Thursday, May 11, 2017

Berkenalan dengan ArtRage

Share & Comment
Hai Gaes.. Setelah belum lama ini kita membahas mengenai Digital Painting itu bukan Seni, kini kita akan sedikit mengupas mengenai software gambar selain Photoshop yang sudah sering muncul di laman ini sambil mengunyah cemilan kita dan menyaksikan prank demi prank yang dilancarkan #EllenDegeneres di EllenTv dot kom namun tangan tetap konsen pada tetikus yang akan kita pergunakan untuk Menggambar menggunakan ArtRage.

Mungkin Agan/Sis tidak menginginkan cat bertumpahan di baju, debu beterbangan ikut merusak kanvas serta rintangan-rintangan lain yang kerap kali kita temui ketika kita melukis secara manual menggunakan kuas serta kanvas.

Mungkin Agan/Sis melakukannya bukan karena alasan yang baru saja kami singgung, mungkin karena memang Agan/Sis sekalian hanya ingin menggambar atau melukis secara digital.. Wokehhh.. selain Photoshop, kita juga bisa menggunakan ArtRage.

Kanvas.. memang tetaplah diperlukan, hanya saja kali ini ukurannya hanya sebesar layar desktop kita masing-masing. Inilah kelebihan Menggambar secara Digital, termasuk software ArtRage yang mulai akan kita bahas ini. ArtRage, seperti halnya Photoshop, didedikasikan agar kita bisa menuangkan imajinasi kita dalam bentuk-bentuk gambar atau lukisan manual ke dalam bentuk digital.


  • Lisensi : Shareware
  • Vendor : Ambient design Ltd. www.artrage.com
  • Persyaratan : Mac OS X, Ipad and Windows
  • Kelebihan : Mudah digunakan oleh baik Pemula, Menengah maupun Mahir.
  • Kekurangan : Kualitas pixel kurang maksimal.

Seperti halnya Photoshop, perangkat melukis yang versi portablenya cukup ringan dengan fitur-fitur seperti cat air dan cat minyak, bisa kita jumpai dalam ArtRage. Agan/Sis pun bisa menggunakan referensi seperti foto yang akan kita lukis dan lalu -menempelkan- gambar atau photo tersebut dalam lembar kerja ArtRage kita.

Mungkin kita sebagai pemula, masih agak kesulitan dalam menggunakan software ini, maka untuk mencontoh model, dan melukis agar bisa menyerupai referensi kita tersebut, Agan/Sis bisa menggunakan menu Trace dengan mudah dengan stok foto atau gambar yang hendak kita tiru diletakkan tepat pada lembar kerja kosong kita tersebut.

Sambil terus meraba semua fitur dan mulai menggambar di ArtRage, Agan/Sis bisa juga sesekali menengok Viewfruit, jangan lupa untuk bergabung bersama kami, lumayan menyenangkan loh!

Back to topic! Lihat dan perbesar gambar di atas, gambar tersebut kami buat menggunakan ArtRage portable yang biasa kami pakai. Mungkin awal-awal komputer ada, Agan/Sis menggunakan Paint, lalu CorelDraw serta Photoshop, kali ini kita perkaya alat gambar digital kita satu lagi dengan software yang memiliki -lumayan- lengkap fitur-fiturnya, seperti ; Oil Brush, Crayon, Watercolor, Pensil dan lain-lain.

Tanpa pen atau tablet seperti Wacom dan sebagainya, kami masih tetap menggambar semua yang ada pada blog ini secara Digital menggunakan Tetikus atawa Mouse PC biasa. Memang sangat menantang dan memerlukan latihan serta kesabaran yang cukup untuk menghasilkan gambar seperti yang Agan/Sis lihat di atas.

Masih menganggap bahwa Digital Painting itu bukan Seni?


Tags: , , , , , , , , , ,

Written by

Hanya menjalani lakon yang diberikan Sang Penguasa Semesta. Semoga apa yang ditulis di sini bisa sedikitnya memberikan manfaat tuk kita semua.

A single dot with a single line that inspires feelings, love and cares, emotions, and statements. Kudos!

0 comments:

Post a Comment

Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?

 

Photoshop Icon

Holic Posts

Follow by Email

Why to Choose PSHolic?

PSholic terbagi menjadi 3 bagian penting yang harus bisa dieksplor secara keseluruhan dan bukan bagian perbagian. Photoshop Pemula... Photoshop Menengah... Photoshop Mahir... Enjoy!
Copyright © Belajar Photoshop | Designed by Templateism.com