Saturday, March 21, 2015

3 langkah mudah membuat brewok

Share & Comment

Shalom. Setelah bermesraan dengan Efek Miniatur beberapa waktu yang lalu, episode kita kali ini, adalah persembahan dari kami pada Agan/Sis semua, facial hair, atau yang biasa orang jakarta sebut, brewok.. bang bewok.. halahhh.

Baik dipergunakan untuk have fun ajja, atau memang untuk keperluan retouching yang pro, pembuatan "bulu" seperti ini dalam photoshop akan sangat membantu.

Ok langsung saja kita telan tutorialnya, bagi yang gag kuat buat nelen rambut, silahkan angkat kaki dari sini.. lah?! Hehehehe.. becanda Gan/Sis.


Langkah Pertama - Membuat custom brush (Brush Brewok)

Langkah memungkinkan pertama yang paling penting dari keseluruhan tutorial kita kali ini adalah membuat sehelai rambut brewok yang akan kita pergunakan nantinya sebagai brush. Yupp.. hanya sehelai saja dan bukan segambreng.

Bulu kita satu ini mestilah mendekati sempurna dan bisa cocok dan pas dengan rambut lainnya pada wajah korban target nantinya jika kita akhirnya mempergunakannya pada photoshop.

Perhatikan gambar di samping! Ok.. sekarang, buatlah ukuran brush kita agak kecil dan samakan ukurannya dengan target atau brewok pada wajah orang yang akan kita gubah fotonya. Buat dengan background putih di sekitar helai rambut dengan menggunakan Marquee tool (M), lalu select box helai rambut kita tersebut, silahkan masuk ke menu Edit > Define brush preset. Simpan!

Setelah tersimpan, Agan/Sis sudah mulai bisa menggunakan brush buatan kita tadi dengan memilihnya pada open panel brush. Tekan tombol B sebagai shortcut untuk mengaktifkan Brush tool (B). Karena brush tersebut baru saja kita buat dan simpan, tentunya brush tersebut berada pada urutan paling bawah. Pilih deh!


Langkah Kedua - Mengeksplor brush menu.

Tahukah Agan/Sis bahwa dalam sebuah Brush menu saja terdapat banyak sekali kegunaan yang mungkin sering kali kita lewatkan karena keasyikan memanipulasi sebuah foto atau keasyikan makan roti tetangga, loh loh loh..

Pada menu Window (lihat gambar di bawah!), default photoshop yang Agan/Sis pergunakan pastilah Brush shortcut ditandai dengan F5, saiia beda.. gag perlu dibahas.



Langsung saja tekan tombol F5 untuk memanggil Brush menu. Saran kami, spend time di brush menu ini, karena kita akan menemukan (terutama pemula seperti saiia ini) banyak sekali hal tak terduga sebelumnya selama mempergunakan photoshop.

Pelajari secara mendalam brush menu seperti pada gambar di bawah ini.




Langkah Ketiga - Penerapan

Manakala Agan/Sis telah puas dengan pengaturan pada menu brush brewok kita, sekaranglah saatnya kita mengacak-acak muka orang menambahkan brewok pada target.

Beberapa sampel dari foto-foto yang pernah tampil di blog inipun tak luput dari keisengan kami untuk menambahkan brewok pada mukanya (Lihat pada spoiler).. Hahaha..

Catatan : Dalam seonggok (halah) brewok, terdapat beberapa percampuran warna, tidak hanya terdiri dari satu warna saja, hitam misalnya, namun terdiri dari kumpulan banyak tone color yang perlu Agan/Sis perhatikan agar brewok kita nantinya agak lebih realistis.

Selamat membuat brewok cantik!

Sampel brewok... 











Pssssttt.. jika Agan/Sis memang sudah jengah dengan pembuatan brush milik sendiri segala macam saperti tadi itu, dan ingin segera memilikinya dengan cara instan tanpa repot-repot membuatnya di photoshop, silahkan unduh langsung Brush Brewok ini Gan/Sis. Credit goes to phlearn.com.

Terimakasih atas kunjungannya dan selamat beraktifitas kembali seperti sedia kala.

Tags: , , , , , , , , , , ,

Written by

Hanya menjalani lakon yang diberikan Sang Penguasa Semesta. Semoga apa yang ditulis di sini bisa sedikitnya memberikan manfaat tuk kita semua.

A single dot with a single line that inspires feelings, love and cares, emotions, and statements. Kudos!

16 comments:

  1. Any heavy load of problems you face today, believe that it never exceeds the limit of your ability. Obat Sipilis Di Apotik Ampuh Ampuh

    ReplyDelete
  2. hmm ini yang punya blog sapose yaa? kayaknya dulu saya sering bw disini deh hehehe
    makasih infonya bang, seneng baca tipsnya sbg pemula

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini ea blog saiia tante :) hehee.. matur suwun kehadirannya yoo (Y)

      Delete
  3. kreatif caranyaaa gann,,, !!! kalau disitus lain,,,, mesti download brushnya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. matur suwun om atas kehadirannya.. (Y) tp buat yang udah pada jengah en gag ngerti sama sekali bikin custom brush macam di atas.. link download brushnya juga kebetulan di sini ada om hehee.. suwun yoo (Y)

      Delete
  4. terimakasih ini sangat membantu saya.
    btw ada juga loh tutorial Cara Membuat Foto Kekinian Ala Coldplay Up And Up bisa menggunakan android juga, kalau pake android sih rekomendasinya pake aplikasi Premium PicsArt Pro Apk Mod Terbaru for Android

    ReplyDelete

Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?

 

Photoshop Icon

Holic Posts

Follow by Email

Why to Choose PSHolic?

PSholic terbagi menjadi 3 bagian penting yang harus bisa dieksplor secara keseluruhan dan bukan bagian perbagian. Photoshop Pemula... Photoshop Menengah... Photoshop Mahir... Enjoy!
Copyright © Belajar Photoshop | Designed by Templateism.com