasan yang kami maksudkan di tutorial ini. Pemilihan screenshot di atas sangatlah acak. Yang muncul pertama kali sewaktu kata Cahaya melintas di kepala, iia seperti yang ada pada gambar tersebut, walau sebenarnya, tutorial ini tidak membuat yang seperti itu, namun sangat bisa kita pergunakan untuk membuat yang seperti pada screenshot awal postingan ini.

Welehhh... langsung saja silahkan Agan/Sis nikmati hidangan ala kadarnya ini dengan santai.


Langkah Pertama

Buka dokumen baru dengan ukuran 1280x768px dengan warna background gelap, di sini kami menggunakan warna Hitam, Agan/Sis boleh-boleh saja menggunakan warna gelap lainnya atau bahkan ingin berkreasi dengan gradasi warna, silahkan saja.

Persiapan berikutnya adalah Brush Tool (B). Pilih brush dengan ukuran 1px dengan hardness 0% berwarna Putih. Setelah itu, aktifkan Pen Tool (P). Perhatikan menu yang terdapat pada bagian atas, pilih Path (terletak di apit) dan bukan Shape Layers ataupun Fill Pixels.. tentunya Agan/Sis bisa melakukan ini dengan mata tertutup bukan? :p


Buat sebuah garis melengkung yang melintang di tengah-tengah lembar kerja Agan/Sis dengan Pen Tool (P) tadi seperti yang terlihat pada gambar di atas dan hasilnya seperti pada gambar di bawah ini..


Catatan : Pastikan setelah membuat garis melengkung menggunakan Pen Tool (P) tadi, Agan/Sis Klik Kanan yang lalu pilih Stroke Path hingga muncul beberapa pilihan tools berikutnya.. Pilih Brush dan jangan lupakan untuk mencentrang kotak Stimulate Pressure.


Langkah Kedua

Kita akan menyimpan kerja kita pada Langkah Pertama tadi dalam bentuk Brush tentunya. Agan/Sis ingat tutorial serupa pada tulisan kami yang berjudul Cara menginstal dan Menggunakan Brush Tool? ..atau Cara menginstal Brush Bubble? Nahh.. kira-kira kita akan melakukan hal tersebut di sini. Gag jauh beda lahh.. 11-12 :p

Tekan dan Tahan tombol Ctrl sambil Klik Layer 1 (layer garis melengkung tadi). Woww.. perintah yang berlebihan kah? Kami rasa gag juga. Perhatikan saja bahwa langkah ini memang benar adanya :p

Sudah Gan/Sis? Jika sudah, silahkan masuk ke menu Edit > Define Brush Preset.. akan muncul sebuah pop up yang memintakan kita untuk mengisi nama sebagai brush baru pada Photoshop kita, kami namakan brush garis melengkung tadi dengan nama Bohai *halahhh... tepok-tepok jidad :(

Layer 1 sudah tidak terpakai lagi. Agan/Sis bisa membuangnya atau menyembunyikannya. It is up to you :)

Aktifkan kembali Brush Tool (B), lalu pilih Brush yang baru saja kita buat. Setelah itu tekan F5 pada kibor untuk memanggil pengaturan Brush kita tersebut lebih lanjut lagi. Lihat pengaturannya pada gambar-gambar di bawah ini..

Pengaturan F5 untuk Brush...


Brush telah siap. Kita kembali pada lembar kerja. Dengan Brush Tool (B) aktif (di sini kami menggunakan ukuran 900px), sapukan brush tadi dari arah kiri ke kanan.


Pengolesan Brush tadi kami lakukan sebanyak 3 kali, hasilnya seperti terlihat pada gambar berikut.



Langkah Ketiga

Sekarang kita akan mengacak-acak mode blend dari garis-garis melengkung hasil dari Brush buatan kita tadi. Pada panel layer, Klik Kanan Layer 2 (baca; layer garis melengkung), lalu pilih Blending Options

Pengaturan Blending Options...



