Wednesday, June 7, 2017

Tutorial menggambar Karikatur

Share & Comment
Digital Painting
Tutorial menggambar karikatur ala psholic

Sambil menggaruk-garuk bawah sikut yang tidak gatal, kami ucapkan 'Selamat datang kembali di PSHolic Tutorial!' Photoshop Digital Painting Tutorial. Kita berjumpa kembali dalam kesempatan yang indah ini, kali ini kami akan memberikan sedikit (seperti yang kami bilang, sedikit..) tips dan trik membuat gambar karikatur, yang tentunya dengan resep dan racikan ala psholic, bukan yang lain.

Mengapa demikian? Karena mungkin tutorial yang sebentar lagi akan Agan/Sis baca dan terapkan, akan sedikit berbeda dengan beberapa tutorial Digital Painting lainnya.. namun kami rasa, itu tidaklah terlalu penting atau esensial, jadi, kisanak semua masih tetap bisa melanjutkan untuk membaca tutorial sederhana ini (walaupun pilihan untuk angkat kaki dan lalu hengkang dari mempelajari ini tetap terbuka lebar, red.).

Ahh.. memang benar adanya bahwa kami tidaklah pandai dalam membuka sesuatu, jadinya Agan/Sis seperti disajikan hidangan pembuka yang menyebalkan.. hahaha.. ea tapi tetep ajja saiia seneng, :p karena pada akhirnya kami dengan sukses dan suka-cita yang tidak berlebihan berhasil memasukkan Tutorial Karikatur berbasis Digital Painting di salah satu postingan kami.. Okay lanjut.

Karena perjalanan kita akan sedikit panjang dan mungkin saja bagi beberapa sobat akan terasa terjal dan melelahkan, maka jangan lupa untuk menyiapkan es doger berikut 3 pack rokok baik yang hasil dari tingwe atau tanpa korek atawa elektrik. Hmm.. Langsung saja kita masuk pada pembahasan kita kali ini, yakni cara membuat Karikatur berbasis Digital Painting.


Persiapan

Karena kita akan benar-benar membuat sesuatu dari nol (lembar kerja kosong), itu artinya kita tidak akan melihat dan apalagi mempergunakan stock foto seperti yang biasanya kita lakukan manakala kita membuat Smudge Painting (baca tutorial Smudge Painting di sini!).

Note: Tanpa stock foto serta tanpa menggunakan tool utama selain Brush (B), menyenangkan bukan. Kita akan dengan bebas menumpahkan segala isi kepala kita ke dalam lembar kerja Photoshop tanpa perlu merasa 'takut salah' apalagi takut tidak mirip dengan stock aslinya. Hanya mencoret, dari awal hingga akhir.

Tools yang akan kita pergunakan bisa Agan/Sis lihat pada gambar di bawah.. yupp.. hanya Eye Dropper (I) yang fungsinya sebagai picker color, mengambil warna yang akan kita pergunakan, lalu Brush (B) sebagai kuasnya, dan Eraser (E) untuk menghapus bagian-bagian tertentu jika terjadi kesalahan yang tidak sesuai dengan keinginan kita.

Menggambar Karikatur Digital menggunakan Mouse 1

Setelah kita mengetahui alat apa saja yang akan kita gunakan, kini tiba saatnya kita masuk pada lembar kerja Photoshop kita. Khusus untuk pelajaran menggambar sketsa, bisa Kanda/Dinda dapatkan di postingan psholic sebelumnya yang berjudul Tutorial menggambar Digital menggunakan Mouse yang sepertinya akan cukup menghibur pihak-pihak yang tidak memiliki Wacom, Genius Lenovo, Pepsodent, Rinso, Talcum Powder atau alat gambar menyeramkan lainnya.

Selamat menikmati hidangann ala-kadarnya dari kami!

Baca

Langkah Pertama - Sketsa

Buat kami, langkah ini tidak terlalu penting, namun bagi yang menyukai aliran pengguna sketsa, tetap kami masukkan di nomer pertama tutorial ini. Dari sketsa inilah kita akan membentuk Omas atau Mandra.. tentunya akan sangat berbeda bukan. Jika kita menggambar Omas pada sketsa, lalu hasil akhirnya menjadi Mandra, maka pasti ada sesuatu pada sketsanya.. itulah mengapa kami tetap memasukkan langkah ini untuk Agan/Sis.

Menggambar Karikatur Digital menggunakan Mouse 2

If you are going to make a mistake, it's no big deal. Coret saja langsung, jangan takut salah.. karena semua hanyalah masalah perspektif.

