Saturday, July 25, 2015

Smudge Painting (Hard smudge painting)

Share & Comment
Dikatakan "painting" disini bukan berarti painting dalam makna yang sebenarnya, menggunakan Brush atawa Kuas (in real life). Maksud painting disini, hanyalah "seperti di lukis", dengan cara "menggosok" menggunakan tool Smudge pada Photoshop kita.

Tool smudge ini layaknya sebagai pengganti kuas pada sebuah lukisan. Cara nya? Seperti yang kami singgung sebelumnya.. dengan menggosokkan tool smudge kita ke tiap bagian foto sehingga nampak seperti sebuah lukisan.

Secara singkat saja, teknik smudge ini terbagi dua. Soft dan Hard. Kali ini kita akan menjamah ranah hard terlebih dulu.

Untuk melihat postingan kami mengenai Soft Smudge Painting, silahkan buka link berikut ini.

OK kita lanjut.. Sebenarnya untuk postingan serupa (hard smudge painting), kami sudah sangat sering menyinggungnya di berbagai kesempatan, tapi baiklah disini kami akan sedikit memperjelas sehingga kita benar-benar terbiasa dan lalu bisa mencintai apa yang akan kita geluti berikut ini.

Bagaimana sebenarnya teknis dari pengejawantahan postingan kita ini? Mudah saja, buka photoshop kita, buka foto yang hendak kita edit sehingga nantinya menyerupai sebuah lukisan (painting), aktifkan (pilih) Smudge tool pada menu melayang di sebelah kiri photoshop kita, lalu mulailah menggosok. Mudah bukan?

Lol.. tapi memang seperti itu Gan/Sis.. tanpa perlu menunggu dan berbingung-bingung ria mengenai hal teknis memusingkan lainnya. Mulai saja, dan jangan lupa untuk menikmati tiap detik dari proses penggosokan foto tersebut! (Y)

Berikut ini beberapa sampel serta video bagaimana Smudge Painting, terutama Hard Smudge Painting terjadi.


















Berikut video tutorialnya agar Agan/Sis lebih mudah memahami apa yang sebenarnya terjadi.

Tags: , , , , , , , , , ,

Written by

Hanya menjalani lakon yang diberikan Sang Penguasa Semesta. Semoga apa yang ditulis di sini bisa sedikitnya memberikan manfaat tuk kita semua.

A single dot with a single line that inspires feelings, love and cares, emotions, and statements. Kudos!

4 comments:

Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?

 

Photoshop Icon

Holic Posts

Follow by Email

Why to Choose PSHolic?

PSholic terbagi menjadi 3 bagian penting yang harus bisa dieksplor secara keseluruhan dan bukan bagian perbagian. Photoshop Pemula... Photoshop Menengah... Photoshop Mahir... Enjoy!
Copyright © Belajar Photoshop | Designed by Templateism.com