Monday, March 2, 2015

3 langkah mudah membuat Efek Miniatur

Share & Comment
Kembali lagi bersama Psholic yang entah belakangan ini beredar dimana. Kali ini kami menyempatkan diri untuk share mengenai efek yang sejak lama ingin kami tuliskan disini, namun memang baru kali ini maksud tersebut terlaksana.

Berawal dari beberapa tahun lalu, saiia pribadi menyaksikan tayangan film Umar di salah satu stasiun televisi kita, hingga akhirnya memutuskan untuk membeli dvd nya, satu hal yang saiia ingat selalu dari film tersebut, terutama masalah grafisnya. Maksud saiia dengan grafis adalah tampilan ketika film tersebut dimulai. Awalnya sempat terpikir bahwa saiia yang merasa gaptek dan ketinggalan teknologi atau apakah mata ini yang ditipu mentah-mentah atau bagaimanalah istilahnya.

Di film tersebut, perlu diingat bahwa dengan melihatnya di dvd, jadi akan selalu terulang dengan cepat karena 4 kaset dihabiskan hanya dalam waktu 2 hari (lain halnya jika kita lihat di televisi, karena baru akan kita lihat kembali esoknya, tidak langsung) bagaimana film tersebut dibuka. Yupp.. film tersebut diawali dengan tampilan gambar yang aneh menurut saiia saat itu. Ini bohong-bohongan atau bagaimana, lama berpikir sampai bosan karena tidak jua mendapat jawabnya, hingga akhirnya saiia menjumpainya kembali dalam film serial Sherlock yang diperankan oleh Benedict Cumberbatch. Tampilan yang sama, sentuhan grafis yang sama. Walah.. ternyata tampilan visual seperti itu sedang digemari rupanya, dan saiia lah yang ketinggalan zaman. Buktinya? Lah.. hingga saat ini saja, baru hari ini setelah sekian lama akhirnya tutorial ini muncul disini.

Efek Miniatur. Tidak semua foto atau gambar (mungkin Agan/Sis yang lain berkata yang beda, mungkin) bisa diberlakukan efek satu ini. Oleh karena itu, kami sarankan agar kita memilih foto atau gambar yang memang dimaksudkan untuk ini.

Adapun trik untuk foto atau gambarnya itu sendiri, kita ikuti saran beberapa ahli mengenainya, yakni..

1. Pilihlah foto yang diambil dari jarak jauh.
2. Tidak hanya foto yang diambil dari jarak jauh, tapi juga kiranya, foto yang diambil dari atas (lantai 3 atau 4 atau lebih) yang mengarah ke jalan atau kota di bawahnya. Perlu perspektif yang bagus untuk menghasilkan gambar yang bagus pula.
3. Biasanya, efek ini lebih berhasil pada benda-benda seperti mobil di jalan, bangunan, pepohonan, dll. Bisa juga diterapkan pada objek manusia, tapi pastikan jika kita memang menginginkan fokus pada manusia, usahakan ada beberapa elemen yang nantinya seolah-olah menjadi model mainan terbuat dari plastik.

OK langsung saja kita masuk pada pembelajaran singkat kita.


Langkah Pertama - Quick Mask

Namanya juga "quick", berarti kita bisa secara langsung menerapkan Mask pada foto kita. Buka foto yang hendak kita buat Miniatur. Tekan tombol Q pada keyboard untuk menerapkan Quick Mask pada foto tersebut.

Perhatikan layer Agan/Sis pada bagian kanan lembar kerja Photoshop, layer yang semula bernama Background ber-hi-light biru, setelah diterapkan Quick Mask, warna biru pada layer tersebut menghilang. Itu artinya foto kita sudah ter-cover dengan mask.



Setelah kita menerapkan Quick Mask, sekarang kita akan berjibaku dengan daerah yang akan kita fokuskan. Untuk langkah ini, Agan/Sis bisa gunakan Paint Bucket (Ctrl + G) lalu pilih Reflected Gradient pada menu yang terletak di atas.. bisa juga dengan langsung menggunakan Brush (B) dan mengusap (Halahhh bahasanya.. apa ya? Gitu lah!) objek yang ingin kita buat miniatur.

Pada foto ini, kami lebih memilih Brush karena lebih bebas, silahkan saja Agan/Sis gunakan tools yang menurut Agan/Sis paling pas.




Pada foto di atas, dengan menggunakan Brush (Air Brush SOftround) berdiameter 300px, kami langsung arahkan ke mobil dan orang yang sedang menelepon di jalan.

Setelah itu, tekan kembali tombol Q untuk menghilangkan Mask pada foto tersebut.

Catatan : Setelah kita menekan tombol Q untuk yang kedua kalinya, maka pada lembar kerja kita, akan kita dapati semut beriring.. yang artinya, daerah selain yang kita brush tadilah yang akan kita buat unfocus/blur. Lihat gambar di atas.