Menggambar Karikatur Digital menggunakan Mouse 3

Perhatikan tiap layer yang kami buat Gan/Sis.. gambar berikut merepresentasikan salah satu layer yang kami matikan, lalu kami hidupkan kembali, agar terlihat perbedaannya hingga Dulur kabeh bisa lebih mengerti dengan jelas apa sebenarnya yang tengah terjadi.

Menggambar Karikatur Digital menggunakan Mouse 4

Setelah sketsa sudah kita dapatkan, kini saatnya memberi warna. Menyenangkan bukan? Semua sudah pernah kita lakukan, dan semua sudah man-teman kuasai dengan baik, terutama langkah berikut yakni Pewarnaan.


Langkah Kedua - Pewarnaan

Banyak cara yang bisa Sobat/Sobit pakai untuk mengejawantahkan langkah ini, silahkan terapkan yang menurut Adipati Prabu cocok dan sesuai dengan habit masing-masing, tidak perlu dipaksakan karena sesungguhnya kami tidak memiliki resep khusus untuk yang satu ini.

Kami hanya mengikuti apa yang kebetulan kami baca, yakni pada tutorial Digital Painting sederhana karya master Ion Art di grup PSD. Beliau berujar, tak perlu ribed dengan palette yang banyak meregun, utamakan hanya 3 warna. Midtone, Shadow serta Hi-lite. I love that!

Perhatikan gambar berikut serta layer dan legenda yang ada di dalamnya!

Menggambar Karikatur Digital menggunakan Mouse 5

Yupp, peletakan layer warna, masih kami posisikan di bawah layer line atau sketsa yang tadi kita buat. Agan/Sis juga bisa melihat palette yang kami pergunakan. Hanya ada palette untuk gigi, skin serta baju.. mungkin nanti jika kita sudah mahir, baru dipersilahkan tuk menggunakan palette sebanyak yang kita mau.. sok atuh dimonggo!

Menggambar Karikatur Digital menggunakan Mouse 6

Fungsi dari pewarnaan awal ini adalah untuk mem-block area (pada sketsa). Jika kita ingin mem-block area wajah, maka gunakan palette skin.. jangan lupa Midtone first.. baru yang lain-lain..

Note: Disini kami memakai Brush (B) Hard Round dengan harness yang dikurangi beberapa persen, opacity serta flow sama, yakni 50%. Elu semue juga bisa memakai komposisi standar yakni 60-40 (60% untuk opacity serta 40% untuk flownya).

Midtone pada area wajah telah tersapukan dengan paduan handal hasil kocokan antara warna kecoklatan seperti pada gambar di atas.. sekarang kita akan mewarnai bagian baju.. perhatikan gambar berikut..

Menggambar Karikatur Digital menggunakan Mouse 7

Layer Skin kami matikan, menyisakan layer Baju serta layer Sketsa. Kamu nan cantik tentu menyadari sesuatu yang janggal pada gambar di atas, bagaimana bisa layer Sketsa yang awalnya berwana Putih (line nya), lalu di atas itu malah menjadi Hitam? Yupp.. layer itu telah kami 'balik' atawa lebih dikenal dengan Reverse.. caranya, tekan Ctrl + I. Mengapa mesti dibalik? Tidak ada ketentuan khusus untuk itu, suka-suka kami ajja.. tentunya, line Hitam akan lebih membantu nantinya untuk pembentukan Shadow (jika sudah saatnya nanti).

Sepertinya sekaranglah saatnya.. hahaa.. ini dia.. jangan lupa tuk terus perhatikan susunan layer pada gambar di bawah ini.

Menggambar Karikatur Digital menggunakan Mouse 8

Midtone, Shadow serta Hi-lite telah masuk dan diratakan. Bagaimana caranya? Turunkan Opacity Brush hingga yang terendah. Kami (masih menurut keterangan master Ion) menggunakan 20-20, tidak perlu kami jelaskan sepertinya, karena Agan/Sis pasti mengerti maksudnya. Lakukan terus trial and error berulang-ulang pada tahap ini hingga kita mengerti dan memahami Brush Tool kita tersebut. Untuk lebih men-detail mengenai ini, silahkan baca penjelasan kami mengenai Teknik Coloring yang berjudul Digital Painting - Lucy Li sebelumnya. Siap 86!


Langkah Ketiga - Elemen

Penambahan berbagai elemen ke dalam gambar kita ditujukan agar mendapatkan hasil yang tentunya akan lebih menarik mata yang melihat. Bisa kita masukkan elemen sebanyak yang kita mau pada gambar kita, yang tentunya akan selalu mempengaruhi ukuran file jadinya nanti. Disini kami hanya menambah beberapa saja, karena jujur, alut-sista kami masih spek kutu-kupret dan tidaklah sepadan dengan yang Sampeyan miliki.

Elemen Jenggot, elemen Kinclong, serta elemen Kulit (pores) bisa kita saksikan pada gambar-gambar berikut ini.