Dengan layer ini (Layer 2) masih aktif dengan perubahan yang sudah bisa kita lihat, duplikasi! Gmn sii kalimatnya??? Hmm... gini Gan/Sis.. maksudnya, Agan/Sis kudu menggandakan layer yang telah terisi macem-macem blending options tadi. Mengapa digandakan? Karena kita akan mengubah (pada layer ter-copy) salah satu dari Blending Optionsnya.

Sudah. Nahh.. pada bagian Outer Glownya lah kita akan sedikit mengubah tipe pelangi yang sudah ada dengan yang satu ini..


Sejauh ini.. susunan layer kita akan seperti ini bukan..



Langkah Keempat

Dengan bantuan Warp.. bentuk garis tadi menjadi seperti ini...


Sampai disini, tentunya Agan/Sis akan bingung. Hehehehe.. tenang, santai, hisap terlebih dulu rokok di asbak serta setel musik, suat Al Kahfi (dengan memperhatikan ayat 19 yang fenomenal itu) bisa jadi rujukan bagus untuk menyelesaikan semua ini di winamp kita :p

OK. Sebenarnya memang terdapat beberapa langkah yang sengaja kami skip di sini, tujuannya, apalagi kalau bukan membebaskan kreasi serta imajinasi liar Agan/Sis yang gag bertanggungjawab bekerja :p weleeeeehhh... ngaburr dulu aaaahh :(

I'm Back! Seperti yang tertera pada keterangan di awal Langkah Keempat, Warp. Yupp.. transformasi tersebut kami lakukan dengan bantuan warp yang lalu kami tambahkan dengan beberapa titik untuk mengisi kekosongan yang menurut kami -alhamdulillah.. sesuatu- banged :p


Titik-titik tersebut nantinya akan menggunakan Blending Options persis seperti yang dimiliki oleh Layer 2. Silahkan -untuk melihat perubahannya-, copy paste efek (baca ; Blending Options) seperti yang sudah kami singgung barusan.


Langkah Kelima - Optional

Tambahan pernak-pernik akan kami lakukan pada Layer Baru. Dengan mengaktifkan tool seleksi, dalam hal ini Elliptical Marquee Tool (M) dengan feather besar, kurang lebih 47% kami buat dengan warna Kuning di beberapa spot yang kami anggap penting pada garis-garis tersebut.


Ubah Blending Mode layer ini (pada panel layer) dari Normal menjadi Overlay.



Langkah Keenam

Buat sebuah Layer Baru lagi.. (entah mengapa kami tidak menamakan Layer per Layer, padahal biasanya kami selalu mewanti-wanti akan hal ini :p). Beri sentuhan Brush sekali lagi pada garis-garis kita tadi (pada layer baru ini tentunya) dengan beberapa warna yang menurut Agan/Sis menarik..


Masuk ke menu Filter > Blur > Gaussian Blur dan berikan kira-kira 100px pada radiusnya. Setelah itu ubah Blending Mode layer ini menjadi Color dengan tingkat Opacity sekitar 75%, serta akhirnya.. berilah sentuhan terakhir Agan/Sis dengan teks yang menunjukkan kenarsisan Agan/Sis semua :p

Hasil akhirnya akan seperti ini..


Semoga postingan cara membuat garis bercahaya ini bisa membantu Agan/Sis semua dalam mengkreasikan foto atau gambar yang Agan/Sis kehendaki untuk dimanipulasi. Dari kami cukup sekian dan..

Terimakasih.

Tags: , , , , , , , ,

Written by

Hanya menjalani lakon yang diberikan Sang Penguasa Semesta. Semoga apa yang ditulis di sini bisa sedikitnya memberikan manfaat tuk kita semua.

A single dot with a single line that inspires feelings, love and cares, emotions, and statements. Kudos!

2 comments:

Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?

 

Photoshop Icon

Holic Posts

Follow by Email

Why to Choose PSHolic?

PSholic terbagi menjadi 3 bagian penting yang harus bisa dieksplor secara keseluruhan dan bukan bagian perbagian. Photoshop Pemula... Photoshop Menengah... Photoshop Mahir... Enjoy!
Copyright © Belajar Photoshop | Designed by Templateism.com