Sunday, July 15, 2018

Hanacaraka - Aksara Murda dan Pasangan

Share & Comment
Setelah kita semua bergelut ria dengan segala aktifitas menjemukan sehari-hari, berita-berita hoax yang menyerbu dari segala penjuru, perlulah sekiranya kita duduk dengan tenang. Tenang dan hanya kesunyian yang menyelimuti. Senyap.

Seperti yang berulang kali kami singgung, kami tegaskan bahwa kami bukanlah hendak menuturi panjeneungan sedaya dalam berbahasa Jawa, itu salah sama sekali, karena kami sendiri buta akan bahasa Jawa.

Asli.. kami bukan orang Jawa, kami hanya kebetulan suka terhadap kelestarian Aksara Jawa dan tergugah ingin men-share-nya ke Agan/Sis semua, jadi harap maklum jika disana/i akan atau sudah terdapat banyak kesalahan atau kekeliruan, oleh karenanya.. CCs are very much welcome! 

Aksara Murda

Tonton sampai habis, karena banyak revisi di dalamnya. Baiklah Agan/Sis semua, Aksara Murda adalah Hanacaraka dalam bentuk Kapital (huruf besar) atau biasa dikenal dengan sebutan Aksara Gedhe. Biasanya dipergunakan untuk menulis huruf pertama nama seseorang, nama tempat, jabatan dan lain-lain.

Berikut adalah ilustrasi bagaimana penulisan Aksara Murda lengkap dengan Pasangannya masing-masing..


Tidak semua Aksara Hanacaraka memiliki Aksara Murda, oleh karena itu, jika suatu kata yang kebetulan ingin kita pergunakan Murda di dalamnya, namun awalan/huruf awal kata tersebut adalah Aksara yang tidak memiliki Aksara Murda, maka huruf keduanya yang kita Murda-i, jika huruf keduanya tidak memiliki Murda, maka huruf ketiganya, dan seterusnya. Lihat contoh kata-nya pada video yang kami beri tanda panah merah.


Ilustrasi di atas merupakan revisi dari penulisan awalnya, jadi Agan/Sis mungkin akan menemui ketidak-cocokkan dengan yang ada pada video, bahkan untuk tembung Prabu Kresna di atas, masih perlu di revisi, terutama pada penulisan Cakra Keret pada aksara Murda Ka.

Penggunaan Aksara Murda dalam satu tembung atau kata, cukup kita beri satu saja, tidak perlu semua huruf kita ganti dengan Aksara Murda.

Contoh ;

Tarumanegara, Sri Sultan, Kyai Kanjeng,
Gusti Pangeran, Makassar, Prabu Kresna,
Nabi Nuh, Batara Agung, Gunung Galunggung.

News Flash : Pada kata Makassar, terdapat perbedaan penggunaan Murda. Kata tersebut diawali dengan aksara Ma, aksara Ma tidak memiliki Murda, maka yang menggunakan Murda adalah huruf berikutnya yakni Ka.

Lihat cara penulisannya pada video berikut ;


Tags: , , , , , , , ,

Written by

Hanya menjalani lakon yang diberikan Sang Penguasa Semesta. Semoga apa yang ditulis di sini bisa sedikitnya memberikan manfaat tuk kita semua.

A single dot with a single line that inspires feelings, love and cares, emotions, and statements. Kudos!

0 comments:

Post a Comment

Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?

 

Photoshop Icon

Holic Posts

Follow by Email

Why to Choose PSHolic?

PSholic terbagi menjadi 3 bagian penting yang harus bisa dieksplor secara keseluruhan dan bukan bagian perbagian. Photoshop Pemula... Photoshop Menengah... Photoshop Mahir... Enjoy!
Copyright © Belajar Photoshop | Designed by Templateism.com