Langkah Kedua - Lens Blur

Langkah Pertama ribed? Semoga penjelasan kami tidak malah membuat kita semua tersesat ya Gan/Sis.. hahaha.. OK kita lanjut. Filter Blur mungkin sudah teramat familiar di telinga, tapi sepertinya Lens Blur, buat saiia pribadi, agak jarang tersentuh.

Masuk ke menu Filter > Blur > Lens Blur. Tergantung dengan resolusi dari foto yang kita pergunakan, pengaturannyapun akan berbeda-beda, disini, radius kami tetapkan sebanyak 15, sekali lagi tergantung foto. Silahkan bereksperimen untuk mendapatkan hasil terbaiknya. Jika sudah, klik OK.

Tekan tombol Ctrl + D untuk menghilangkan semut beriring (Deselect).




Langkah Ketiga - Tonal

Langkah ini lebih pada penyesuaian saja. Jadi Agan/Sis kembali dipersilahkan untuk bereksperimen untuk mendapatkan hasil seperti yang diinginkan. Untuk pewarnaan atau tonal, pertama kami menerapkan Hue/Saturation pada foto tadi.

Masuk ke menu Image > Adjustments > Hue/Saturation atau bisa dipersingkat dengan menekan tombol Ctrl + U pada keyboard. Atur pada bagian Saturationnya saja, tidak lebih dari 40, pada foto ini, kami mengisikan nilai 37.

Setelah Hue/Saturation, untuk lebih mempertegas pewarnaan pada foto kita, perlu kita tembak lewat Curves.

Masuk ke menu Image > Adjustments > Curves atau bisa dipersingkat melalui jalan tikus bau, dengan menekan tombol Ctrl + M. Atur seenak dan sesuai dengan yang Agan/Sis inginkan.


Hasil Akhir




Oh iya.. jika Agan/Sis kebetulan penasaran dengan foto di atas, itu adalah foto yang diambil dari film yang kami maksud di awal tulisan. Bukan Umar, tetapi Sherlock Holmes BBC - The Reichenbach Fall, adegan saat Sherlock harus terlihat mengalah ketika berhadapan dengan nemesisnya yakni Moriarty. Orang yang lari di samping taksi hitam itu adalah Dr. John Watson.

Untuk lebih memperjelas apa yang dimaksud dengan tutorial ini melalui visual, silahkan Agan/Sis tengok halaman berikutnya yang berisi galeri dari Efek Miniatur ini, atau kunjungi kami di fan page kami. Sekian dari kami untuk tutorial 3 langkah mudah membuat Efek Miniatur. Terimakasih dan selamat menikmati hidangannya.

Tags: , , , ,

Written by

Hanya menjalani lakon yang diberikan Sang Penguasa Semesta. Semoga apa yang ditulis di sini bisa sedikitnya memberikan manfaat tuk kita semua.

A single dot with a single line that inspires feelings, love and cares, emotions, and statements. Kudos!

12 comments:

  1. Never give up, and be confident in what you do. There may be tough times, but the difficulties which you face will make you more determined to achieve your objectives and to win against all the odds. http://obattradisional.kankerrahim.info/1753/ramuan-tradisional-untuk-penyumbatan-pembuluh-darah/

    ReplyDelete
  2. aku koq bingung ngikutinya ya om, tapi atraksi seni nya om , bagus , good job

    ReplyDelete
  3. PUSAT OBAT SIPILIS DE NATURE INDONESIA
    Kami Menjual Obat Sipilis Ampuh Yang Terbuat Dari Seratus Persen Herbal Alami Aman Dan Tanpa Efek Samping
    http://bit.ly/1UJLqvi

    Obat Sipilis

    Obat Sipilis Ampuh

    Obat Sipilis Tradisional

    Obat Sipilis Tanpa Efek Samping

    ReplyDelete
  4. kalau cara membuat foto menjadi karikatur ada gk gan ... atau ada sofwarenya ... saya mau belajar buat foto karikATUR

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh kalau software-software di inet soal karikatur saiia rasa banyak om.. tapi karena saiia cuma terbiasa dengan photoshop, saiia bikin karikaturnya juga pake photoshop doang om.. hehee.. di postingan terbaru saiia kebetulan menyinggung masalah tersebut, atau lebih jelasnya.. masuk ke channel saiia ajja om di https://www.youtube.com/c/genialbutuhsomay biar lengkap (Y)

      Delete
    2. Thank you for sharing the information and I wait for further information . Thanks for the information very interesting I really liked all the writing you. I make sure your blog is becoming one of my favorite blogs to read. I will visit again. ini web saya :) obat flek paru. semoga dapat bermanfaat.

      Delete

Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?

 

Photoshop Icon

Holic Posts

Follow by Email

Why to Choose PSHolic?

PSholic terbagi menjadi 3 bagian penting yang harus bisa dieksplor secara keseluruhan dan bukan bagian perbagian. Photoshop Pemula... Photoshop Menengah... Photoshop Mahir... Enjoy!
Copyright © Belajar Photoshop | Designed by Templateism.com