Thursday, January 28, 2016

Tutorial Soft Smudge Painting

Share & Comment
Hola selamat good day! 3 langkah mudah yang perlu kita perhatikan dalam membuat rekayasa photo kita menjadi seperti dilukis. Kali ini masih seputar "seperti dilukis" yang berjenis soft. Hmm.. bahasa yang acak kadut as always.. aah sudahlah.. karena memang seperti itu selalu.. lol.

Kita sudah sangat mengenal apa itu Smudge Painting, baik yang soft maupun yang hard.. atau apalah sebutannya, 3D smudge, painting look, 2D, 3B, pasal 378 atau apalah.. sing penting, sing koyok ngono.. wesss.. beres! Jadi kita tidak berbelit-belit mengulang ulasan tersebut kembali dalam postingan ini. Bagi yang kebetulan belum menyimak, gampang.. ea simak dari awal blog ini dibuat.. hehee.. piss..

Disini kami hanya sekedar mengulas hal ini secara lebih singkat padat dan tidak mengena.. halah.. karena kini kita berhadapan dengan photo-photo yang low-ress alias gag enak diliat secara kualitas. Ea mungkin karena sumber atawa alat jepretnya, atau karena jari yang ngejepretnya belum cebok, terserah.. sing penting, photo dengan hasil burem-burem gimana gitu.. wee.. ea poko'e ngono lah.. langsung ajja di geber, om (Y) <<< (icon jempol di pesbuk).


Mengolah stock lowress menjadi Smudge Painting (Soft Smudge Painting).


1. Sebelum digosok (smudge) :

a. Duplikat foto lalu diberi efek hi-pass.
b. Pada layer baru, gambar daerah T pada wajah sebagai bantuan jika langkah c dan d nanti masih dirasa kurang memadai.
c. Mainkan level dan curves agar line pada foto terangkat dan tegas terlihat, jika perlu, mainkan juga Adjustment Shadow/High Lightnya.
d. Beri filter paintdaubs, disini saya mengisi 2/40, karena menurut saya, semakin tinggi Sharpnessnya (40), walaupun akan terlihat sangat kotor untuk sementara, akan menghasilkan smudge yang lebih baik.

2. Ketika menggosok (smudge) :

a. Pergunakan brush Deardroff, jika belum punya, download di sini, gratis!
b. Buat layer baru di atas layer foto, centrang Sample All Layers ketika kita mengaktifkan tool smudge.
c. Gosok pada layer kosong tersebut hingga semua area tersapu.
d. Ikuti alur pada wajah agar gosokan kita tidak berantakan saling senggol antara warna satu dengan lainnya.
e. Jika kita menginginkan agar warna lebih cepat merata, gunakan juga Brush dengan mengaktifkan pickercolor, untuk mengambil sampel warna yang ada pada area yang kita inginkan, tidak perlu pindah atau membuat layer baru, cukup pada layer smudge, kita sapukan brush dengan warna terpilih sampai merata, kemudian gosok kembali menggunakan smudge.

3. Finishing :

a. Tambahkan Dodge dan Burn secukupnya. Lalu perkuat warna foto kita dengan memainkan Level dan atau Curves pada adjustment layer.
b. Mainkan juga Hue/Saturations jika diperlukan.
c. Tambahkan BG lalu samakan warnanya dengan bantuan Color Balance.

Done!

Contoh hasil Soft Smudge Painting.. 

















Semoga Tutorial Soft Smudge Painting ini bisa bermanfaat untuk kita semua para penggila "seolah-olah lukisan" yang semakin marak di blantika photo editing dewasa ini. Bagi yang berminta untuk membaca tulisan ini dalam bahasa Inggris! Monggo dipersilahkan dengan amat sangat untuk mengunjungi dan menikmati hidangan ala-kadarnya yang disajikan disana secara prasmanan. Terimakasih.

Tags: , , , , , , ,

Written by

Hanya menjalani lakon yang diberikan Sang Penguasa Semesta. Semoga apa yang ditulis di sini bisa sedikitnya memberikan manfaat tuk kita semua.

A single dot with a single line that inspires feelings, love and cares, emotions, and statements. Kudos!

2 comments:

  1. gan cara bikin rambutnya donk.. klo bisa mulai dari penggunaan brushnya sampai setting palet brushnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di video2 terbaru saiia yang digital painting kebetulan saiia pake cara bikin rambut sama dengan soft smudge ini.. silahkan cek di channel nya langsung..

      https://www.youtube.com/c/genialbutuhsomay

      terimakasih.

      Delete

Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?

 

Photoshop Icon

Holic Posts

Follow by Email

Why to Choose PSHolic?

PSholic terbagi menjadi 3 bagian penting yang harus bisa dieksplor secara keseluruhan dan bukan bagian perbagian. Photoshop Pemula... Photoshop Menengah... Photoshop Mahir... Enjoy!
Copyright © Belajar Photoshop | Designed by Templateism.com