Monday, July 31, 2017

Soft Smudge Painting - The Secret

Share & Comment
Setelah beberapa lama PSHolic mengalami hiatus tak berkesudahan, kini akhirnya kami memberanikan diri tuk kembali menyapa semesta masih dengan beberapa bongkahan tips and trick dari Soft Smudge Painting yang mungkin kali ini akan sedikit berbeda dari sebelum-sebelumnya.

Mengapa demikian? Karena pada akhirnya pula, kami akan sedikit membeberkan apa dan bagaimana sebenarnya rahasia penting dibalik terciptanya sebuah hasil olahan yang kita sebut bersama Soft Smudge. Sebelum pembocoran rahasia kita laksanakan, ada baiknya kita flashback sedikit mengenai basic dari Soft Smudge itu sendiri.


Soft Smudge Painting menurut hemat kami, bertujuan untuk membuat gambar atau foto kita seolah-olah dilukis namun agak berbeda dengan saudara kandungnya yakni Hard Smudge, yang dari penyebutannya saja kita sudah memafhumi kira-kira dimana perbedaan mendasarnya. Yupp.. Soft Smudge akan menghasilkan tekstur yang jauh lebih halus, smooth.. jika harus dibandingkan dengan Hard Smudge, namun masih dari genre yang sama, yakni sama-sama menggunakan teknik Smudge (baca; digosok menggunakan Smudge (R) tool yang ada pada Photoshop atau software desain lainnya, red.).

Selain untuk mendapatkan hasil yang seolah-olah dilukis tadi, kebanyakan Smudger sekarang ini (atau mungkin memang sejak dahulu kala, red.), ingin membuahkan hasil seperti boneka, kartun atau mendekati kartun, katakanlah demikian (karena sama sekali beda dengan yang terakhir tadi, maaf red.). Well.. melihat kecenderungan tersebut, kami menggeliat seolah ingin memberikan sesuatu yang baru dari genre ini. Tanpa terlalu memikirkan bahwa nantinya akan bisa diterima atau tidak, namun sejujurnya, tiap olahan Smudge Painting yang ada di sini, menjauh dari itu, menjauh dari standardisasi yang berlaku.

Coba saja perhatikan dengan seksama gambar di atas, sama sekali tidak memboneka, bukan. Tidak mendekati kartun sema sekali atau senada dengan standar Smudge yang berlaku di banyak tempat. Hmm.. ingin tampil beda? Tidak juga. Mengejar Ekslusifitas? Sama sekali tidak. Namun memang demikian adanya. Simpelnya, seperti itulah yang kami mampu. Smudge Painting yang seperti itulah yang melekat erat di kepala ketika kami menggosok sebuah foto hingga akhirnya menjadi sesuatu.

Untuk lebih jelasnya, silahkan bandingkan foto asli dari nona Dafne Keen yang dengan garangnya berperan sebagai seorang puteri pendekar bertaring pada tangan dan kakinya yang merupakan besutan para jawara Hollywood sana, Logan.. dengan hasil olahan Smudge Painting yang kami buat pada gambar berikut..


Dari perbandingan antara kiri (original foto, red.) dengan kanan (hasil Smudge, red.) tersebut, sekarang mungkin Agan/Sis semua sudah mulai bisa mencerap apa yang kami maksudkan pada penjelasan di atas. Versi yang kami buat memang menghindari terjadinya kartunisasi atau bahkan menjadi boneka yang biasanya nantinya akan dipergunakan untuk keperluan karikatur dan sebagainya.

Kami menyajikan Smudge yang diakui memang berbeda. Bisa kami sebutkan dimana perbedaannya, antara lain pada bagian mata. Pada bagian eksklusif tersebut, kami berikan waktu lebih dan keistimewaan tersendiri karena memang bagian tersebut sangatlah 'sesuatu' bagi kami. Lalu selain itu, juga pada bagian skin. Terkesan sangat lembut dan merata tanpa perlu kehilangan dimensi aslinya. Di sinilah sebenarnya tujuan kami membuat tulisan ini, Soft Smudge Painting - The Secret.

..Atau pada dua gambar berikut, yupp.. nona Megan Fox -perbandingan antara kiri (original foto, red.) dengan kanan (hasil Smudge, red.)- pemeran April pada Teenage Mutant Ninja Turtles yang kocak membahana sekaligus megah dan menawan.. (Perbesar gambar kanan atas maupun kanan bawah untuk lebih melihat bagian-bagian detilnya, red.).


Yupp.. sekali lagi dengan senang hati, kami akan membeberkan rahasia tersebut untuk kita semua, tidak hanya pelaku seni digital, namun memang teruntuk semua, penikmat, kritikus.. pokoknya untuk semua. Selain itu juga, kami tak lupa menyajikan beberapa amtsal yang entahlah mungkin bisa jadi bahan pembelajaran atau sekedar pull-out imajinasi kita, bahan inspirasi atau apalah kegunaan nantinya.

