Friday, March 25, 2016

Belajar menggambar bersama psholic

Share & Comment
Selamat pagi selamat siang selamat sore, selamat malam en selamat pagi lagi. Hmm.. Postingan Belajar menggambar bersama PSHolic ini masih bersifat BETA.. karena masih mempertimbangkan banyak aspek yang harus dibenahi terlebih dulu, misalnya kami mesti menghapus link video di bawah karena pemecatan tiba-tiba oleh pihak-pihak yang bersangkutan dan lain sebagainya.

Namun memang tiada yang lebih menyenangkan jika pada saatnya nanti, semua itu akan kembali seperti semula, untuk persoalan kapannya, itu yang tidak bisa kami berikan jaminan, karena sampai beberapa bulan tulisan ini turunpun, kami masih belum tahu solusinya.

Forget about it! Kita kembali pada pembahasan yang menurut kami lumayan penting ini. Menggambar secara Digital atau yang lebih familiar kita kenal dengan sebutan Digital Painting atau DigiPaint. Menggambar secara digital menggunakan mouse, bukan pen dan sebagainya, hanya Tetikus biasa.

Pada awalnya karena materi ini tergolong istimewa di mata kami pribadi, kami sebenarnya sangat ingin memberikan tempat khusus untuk hal ini, namun apalah daya, baru setelah sekian tahun berPhotoshop ria, baru kali ini kita bisa kesampaian belajar bersama di blog tercinta kita ini.

Semua masih perlu diperhitungkan dengan seksama, karena masih belum bisa mengalir laiknya air di sungai. Hal ini masih sangat baru untuk kami di psholic. Semua -jujur saja- masih dalam proses belajar.. mungkin itu juga salah satu penyebab kenapa kami lama sekali menghilang dan baru bisa kembali muncul beberapa hari belakangan ini.

Digital Painting

Beberapa waktu lalu, kami pernah secara langsung menyinggung tema satu ini. Jika Agan/Sis masih ingat, saat itu kami memberikan contoh sebuah gambar motor Ducati pada postingan kami yang berjudul Digital Painting - Ducati. Hmm.. gag berasa, ternyata itu sudah lama juga ea.. hehee..

Kami juga pernah memberikan step-by-step bagaimana menggambar ketika blog ini baru pertama kali berdiri pada postingan Digital Painting - Buto Ijo (Kurus) dan Digital Painting - Buto Ijo (Gemuk) serta banyak lagi postingan terkait mengenai Cara menggambar Digital yang perlu kami tekankan sekali lagi, bahwa semua hasil DigiPaint kami di sini terselesaikan keseluruhannya hanya bermodalkan mouse biasa.

Inti dari menggambar sebenarnya sangat simpel jika kita lihat dari sudut pandang tertentu, yakni Pewarnaan (pernah kami singgung secara singkat di Digital Painting - Lucy Li, red.). Yupp.. proses menggambar baik itu Digital atau Manual sebenarnya merupakan proses mengumpulkan dan lalu menyatukan warna demi warna hingga membentuk sebuah bentuk baru dari kumpulan warna-warna tersebut.

Pada Digital Painting - Lucy Li, kami sempat menyebutkan bahwa diantara banyaknya teknik pewarnaan pada digital painting yang tentunya masing-masing memiliki tingkat kesulitan dan point of view menarik yang berbeda-beda tersebut, adalah Value/Grayscale. Kebetulan sekali tokoh favorit kami untuk teknik ini adalah akang DC Tattoo. Seorang seniman tattoo yang kemampuan gambar Photoshopnya melalui video-video time lapse nya sangat membuat breathtaking.

Teknik seperti ini sebenarnya cocok untuk mereka yang tengah dikejar-kerjar hansip karena ke gep ML di kebon deadline. Eksekusi untuk sebuah ilustrasi lebih efisien karena tidak diperlukan blocking warna bagian-per-bagian. Teknik yang mengandalkan hanya pada tone Hitam dan Putih yang jika seudah komplit semua warna Hitam Putih tersebut turun, baru diwarnai menggunakan Layer Overlay/Softlight/Multiply dan lain-lain. Untuk lebih detilnya, selain Lucy Li tadi, kakanda/dinda prabu bisa lihat juga di postingan no. 6 yang ada pada note di bawah. Tutorial menggambar Digital menggunakan Tetikus.

Note : Postingan Tutorial Digital Painting terkait lainnya:
1. Digital Painting - Ducati
2. Digital Painting - Buto Ijo (Kurus)
3. Digital Painting - Buto Ijo (Gemuk)
4. Panduan Digital Painting untuk Pemula
5. Digital Painting - Parabiosis
6. Tutorial menggambar Digital dengan Mouse
7. Belajar Digital Painting (Extended)

Now, you know what I mean?
Tags: , , , , , , , ,

Written by

Hanya menjalani lakon yang diberikan Sang Penguasa Semesta. Semoga apa yang ditulis di sini bisa sedikitnya memberikan manfaat tuk kita semua.

A single dot with a single line that inspires feelings, love and cares, emotions, and statements. Kudos!

0 comments:

Post a Comment

Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?

 

Photoshop Icon

Holic Posts

Follow by Email

Why to Choose PSHolic?

PSholic terbagi menjadi 3 bagian penting yang harus bisa dieksplor secara keseluruhan dan bukan bagian perbagian. Photoshop Pemula... Photoshop Menengah... Photoshop Mahir... Enjoy!
Copyright © Belajar Photoshop | Designed by Templateism.com