Wednesday, May 10, 2017

Digital Painting bukan Seni

Share & Comment
Menjawab berbagai keresahan yang bermunculan di kalangan muda-mudi hayahhh.. mengenai keabsahan Digital Painting yang mulai dipertanyakan tingkat keabsahan seninya, yang sebenarnya kekhawatiran ini bukanlah barang baru di kalangan Painter secara Digital atau pekerja seni Digital lainnya yang kerap kali diberondong dengan pertanyaan sejenis.. Digital Painting itu Seni atau Bukan?

Hmm.. prolog yang cukup menggiurkan bukan. Ckckckck.. menjelang Ramadhan di tahun cantik 2017 ini, jangan pernah lupa untuk menenggak kopi serta rokok di selipan jemari Agan/Sis sekalian, jika perlu, jangan lepaskan mata Agan/Sis dari #KieraCameron dengan slim-suit masa depannya yang sophisticated tersebut berjumpalitan di udara kosong menghindari serangan maut Travis Liber8 Verta nan sangar. Sebelum makin lama makin ngawur en gag nyambung.. ada baiknya kita..

Back to the topic. Mungkin kira-kira, pertanyaan ringannya jika bisa dipersempit adalah seperti komentar beberapa kolega.. “Digital painting mah bukan seni, digambar atau dilukis secara manual, itu baru yang dibilang seni!" Kira-kira yang menyerupai seperti itulah atau yang penyataan nyinyir lainnya yang sekiranya tidak perlu kami tampilkan disini.

Untuk merespon ungkapan-ungkapan kritis menggelitik seperti itu, jangan langsung ambil langkah kalap membabi-buta dan lalu melempar sekuat tenaga mouse yang kebetulan kita pegang ke kepala siapapun yang terdekat di sekitar kita. Mbok ea sing kalem. Buka-buka kembali memori kita, ubek-ubek semua yang pernah kita dapat mengenai apa dan bagaimana sebenarnya sesuatu itu dikategorikan seni atau art seperti yang orang banyak inginkan.

Jangan tanggung-tanggung jika ingin berperang, perkuat alut-sista, perbanyak peluru di magazine kita, buat sejernih mungkin meth yang kita cooked sebelum akhirnya dihidangkan kepala pelanggan yang rela merogoh kocek sedalam-dalamnya karena Blue Color yang mentereng di produk kita tersebut, jangan lupa untuk memberi kredit sebanyak-banyaknya pada #Heisenberg yang bersemayam di tanah basah pekuburan kali-jodoh. Beuhhh.. makin ngawur!

Pelajari content..
Jika menilik pandapat beberapa ahli terkemuka mengenai pembuatan meth terbaik se-meksiko hal bersangkutan.. Agan/Sis bisa sedikit bernafas lega dan perlu menrenunginya lebih dalam lagi hingga ngelotok di kulit kepala kita yang sudah di sobek-sobek beruang Grizzly serta panah-panah beracun milik suku Chihuahua yang murka karena lahannya digarong kebo bule. Ckckckck.. yang nulis mabok! :D


Ensiklopedi Indonesia

Definisi berikut penjelasan ringan mengenai Seni menurut kamus Ensiklopedia Indonesia ini, sangat menohok. Dikemukakan disana, bahwa yang terkait dengan Seni tersebut merupakan 'ciptaan dari segala hal,' yang karena keindahannya orang senang untuk melihat ataupun mendengarkannya. Well.. jika ditambah dari sisi bahasa, akar kata Seni yang ternyata berasal dari bahasa Belanda (lebih dekat pada Perancis menurut kami pribadi, red.) yaitu “genie”, yang bahasa Latinnya adalah “genius."

Voila! Kemampuan luar biasa yang kita miliki sejak lahir yang hemat kami juga merupakan ciri kejeniusan seseorang (tidak lagi berpatokan pada IQ, melainkan EQ) yang tentunya dimiliki sejak lahir. Sayangnya jenis-jenis kejeniusan inipun memang berbeda-beda pada tiap orang.

Jika masih kurang puas dan ingin mengutak-atik secara lebih mendalam.. monggo.. tengok dengan kaca-mata tauhid, maka tanpa memaksakan hal ini secara deifinitif, alangkah sangat terbukanya jika kita sampai pada.. Seni merupakan ungkapan dari perasaan sang pencipta yang disampaikan untuk yang dicipta (kita sebagai makhluk-Nya, red.) yang tentunya, dengan pengetahuan ini diharapkan adanya upaya kita sebagai si lemah bisa merasakan apa yang juga dirasakan sang Maestro


Ki Hajar Dewantara

Menurut Bapak Pendidikan kita yang karya-karyanya sudah sangat dianulir oleh dunia pendidikan kita sendiri di Indonesia ini, Seni merupakan hasil dari keindahan yang baik secara sadar maupun tidak, menelusup ataupun menghantam tepat di dada, mampu membuncah rasa seseorang mengenai keindahan itu sendiri. Oleh karenanya, perbuatan manusia yang sekiranya bisa memberikan pengaruh (baik, tentunya, red) dalam menumbuhkan perasaan yang indah itulah seni. Imbuhnya lagi secara gamblang, Seni dapat kita temui melalui intisari ekspresi berbagai kreatifitas manusia.

Katakanlah jika Seni memang sangat sulit untuk diungkapkan, rentan untuk dijelaskan juga sulit untuk dinilai, bahwa setiap individu artis memilih sendiri parameter yang menuntunnya dalam pekerjaannya dan lalu mewujud dalam sebuah sistem yang koheren, yang mampu menjalankan roda komunikasi dengan sangat efektif dan tentunya menjadi lebih universal.. masuk di berbagai kalangan.

Seni -sama halnya dengan cinta- (mulai dah.. hhh) sangat sulit untuk dijelaskan dan juga sulit dinilai. Bahwa masing-masing individu artis memilih sendiri peraturan dan parameter yang menuntun cara dan hasil kerjanya terwujud dalam bentuk hasil karya yang nyata. Walhasil.. Manipulation Art, Photoshop Iconic, Smudge, baik itu Soft maupun Hard, Digital Painting, serta Digital Art lainnya, sangatlah fit untuk masuk dalam kategori Seni, tanpa memperdulikan outputnya nanti akan disukai atau dibenci oleh para penikmat.. itu lain cerita kawan!

Masih berpikir bahwa Digital Painting itu bukan Seni?

Tags: , , , , , , ,

Written by

Hanya menjalani lakon yang diberikan Sang Penguasa Semesta. Semoga apa yang ditulis di sini bisa sedikitnya memberikan manfaat tuk kita semua.

A single dot with a single line that inspires feelings, love and cares, emotions, and statements. Kudos!

0 comments:

Post a Comment

Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?

 

Photoshop Icon

Holic Posts

Follow by Email

Why to Choose PSHolic?

PSholic terbagi menjadi 3 bagian penting yang harus bisa dieksplor secara keseluruhan dan bukan bagian perbagian. Photoshop Pemula... Photoshop Menengah... Photoshop Mahir... Enjoy!
Copyright © Belajar Photoshop | Designed by Templateism.com