Rahasia Skin pada Soft Smudge Painting

Tanpa berleha-leha dan semakin berkepanjangan, langsung saja kita masuk pada pembahasan inti kita kali ini, yakni Soft Smudge Painting - The Secret is finally revealed. Mengapa kami bersikeras mempertahankan judulnya sedemikian bombastis seperti itu? Karena memang hal ini jarang atau sama sekali tidak tersentuh di banyak grup Photoshop yang kami tergabung di dalamnya.

Entah memang sengaja disembunyikan atau memang kami sajalah yang tidak memahami seluk-beluk bermedsos-ria dalam banyak grup tersebut, karena masing-masing memiliki peraturannya sendiri-sendiri yang tidak jarang malah menjadi batu sandungan kita dalam mempelajari segala sesuatunya dengan lebih ikhlas dan seksama. Walaahh.. Tapi tak mengapa, mari kita lupakan itu semua dan selamat menikmati hidangan ringan ala kadarnya ini beserta cemilan yang tak boleh terlupakan.

Inti Tulisan : Sebenarnya simpel saja. #FFBC9F yang kita tambahkan pada 3 layer di atas layer gosokan kita dengan masing-masing Blending Mode yang berbeda, yakni Softlight, Color dan Multiply dengan Opacity yang sangat disesuaikan dengan selera dan kebutuhan foto masing-masing. Ingat bahwa tiap foto atau gambar memerlukan treatmentnya masing-masing. That's it.

Lakukan penambahan tiga buah layer tadi itu setelah kita selesai menggosok rata seluruh objek pada foto. Yeah, well.. that is it. Untuk lebih mengena, sebaiknya kita sama-sama renungi screenshot berikut. Semoga dengan gambar di bawah, bisa menyampaikan apa yang kami maksudkan walau tanpa penjelasan secara visual atau video yang sekiranya lebih memudahkan pemahaman kita.


Perhatikan pula beberapa contoh yang kami turut sertakan berikut ini.  Tentu saja semua foto originalnya bukanlah milik kami, kami hanya mencari yang pas guna modelling pada tulisan ini, so.. all credits goes to the original uploader tentunya. Perhatikan bahwa kami memperlakukan tiap foto secara berbeda pada tiap eksekusi finishing touchnya.

Soft Smudge Painting - Beauty Stars 2017.. 











Mulai dari kiri ke kanan : Elektra Rose, Eva Lovia, Faye Reagan, Kathrina Jade, Kylie Sinner, Li Ruby, Little Caprice, Lucy Heart, Lucy Li, Mary Mae Dela Cerna, Natalia Starr, Lanina aka Sammi Bananas, Sara Luvv, Shelly Swan, Taylor Vixen, Viviann Wood, Allison Paige.

Bahwa pada beberapa gambar terdapat jenis Soft Smudge dengan kilatan pada bagian-bagian tertentu seperti wajah, atau yang biasa kita kenal dengan Kinclong, namun pada beberapa contoh lainnya, benar-benar bersih dari kinclong tersebut. Mengapa demikian? Karena memang sense yang kami rasakan memang demikian adanya. Kadang kita membutuhkan nuansa klimis berminyak pada wajah, kadang kita muak dengan semua itu, kadang terjadi sesuatu yang sama sekali tidak kita duga sebelumnya akan terjadi. Segala hal sangat memungkinkan untuk terjadi, bukan.

News Flash : Untuk permasalahan Kinclong atau bahkan Dimensi yang dibutuhkan dalam Soft Smudge Painting, baik kiranya jika kakang/dinda dipati semua menunggu tulisan kami berikutnya agar tidak terjadi kerancuhan di antara keduanya. Terimakasih.

Mungkin sebagian besar Agan/Sis akan bergumam, "Ini sih bukan Smudge." Kami bisa mengerti dan tentunya menurut kami, itu sah-sah saja, buktinya memang terlihat secercah keraguan pada kilatan mata kisanak semua setelah melihat beberapa contoh di atas, baik dari sisi skin maupun eksekusi bagaimana mata dan pernak-pernik lainnya diimplementasikan pada tiap gambarnya.

Oleh karenanyalah kami mengundang kisanak semua untuk meluangkan lebih panjang waktu dan kesediaan serta kesabarannya untuk sekedar menilik, menengok, mengamati, menginajinasikan dalam kepala masing-masing dan akhirnya mengambil keputusan atas keinginan sendiri tanpa adanya paksaan dari pihak manapun atas hasil absurd Soft Smudge Painting lainnya, hanya di PSHolic, tempatnya belajar Photoshop tercinta kita ini. Syukron!

Tags: , , , , , , , ,

Written by

Hanya menjalani lakon yang diberikan Sang Penguasa Semesta. Semoga apa yang ditulis di sini bisa sedikitnya memberikan manfaat tuk kita semua.

A single dot with a single line that inspires feelings, love and cares, emotions, and statements. Kudos!

0 comments:

Post a Comment

Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?

 

Photoshop Icon

Holic Posts

Follow by Email

Why to Choose PSHolic?

PSholic terbagi menjadi 3 bagian penting yang harus bisa dieksplor secara keseluruhan dan bukan bagian perbagian. Photoshop Pemula... Photoshop Menengah... Photoshop Mahir... Enjoy!
Copyright © Belajar Photoshop | Designed by Templateism.com