Saturday, April 8, 2017

Belajar Menggambar Digital

Share & Comment
Masih mengangkat tema yang belum mau bergerak dari coret-mencoret secara digital atau yang biasa dikenal dengan sebutan Digital Painting. Nicole Neal kembali menjadi referensinya, bisa kita lihat bersama pada gambar di bawah, seorang cewek cantik tanpa sehelai benangpun melekat di badannya. Mungkin jika gambar tersebut foto, kami akan sedikit kena masalah, meskipun pernah denger-denger.. walau hanya gambar (bukan foto seperti gambar di bawah), tetap bisa terjaring masalah.

Tentunya bukan tanpa maksud kami kembali memasukkan foto tersebut disini, hingga akhirnya nanti menimbulkan problem. Ahh.. sudahlah..

Seperti halnya Nicole Neal yang tempo hari kami masukkan di blog ini, kembali kali ini tokoh tersebut menjadi sampel untuk mengejawantahkan bagaimana sebenarnya yang dimaksud dengan menggambar secara digital, menggambar menggunakan Photoshop, dengan Brush (B) sebagai tool utamanya sudah barang tentu, dan bukan tools yang lain.

Seperti yang pernah kami singgung sebelumnya, bahwa dalam hal inipun kita sudah terlebih dulu ditakut-takuti dengan berbagai syarat yang mesti dimiliki seorang artis -- katakanlah demikian jika tidak ingin menggunakan kata seniman digital lainnya, mesti inilah mesti itulah terlebih dulu.

Hmm.. Come on man! Gag usah peduli sama yang kayak gitu. Langsung ajja coret lembar kerja baru kita di Photoshop menggunakan Brush, bukan tools yang lain. Tuangkan imajinasi Agan/Sis disana. Jangan perdulikan bagaimana hasilnya. Get used to it! Mulai dan biasakanlah! Hanya itu sebenarnya the major key to get it done!

Nicole Neal versi besarnya..


Warna Skin/Kulit

Untuk 'Kulit', jika Agan/Sis merasa kebingungan dan terutama menjadi pusing setelah mencari di internet dan lalu mendapati pattern-pattern skin yang njlimed bikin otak buyar, hmm.. ada baiknya Agan/Sis save gambar di samping.

Tampak simpel dan sangat ringan dalam menterjemahkannya, tidak perlu gerah karena urat di kepala bertonjolan pada keluar sebab pola-pola skin yang didapat di internet sana. Kuncinya adalah.. Agan/Sis punya satu warna. Just ONE single color. Use it as a midtone! Warna yang kita dapat tadi (yang kita inginkan), jadikan sebagai Midtone, lalu tinggal cari Highlight serta Shadownya.

Begitulah yang bisa diterjemahkan dari 'Kulit' yang biasa kami pergunakan pada gambar di atas. Tinggal nanti detailnya, biarkan menyusul seiring mengalirnya kemampuan menggunakan Brush dengan tetikus (mouse, bukan pen tablet dan sebagainya). One thing in mind.. menggambar itu mudah dan menyenangkan. Cheers!

Tags: , , , , , , , , ,

Written by

Hanya menjalani lakon yang diberikan Sang Penguasa Semesta. Semoga apa yang ditulis di sini bisa sedikitnya memberikan manfaat tuk kita semua.

A single dot with a single line that inspires feelings, love and cares, emotions, and statements. Kudos!

0 comments:

Post a Comment

Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?

 

Photoshop Icon

Holic Posts

Follow by Email

Why to Choose PSHolic?

PSholic terbagi menjadi 3 bagian penting yang harus bisa dieksplor secara keseluruhan dan bukan bagian perbagian. Photoshop Pemula... Photoshop Menengah... Photoshop Mahir... Enjoy!
Copyright © Belajar Photoshop | Designed by Templateism.com