Friday, July 13, 2018

Hanacaraka - Aksara Swara

Share & Comment
Mungkin Agan/Sis semua masih rada bertanya-tanya, merasa penjelasan dalam bahasa Indonesia atas cara penulisan Aksara Jawa ini sama sekali kurang tepat, mungkin bahkan salah sama sekali, tapi menurut nalar kami, ini mungkin salah satu cara yang bisa kita jadikan alternatif jika ingin kelestarian Aksara Jawa Hanacaraka ini tetap terjadi dan bahkan menyebar ke seluruh pelosok penjuru negeri, tidak melulu harus menggunakan bahasa Jawa sebagai pengantarnya yang menurut kami, halangan pertama bagi para pembelajar.

Aksara Swara, sekali lagi, kami bukan hendak menuturi panjeneungan sedaya, karena kami bukanlah orang Jawa, hanya kebetulan suka terhadap kelestarian Aksara Jawa dan tergugah hingga tergagap-gagap ingin men-share-nya ke Agan/Sis semua, jadi harap maklum jika disana/i akan atau sudah terdapat banyak kesalahan atau kekeliruan, oleh karenanya.. CCs are very much welcome!


Aksara Swara

Aksara Swara merupakan aksara yang melambangkan vokal bebas dan dalam Hanacaraka, aksara ini melambangkan bunyi vokal yang sangat kita kenal yakni a, i, u, e dan o, selain itu pula, terdapat dua aksara tambahan, yakni Pa cerek yang dibaca Re dan Nga lelet yang dibaca Le.




Contoh untuk a, i, u, e, o ;

Agustus, Ibrahim, Uganda, Eropa, Ocke,

Contoh untuk Pa Cerek dan Nga Lelet ;

rega, rena, resik, marem, arem-arem, marem, sarem, karep, pambarep, sareng, wulan Rejeb, angsal rejeki, katon regeng, sanget remen, dipun remet, damel rempeyek
gelem, pelem, lembut, lemah, adol lenga, pelem legi, boten lenggah


Demikian kira-kira penulisan sampel dalam Aksara Jawanya, jika masih kurang masuk, silahkan tonton video di bawah ini, semoga bisa bermanfaat untuk siapapun saja. Terimakasih.



Tags: , , , , , , , , ,

Written by

Hanya menjalani lakon yang diberikan Sang Penguasa Semesta. Semoga apa yang ditulis di sini bisa sedikitnya memberikan manfaat tuk kita semua.

A single dot with a single line that inspires feelings, love and cares, emotions, and statements. Kudos!

0 comments:

Post a Comment

Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?

 

Photoshop Icon

Holic Posts

Follow by Email

Why to Choose PSHolic?

PSholic terbagi menjadi 3 bagian penting yang harus bisa dieksplor secara keseluruhan dan bukan bagian perbagian. Photoshop Pemula... Photoshop Menengah... Photoshop Mahir... Enjoy!
Copyright © Belajar Photoshop | Designed by Templateism.com