Sunday, June 18, 2017

Belajar cepat Digital Painting

Share & Comment
Beberapa saat yang lalu, kami terhenyak dengan banyaknya artikel dengan tagline seperti ini. Cara cepat ini, cara cepat itu, cara mudah ini, cara mudah itu. Tiada yang mesti disalahkan, tak ada pula yang menudingkan sesuatu pada seseorang lainnya dikarenakan maraknya hal seperti ini. Kami rasa wajar adanya jika tiap manusia ingin sesuatu. Manusia memang dibekali dengan keinginan dan kemauan, hasrat, passionate, kegemaran dan seterusnya. Ingin ini, ingin itu dan sebagainya.

Digital Art by psholic

Lucu juga. Sambil ditemani oleh segelas kopi hitam panas serta beberapa batang rokok yang gas pada koreknya hampir mencapai bagian dasar dari tempatnya, berikut pula dengan hadirnya si cantik seksi yang selalu membuat kleyengan kepala, nona Scarlett J. di The Island, kami ingin sedikit berbagi cerita mengenai proses penguasaan Digital Painting ini atau yang banyak orang bilang, Mastering the art of Digital Painting.

Info : Benarkah Digital Painting itu bukan Seni

Tidak ada itu yang namanya instan. Tidak ada itu yang namanya cling.. langsung jadi, karena yang seperti itu bukan kuasa manusia. Kita sebagai manusia, cukup berterimakasih dan bermain di ranah proses. Oleh karena itu, yang patut dicintai, yang patut dinikmati dan bahkan yang patut di nilai sebagai sesuatu yang tinggi itu bukan output, hasil atau apapun kata yang kita pergunakan untuk menggambarkan keadaan tersebut.

Biasanya, itulah kesalahan pertama dan utama kita sebagai manusia dalam menyikapi segala sesuatu. Ingin selalu cepat dan walhasil kehilangan 'rasa' selama prosesnya terjadi dan berlangsung.. yang akhirnya.. kita akan kehilangan sudut pandang terhadap sesuatu atau bahkan parahnya, salah kaprah dalam menyikapi sesuatu tersebut. Memang betul tidak ada hukum baku dalam hal ini, namun tentunya kita semua ingin lebih baik lagi bukan. Wow.. itupun keinginan. Luar biasa!

Cara cepat menguasai Digital Painting

Lalu seperti apakah sebenarnya seorang artist memandang sebuah artwork layaknya sesuatu yang cool, keren? Sudah barang tentu, jika tujuan kita memang benar-benar ingin menyelam di dalamnya, maka kita pun mestinya memiliki cara pandang yang berbeda. Minimal bisa dilatih dengan 'tidak melulu sama dengan apa yang dikatakan orang lain', terutama yang terkait dengan Digital Painting. Dus.. Sebenarnya di situlah ketakutan terbesar kita. Takut beda dengan orang lain.

Untuk mampu mengembangkan sorot tajam mata terhadap sebuah permasalahan, sebuah objek tertentu, sebuah kejadian unik bahkan apapun, hingga ke bagian-bagian terkecilnya, lalu menjadi sebuah skill, yang kemudian dihadapkan dengan sebuah karya seni atau artwork, pada akhirnya mesti mampu mem-breakdown, menelanjangi dan mempreteli artwork tersebut dengan isi kepala kita.

Dengan sudut pandang yang tidak biasa, cukup mampu untuk sekedar menjelaskan mengapa sesuatu itu akhirnya diizinkan oleh dirinya sendiri untuk menarik diri ke dalamnya, menyelam bersamanya. Plus lagi, kita dibekali kemampuan memahami (ini yang outcome dan the whole process nya beda-beda pada tiap orang, red.) sebuah hasil cipta rasa karsa dalam prosesnya oleh pembuatnya meskipun itu agak bersifat subjektif.

Dengan kemampuan menstabilkan cara pandang seperti ini, maka diharapkan nantinya kita akan semakin efisien dalam memperoleh informasi baru yang selalu saja berdatangan entah dari mana, yang istilah bikin merindingnya; 'min haitsu laa yahtashib' dan akhirnya kita mampu memperluas preferensi dan menemukan hal-hal yang selalu baru dari tiap obyek yang akhirnya selalu 'kita anggap' menarik.

