Saturday, July 7, 2018

Hanacaraka - Sandhangan Panyigeging Wanda

Share & Comment
Perut anda mulai keroncongan? Ya makan lah, susah amat! Mulut anda asem? Ya ngerokoklah, ribed amat! Beuh.. pembukaan model mana ini kacau balau gini ckckck.. namanya juga udah mulai setengah om.. wajarlah :p Jangan dikata apa-apa, emang gitu orangnya :p Lanjut ajja lah..


Sandhangan Panyigeging Wanda

Panyigeging Wanda, Tanda baca konsonan, atau katakanlah demikian, walau sebenarnya tidak terlalu tepat-tepat amat.

Seperti halnya fungsi utama sebuah Sandhangan adalah untuk mengubah vokal huruf dasar, selain itu, sandhangan juga memiliki sejumlah fungsi lain seperti Sandhangan ini, yakni menambahkan sebuah huruf R, H, Ng atau aksara mati lainnya pada sebuah kata.

Sandhangan Panyigeging Wanda ada 3 macam;

1. Layar = akhiran R
2. Wignyan = akhiran H
3. Cecak = akhiran Ng
4. Pangkon = akhiran selain 3 di atas


Tanda baca pengakhir (sandhangan panyigeging wanda) memiliki fungsi untuk menghilangkan vokal suatu huruf dasar membentuk konsonan akhir. Namun beberapa konsonan akhir mempunyai tanda baca khusus, dimana dalam kasus tersebut pangkon tidak boleh digunakan. Misal, konsonan akhir -R ditulis dengan layar, tidak boleh dengan Ra dan pangkon.

Seperti halnya Tanda baca vokal (sandhangan Swara), tanda baca konsonan tidak boleh digunakan lebih dari satu dalam satu huruf, namun boleh digunakan bersama dengan tanda baca vokal.

Contoh ;

sukarya, semar mendhem, pak wirya,
sampah, sembahyang, limbah rumah,
kangkung, sambung, gembong,
mokat, setan alas, makan rambutan,


News Flash : Pada kata Sembahyang, di situ masih menggunakan Layar, yang benar menggunakan Cecak agar bisa terbaca "NG". Mohon di maafkeun, terimakasih.

Lihat juga videonya agar lebih nya'nyoi kawan :



Tags: , , , , , ,

Written by

Hanya menjalani lakon yang diberikan Sang Penguasa Semesta. Semoga apa yang ditulis di sini bisa sedikitnya memberikan manfaat tuk kita semua.

A single dot with a single line that inspires feelings, love and cares, emotions, and statements. Kudos!

0 comments:

Post a Comment

Kamu tetap produktif dan kreatif bahkan dalam keadaan stress sekalipun?

 

Photoshop Icon

Holic Posts

Follow by Email

Why to Choose PSHolic?

PSholic terbagi menjadi 3 bagian penting yang harus bisa dieksplor secara keseluruhan dan bukan bagian perbagian. Photoshop Pemula... Photoshop Menengah... Photoshop Mahir... Enjoy!
Copyright © Belajar Photoshop | Designed by Templateism.com