Saturday, July 25, 2015

Smudge Painting (Hard smudge painting)

Share & Comment
Sambil mengurut-urut bagian belakang kepala menggunakan bantal demi menghilangkan kepenatan dan hingar-bingarnya siang hari yang dipenuhi dengan sentakan-sentakan terik mentari membakar asbes tipis sebagai atap, otomatis keringatpun bercucuran tiada tara namun terobati dengan sejuk begitu melihat om Einstein yang seolah-olah dilukis (padahal bukan, red.) yang menjadi sampel untuk postingan kita hari ini. Smudge, Hard Smudge, Hard Smudge Painting.

Dikatakan "painting" disini bukan berarti painting dalam makna yang sebenarnya, menggunakan Brush atawa Kuas (in real life). Maksud painting disini, hanyalah "seperti di lukis", dengan cara "menggosok" menggunakan tool Smudge pada Photoshop kita.

Smudge (R) tool ini layaknya pengganti kuas pada sebuah lukisan. Cara nya? Seperti yang kami singgung sebelumnya.. dengan menggosokkan tool smudge kita perlahan ke tiap bagian foto sehingga nampak seperti sebuah lukisan.

Well.. Untuk mengenal lebih jauh dan mendalam mengenai hal yang sangat berkaitan dengan photo editing yang secara singkat bisa kita katakan, menggunakan teknik gosok yang lebih populer dengan sebutan smudge ini, maka kita akan diperkenalkan dengan dua saudara lama yang selalu ingin saling mendahului ini. Siapa mereka? Perkenalkan, mereka adalah si Soft dan si Hard. Soft Smudge Painting dan Hard Smudge Painting.

Kali ini kita akan menjamah ranah hard terlebih dulu.

Note Pengalih : Untuk melihat postingan kami mengenai Soft Smudge Painting, silahkan buka link berikut ini. Mengapa tidak disini? Ya karena judul postingan ini Hard Smudge Painting, dan bukan Soft Smudge Painting, gampang tokh?!

OK kita lanjut.. Sebenarnya untuk postingan serupa (Hard Smudge Painting), kami sudah sangat sering menyinggungnya di berbagai kesempatan, termasuk beberapa tutorial atau cara pembuatannya, tapi baiklah disini kami akan sedikit memperjelas sehingga kita benar-benar terbiasa dan lalu bisa mencintai apa yang akan kita geluti berikut ini. (Lihat puluhan postingan kami yang bertajuk Burka, serta jangan lupa untuk mengunjungi link pada akhir tulisan ini untuk melihat Tutorial yang kami maksud, red.)


















Bagaimana sebenarnya teknis dari pengejawantahan postingan kita ini? Mudah saja, buka photoshop kita, buka foto yang hendak kita edit sehingga nantinya menyerupai sebuah lukisan (painting), aktifkan (pilih) Smudge (R) tool pada menu melayang di sebelah kiri photoshop kita, lalu mulailah menggosok. Mudah bukan?

Lol.. tapi memang seperti itu Gan/Sis.. tanpa perlu menunggu dan berbingung-bingung ria mengenai hal teknis memusingkan lainnya. Mulai saja, dan jangan lupa untuk menikmati tiap detik dari proses penggosokan foto tersebut! (Y)

Jika memang tulisan ini membuat gundah dan lalu pada akhirnya memancing rasa penasaran kisanak semua yang kebetulan masuk atau terlempar tanpa sengaja masuk dan jatuh di laman kami ini, di blog psholic kita tercinta yang beberapa dekade belakangan ini sempat menghilang entah kemana rimbanya, maka.. Silahkan panjeneungan semua baca cara membuat foto seperti dilukis atau teknik Smudge Painting ini pada dua tulisan berikut;
1. Tutorial Hard Smudge Painting - Old Pipe
2. Tutorial Hard Smudge Painting - Biola
Selamat menikmati hidangan ala-kadarnya dari kami.. Semoga membuahkan manfaat untuk kita semua. Sekian dan terimakasih.


Tags: , , , , , , , , , ,

Written by

Hanya menjalani lakon yang diberikan Sang Penguasa Semesta. Semoga apa yang ditulis di sini bisa sedikitnya memberikan manfaat tuk kita semua.

A single dot with a single line that inspires feelings, love and cares, emotions, and statements. Kudos!

0 comments:

Post a Comment

Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?

 

Photoshop Icon

Holic Posts

Follow by Email

Why to Choose PSHolic?

PSholic terbagi menjadi 3 bagian penting yang harus bisa dieksplor secara keseluruhan dan bukan bagian perbagian. Photoshop Pemula... Photoshop Menengah... Photoshop Mahir... Enjoy!
Copyright © Belajar Photoshop | Designed by Templateism.com