Sikap Mental

Artinya, untuk bisa menjadi seorang Ilustrator profesional, erat kaitannya dengan attitude kita sendiri. Karena ini semua hanyalah persoalan mental. Perubahan mendasar yang banyak dilupakan dan tidak dihiraukan oleh banyak pencari sesuatu dengan mengandalkan 'cepat', harus terjadi terlebih dulu di dalam. Di diri kita sendiri. Dengan mental yang baik, tentunya kita atau kakanda/dinda prabu semua sebagai artist akan diterima dan mampu menerima segala sesuatu dan merubahnya menjadi sesuatu yang 'it is to be you'. Baik atau buruk, it is who you are.

Kita beranggapan bahwa 'lama' atau 'tidak cepat' dalam penguasaan bidang tertentu bahkan segala bidang, itu buruk. Yang cepat itu yang baik, bagus dan keren dalam anggapan kita lalu menghasilkan 'ilusi keren' lainnya dari orang lain. Paradigma seperti ini merupakan contoh sikap yang 'belum kelar' terhadap dirinya sendiri. Itulah mengapa kami selalu secara sengaja atau blak-blakan meminta untuk bercermin dan bertanya, sudah mampukah kita mengalahkan yang dalam cermin tersebut.

Lalu muncul pula anggapan bahwa tools juga segalanya. Tanpa alat bantu tertentu, kita memihak pada diri kita yang berada dalam cermin untuk mengatakan 'tidak mampu.' Tidak memiliki alat canggih seperti orang lain yang memilikinya dan berasumsi buruk mengenai hal ini, sudah terlebih dulu memasung kita dalam penjara cara pikir kita sendiri.

Note : Semua hasil karya dan olahan Digital Art terutama Digital Painting yang ada di blog PSHolic merupakan hasil olahan tetikus biasa, tanpa pen tablet wacom hiatus genio mode on lainnya yang mengkhawatirkan itu.

Mindset yang patut kita pakai sejak awal mestinya adalah bahwa kita itu mampu. Tidak cepat itupun mampu. Tanpa pen dan sebagainya pun mampu mempelajari segala sesuatu, objek tertentu dalam hal ini, dengan benar. Penitik-berata-an pada pengembangan mindset atau pola pikir kita sendiri ternyata merupakan kunci keberhasilan yang sama sekali enggan untuk diperhitungkan oleh banyak pihak, para pemula terutama, hingga akhirnya menghambat perkembangan dirinya secara optimal.

Baru nantinya jika semua ini sudah beres dan bisa kita atur dengan baik, maka kemampuan teknis lainnya seperti softskill hingga penjualan hasil karyapun akan datang berlimpah dan tentunya membantu kita semua dalam merealisasikan kemampuan Gambar Digital kita, skill menggunakan mouse yang sama asiknya dengan tools lainnya ke depannya.

Jangan lupa untuk membaca beberapa tulisan kami lainnya mengenai proses pentransformasian diri dalam mencapai kemampuan menggambar secara digital di Panduan Digital Painting untuk Pemula, atau Tutorial Digital Painting yang berisikan tahap demi tahap dalam pembuatan Gambar Parabiosis, Digital Painting - Konsep Desain atau bahkan Cara menggambar Digital menggunakan Mouse, serta postingan terkait lainnya yang kebetulan berserakan di blog ini. Terimakasih.

Tags: , , , , , , , ,

Written by

Hanya menjalani lakon yang diberikan Sang Penguasa Semesta. Semoga apa yang ditulis di sini bisa sedikitnya memberikan manfaat tuk kita semua.

A single dot with a single line that inspires feelings, love and cares, emotions, and statements. Kudos!

0 comments:

Post a Comment

Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?

 

Photoshop Icon

Holic Posts

Follow by Email

Why to Choose PSHolic?

PSholic terbagi menjadi 3 bagian penting yang harus bisa dieksplor secara keseluruhan dan bukan bagian perbagian. Photoshop Pemula... Photoshop Menengah... Photoshop Mahir... Enjoy!
Copyright © Belajar Photoshop | Designed by Templateism.com