Menggambar Karikatur Digital menggunakan Mouse 9

Perhatikan pada PSD yang juga kami sertakan pada tutorial ini, brush apa yang kami pergunakan untuk Jenggot.. Brush (B) yang kami pergunakan untuk Pores dst.

Menggambar Karikatur Digital menggunakan Mouse 10

2 gambar di atas dan 2 gambar di bawh merupakan screenshot bagaimana kami memberikan tambahan elemen Jenggot dan Pores yang kami buat menggunakan Brush GFX yang pernah kami share juga di sini atau Elu-elu pade, bisa baca tulisan kami yang berjudul 3 langkah mudah membuat Brewok, silahkan Kowe ubek-ubek file kami yang berada di link Download berikut.. jika belum di delete, it is good for you.. pasti file tersebut masih ada di sana. Ya iya lah.. pemborosan kalimat.. hahaha..



Langkah Keempat - Finishing touch (Optional)

Untuk langkah tambal-sulam ini, kami serahkan sepenuhnya pada Kakang/Dinda Prabu semua, karena semua pengguna Photoshop pasti lebih handal dan memukau dibanding kami yang masih kelas ecek-ecek.. atau silahkan lihat susunan layer pada PSD nya agar lebih jelas.

Finishing touch yang kami berikan pada gambar karikatur ini hanyalah 3 Adjustment layer yang biasa kami tambahkan pada pembuatan-pembuatan Smudge Painting, baik itu yang soft maupun hard.

Gambar akhir akan terlihat seperti ini..

Menggambar Karikatur Digital menggunakan Mouse 13

Done!

Mudah dan menyenangkan bukan? Tidak semenakutkan yang kita kira pada awalnya ternyata, meskipun kita hingga detik ini masih juga belum dikaruniai alat tempur yang memenuhi standar manusia pada umumnya yakni pen tablet gondrong semrawut acak-acakkan seperti yang kami singgung di atas, sob..

Terimakasih atas kesediaannya membaca hingga akhirnya menerapkan apa yang sudah kami tuliskan. Ada quote dari salah satu master yang berkaitan dengan bidang ini.. quote yang cukup simpel, yakni ATM.. Amati, Tiru dan Modifikasi.. yupp Bagi yang sering wara-wiri di facebook, nama master Edy Comodo yang menggelontorkan kata-kata mutiara menyenangkan tersebut pasti sudah tidak asing lagi di telinga jeneungan sadayana. Big credit to him.

Agan/Sis tentu mengerti dan tak perlu menyalahgunakan apa yang beliau katakan.. kita semua sudah dewasa, dan tahu dengan jelas apa maksud quote tersebut. Untuk melihat beberapa sampel Karikatur berbasis Digital Painting dan bukan Smudge Painting, Liquify tool dsb. yang telah kami buat, bisa Panjenungan semua lihat di 3 postingan kami yang berjudul Galeri Karikatur Vol. 1, Galeri Karikatur Vol. 2 dan Galeri Karikatur Vol. 3.

Wokeh.. dari kami, semoga bermanfaat.. Cukup sekian dan terimakasih. Walloohul muwaafiq ilaa aqwaamith-thoriiq, wassalaamu'alaikum warohmatulloohii wabarokaatuh.

Tags: , , , , , , , ,

Written by

Hanya menjalani lakon yang diberikan Sang Penguasa Semesta. Semoga apa yang ditulis di sini bisa sedikitnya memberikan manfaat tuk kita semua.

A single dot with a single line that inspires feelings, love and cares, emotions, and statements. Kudos!

6 comments:

  1. Ternyata tidak sesulit yang dibayangkan ya, jika ada panduan seperti ini tentu lebih mudah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Moga mangpaat tuk semua om.. suwun yoo (Y)

      Delete
  2. Pingin bisa buat karikatur, dan ternyata semua nggak ada yang instan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada kok non.. mi rebus tulisannya instan.. berarti ada kan.. hehehee.. (Y) yuk belajar yuk, kita sama2 belajarnya di..

      Delete
  3. Wah.... Dari dulu aku pengen banget membuat gambar karikatur. Tapi sayangnya gak punya alat tempurnya untuk menggambar. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan alat tempurnya cuma photoshop doang om.. emang apalagi? yg lain mah cuma opsional ajja om hehee.. suwun yoo

      Delete

Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?

 

Photoshop Icon

Holic Posts

Follow by Email

Why to Choose PSHolic?

PSholic terbagi menjadi 3 bagian penting yang harus bisa dieksplor secara keseluruhan dan bukan bagian perbagian. Photoshop Pemula... Photoshop Menengah... Photoshop Mahir... Enjoy!
Copyright © Belajar Photoshop | Designed by Templateism.com