Thursday, April 27, 2017

Tutorial Hard Smudge Painting (Versi 2)

Share & Comment
Judul asli tulisan ini sebenarnya adalah HARD SMUDGE PAINTING - Biola Maut, bisa didapatkan pada laman Download dalam bentuk PDF. Silahkan cek laman tersebut untuk mendapat tutorial-tutorial lainnya yang berkaitan dengan Photoshop, atau.. untuk lebih jelas dan mendetilnya, silahkan Agan/Sis baca terlebih dulu tulisan pendahulu dari tutorial versi 2 ini, yakni Tutorial cara membuat foto seperti dilukis dengan cermat.. baru membaca tulisan ini sebagai pelengkapnya. terimakasih.

Assalaamu’alaikum warohmatulloohii wabarokaatuh. Wahai Agan/Sis semua, akhirnya kita kembali berkesempatan tuk berjumpa dalam pembahasan yang sekiranya sudah sangat dimafhumi. However.. psholic tetap senang jika bisa share secara langsung disini mengenai hal tersebut, terutama ini terjadi sambil mendengarkan Lars Ulrich yang freaked-out melihat telapak tangan David Blaine ditusuk sampai tembus menggunakan 'pemecah es' di acara Scavlan 2016 lalu.

Yupp.. namun psholic tidak akan berpanjang lebar mengenai kejadian atau show tersebut secara keseluruhan dan mendetil, namun sebaiknya.. kita kembali pada pembahasan utama kita saja yakni,  "Cara membuat foto kita terlihat seperti dilukis".. atau yang biasa kita kenal, smudge painting, dalam hal ini.. Hard smudge painting.

Agan/Sis sebel gag sii kalo kebetulan baca tutor (terutama yang berbahasa gringo) manakala mereka bilang “now smudge your layer” tanpa tau tutor tertulisnya yang ngejelasin “gimana caranya nye-mudge serta settingan-settingan pastinya” soal hal tersebut?

Well.. after reading this guide, this almost complete guide.. hope you will no longer have problems with that kinda thing, just apply the stuffs I will tell you in this tutorial..

Beuhhh.. macam mana itu bahasaaa.. lol.

First thing first.. kami, psholic, akan berusaha menjelaskan secara simpel bin singkat mengenai dasar-dasar Smudge tool (R). Baru setelah itu kami akan menunjukkan beberapa settingan Smudge yang biasa kami pergunakan dalam menerapkan tekhnik Hard Smudge Painting ini. Mungkin akan banyak ditemukan perbezaan di sana/i dengan yang biasa Agan/Sis pakai.. but that’s it.. this is our way.. adalah hal yang lumrah jika memang berbeda, bukan?

Smudge tool (R)

Sebelum kita memulai, mari kita bahas sedikit apa dan bagaimana sebenarnya Smudge tool (R) pada Photoshop itu. Jika Agan/Sis membuka dan lalu membaca Tutorial aslinya dalam bentuk PDF di laman Download seperti yang tadi kami singgung, Agan/Sis akan melihat terdapat sebuah gambar di 'langkah' ini. Hmm.. Garis warna-warni pada gambar tersebut menunjukkan tool Smudge yang akan kita pergunakan, atau kita bisa langsung memilihnya dengan menekan tombol R pada kibor kita.

Untuk pengisian Strength pada menu navigasi di bagian atas menu pada Photoshop, Agan/Sis bisa isikan dengan persentase tinggi, karena kita akan membuat Hard version of smudge. Jika Agan/Sis mampu menghandle 100%, monggo.. kami terbiasa di angka 97, jadi kami masukkan angka tersebut pada kolom Strength.

Note : Gosokan (smudge) dengan strength yang berbeda, akan menghasilkan output yang juga berbeda.

Tutor ini akan kami bagi 3 termin besar yang selalu kami lalui dan demi mempermudah penjelasan dalam bentuk tertulis seperti ini.

Enjoy the ride, fellas!


Lihat Tutorial Hard Smudge Painting - Biola Maut..
Tahap Pertama (sebelum di gosok/smudge)
Tonal Correction

1. Duplikat foto lalu beri efek Hi-pass.
2. Mainkan Level dan Curves agar line pada foto dapat terangkat dan tegas terlihat, jika perlu.. mainkan juga Adjustment Shadow/High-Lightnya.
3. Beri filter Paintdaubs, disini kami mengisi 2/40 atau yang menurut Agan/Sis paling asoy. Perlu diingat, semakin tinggi sharpness nya, akan semakin terlihat kotor gambar kita nantinya, jika mata Agan/Sis tidak bermasalah dengan itu, silahkan pakai angka tersebut, jika memang bermasalah, ea jangan.. gampang ajja (Y).
4. Pada layer baru (buat layer baru/kosong), gambar daerah T pada wajah sebagai bantuan jika langkah sebelumnya (1,2 & 3) dirasa masih kurang memadai.
5. Lihat video agar lebih jelasnya.


Tahap kedua - Ketika menggosok (Smudge)
Smudge Painting

1. Pergunakan brush bawaan Photoshop, disini kami menggunakan Brush Thick Heavy 104.
2. Buat layer baru di atas layer foto yang telah kita perbaiki pewarnaannya tadi (langkah pertama). Centrang “Sample all layers” ketika kita telah mengaktifkan tool Smudge (R).
3. Gosok pada layer kosong tersebut hingga semua area tersapu, lihat video agar lebih jelasnya.. juga.. perhatikan ilustrasi berikut..


Tips : Ikuti alur pada wajah atau tiap bagian dari gambar yang kita gosok agar tidak berantakan saling senggol antar warna satu dengan warna lainnya. Sing sabar yoo Gan/Sis. (Y).


Finishing

1. Perkuat warna foto kita dengan memainkan Level dan Curves pada adjustment layer.
2. Mainkan juga Hue/Saturations jika diperlukan.
3. Tambahkan background jika memang sudah kita siapkan. Untuk penambahan background, usahakan sesuaikan tone nya dengan warna utama pada foto atau editan kita agar ciamik dan enak dipandang (perspektif belaka sii.. :p)
4. Kerahkan segala kemampuan Photoshop manipulation kita demi mempercantik hasil akhir dari Smudge Painting kita seperti pemberian warna yang berbeda, pernak-pernik yang menunjang, aksesoris pilihan yang disesuaikan dengan tampilan dan keperluan kita.
5. Padu padan kan warna/tone secara keseluruhan.
6. Untuk bagian rambut.. silahkan mengeksplor semua yang kita bisa, semua pengetahuan kita akan hal tersebut.

Hasil akhir..

Tags: , , , , , , , , , ,

Written by

Hanya menjalani lakon yang diberikan Sang Penguasa Semesta. Semoga apa yang ditulis di sini bisa sedikitnya memberikan manfaat tuk kita semua.

A single dot with a single line that inspires feelings, love and cares, emotions, and statements. Kudos!

0 comments:

Post a Comment

Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?

 

Photoshop Icon

Holic Posts

Follow by Email

Why to Choose PSHolic?

PSholic terbagi menjadi 3 bagian penting yang harus bisa dieksplor secara keseluruhan dan bukan bagian perbagian. Photoshop Pemula... Photoshop Menengah... Photoshop Mahir... Enjoy!
Copyright © Belajar Photoshop | Designed by Templateism.com