Tuesday, July 3, 2018

Hanacaraka dan Pasangan

Share & Comment
Penggunaan Pasangan dalam Aksara Jawa, bertujuan untuk menyambungkan aksara mati dalam satu kata. Ada yang ditulis sejajar dengan aksaranya, ada pula yang ditulis di bawah aksara. Postingan ini merupakan Chapter II dari VIII yang terjadwal atau bahkan lebih tergantung dari kondisi di lapangan. Penggunaan Pasangan dalam Aksara Jawa, bertujuan untuk menyambungkan aksara mati dalam satu kata. Ada yang ditulis sejajar dengan aksaranya, ada pula yang ditulis di bawah aksara.

Hanacaraka Pasangan

Hanacaraka dan Pasangannya ini -sebagai perbandingan- bagi orang-orang Jakarta yang tidak terbiasa dengan Bahasa Jawa, bisa diandaikan dengan pengetahuan Bahasa Arab. Nun mati bertemu Fa dibaca dengung atau ikhfa, nun mati bertemu Ba dibaca M atau Iqlab dsb.

Bang! Ngerti gag bang sampe sini? Kalu ngerti kite lanjut nii.. klu gak, ya pelan-pelan dah di ngertiin dewek.

Misalnya ;

- Tanda = Na mati, maka aksara sesudahnya menggunakan Hanacaraka Pasangan, letaknya di bawah aksara yang mati tadi.
- Hampa = Ma mati, maka aksara sesudahnya menggunakan Hanacaraka Pasangan, letaknya setelah (sejajar) dengan aksara yang mati tadi.

Sebaiknya, untuk lebih jelasnya, perhatikan skema berikut :



Penting : Jika Na mati bertemu dengan Ca atau Ja maka berlaku pengecualian, biasanya ketika Na mati bertemu dengan selain Ca atau Ja, maka mematikan Na, tapi jika bertemu Ca atau Ja, maka mematikan Nya. 

Seperti pada kata Panca (bisa dilihat di video), Kencur, Panjalu, panjang, manca, manja dsb.



Lihat juga video nya jika memang diperlukan.. monggo!


Tags: , , , , ,

Written by

Hanya menjalani lakon yang diberikan Sang Penguasa Semesta. Semoga apa yang ditulis di sini bisa sedikitnya memberikan manfaat tuk kita semua.

A single dot with a single line that inspires feelings, love and cares, emotions, and statements. Kudos!

0 comments:

Post a Comment

Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?

 

Photoshop Icon

Holic Posts

Follow by Email

Why to Choose PSHolic?

PSholic terbagi menjadi 3 bagian penting yang harus bisa dieksplor secara keseluruhan dan bukan bagian perbagian. Photoshop Pemula... Photoshop Menengah... Photoshop Mahir... Enjoy!
Copyright © Belajar Photoshop | Designed by Templateism.com