Tuesday, March 3, 2015

Cara mudah membuat Teks Bordir

Share & Comment
Kembali lagi bersama psholic dengan tutorial-tutorial yang biasanya ada disini, yakni tutorial Photoshop, karena disini memang tempatnya Belajar Photoshop. Postingan-postingan sebelumnya (yang berkaitan dengan game dsb.) yang kebetulan muncul disini, kiranya hanyalah ungkapan euphoria kecil-kecilan dari pemilik tempat ini yang kebetulan butuh diakomodasi.

Baiklah, sesuai dengan judul yang ada, kita kembali ke Photoshop. Membuat Bordir menggunakan Photoshop tidaklah serumit yang kita pikirkan. Mungkin jika Agan/Sis familiar dengan illustrator, kita bisa dengan lebih mudah lagi, namun karena disini tempatnya Belajar Photoshop, maka tutorial yang adapun tentu erat kaitannya dengan Photoshop.

Seperti yang sudah Agan/Sis duga sebelumnya, tentunya kita akan menggunakan banyak layer demi kesempurnaan kerja kita, with further ado.. langsung ajja kita praktekkan cara mudah membuat bordir ini.

Langkah Pertama

Siapkan logo, tulisan atau apapun yang kiranya Agan/Sis ingin rubah ke dalam bentuk bordiran. Kebetulan kami disini tidak menggunakan logo, melainkan font langsung yang ada pada Photoshop. Kami menggunakan lembar kerja berukuran 550x300px dengan resolusi 72px. Setelah lembar kerja baru tadi terbuka, kami menuliskan H dari PSHolic di atasnya menggunakan font Arial berukuran 200pt berwarna Hitam.




Ukuran lembar kerja, jenis font (logo yang digunakan), atau ukuran serta warna font disini hanya gambaran belaka. Silahkan Agan/Sis pake yang Agan/Sis sukai.

Kami akan menurunkan Opacity pada layer H (logo) menjadi transparan, agar Agan/Sis lebih mudah mengikuti tiap apa yang kami sampaikan dalam tutorial ini.


Langkah Kedua

Buat sebuah layer baru di atas layer H (logo), beri nama Bordir.

Dengan menggunakan Line Tool (P), buat sebuah garis menutupi font (logo) kita. Disini, kami membuat garis pada kaki font H sebelah kiri.




Perhatikan gambar di atas (selain shortcut yang selalu kami berikan untuk mengaktifkan tool yang dimaksud) untuk mengetahui dimana letak Line Tool yang kami maksud berada pada Photoshop.

Setelah sebuah garis (line) terbentuk, perbanyak line tersebut dengan menggandakannya. Langkah ini bisa Agan/Sis simpulkan sendiri, entah ingin menggandakan garis atau single line tadi, atau Agan/Sis tempuh cara ini dengan menggandakan layernya, yang nantinya, tentu mesti kita merge agar tidak berantakan hingga mempersulit kita sendiri.



Langkah Ketiga

Sekarang kita telah memiliki logo (font) yang telah berubah menjadi garis-garis. Perlu kiranya agar tiap-tiap ujung/sisi garis-garis yang kita buat menjadi lebih lembut (round edges).

Tambahkan Median Filter dengan cara masuk ke menu Filter > Noise > Median dengan pengaturan 1px.




Langkah Keempat

Masuk ke menu Edit > Transform > Distort, buat perspektif seperti pada gambar di bawah. Jika sudah, tentu Agan/Sis perhatikan bahwa hasil gambar di bawah agak sedikit berbeda dengan apa yang Agan/Sis buat?




Gambar di atas agak sedikit beda dikarenakan telah mengelami sentuhan Filter Liquify, Agan/Sis bisa mengaksesnya dengan mudah menggunakan shortcut Shift + Ctrl + X.


Langkah Kelima

Kita ubah level warna benang (garis/font/logo) yang kita buat menjadi seperti pada gambar di bawah dengan mengakses menu Image > Adjustments > Levels atau dengan menekan tombol Ctrl + L pada keyboard Agan/Sis.



Atur settingannya seperti pada gambar di atas!

Lalu untuk finishing touchnya, silahkan tambahkan shadow pada layer Bordir kita, agar tampak lebih realistis.

Voila! Bordiran kita telah selesai..


Gambar di atas merupakan representtasi akhir dari tutorial Cara mudah membuat Teks Bordir, dan setelah mengalami permak disana-sini, akhirnya tampilan akhirnya akan seperti ini. Enjoy your day!


Tags: , , , ,

Written by

Hanya menjalani lakon yang diberikan Sang Penguasa Semesta. Semoga apa yang ditulis di sini bisa sedikitnya memberikan manfaat tuk kita semua.

A single dot with a single line that inspires feelings, love and cares, emotions, and statements. Kudos!

11 comments:

  1. Disini saya bisa belajar banyak, thanks gan atas ilmunya...

    ReplyDelete

  2. Do not give up on your dreams, dreams give you a purpose in life. Remember, success is not the key to happiness, kebahagiaanlah key to success. Spirit ! Obat Sipilis Di Apotik Ampuh Ampuh

    ReplyDelete
  3. ini oke buat bikin logo ya bang

    ReplyDelete

Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?

 

Photoshop Icon

Holic Posts

Follow by Email

Why to Choose PSHolic?

PSholic terbagi menjadi 3 bagian penting yang harus bisa dieksplor secara keseluruhan dan bukan bagian perbagian. Photoshop Pemula... Photoshop Menengah... Photoshop Mahir... Enjoy!
Copyright © Belajar Photoshop | Designed by Templateism.com